BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Hutan Pinus Mangunan, Hutan Wisata Yang Indah

Hutan Pinus Mangunan, Hutan Wisata Yang Indah cocok Buat Hunting Foto

0 228
hutan mangunan, hutan pinus mangunan
Sumber Gambar : dwilesta2020 (instagram)

Hutan Pinus Mangunan, Pesona Indah Kabupaten Bantul

Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai pesona alam yang mengagumkan, di daerah ini terdapat salah satu tempat wisata yang menyejukkan, yang cocok untuk dijadikan foto prewedding tempat tersebut bernama Hutan Pinus Mangunan.

preweding, hutan pinus mangunan
Sumber Gambar : _de.artha_ (instagram)

Di Objek wisata ini sinar mentari yang berwarna keemasan menerobos di antara pucuk pohon pinus, yang tepat berada di permukaan tanah sehingga menciptakan guratan.

Bias cahaya yang mengagumkan ditambah, berderet pohon yang menjulang tinggi dengan latar belakang langit yang biru.

Menjadikan komposisi yang sangat indah, sehingga sangat pantas apabila Hutan Pinus Mangunan menjadi salah satu destinasi hunting foto terbaik di Jogja.

Memiliki udara yang sejuk serta suasana yang menentramkan, ketika kamu menyusuri jalan yang berbukit di Hutan Pinus Mangunan, atau para pengunjung lebih mengenal dengan nama hutan pinus Imogiri.

Disini terdapat ribuan pohon pinus yang tegak menjulang yang seolah-olah menjadi penjaga yang sigap melindungimu dari terpaan terik Mentari, semilir angin yang menelusup diantara celah pohon turut menerbangkan rasa gundah.

sendiri, pohon pinus mangunan
Sumber Gambar : silla_noona (instagram)

Di tempat ini sangat cocok dan tepat untuk melepaskan penat sejenak dari rutinitas, dengan suasana yang tenang, tentram, jauh dari bising kendaraan, semua terasa bebas dan lepas di sini.

Para pengunjung sejauh mata memandang akan melihat pohon-pohon yang berjajar memenuhi tempat ini.

Di objek wisata ini sangat cocok bagi kawula muda yang sedang memadu kasih, karena tempatnya yang romantis sehingga banyak pasangan yang menghabiskan waktu berdua di tempat ini.

Objek wisata ini sebelum terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer, merupakan lahan tandus yang kemudian kawasan yang mempunyai lahan seluas 500 hektar, ditanami pohon pinus oleh masyarakat sekitar.

Hutan ini selain ditanami pohon pinus juga di tempat ini terdapat pohon merkusii, Mahoni, Akasia, Kemiri dan Kayu putih.

Beberapa tahun kemudian pohon yang ditanam tersebut tumbuh subur di lahan yang tandus, menjadikan tempat ini berubah menjadi hutan.

Dan di kawasan yang hanya ditanami pohon pinus dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata.

Untuk menunjang aktivitas pariwisata di hutan pohon pinus ini, dibangun beberapa fasilitas untuk menarik minat para wisatawan, di antaranya ialah dibangunnya menara pandang di atas pohon.

gaedu pandang, hutan pinus mangunan
Sumber Gambar : mellanursetyaningsih (instagram)

Para pengunjung yang datang ke sini bisa naik ke Menara tersebut, dan bisa melihat ke segala penjuru.

Jika kamu ingin melepaskan penat meringankan beban yang berada di pundak, Kamu bisa berteriak sekencang-kencangnya untuk bisa melepaskan emosi sehingga kamu merasa beban yang kamu pikul terasa ringan.

Pantulan suaramu yang berada di pohon-pohon menimbulkan gema, di tempat ini juga selain menara pandang, pengelola menyediakan bangku-bangku yang terbuat dari gelondongan batang kayu yang sudah tua.

Pengunjung bisa bersantai duduk-duduk di bangku-bangku tersebut, sambil menikmati suasana hutan.

Para pengunjung bisa datang kapan saja ke objek wisata Hutan Pinus Mangunan untuk menikmati heningnya suasana Hutan Pinus Mangunan.

Disebabkan kawasan ini tidak menerapkan jam buka maupun tutup untuk para wisatawan yang berkunjung.

Disarankan para pengunjung mengunjungi objek wisata ini  datang pada waktu pagi hari, dikarenakan pada waktu pagi hari merupakan waktu yang baik untuk menikmati suasana hutan, serta aroma embun yang menguap yang tertimpa pantulan sinar mentari.

Sedangkan untuk para pengunjung yang ingin menikmati syahdunya suasana, bisa datang pada sore hari, dikarenakan pada saat sore hari bisa menikmati desiran angin serta melihat langit yang berubah warna.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Hutan Pinus Mangunan

Banyak aktifitas yang bisa dilakukan para pengunjung yang datang ke objek wisata ini diantaranya :

Foto Season

Memiliki suasana yang menyerupai lokasi syuting film Hollywood, objek wisata ini cocok dijadikan tempat yang ideal untuk pengambilan foto. Baik itu foto selfie maupun itu foto yang bertema prewedding.

Di kawasan ini hampir seluruh sudut bisa dijadikan lokasi pengambilan foto. Banyak Spot foto yang terdapat di kawasan ini yang bisa dijadikan latar belakang yang indah serta instagramable.

foto model, hutan pinus mangunan
Sumber Gambar : dessyanggrainipuspitasari (instagram)

Pengunjung bisa berfoto di antara pohon pinus, duduk di bangku-bangku, ataupun di saat pengunjung berada di atas gardu pandang.

Di objek wisata ini juga para pengunjung bisa berfoto dengan gaya apapun terserah dari pengunjung untuk mengekspresikan suasana hatinya.

Piknik Party

Kawasan ini juga cocok untuk melakukan kegiatan piknik yang asik, para pengunjung bisa membawa peralatan piknik seperti tikar keranjang yang berisi makanan dan minuman yang dibawa dari rumah.

Di Hutan ini tinggal dibentangkan sambil menikmati suasana alam Hutan Pinus Mangunan yang damai, tenang, dan Sudah barang tentu mengasyikkan.

Untuk menambah serunya suasana pengunjung bisa membawa gitar dan berdendang bersama teman, sahabat, maupun keluarga.

Hammocking

Dikarenakan di kawasan ini banyak pohon-pohon pinus yang berjajar, para pengunjung bisa bersantai duduk di atas hammock sambil berayun-ayun.

hammock,hutan pinus mangunan
Sumber Gambar : cakaziez (instagram)

Tidak salahnya sambil membawa buku untuk dibaca sambil bersantai, menikmati suasana yang   tenang, dengan cara tersebut bisa menjadi sarana untuk mengembalikan kesegaran otak dan pikiran.

Namun disayangkan pengelola Hutan Pinus Mangunan belum menyewakan hammock, sehingga para pengunjung harus membawanya dari rumah sendiri.

Naik Ke Menara Pandang

Apabila para pengunjung ingin mengamati sekeliling hutan pinus, di sini terdapat menara pandang yang bisa digunakan para pengunjung.

menara pandang, hutan pinus mangunan
Sumber Gambar : cici.srihartini (instagram)

Di kawasan ini terdapat dua gardu pandang yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan Hutan Pinus Mangunan dari atas.

Gardu pandang yang pertama memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi, namun para pengunjung masih bisa melihat perbukitan yang berada di sekitar hutan Pinus Mangunan.

Gardu pandang yang lain memiliki dua tingkat, gardu pandang yang ini bisa dicoba untuk merasakan hembusan angin yang bertiup kencang, selain bisa melihat panorama alam dari ketinggian yang berada di sekitar Hutan Pinus Mangunan.

Namun para pengunjung diharapkan untuk berhati-hati, dikarenakan gardu pandang tersebut terbuat dari peralatan yang sederhana.

Duduk Santai Di Bangku Kayu

bangku kosong, hutan pinus mangunan
Sumber Gambar : musa_sanjaya (instagram)

Di objek wisata hutan pinus Mangunan, pengelola sudah menyiapkan bangku yang terbuat dari kayu glondongan, bangku ini bisa di gunakan untuk istirahat para pengunjung.

Di tempat ini terdapat banyak bangku sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir akan kehabisan tempat duduk.

Di sini para pengunjung bisa bersantai, bercengkrama, sambil menikmati camilan yang dibawa dari rumah, dan mengobrol bersama taman, keluarga maupun sahabat.

Dan perlu di ingat oleh para pengunjung, di sini harus memperhatikan kebersihan lingkungan, jadi setiap sampah yang dibawa harus buang ke tempat sampah yang sudah disediakan pengelola.

Trekking

Selain menikmati pesona alam Hutan Pinus Mangunan dengan bersantai di bangku maupun di hammock, para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas tracking di dalam Hutan Pinus Mangunan.

jalur trekking, hutan pinus mangunan
Sumber Gambar : vivin.windari (instagram)

Dikarenakan di dalam kawasan Hutan Pinus Mangunan terdapat sumber mata air Bengkuang, menurut cerita tempat ini merupakan lokasi pertapaan Sultan Agung hanyokrokusumo.

Jadi tidak ada salahnya para pengunjung menyusuri jalur outbound Watu Abang menembus hutan yang rapat untuk bisa mencapai sumber mata air tersebut.

Mata air ini pernah direnovasi oleh pemerintah kolonial Belanda, aktivitas tracking di hutan pinus ini menawarkan berbagai sensasi petualangan tersendiri.

Lokasi Dan Akses Hutan Pinus Mangunan

Kawasan ini beralamat di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Letak dari objek wisataini tidak terlalu jauh dari makam raja-raja Imogiri, dan Kebun Buah Mangunan.

Yang patut disayangkan ialah belum adanya transportasi umum yang melayani trayek ke tempat Hutan Pinus Mangunan ini.

Sehingga para pengunjung harus membawa kendaraan pribadi. Rute yang bisa diambil ialah para pengunjung bisa melewati Jalan Imogiri Timur.

Setelah sampai di Imogiri, para pengunjung bisa mengikuti rambu petunjuk arah yang sudah ada. Jalanan yang menuju objek wisata hutan pinus mangunan, sudah beraspal sehingga perjalanan menuju ke objek wisata ini akan lebih mudah.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Para pengunjung yang ingin menikmati suasana Hutan Pinus Mangunan tidak dipungut biaya sepeserpun, pengunjung hanya membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Tempat Wisata Lain Yang Berada Di Sekitar Hutan Pinus Mangunan

Selain objek wisata Hutan Pinus Mangunan kawasan ini masih ada tempat wisata lain yang berdekatan dengan hutan Pinus Mangunan di antaranya

Kebun Buah Mangunan

Objek wisata ini terletak tidak seberapa jauh dari Hutan Pinus Mangunan, yang merupakan destinasi wisata yang sudah populer.

Objek wisata ini ialah Kebun Buah Mangunan yang terletak di ketinggian 150 sampai 200 mdpl, di objek wisata ini para pengunjung bisa menyaksikan deretan pohon buah-buahan yang tertata apik.

Serta di objek wisata ini terdapat 1 Spot menarik yang berada di puncak bukit, di sini para pengunjung bisa menyaksikan hamparan Lembah serta ngarai dan pemandangan sungai oyo yang meliuk-liuk.

Menjadikan pemandangan yang sangat mempesona, apabila pagi menjelang para pengunjung juga bisa melihat sungai oyo yang tertutup kabut.

Puncak Becici

Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai beberapa hutan pinus selain Hutan Pinus Mangunan, keberadaannya juga tidak terlalu jauh dari lokasi Hutan Pinus Mangunan.

Hutan pinus lainnya dikenal karena memiliki puncak, puncak tersebut sangat populer dengan sebutan Puncak Becici.

Disini terdapat gardu pandang, gardu pandang tersebut sangat mirip dengan gardu pandang yang berada di objek wisata Kalibiru Kulon Progo.

Dari ketinggian gardu pandang, para pengunjung bisa melihat kegagahan Gunung Merapi dan bukit-bukit serta pegunungan yang jauh.

Air Terjun Lepo

Masih berdekatan dengan kawasan Hutan Pinus Mangunan, terdapat objek wisata yang menyuguhkan pemandangan yang tidak kalah menarik yaitu Air Terjun Lepo.

Terletak di Dusun Pokoh 1, Dlingo, Kabupaten Bantul, objek wisata Air Terjun Lepo mempunyai perbedaan dari air terjun pada umumnya,.

Air terju pada umumnya ialah airnya yang meluncur bebas dari ketinggian tebing, namun air terjun Lepo airnya mengalir di dalam kolam alami yang bertingkat-tingkat.

Memiliki ketinggian luncur air yang tidak terlalu tinggi, namun objek wisata ini menjadi daya pikat tersendiri, para pengunjung bisa berenang sepuasnya di kolam alami tersebut.

Jembatan Gantung Siluk

Sebuah jembatan gantung yang membentang di atas aliran sungai oyo, terlihat begitu mencolok mata dikarenakan jembatan ini dicat berwarna kuning terang.

Jembatan ini terlihat sangat jelas dari Kebun Buah Mangunan, jembatan gantung ini oleh para pengunjung kerap melakukan sesi foto di atas jembatan ini karena keunikannya.

Bagi Kamu yang belum melakukan kunjungan ke objek wisata ini segera agendakan kunjungan kamu berikutnya, dan nikmati suasana alam yang asri dan menenangkan jiwa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×