BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

20 Wisata Di Lereng Gunung Merapi Ini Super Memikat Hati

Wisata Lereng Gunung Merapi

0 479
gunung merapi yang begitu indah
sumber gambar : @sindunata24 (instagram)

Gunung Merapi terletak di wilayah Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Magelang, serta Kabupaten Boyolali.

Gunung ini masih termasuk salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Gunung Merapi memiliki ketinggian puncaknya mencapai 2.930 meter diatas permukaan laut per tahun 2010.

Pemandangan yang ada di Gunung Merapi begitu memukau membuat para wisatawan tidak ingin pulang saat mengunjungi lokasi tersebut.

Keindahan dari Gunung Merapi sudah tidak diragukan lagi. Terdapat beberapa tempat wisata yang ada di Gunung Merapi yang saat ini di rubah namanya menjadi Wisata Volcano Merapi antara lain :

1. Wisata Batu Alien Cangkringan

batu alien kopeng cangkringan gunung merapi
sumber gambar : @adit_aw (instagram)

Apa yang di maksud dengan Batu Alien tersebut? mungkin anda penasaran mengapa batu tersebut diberi nama alien, terdengar sangat aneh.

Batu Alien Cangkringan ini merupakan saksi dari bencana letusan Gunung Merapi beberapa tahun yang lalu.

Postingan Direkomendasikan

Batu Alien ini berasal dari batu besar yang telah hanyut terbawa oleh lahar panas. Batu Alien terletak persis di tepi sungai Gendol.

Karena bentuk dari batu ini menyerupai wajah monster itulah sebabnya di beri nama Batu Alien.

Tidak hanya itu pemandangan yang ada di wisata ini sangat memikat hati para pengunjung, dengan udara segar membuat hati terasa nyaman dan ingin berlama-lama di lokasi ini.

2. Mengendarai Jeep di Gunung Merapi

jeep gunung merapi
sumber gambar : @krisanandary (instagram)

Yogyakarta terdapat pula wisata Merapi Lava Tour, lebih tepatnya terletak di Kaliurang di kaki Gunung Merapi.

Hal yang menarik dari wisata ini adalah para wisatawan sepanjang perjalanan mengendarai mobil jeep dengan rute menyusuri bekas aliran lahar pasca letusan Gunung Merapi.

Rute tersebut mengajak para wisatawan mampir ke beberapa destinasi seperti Museum sisa Hartaku dan bunker Kaliadem.

Tips saat menikmati Merapi Lava Tour

Cuaca

Ketika ingin mencoba wisata tersebut sebaiknya pengunjung di sarankan berkunjung saat musim kemarau. Karena saat musim kemarau pemandangan Gunung Merapi akan terlihat jelas.

Sehingga tidak sia-sia saat menikmati Merapi Lava Tour.

Pakaian

Akibat dari letusan Gunung Merapi, hal ini membuat gunung ini terasa sangat gersang dan jarang adanya pohon disepanjang jalan.

Sebaiknya bagi para wisatawan di sarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan pakaian lengan yang panjang untuk menghindari sinar matahari agar kulit tidak terbakar.

Selain itu para wisatawan perlu membawa kaca mata hitam, sepatu yang tertutup dan topi yang akan sangat membantu saat terik matahari menyinari.

Menggunakan Masker

Karena Gunung Merapi begitu gersang, dan mobil jeep yang melaju dengan kecepatan tinggi membuat tanah dan debu beterbangan.

Nah dalam hal kondisi seperti ini menggunakan masker ketika perjalanan sangat dibutuhkan. Pihak Merapi Lava Tour biasanya menyediakan masker untuk tiap orang.

Jadi tidak usah khawatir jika tidak membawa masker.

3. Bunker Kaliadem Gunung Merapi

bunker kaliadem gunung merapi
sumber gambar : @ran_agib (instagram)

Bunker Kaliadem sudah ada sejak  zaman kolonial Belanda. Fungsi dari bunker ini adalah sebagai tempat berlindung pada saat Gunung Merapi meletus.

Pada tahun 2006 terjadi letusan yang menyebabkan bunker ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain itu efek dari letusan itu membuat kawasan Kaliadem mati total dan tidak banyak di kunjungi. Sebelum letusan terjadi Kaliadem menjadi salah satu tempat kesukaan bagi para pendaki untuk melakukan camp.

4. Bukit Klangon

bukit klangon gunung merapi
sumber gambar : @bukitklangon (instagram)

Bukit Klangon letaknya sangat dekat dengan Gunung Merapi yang hanya berjarak 4 km yaitu di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Klaten, lebih tepatnya terletak di dusun Kalitengah Lor, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Bukit ini menjadi destinasi para wisatawan karena pemandangannya yang memperlihatkan secara dekat Gunung Merapi.

Bukit ini menawarkan berbagai macam keindahan mulai dari hijaunya perbukitan, langit biru di atas gunung dan sinar matahari pagi yang membuat Bukit Klangon ini nampak begitu indah.

Selain itu Bukit Klangon tidak terdapat gerbang tiket masuk wisata ini. Para wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir.

5. Kali Kuning Lereng Merapi

kali kuning gunung merapi
sumber gambar : @motorent_jogja (instagram)

Kali Kuning adalah sebuah sungai yang terletak di lereng Gunung Merapi. Sungai ini terbentuk dari lahar akibat dari bencana alam letusan beberapa tahun lalu.

Wisata Kali Kuning dikelola oleh pihak Taman Nasional Gunung Merapi.

Mata air Kali Kuning ini mengalir dari beberapa Kecamatan diantaranya Pakem, Ngemplak, Cangkringan, Berbah dan Kalasan.

Wisata ini menyuguhkan berbagai macam panorama, terdapat pula beberapa tempat untuk berfoto.

6. Makam Mbah Maridjan

makam mbahmaridjan juru kunci gunung merapi
sumber gambar : @acikoku (instagram)

Nama Mbah Maridjan yang sangat terkenal. Beliau adalah juru kunci Gunung Merapi. Mbah Maridjan meninggal akibat menjadi korban letusan Gunung Merapi.

Beliau di makamkan di dusun Srunen, Cangkringan.Setiap harinya makam ini tidak pernah sepi oleh para penziarah yang sekedar ingin berkunjung maupun mendoakan Mbah Maridjan.

Makam tersebut masih berupa gundukan tanah tanpa di bangun apapun di sekitarnya.

Tidak hanya makam Mbah Maridjan, rumah Mbah Maridjan telah di rubah menjadi tempat peninggalan sisa erupsi Gunung Merapi.

Rumah tersebut terdapat kenangan foto saat kejadian bencana alam kala itu. Akibat letusan itu memakan korban sekitar 100 jiwa.

7. Kuliner Khas Lereng Merapi

jadah tempe khas gunung merapi
sumber gambar : @fennywijanarko (instagram)

Setiap daerah selalu terdapat kuliner khasnya. Jika anda berkunjung ke lereng Gunung Merapi jangan lewatkan kuliner khasnya.

Kuliner khas Merapi ini yang sangat terkenal yaitu Jadah Tempe. Makanan khas ini merupakan perpaduan antara jadah dengan tempe. Biasanya tempe di makan dengan nasi, tapi beda halnya di tempat ini.

Jadah yang berasal dari ketan yang di kukus dan di tumbuk hingga kalis di bentuk oval memanjang, campuri ketan dengan parutan kelapa agar terasa lebih gurih.

Makan lah dengan menggunakan Tempe bacem.

Makanan ini memiliki cita rasa yang begitu nikmat, membuat para pengunjung ingin menambah porsinya. Cara penyajiannya pun menggunakan daun pisang.

Saat menikmati jadah tempe ini semakin nikmat dengan suasana dingin Kaliurang.

8. Panorama Gunung Merapi

landscape gunung merapi yang indah
sumber gambar : pixabay.com

Meskipun gunung ini memiliki cerita sejarah letusan yang mengerikan. Namun pemandangan gunung sangat mempesona. Keindahannya takkan terkalahkan lagi.

Setelah beberapa tahun gunung ini tampak kelam. Saat ini tempat ini sudah menjadi objek wisata yang diminati banyak wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara.

9. Wisata Kaliadem

kaliadem gunung merapi
sumber gambar : @dheakhairun (instagram)

Wisata ini terletak di lereng Gunung Merapi, lebih tepatnya berada di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Kaliadem merupakan sebuah kawasan hutan pinus yang memiliki ketinggian mencapai 1.100 meter diatas permukaan laut.

Dari tempat ini para pengunjung dapat menyaksikan tampilan dari Gunung Merapi yang gagah. Wisata ini yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta membuat kawasan ini di gunakan sebagai wisata adrenalin.

10. Museum Gunung Merapi

museum gunung merapi yang unik
sumber gambar : @kamera.mabur (instagram)

Museum ini terletak di daerah Hargobinangun, Sleman. Pada tahun 2010 Museum ini diresmikan. Isi dari museum ini terdapat sebuah replika yang menyerupai Gunung Merapi.

Tersedia tombol jika di tekan maka akan keluar sebaran awan panas dan aliran lava pijar sangat mirip saat kejadian erupsi kala itu.

Tidak hanya itu terdapat pula barang sisa peninggalan letusan pada tahun 2006. Selain itu ada banyak koleksi foto-foto Gunung Merapi yang di pajang di museum tersebut.

Masih banyak lagi peninggalan” lainnya. Jika anda penasaran, tempat ini sangat cocok untuk di kunjungi.

11. Goa Jepang Kaliurang

rumah tua goa jepang gunung merapi
sumber gambar : @anishafa (instagram)

Goa Jepang ini merupakan situs peninggalan masa penjajahan Jepang, goa ini terletak di dalam kompleks wisata alam yang benama Nirmolo Kaliurang.

Menurut cerita dari rakyat sekitar fungsi dari goa ini untuk melindungi tentara Jepang dari tentara sekutu.

12. Stonehenge Merapi

stongehe gunung merapi
sumber gambar : @anisadheaa (instagram)

Tempat ini dahulunya merupakan perkampungan. Akibat dari erupsi Gunung Merapi meluluhlantahkan perkampungan tersebut, masyarakat yang tinggal di dusun tersebut akhirnya berpindah.

Dan sebagai gantinya di bangun lah kawasan wisata yang bernama Stonehenge untuk perwujudan perberdayaan desa.

Hal ini menjadi mata pencaharian baru bagi masyarakat sekitar. Tempat ini tidak pernah sepi oleh pengunjung karena sering di lewati oleh Merapi Lava Tour.

Fasilitas yang ada di wisata ini sudah cukup memadai seperti toilet dan juga warung-warung yang terdapat didekat lokasi Stonehenge.

Tempat ini terdiri dari batu-batuan yang memiliki tinggi rata-rata sekitar 4 meter. Terdapat pula batu yang memiliki tinggi sekitar 7 meter. Luas area wisata ini 200 meter persegi.

Tempat ini sangat cocok untuk berfoto. Pemandangan rumput hijau dengan perpaduan warna batu yang mempesona.

Wisata Stonehenge ini banyak para pengunjung yang minat untuk melakukan foto pre-weding. Dengan biaya yang dikeluarkan sekitar Rp. 150.000 untuk melakukan satu kali sesi foto pre-weding.

13. Wisata Omah Salak

omah salak gunung merapi
sumber gambar : @omahsalak (instagram)

Omah Salak merupakan wisata alam yang cukup unik. Dari nama Omah Salak tersebut yang berarti terdapat banyak buah salak yang menjadi salah satu produk terkenal di Yogyakarta.

Omah Salak terletak di Dusun Kenteng, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi , Sleman.

Hal yang dapat dilakukan ketika berada di Omah Salak ini seperti menyusuri perkebunan salak, memetik salak, makan-makan, dapat juga kegiatam camping dan outbond.

14. Wisata Tlogo Putri

tlogo putri gunung merapi
sumber gambar : @wisata_jogja_update (instagram)

Tlogo Putri teletak di bukit Plawangan. Wisata ini merupakan wisata air yang begitu indah. Dengan pemandangan yang memikat hati dan memanjakan mata.  Tlogo Putri dikelola oleh Dinas Pariwisata Sleman.

Banyak beragan aktivitas yang dapat di lakukan di tempat ini seperti berjalan-jalan, naik kano, naik becak air, bermain flying fox, naik bianglala, berfoto dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu tempat banyak di huni oleh segerombol monyet yang sering menampakan diri dan tidak terganggu dengan kedatangan para wisatawan. Bagi para wisatawan sebaiknya lebih berhati-hati dan tidak mengganggu monyet tersebut.

15. Air Terjun Tlogo Muncar

air terjun tlogo muncar gunung merapi
sumber gambar : @dithadjiau (instagram)

Air Tlogi Muncar sering dikenal juga sebagai Air Terjun Kaliurang. Air terjun ini terletak di lereng Gunung Merapi lebih tepatnya berada di Desa Hergobinangun, Pakem, Kaliurang, Sleman.

Ketinggian dari air terjun ini mencapai sekitar 30-45 meter.Ketika musim kemarau air terjun mengalami kekeringan.

Suasananya begitu sejuk, sehingga menghilangkan penat yang ada dipikiran. Wisata ini terdapat banyak beberapa fasilitas seperti taman rekreasi anak, kolam Tlogo Putri, camping ground dan hutan wisata.

Tidak hanya itu terdapat pula wahana kereta mini dari mobil yang di gandeng di area parkir.

16. Wisata Ledok Sambi

ledok sambi gunung merapi
sumber gambar : @alifiamay (instagram)

Wisata Ledok Sambi yang merupakan nama sebuah desa yang berada di Jalan Kaliurang Km 19,2 padukuhan Sambi desa Pakembinangun Kabupaten Sleman. Desa ini terdapat banyak potensi wisata yang dapat menarik pengunjung.

Lokasi dari desa ini cukup terbilang dekat dengan Gunung Merapi, hal ini menguntungkan bagi para wisatawan karena dapat menyaksikan panorama yang sangat indah.

Desa ini terdapat banyak wisata yang menjadikan daya tarik tersendiri dari desa tersebut, dengan panorama yang asri dan udara yang begitu sejuk.

Aktivitas yang ada di desa ini seperti bercocok tanam yang bisa langsung di praktekan oleh para pengunjung.

Selain itu terdapat juga area peternakan sapi  yang dapat juga para pengunjung mempraktekan cara yang benar saat memeras susu sapi.

Banyak pengalaman yang kita dapat saat mengunjungi desa ini. Pengalaman tersebut akan selalu menjadi kenangan yang terindah. Jangan lupa untuk mengabadikan foto. Karena pemandangan yang ada di desa ini banyak spot untuk berfoto seperti instagramable.

17. Wisata Desa Pulesari

desa wisata pulesari
sumber gambar : @didikdewipule (instagram)

Desa wisata Pulesari merupakan sebuah desa yang terletak di kawasan Yogyakarta. Hal yang menarik dari wisata ini adalah dengan sajian nuansa wisata alam dan budaya.

Penasaran dengan apa saja kegiatan yang dapat dilakukan para pengunjung di desa ini ?

Desa ini terdapat banyak kegiatan seperti outbond, fun time, treking. Selain itu terdapat pula wisata sungai dengan air yang begitu jernih.

Fasilitas yang tersedia di desa ini sudah sangat cukup memadai. Hal ini dilakukan untuk kenyamanan pengunjung selama menikmati kunjungan ke Desa Wisata Pulesari.

Fasilitas yang tersedia seperti masjid, toilet umum, gardu gedek, gardu ronda dan homestay.

18. Museum Ullen Sentalu

museum ullensentalu gunung merapi
sumber gambar : @jupee_jumbo (instagram)

Museum Ullen Sentalu ini terletak di Jalan Boyong Km, 25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta. Museum ini merupakan bukti sejarah keberadaan Dinasti Mataram yang masih berdiri hingga saat ini.

Lokasi dari museum ini berada di pegunungan yang menyebabkan udara disekitarnya terasa sejuk. Membuat hati terasa nyaman seketika pikiran yang ada hilang begitu saja.

Museum ini banyak terdapat peninggalan-peninggalan mulai dari patung dan juga barang yang bersejarah. Jika ingin mengetahui lebih mengenai museum ini di sarankan bagi para wisatawan untuk menyewa pemandu wisata.

Pemandu wisata ini yang akan menjelaskan tentang Museum Ullen Sentalu. Tentunya pemandu ini bisa menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

19. Wisata The Lost World Castle

the lost world castle gunung merapi
sumber gambar : @thelostworldcastle (instagram)

Wisata ini terletak di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Lokasinya tepat berada di lereng Gunung Merapi dengan menawarkan keindahan yang begitu memukau.

Tempat ini sangat cocok untuk melakukan foto, panorama yang nampak terlihat jelas dengan latar belakang pegunungan yang menambah daya tarik tersendiri.

Nama dari Lost World Castle ini yang memiliki arti dunia yang hilang. Nama itu diberikan sebab terdapat pesan edukasi tentang erupsi besar Gunung Merapi yang terjadi beberapa tahun yang lalu.

Bentuk dari tempat ini benar-benar menyerupai sebuah istana yang mewah.

20. Desa Wisata Pentingsari

Yogyakarta memang sangat terkenal dengan banyak berbagai wisata. Desa Wisata Pentingsari ini terletak di Kabupaten Sleman.

Desa ini terdapat berbagai keaslian budaya, alam dan sosial yang menjadi daya tarik tersendiri.

Pemandangan yang ada di desa ini begitu indah dengan latar belakang Gunung Merapi. Desa ini memiliki 3 aspek keunggulan yaitu pemandangan alam dengan sawah yang masih asri, selain itu sistem kerja dan pemberdayaan warga sekitar yang terakhir desa ini memiliki budaya.

Budaya tersebut seperti membangun rumah yang berbentuk khas Joglo, hingga homestay yang juga berbentuk Joglo.

Itulah beberapa wisata yang ada di lereng Gunung Merapi. Masing- masing dari wisata tersebut memiliki daya tarik nya sendiri. Jika anda ingin berlibur sebaiknya mengunjungi wisata yang ada diatas.

Karena keindahannya sudah tidak diragukan lagi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×