BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

10 Wisata Alam Boyolali Super Hits Di Kalangan Anak Muda

Wisata alam Boyolali

0 191
wisata alam boyolali yang memukau
sumber gambar : @vansyaf (instagram)

Boyolali merupakan sebuah nama Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Boyolali sendiri berbatasan langsung dengan beberapa Kabupaten yang ada di Jawa Tengah.

Kabupaten Boyolali sangat populer dengan penghasil susu terbesar yang berkualitas di Indonesia. Kabupaten Boyolali juga populer dengan penghasil sayuran kualitas yang bagus.

Tidak hanya itu ternyata Kabupaten Boyolali juga menyimpan banyak keindahan alam yang menakjubkan.

Kabupaten Boyolali letaknya berada diantara Gunung Merapi dan juga Gunung Merbabu. Hal ini membuat suasana Kabupaten Boyolali terasa lebih dingin dan sejuk.

Destinasi wisata alam Boyolali yang tidak sepopuler dengan tempat wisata lainnya yang ada di Indonesia. Namun ternyata memiliki keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri.

Wisata alam Boyolali apa sajakah yang bisa anda kunjungi saat berada di kota penghasil susu ini? Mari simak ulasan di bawah ini.

1. Sekitar Wisata Alam Boyolali Air Terjun Kedung Kayang

air terjun kedung kayang wisata alam boyolali
sumber gambar : @syammr (instagram)

Air Terjun Kedung Kayang yang merupakan salah satu destinasi sekitar wisata alam Boyolali yang dapat untuk kunjungi saat musim libur telah tiba.

Wisata alam Boyolali Air Terjun Kedung Kayang yang terletak di Dusun Ngangrong, Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Wisata ini memang tidak termasuk dalam wilayah Boyolali, namun letaknya yang tidak terlalu jauh dari Boyolali bisa anda kunjungi saat berada di kota susu ini.

Air Terjun Kedung Kayang ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan memiliki debit air yang sangat deras.

Wisata alam Boyolali Air terjun ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 meter diatas permukaan laut.

Para wisatawan dapat melihat keindahan alam air terjun dari sisi atas samping atau pun depan aliran air.

Aliran air terjun mengalir menuju ke sebuah sungai kecil yang berbatu. Keunikan dari aliran air ini tidak pernah surut meskipun saat musim kemarau.

Menurut cerita rakyat asal mula penamaan air terjun sudah ada sejak dahulu dan diketahui sejak turun menurun.

Menurut warga sekitar nama Kedung Kayang berasal dari tiga embu atau bisa dikatakan tokoh sakti di Wonolelo saat masa lalu.

Ke 3 empu tersebut terdiri dari Empu Panggung, Empu Khalik dan juga Empu Putut. Tidak hanya itu Air Terjun Kedung Kayang ini dipercaya oleh warga bahwa terdapat penunggunya.

Penunggu tersebut bernama Kyai Gadung Melati dan Nyai Widadari Welas Asih. Aliran air terjun dipercaya bahwa memiliki khasiat mistis.

Saat menuju kawasan air terjun anda akan melintasi jalur yang terdapat banyak keindahan alam begitu memukau.

Anda akan menyusuri aliran sungai yang memiliki air sangat jernih. Aliran tersebut berasal dari mata air terjun. Sebelum tiba titik tujuan anda harus menyebrangi aliran sungai.

Wisata alam Boyolali ini tidak terlalu ramai, hal ini membuat para wisatawan akan merasakan kenyamanan dan ketenangan.

Anda akan terasa puas saat menikmati panorama alam yang tidak kalah menarik ini jika dibandingkan dengan wisata lain.

Anda bisa berenang bermain air dan berada dikolam bawah aliran air terjun. Anda juga bisa menikmati indahnya alam dengan duduk bersantai di atas batu.

Suara gemercik aliran air terjun yang sangat syahdu akan membuat anda merasa tenang. Jika dilihat dari kejauhan aliran air terjun terlihat seperti tirai putih raksasa.

Anda dapat menikmati keindahan alam dengan berfoto bersama keluarga tercinta, teman bahkan pasangan terkasih.

Anda dapat menjadikan aliran air terjun sebagai latar belakang foto. Terdapat banyak spot yang unik di kawasan ini.

Sebaiknya untuk para wisatawan jika berminat mengunjungi air terjun ini datanglah saat musim kemarau, karena saat musim hujan aliran air terjun akan terlihat banjir dan membahayakan para wisatawan.

Air terjun ini menyediakan gardu pandang yang dibangun oleh warga sekitar yang dapat anda gunakan untuk berfoto.

Gardu pandang tersebut berada pada pohon. Gardu pandang yang terbuat dari kayu yang akan menyuguhkan keindahan panorama alam sangat cantik.

Tempat tersebut selalu menjadi incaran para wisatawan untuk berfoto karena memiliki panorama adanya Gunung Merbabu dan Gunung Merapi terlihat jelas dari kejauhan.

Selain itu anda dapat melihat pemandangan aliran air terjun dari atas hingga bawah. Terdapat banyak pepohonan yang sangat rimbun berwarna hijau.

Dari atas gardu pandang anda akan melihat ke asrian dari wisata ini. Anda juga dapat menyaksikan indahnya pantulan sinar matahari yang sangat cantik.

Gardu Pandang ini selalu jadi incaran para wisatawan. Jika anda berminat berfoto di tempat ini, anda harus rela mengantre dengan para wisatawan lainnya.

Untuk memasuki wisata alam Boyolali ini anda akan dikenakan biaya tiket sekitar Rp.4.000 per orang.  Sedangkan biaya parkir kendaraan bermotor dikenakan biaya sekitar Rp.2.000.

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola wisata alam Boyolali Air Terjun Kedung Kayang ini sudah sangat memadai.

Fasilitas umum yang disediakan seperti toilet, mushola, area parkir dan juga beberapa warung makan bisa anda gunakan untuk beristirahat dan mengisi tenaga.

Selain itu jika anda ingin mencari objek wisata lain yang ada di sekitar Air Terjun Kedung Kayang. Terdapat objek wisata seperti Wisata Papringan, Miniatur Menara Eiffel, dan Puthuk Setumbu.

Jika anda berada di kawasan Kabupaten Boyolali jangan lupa untuk mampir di wisata ini.

2. Wisata Alam Boyolali Waduk Kedung Ombo

waduk kedung ombo wisata alam boyolali
sumber gambar : @cloudycane_ (instagram)

Waduk Kedung Ombo yang merupakan salah satu wisata alam Boyolali yang banyak diminati oleh pecinta alam.

Waduk ini terletak di Jalan Solo – Purwodadi, Rambat, Geyer, Kabupaten Grobongan, Provinsi Jawa Tengah. Wisata ini terletak di antara perbatasan 3 Kabupaten.

Kabupaten tersebut terdiri dari Kabupaten Grobongan, Kabupaten Sragen dan juga Kabupaten Boyolali.

Wisata alam Boyolali Waduk Kedung Ombo adalah waduk terbesar yang ada di Indonesia. Waduk ini dipergunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Selain itu waduk ini juga dimanfaatkan untuk irigasi keperluan sawah yang terletak di sekitar waduk.

Waduk Kedung Ombo ini menggunakan Kali Serang sebagai sumber air utamanya.

Fasilitas yang disediakan pun sudah sangat memadai. Anda tidak perlu khawatir karena tempat ini terdapat fasilitas umum seperti toilet, mushola, dan warung-warung makan.

Fasilitas tersebut diberikan demi keamanan dan kenyamanan para wisatawan. Anda dapat berfoto di berbagai tempat di sekitar waduk.

Berada di kawasan wisata ini membuat anda mendapatkan pengalaman baru yang tidak terlupakan.

Selain itu Waduk Kedung Ombo ini menyediakan gardu pkalianng. Gardu tersebut dibangun untuk memudahkan para wisatawan untuk menikmati keindahan alam yang memukau sekitar waduk.

Saat berada di gardu tersebut anda dapat menikmati indahnya pantulan cahaya matahari tenggelam yang sangat memukau.

Jika anda memiliki hobi memancing, tempat ini sangat cocok untuk anda melakukan aktivitas memancing. Anda juga dapat melakukan piknik di sekitar waduk.

Udara yang ada di sekitar waduk ini terbilang sangat sejuk, teduh dan nyaman. Anda akan merasakan ketenangan saat berada di kawasan ini.

Anda dapat bersantai bersama keluarga, kawan atau bahkan bersama pasangan terkasih. Anda akan menemukan banyak pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Jika anda berada di Kabupaten Boyolali jangan lupa untuk mampir mengunjungi wisata Wadung Kedung Ombo.

Untuk memasuki kawasan ini anda akan dikenakan biaya sekitar Rp.5.000 per orang. Sangat terjangkau bukan ? Anda dapat menikmati berbagai macam keuntungan dari keindahan alam wisata ini.

3. Wisata Alam Boyolali Waduk Cengklik

waduk ceklik wisata alam boyolali
sumber gambar : @bayiudut.mg (instagram)

Waduk Ceklik yang terletak di Jalan Raya Cengklik, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Wisata alam Boyolali Waduk Cengklik ini merupakan spot yang sangat diincar oleh para wisatawan yang gemar fotografi.

Terlebih saat matahari terbit dan tenggelam, tempat ini terlihat sangat indah dengan pantulan cahayanya yang memikat hati.

Waduk Cengklik ini memberikan pemandangan alam yang begitu eksotis tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan wisata lain.

Anda akan dimanjakan oleh pemandangan pepohonan rimbun dan hijau. Hal ini membuat udara sekitar waduk menjadi sangat sejuk, teduh dan nyaman.

Pemandangan yang disuguhkan oleh waduk ini tampak terlihat Gunung Merbabu dan Gunung Merapi di sisi barat. Sedangkan bagian sisi timur anda akan melihat pemandangan Gunung Lawu yang terletak pada perbatasan antara Karanganyar dan Magetan.

Waduk Cengklik dikelilingi oleh beberapa area persawahan. Jika anda ingin melakukan prewedding yang bertema alam atau danau.

Waduk Cengklik adalah pilihan yang sangat tepat. Pemandangan yang diberikan sangat eksotis. Sehingga akan menghasilkan foto yang begitu indah.

Tidak hanya itu jika anda memiliki hobi memancing, anda dapat memanfaatkan waduk ini sebagai tempat untuk memancing.

Waduk ini terdapat berbagai macam jenis ikan. Anda akan merasakan kenyamanan dan semua penat yang ada terasa hilang.

Saat anda memancing dan mendapatkan ikan, terdapat warung-warung di sekitar waduk bisa anda manfaatkan untuk meminta mengolahkan ikan yang telah didapat.

Aliran air Waduk Cengklik ini berguna untuk irigasi sawah milik warga sekitar yang ada di kawasan waduk.

Untuk memasuki kawasan ini anda akan dikenakan biaya tiket masuk yang sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar biaya tiket sekitar Rp.2.000 per orang.

4. Wisata Alam Boyolali New Selo

new selo wisata alam boyolali
sumber gambar : @cekrekin_ajaa (instagram)

Wisata alam Boyolali New Selo ini menjadi daya tarik yang sangat populer bagi pecinta alam.

New Selo yang terletak di Samiran, Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Pesona alam yang ada di wisata ini sudah tidak diragukan lagi, potensi destinasi wisata ini cukup menarik banyak pengunjung mulai dari wisatawan lokal dan mancanegara.

Wisata ini menawarkan pemandangan yang sangat memanjakan mata. Anda akan merasakan penat yang ada hilang begitu saja.

Tempat ini sangat cocok untuk anda yang berencana berlibur bersama keluarga, teman atau pasangan.

New Selo menawarkan berbagai macam spot foto yang begitu mengagumkan.

Fasilitas yang tersedia sudah sangat memadai. Fasilitas umum yang meliputi toilet, mushola atau bahkan warung-warung yang ada di sekitar New Selo.

Sedangkan fasilitas wahana yang terdapat di New Selo antara lain outbond, flying fox, fun game dan terdapat permainan alam yang berbasis team work.

New Selo populer dengan adat istiadatnya dan juga kesenian tradisional. New Selo selalu menjadi tempat untuk menyelenggarakan tradisi tersebut.

Tradisi tersebut antara lain Jatilan, Reog Ponorogo, Turonggo Seto, Ketoprak, Tari Prajuritan, Upacara Sedekah Bumi, dan Topeng Ireng.

Selain itu tempat ini menyediakan berbagai macam kebun sayur. Kebun sayur tersebut seperti sawi, daun bawang, wortel, bunga kol, brokoli, selada merah dan masih banyak lagi.

Terdapat banyak foto yang sering diincar para wisatawan salah satunya di jembatan gantung. Jembatan gantung tersebut terletak di Desa Jrakah Selo,

Jembatan tersebut menjadi salah satu objek yang sangat cocok dijadikan sebagai latar belakang foto anda yang begitu menarik.

Selain itu para wisatawan juga dapat menikmati film mengenai gunung api di Merapi Theater Joglo. Untuk menikmati film tersebut anda hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp.2.500 per orang.

New Selo juga terdapat daya tarik lainnya seperti sumber mata air yang banyak disebut sebagai Tuk Babon.

Sumber aliran mata air ini mampu menghidupkan keperluan air oleh penduduk Kecamatan Selo dan Kecamatan Cepogo.

Dari wisata New Selo ini dari sisi barat anda akan melihat pemandangan yang sangat mempesona yaitu Gunung Kembar yang biasa disebut Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Jika anda berada di kawasan Kabupaten Boyolali jangan lupa untuk mengunjungi New Selo.

Untuk memasuki New Selo anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.10.000 per orang.

Biaya tersebut sangat terjangkau, anda akan merasakan indahnya pemandangan alam yang begitu menakjubkan.

5. Wisata Alam Boyolali Umbul Tlantar

umbul tlantar wisata alam boyolali
sumber gambar : @umbultlantar (instagram)

Umbul Tlantar yang terletak di Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 2, Kebonbimo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Untuk memasuki kawasan ini anda harus membayar tiket masuk sekitar Rp.10.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan bermotor sekitar Rp.3.000.

Untuk kendaraan bermobil akan dikenakan biaya parkir sekitar Rp.5.000. Umbul Tlantar merupakan salah satu destinasi wisata alam Boyolali yang sangat populer.

Wisata ini sangat cocok untuk anda yang ingin menghilangkan penat. Anda dapat berlibur di tempat ini bersama keluarga tercinta, teman atau bahkan pasangan.

Udara yang ada di sekitar Umbul Tlantar sangat sejuk dan teduh. Hal ini dikarenakan adanya pepohonan rimbun yang hijau.

Udara disini akan membuat anda nyaman berlama-lama berada di kawasan ini. Selain itu para wisatawan juga dapat menikmati berbagai macam wahana air yang sangat begitu seru.

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola sudah sangat memadai. Saat anda berada di kawasan ini tidak hanya menemukan kolam renang, namun anda akan menemukan berbagai macam wahana  dan fasilitas.

Fasilitas kolam renang yang disediakan cukup beragam dari mulai kolam renang anak-anak, kolam renang untuk dewasa, kolam renang untuk keceh.

Untuk fasilitas lainnya seperti taman, playground, restoran, rumah makan lesehan, mushola, area parkir, gedung untuk VIP, toilet hingga beberapa kios yang menjual berbagai macam cinderamata.

Selain itu terdapat beberapa wahana yang dapat anda coba seperti becak air, pemancingan, ATV, flying fox, Woodball Etasia, fish spa dan masih banyak lagi.

Umbul Tlantar merupakan sebuah objek wisata mata air yang sering dijadikan sarana untuk relaksasi untuk menghilangkan penat yang ada.

Umbul Tlantar yang terletak di bawah kaki Gunung Merbabu, hal ini membuat kawasan ini terlihat masih sangat asri dan sangat sejuk.

Kelebihan dari Umbul Tlantar yaitu aliran air yang terlihat sangat jernih menyegarkan mata. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang sangat hobi berenang.

Umbul Tlantar di kelilingi oleh pepohonan yang sangat rimbun dan memiliki daun yang sangat hijau. Jika anda melihat sekilas Umbul Tlantar hampir menyerupai taman air yang ada di Korea.

Saat anda berada di kawasan kota penghasil susu perah ini, ada baiknya untuk sebentar mengunjungi Umbul Tlantar. Menikmati keindahan alam yang sangat luar biasa di sekitar wisata.

6. Wisata Alam Boyolali Tikungan Cinta

tikungan cinta wisata alam boyolali
sumber gambar : @ndok_bos (instagram)

Tikungan Cinta merupakan destinasi wisata alam Boyolali yang sangat populer dikalangan pecinta alam.

Tikungan Cinta ini terletak di Desa Cluntang, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Tikungan Cinta ini telah menyediakan pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan.

Tikungan Cinta ini merupakan sebuah wisata yang menyediakan dack view atau gardu pandang yang terletak diatas dataran tinggi.

Gardu pandang ini berfungsi untuk menikmati indahnya pemandangan di sekitar dataran tinggi.

Udara yang ada di sekitar wisata ini sangat sejuk dan teduh. Karena adanya pepohonan yang rimbun dan hijaunya tumbuhan.

Jika anda penggemar fotografi, anda akan merasa puas saat berada di kawasan ini. Sebab gardu pandang yang ada di tempat ini terbilang sangat strategis.

Anda menikmati keindahan alam dan juga pemandangan Kota Boyolali. Selain itu anda juga dapat mengabadikan keindahan dari Gunung Merapi yang terlihat jelas gagah menjulang tinggi.

Gardu pandang ini terletak diatas bukit dengan ketinggian sekitar 1.200 meter diatas permukaan laut.

Asal mula penamaan dari Tikungan Cinta, sebab gardu pandang ini berada tepat di tikungan yang berbentuk letter U. Hal ini membuat wisata ini diberi nama Tikungan Cinta.

Tikungan Cinta terbilang wisata yang masih baru. Namun karena keindahannya membuat tempat ini semakin populer.

Dari atas gardu pandang ini anda akan melihat keindahan dari hutan pinus yang begitu memukau.

Terdapat banyak spot foto yang sangat menarik untuk anda coba abadikan dalam bidikan kamera. Anda dapat mengunjungi tempat ini bersama keluarga, teman atau bahkan kekasih tercinta.

Saat berada di kawasan wisata Tikungan Cinta anda akan mendapatkan pengalaman baru yang tidak akan terlupakan. Untuk memasuki kawasan ini anda hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan.

Biaya parkir kendaraan bermotor akan dikenakan sekitar Rp.2.000. Sedangkan untuk kendaraan bermobil  sekitar Rp.5.000.

Untuk hunting foto disekitar deck view anda akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp.2.500 hingga Rp.5.000 per orang dan juga per deck view.

Sangat terjangkau, anda akan dapat merasakan keindahan pemandangan yang sangat asri di sekitar Tikungan Cinta.

7. Wisata Alam Boyolali Lembah Gunung Madu

lembah gunung madu wisata alam boyolali
sumber gambar : @dongkok_ (instagram)

Siapa yang sudah mendengar nama Lembah Gunung Madu? Iya Gunung Lembah Madu ini memang sangat populer dikalangan para pecinta alam.

Wisata alam Boyolali ini lebih tepatnya terletak di Jalan Raya Simo-Klego Kilometer 5, Gunung Madu, Desa Kedunglengkong, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali , Provinsi Jawa Tengah.

Jika anda ingin menghilangkan penat dan juga ingin menghabiskan masa libur panjang. Lembah Gunung Madu menjadi pilihan yang sangat cocok.

Anda dapat berkunjung ke tempat ini bersama keluarga, teman atau bahkan pasangan.

Sesuai dengan namanya Lembah Gunung Madu, wisata ini terletak di bawah kaki Gunung Madu. Lembah Gunung Madu ini memberikan keindahan alam yang dapat anda abadikan dalam bidikan kamera.

Anda menggunakan Lembah Gunung Madu sebagai latar belakang foto yang akan anda ambil dengan cantik.

Tempat ini menyediakan spot-spot foto yang bisa anda coba. Spot foto tersebut seperti gardu pandang love, taman, air mancur, ornamen bangunan.

Jika anda mengunjungi wisata ini saat sore hari anda akan menikmati indahnya pantulan cahaya matahari yang tenggelam.

Kawasan ini juga terdapat berbagai macam warung yang menyediakan kuliner khas Boyolali. Anda dapat berbelanja dan menikmati kuliner tersebut.

Menurut cerita warga sekitar wisata Lembah Gunung Madu ini memiliki cerita sejarah saat jaman kolonial Jepang. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya gua-gua yang terletak di sekitar wisata ini.

Gua-gua tersebut menurut warga dahulunya digunakan sebagai tempat penyembunyian oleh penduduk pribumi.

Gua tersebut hingga saat ini masih ada, gua itu berjumlah 5 dengan kawasan wisata yang sama.

Pihak pengelola telah menyediakan berbagai macam fasilitas yang bisa anda gunakan. Fasilitas tersebut seperti bangunan putih, area parkir, toilet, tempat ibadah, dan juga wahana yang memacu adrenalin yaitu sky bike, dan flying fox.

Jika anda berminat mengunjungi wisata ini anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Namun jika anda membawa kendaraan pribadi saat menuju kawasan wisata Lembah Gunung Madu, anda akan dikenakan biaya parkir.

Biaya parkir untuk kendaraan bermotor sekitar Rp.2.000. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan bermobil sekitar Rp.4.000.

Saat anda berada di kawasan wisata ini anda akan mendapatkan pengalaman baru yang tidak terlupakan. Sebaiknya anda menyimpan semua aktivitas yang ada dengan mengabadikan dalam foto.

8. Wisata Alam Boyolali Bukit Gancik

bukit gancik wisata alam boyolali
sumber gambar : @ayodolan (instagram)

Bukit Gancik ini terletak di Dukuh Selo Nduwur, Desa Selo, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Bukit Gancik ini terdapat gardu pandang yang begitu indah. Gardu pandang tersebut selalu menjadi incaran para wisatawan untuk hunting foto.

Bukit Gancik sendiri memiliki ketinggian sekitar 1.850 meter diatas permukaan laut. Lokasinya tepat berada di kaki Gunung Merbabu.

Saat anda berada di gardu pandang, anda akan menyaksikan keindahan pemandangan hamparan sawah, perkebunan warga, dan juga rumah-rumah warga sekitar.

Pemandangan tersebut sangat cocok untuk anda abadikan dalam bidikan kamera. Sangat cocok untuk latar belakang foto cantik.

Bukit Gancik ini memiliki sebutan lain yaitu Gancik Hill Top Boyolali. Bukit ini menyediakan gardu pandang yang telah menghubungkan langsung dengan jembatan bambu.

Hal tersebut mempermudah para wisatawan untuk mengelilingi Bukit Gancik. Anda dapat bersantai menikmati indahnya pemandangan yang disuguhkan oleh Bukit Gancik.

Setiap bukit atau dataran tinggi, anda akan selalu melihat keindahan matahari terbit ataupun matahari tenggelam.

Pantulan cahaya matahari yang sangat eksotis selalu menjadi incaran para penggemar fotografi.

Bukit Gancik saat ini telah dijadikan jalur pendakian baru menuju Gunung Merbabu. Jika para pendaki melewati jalur ini, anda akan sampai di pos 3 jalur pendakian Gunung Merbabu.

Menurut beberapa sumber para pendaki menjelaskan bahwa pendakian melalui jalur Gancik ini lebih cepat sampai ke pos 3 jika dibandingkan dengan jalur pendakian jalur Selo lama.

Fasilitas yang disediakan juga sudah sangat memadai. Fasilitas tersebut antara lain seperti area parkir yang luas, toilet umum, warung makan, dan juga camping ground.,

Untuk biaya tiket masuk wisata alam Boyolali Bukit Gancik ini akan dikenakan sekitar Rp.5.000 per orang. Sangat terjangkau bukan ? Dengan biaya tersebut anda dapat menikmati keindahan alam dan juga fasilitas yang telah disediakan.

9. Wisata Alam Boyolali Watu Blerek

watu blerek wisata alam boyolali
sumber gambar : @hary0017 (instagram)

Wisata alam Boyolali Watu Blerek yang terletak di Desa Suroteleng, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

Wisata ini kurang terekspos oleh media sosial, hal ini membuat Watu Blerek tidak banyak dikenal oleh para wisatawan.

Wisata Watu Blerek merupakan wisata alam Boyolali yang terbilang baru. Namun potensi alam yang diberikan cukup memukau dengan nuansa perbukitan yang terlihat hijau dan hamparan hutan dengan pepohonan yang sangat rimbun.

Jika wisata alam Boyolali Bukit Gancik lebih dekat dengan Gunung Merbabu, hal ini beda dengan Watu Blerek yang terletak lebih dekat dengan Gunung Merapi.

Watu Blerek menyediakan gardu pandang yang bisa anda gunakan sebagai tempat berfoto bersama keluarga tercinta, teman atau mungkin bersama pasangan terkasih.

Wisata alam Boyolali Watu Blerek berada pada jalur pendakian Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Anda dapat memanfaatkan keindahan alam pegunungan sebagai latar belakang foto yang menarik.

Gardu Pandang yang ada ditempat ini   terlihat menyerupai wisata Watu Layah yang ada di Temanggung. Bedanya hanya gardu pandang Watu Blerek terbuat dengan sistem bertingkat.

Selain itu hal unik lainnya seperti adanya jembatan panjang hingga 10 meter yang digunakan sebagai penghubung antara kedua gardu pandang.

Jika anda berada di kawasan ini, anda akan merasakan kenyamanan dan ketenangan membuat beban pikiran hilang begitu saja.

Karena wisata ini terbilang baru, hal ini membuat wisata alam Boyolali Watu Blerek sangat minim fasilitas. Jika anda berkunjung ke tempat ini, sebaiknya membawa bekal dari rumah.

Hal ini disebabkan karena tidak banyak terdapat warung makan di sekitar wisata. Udara yang ada di sekitar wisata terasa sangat dingin karena letaknya yang berada di dataran tinggi.

Sebaiknya para wisatawan menggunakan jaket saat berada di gardu pandang Waru Blerek.

Sedangkan untuk biaya tiket masuk wisata alam Boyolali Watu Blerek anda akan dikenakan sekitar Rp.2.000 per orang. Sangat terjangkau bukan ? Anda akan mendapatkan pengalaman baru saat berada di Waru Blerek.

10. Wisata Alam Boyolali Kebun Raya Indrokilo

kebun raya indrokilo wisata alam boyolali
sumber gambar : @rizky_ardhy (instagram)

Kebun Raya Indrokilo merupakan salah satu wisata alam Boyolali yang memiliki keindahan alam sangat memukau.

Kebun Raya Indrokilo ini terletak di Kampung Tempurejo, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Kebun Raya Indrokilo ini merupakan ikonik destinasi wisata alam Boyolali yang sangat populer dikalangan pecinta alam.

Untuk menikmati keindahan alam Kebun Raya Indrokilo anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.5.000 per orang. Sangat terjangkau bukan? Anda dapat menikmatinya bersama keluarga, teman atau pasangan terkasih.

Bukit ini dibangun oleh Pemerintah Boyolali sebagai upaya gerakan pelestarian dan konservasi alam.

Kebun Raya Indrokilo dibawah pengawasan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau biasa disingkat LIPI.

Hingga saat ini Kebun Raya Indrokilo telah memiliki lebih dari 6.000 jenis tanaman yang termasuk tanaman langka.

Telah tercatat bahwa wisata alam Boyolali Kebun Raya Indrokilo memiliki sekitar 9.000 spesismen kelokesi tumbuhan yang telah usai ditanam.

Para wisatawan akan menikmati berbagai jenis tumbuhan yang sangat unik. Salah satu keunikan tanaman tersebut adalah tumbuhan paku-pakuan.

Terdapat sebuah taman yang ditumbuhi oleh jenis tumbuhan paku-pakuan dibangun dengan struktur kubah yang sangat menarik.

Selain itu wisata alam Boyolali Kebun Raya Indrokilo ini juga membangun berbagai macam tumbuhan yang berjenis tematik. Tumbuhan tematik tersebut meliputi taman buah lokal dan juga taman koleksi bambu.

Daya tarik dari wisata ini yaitu memiliki beberapa monumen serta bangunan yang khas. Monumen tersebut meliputi Gerbang Pesingsingan, Patung Sosro Birowo, dan juga replika Air Terjun Niagara.

Gerbang Pesising tersebut memiliki ketinggian sekitar 12 meter dengan lebar sekitar 25 meter. Gerbang tersebut akan menyambut anda saat mengunjungi Kebun Raya Indrokilo.

Patung Sosrobirowo ini memiliki ketinggian sekitar 17 meter. Patung ini juga menyambut para wisatawan di gerbang kedatangan.

Sedangkan replika Air Terjun Niagara memiliki ketinggian sekitar 7 meter dan lebar sekitar 34 meter.

Selain itu terdapat pula wahana Taman Labirin. Labirin ini terbuat dari semak tanaman yang disusun sedemikian rupa cantik. Jika dilihat dari atas labirin ini menyerupai bentuk sebuah pegunungan.

Ada pula menara pandang lantai kaca. Wahana ini merupakan fasilitas baru yang telah dibuka untuk umum.

Menara tersebut memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan didominasi warna merah berani. Wahana ini paling atas dilengkapi dengan lantai kaca yang terlihat tembus pandang.

Jika anda ingin menaiki menara tersebut anda harus menaati peraturan yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Peraturan tersebut antara lain pengunjung lansia, anak-anak yang berumur kurang dari 10 tahun, penderita penyakit jantung, dan juga yang memiliki fobia ketinggian dilarang untuk menaiki menara ini.

Selain itu sebelum anda ingin menaiki wahana ini, anda harus menggunakan alas kaki khusus yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Hal ini memiliki fungsi agar tidak merusak permukaan lantai yang terbuat dari kaca.

Jika anda ingin mengelilingi wisata Kebun Raya Indrokilo, anda dapat menyewa sepeda listrik, sepeda sewaan, atau bahkan berjalan kaki.

Untuk menghilangkan penat, anda dapat bercamping di area lahan rumput terbuka. Anda akan merasakan menikmati keindahan alam yang sangar asri.

Wisata alam Boyolali Kebun Raya Indrokilo ini telah menyediakan wahana memicu adrenalin yaitu outbond hingga flying fox.

Wahana lain yang bisa anda manfaatkan yaitu jembatan titian, jaring laba-laba, dan masih banyak lagi.

Wisata ini memang masih dalam tahap pembangunan, namun Kebun Raya Indrokilo memiliki fasilitas yang sangat memadai. Fasilitas tersebut meliputi area parkir, mushola, dan juga toilet.

Terdapat pula warung makan yang dapat anda gunakan untuk beristirahat dan mengisi tenaga.

Itulah 10 wisata alam Boyolali yang sangat wajib anda kunjungi saat berada di kawasan kota penghasil susu perah terbaik di Indonesia.

Tempat diatas sangat cocok untuk anda yang ingin menyegarkan hati dan pikiran. Wisata alam Boyolali menyediakan ketenangan yang tidak akan terlupakan.

Anda akan memiliki pengalaman tidak terlupakan. Saat anda mengabadikan dalam kamera anda akan merasakan ingin kembali mengunjungi wisata-wisata tersebut

Saat anda mengunjungi wisata-wisata yang ada diatas, anda harus tetap menjaga kebersihan dan keasriannya. Mari menjaga keindahan alam Indonesia.

Cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang mencari info mengenai wisata alam Boyolali yang sangat memukau.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×