BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

10 Wisata Bandung Yang Begitu Memukau Wajib Di Kunjungi

Wisata Bandung

0 158
cover kota bandung
sumber gambar : @explorebandung (instagram)

Kota Bandung merupakan kota yang populer dengan tongkrongan yang banyak di tempati anak muda. Kota Bandung terkenal dengan pesona alam yang indah.

Kota Bandung menjadi tempat favorite bagi kalangan wisatawan. Kota ini tersimpan banyak destinasi Wisata Bandung yang memukau dengan alamnya. Di artikel ini akan membahas mengenai Wisata Bandung yang wajib di kunjungi.

Apa saja yang menjadi daya tarik Wisata Bandung ? jika anda penasaran mari simak ulasan di bawah ini yang akan menjelaskan mengenai Wisata Bandung.

1. Wisata Bandung Curug Malela

curug malela wisata bandung
sumber gambar : @curugmalela.id (instagram)

Wisata Bandung yang pertama kita bahas adalah Curug Malela. Curug Malela terletak di Kampung Manglid, Desa Cidadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Curug Malela memiliki sumber air terjun yang berasal dari hulu sungai yang berada di bagian utara Gunung Kendeng.

Curug Malela merupakan air terjun tertinggi diantara rangkaian air terjun yang terletak di sepanjang aliran sungai yang ada di sekitarnya. Curug Malela memiliki ketinggian sekitar 60 hingga 70 meter dengan lebar mencapai 50 meter.

Di kawasan Curug Malela terdapat pula 6 air terjun yang tidak kalah menarik. Air terjun tersebut seperti Curug Sumpel, Curug Palisir, Curug Ngebul, Curug Katumiri, Curug Manglid, dan Curug Pameungpeuk. Air terjun yang telah disebutkan memiliki daya tariknya tersendiri.

Setiap air terjun memiliki keunikan yang berbeda beda. Wisata Bandung Curug Malela jika di lihat dari jauh tampak seperti kilauan benang yang bersinar.

Curug Malela memiliki keindahan tebing yang tinggi. Keindahan di kawasan ini memang terbilang cukup memukau hati memanjakan mata, oleh sebab itu curug ini di sebut sebagai surga yang tersembunyi.

Wisata Bandung Curug Malela terbilang masih baru yang belum banyak di jamah oleh manusia. Keasrian tempat ini terlihat dari kondisi pemandangan yang masih segar dan jarang di temui sampah, terjaga kelestariannya.

Selain itu untuk menuju air terjun ini para pengunjung harus melewati jalur yang masih berupa tanah dan bebatuan. Karena masih baru tempat ini tidak di temui petunjuk arah.

Curug Malela di nobatkan sebagai Air Terjun Niagara Mini Indonesia. Hal ini di sebabkan karena keindahan yang ada di tempat ini hampir mirip dengan Air Terjun Niagara.

Fasilitas yang tersedia di tempat ini sudah cukup memadai, fasilitas tersebut yaitu Toilet dan mushola, warung makan, taman, track motor, galerry craft, jembatan, spot berfoto, camping ground, shelter dan lain sebagainya.

2. Wisata Bandung Goa Pawon

goa pawon wisata bandung
sumber gambar : @aay_journey (instagram)

Wisata Bandung Goa Pawon terletak di Desa Gunung Mangsit, Kecamatan Cipatat, Pandalarang. Menurut cerita rakyat dahulu Goa Pawon ini di jadikan sebagai tempat tinggal oleh manusia purba.

Keberadaan Goa ini perlahan-lahan mulai terkikis, sebab terdapat pertambangan yang di lakukan di sekitar kawasan goa. Goa Pawon berada pada ketinggian 700 hingga 900 meter diatas permukaan laut.

Goa ini banyak tersimpan sejarah manusia pertama yang tingg di Bandung. Banyak ilmuwan arkeolog yang bergantian meneliti kawasan ini. 

Penelitian tersebut mengatakan bahwa Goa Pawon sudah menjadi rumah sekitar 5 ribu hingga 12 ribu tahun lalu yang di huni oleh para manusia purba.

Tempat ini sudah di gali sejak 15 tahun yang lalu. Terdapat banyak peralatan yang terkubur dipercaya peralatan tersebut di gunakan manusia purba untuk bertahan hidup.

Manusia purba yang tinggal di tempat ini dahulunya merupakan nenek moyang orang sunda. Letak dari goa ini berada berdekatan dengan Danau Bandung Purba.

Jika anda penasaran dengan goa ini, anda bisa memasuki goa ini. Namun untuk masuk ke dalam goa, mulut goa ini sangat sempit. Setelah anda berhasil memasuki goa, anda akan menemukan ruangan yang memiliki sekat menyerupai jendela dan juga pintu.

Karena dalam goa yang letaknya masuk menyebabkan tidak ada pancaran matahari sehingga di dalam goa tidak ada cahaya penerangan, anda bisa membawa senter untuk menerangi petualangan anda berada di dalam goa.

Selain itu lantai yang ada di goa ini tidak semua datar, namun terdapat beberapa lantai yang treknya naik turun seperti sebuah tangga.

Untuk menuju goa ini anda akan melewati jalan yang memiliki trek naik turun dan bebatuan, saat melintasi jalur tersebut akan menguras banyak tenaga.

Sebaiknya para wisatawan yang ingin berkunjung di tempat ini harus memiliki fisik yang kuat. Wisata Goa Pawon adalah destinasi wisata yang akan membuat para wisatawan banyak mempelajari manusia pada zaman dahulu.

3. Wisata Bandung Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat wisata bandung
sumber gambar : @Curugtiluleuwiopat (instagram)

Wisata Bandung ini terletak di Ciwangun Parompong, letak ini tidak jauh dari Lembang. Letak dari wisata ini berbatasan langsung dengan kebun pinus.

Curug Tilu Leuwi Opat ini memang belum banyak di kenal di kalangan wisatawan. Meski begitu tempat ini banyak terdapat pemandangan yang memukau, memanjakan mata, dan membuat hati terasa nyaman.

Wisata ini memang tidak terlalu tinggi namun keindahan dari air terjun ini yang begitu cantik. Selain di jadikan sebagai tempat wisata, tempat ini juga di jadikan sebagai edukasi, edukasi ini membantu menjaga kelestarian alam yang ada di sekitar kawasan Curug Tilu Leuwi Opat.

Untuk memasuki kawasan ini anda hanya akan di kenakan biaya tiket sebesar Rp.15.000. Dengan harga segitu cukup terjangkau, anda bisa menikmati berbagai keindahan yang ada di tempat ini, anda bisa bersantai dan melakukan banyak aktivitas.

Air yang ada di tempat ini begitu jernih sangat segar saat kita bermain dengan air tersebut, lingkungan masih terlihat asri, banyak terdapat pepohon yang membuat suasana teduh.

Wisata Bandung ini memiliki beberapa aktivitas yang bisa di lakukan saat berkunjung di tempat tersebut. Aktivitas yang dapat di lakukan yaitu berkemah di Curug Tilu, bermain fly fox, bermain high rope, bermain elvis bridge, bermain paintball dan lain sebagainya.

4. Wisata Bandung Curug Bubrug

curug bubrug wisata bandung
sumber gambar : @adiagstn_ (instagram)

Curug Bubrug terletak di jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Letaknya berada di tengah hutan kawasan wisata Lembang.

Wisata ini menjadi salah satu destinasi para wisatawan yang ingin menghabiskan libur panjang.

Curug Bubrug memiliki arti dalam bahasa Sunda yaitu Bubrug yang berarti bertumpuk atau tumpah tindih.

Penamaan ini diberikan karena air yang jatuh dari atas ke bawah terlihat seperti bertumpuk-tumpuk.

Ketinggian dari Curug Bubrug sekitar 50 meter tingginya dan lebar curug sekitar 2 meter.

Kedalaman airnya mencapai sekitar 3 hingga 4 meter.

Aliran air yang ada di curug ini terlihat sangat jernih dan tenang.

Panorama Curug Bubrug ini seakan membuat pikiran dari beban kehidupan sehari-hari hilang.
Membuat mata terasa segar dan membuat hati terasa nyaman teduh.

Namun bagi para pengunjung tidak di sarankan untuk melakukan aktivitas berenang yang ada di kolam air terjun tersebut.

Hal ini di sebabkan oleh terdapat pusaran air ada di tengahnya yang cukup dan bisa membahayakan pengunjung saat berenang.

Meskipun anda dilarang untuk berenang di tempat ini, ada kegiatan lain yang bisa anda lakukan saat berada di kawasan ini yaitu anda bisa berfoto dari berbagai sudut dengan latar belakang Curug Bubrug yang begitu mengagumkan.

Curug Bubrug memiliki batu-batuan besar di bagian sisi sebelah timur, selain itu terdapat pula di depan curug jalan titian kayu dan bambu yang bisa di jadikan tempat untuk berfoto dengan keluarga ataupun pasangan.

Hal yang menarik dari Wisata Bandung Curug Bubrug yaitu di perkirakan curug ini terbentuk dari aliran lava gunung purba yang terbentuk ratusan tahun lalu.

Selain itu Curug Bubrug merupakan sisa dari patahan Lembang. Menurut cerita Curug Bubrug merupakan jalur yang telah menjadi saksi bisu hilangnya Bandung Purba.

Fasilitas yang terdapat di Wisata Bandung Curug Bubrug ini masih cukup terbatas dan sederhana, karena memang tempat ini belum banyak terjamah oleh manusia jadi masih cukup alami.

Fasilitas yang ada hanya mushola, toilet, kamar mandi nya pun cukup sederhana, belum terdapat warung makan di sekitar wisata.

Namun terdapat beberapa saung yang bisa anda gunakan untuk beristirahat dan bersantai menikmati keindahan alam sekitar.

Untuk memasuki wisata ini anda akan di kenakan biaya tiket sekitar Rp. 7.500, tiket motor sekitar Rp. 2.000 sedangkan untuk mobil sekitar Rp. 5.000.

5. Wisata Bandung Tebing Gunung Hawu

Tebing Gunung Hawu wisata bandung
sumber gambar : @explore.jawa.barat (instagram)

Wisata Bandung Gunung Hawu ini berada di Kampung Cidadap, Kecamatan Pandalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Wisata ini sangat menantang adrenalin para pengunjung.

Karena tempat ini di jadikan wisata panjat tebing.

Panorama yang ada di wisata ini sungguh sangat memukau memanjakan mata, pemandangan yang begitu eksotis membuat para pengunjung ingin kembali mengunjungi tempat ini.

Terdapat banyak spot foto yang harus anda abadikan. Jika anda berada diatas ketinggian tebing, anda akan di manjakan dengan pemandangan sawah milik warga dan juga hijaunya perbukitan yang nampak terlihat jelas.

Jika anda ingin nenikmati panorama matahari terbit dari atas puncak tebing, sebaiknya anda berkunjung saat pagi hari. Keindahannya tidak kalah menarik dengan jejeran beberapa gunung yang ada di Indonesia.

Gunung Hawu adalah perbukitan yang terbentuk dari batuan karst. Hal ini merupakan bukti bahwa terdahulu kawasan Bandung Barat sebuah danau yang telah mengering. Karena Batuan Karst hanya terdapat dalam perairan saja.

Warga sekitar mengikis batuan yang menyebabkan keadaan batu karst sudah mulai menghilang dari fungsinya. Hingga akhirnya para pecinta alam membentuk perkumpulan yang bernama suku Badot. Suku Badot ini memiliki tugas melindungi kawasan wisata ini tetap terjaga.

Untuk melakukan panjat tebing para pengunjung dikenakan biaya sekitar Rp.100.000 per orang. Yang harus diperhatikan oleh para pengunjung jika anda tidak memiliki ketrampilan memanjat tebing sebaiknya tidak mencobanya, sebab wisata ini di tunjukan untuk para pengunjung yang memiliki keahlian dalam memanjat tebing.

Selain itu ada pula kegiatan lain yang bisa di lakukan di wisata ini yaitu High Line yang merupakan kegiatan ekstrim dengan berjalan menggunakan tali yang di sambungkan dari satu ujung tebing ke ujung tebing lainnya. High Line di lakukan pada ketinggian 50 meter diatas tanah.

Wisata ini terdapat wahana yang bernama Hammocking yang merupakan ayunan yang terbuat dari kain khusus. Untuk menikmati wahana ini anda hanya perlu membayar sekitar Rp.150.000 per orang.

6. Wisata Bandung Sanghyang Heuleut

sanghyang heuleut wisata bandung
sumber gambar : @arohanda (instagram)

Wisata Bandung Sanghyang Heuleut ini terletak di Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Letak wisata ini berdekatan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air ( PLTA ) Saguling.

Untuk menuju tujuan wisata ini anda akan melewati jalur yang sangat sulit. Waktu tempuh sekitar 1.5 jam perjalanan.

Jika anda ingin menghabiskan waktu berlibur dengan bersantai dan menikmati keindahan alam, tempat ini sangat cocok untuk di kunjungi.

Saat mengunjungi wisata ini penat yang ada di pikiran hilang seketika. Wisata ini berada di tengah alam yang terbuka dengan pemandangan yang masih sangat asri.

Terdapat bebatuan dan tebing yang menjadi daya tarik sendiri dari wisata ini, tebing tersebut terlihat sangat eksotis, dengan adanya gemercik suara aliran air sungai. Selain itu suasana yang ada di sekitar tempat ini begitu memukau.

Wisata Bandung Sanghyang Heuleut ini merupakan peninggalan dari sejarah danau purba. Pada zaman dahulu danau purba ini menggenangi Bandung.

Wisata ini merupakan sebuah danau kecil yang mengalir di atas arus sungai Citarum purba. Selain itu terdapat pula mitos yang ada di tempat ini, warga sekitar percaya bahwa Sanghyang Heuleut tempat pemandian para bidadari.

Hingga saat ini kepercayaan rakyat tersebut belum di ketahui kebenarannya. Untuk memasuki wisata ini para pengunjung dikenakan biaya sekitar Rp.10.000 per orang.

Tarif parkir untuk motor di kenakan biaya sekitar Rp.5.000 sedangkan biaya parkir untuk mobil sekitar Rp.10.000.

7. Wisata Bandung Curug Jagapati

Curug Jagapati wisata bandung
sumber gambar : @asligarut_ (instagram)

Curug Jagapati terletak di Kampung Padarame, Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut.

Setiap air terjun memiliki keindahan masing-masing, yang unik dari curug ini adalah memiliki 3 terjunan air yang cukup tinggi.

Aliran airnya masih terbilang jernih dan bersih, membuat mata terasa nyaman untuk memandang.

Aliran air berasal dari Gunung Limbung lebih tepatnya berasal dari air sungai Cilimbung.

Asal usul dari penamaan Jagapati yang memiliki arti menjaga kematian.

Maksud dari penamaan tersebut adalah menjaga nyawa di lingkungan sekitar.

Jika air terjun yang satu ini tercemar lingkungannya maka ekosistem yang berada di hilirnya juga akan terancam rusak itulah sebab nya curug ini di beri nama Curug Jagapati.

Dibawah genangan air terdapat kolam yang dapat di gunakan para pengunjung untuk berenang, Pada saat musim kemarau tiba Air yang ada di kolam tersebut bewarna tosca.

Di balik keindahan alam dari Curug Jagapati menyimpan misteri yang cukup menakutkan. Masyarakat sekitar percaya bahwa mitos larangan mengunjungi tempat ini di hari Selasa dan Jumat.

Misteri tersebut masih belum di ketahui kebenarannya. Larangan tersebut dipercaya warga jika anda menentang dan datang pada hari Selasa dan Jumat, akan ada hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau musibah lainnya. Benar atau tidak cerita tersebut sebaiknya para pengunjung lebih behati-hati dan mematuhi larangan tersebut.

8. Wisata Bandung Curug Templek

Curug Batu Templek wisata bandung
sumber gambar : @dezychezy (instagram)

Wisata Bandung Curug Templek ini terletak di Kampung Cisanggarung, Desa Cikadung, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jika anda berada di pusat kota Bandung perjalanan untuk menuju tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 11 km.

Dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan. Wisata Curug Batu Templek ini memiliki tebing yang berbatu cadas warna batunya hitam kecoklatan beda dengan wisata curug lainnya. Curug ini menyerupai seperti buatan manusia. Namun curug ini alami tidak ada campuran tangan manusia.

Curug Batu Templek ini diberi nama tersebut karena dahulunya tempat ini terdapat penambangan  batu dengan sebuah aliran air yang berasal dari atas tebing ini lah awal penamaan tebing tersebut. Batu ini memiliki ketinggian mencapai 50 meter dan memiliki panjang lebih dari 300 meter.

Karena tempat ini masih terbikang baru, sehingga fasilitas yang ada belum memadai. Fasilitas yang tersedia hanya terdapat warung makan yang dapat di manfaatkan untuk beristirahat.

Namun area parkir yang ada di wisata ini cukup luas. Wisata Bandung Curug Batu Temple ini memiliki berbagai spot untuk berfoto.

Pemandangan yang aa di sekitar kawasan terlihat banyak bebatuan yang begitu indah. Keindahan tersebut tidak kalah menarik dengan curug-curug lain yang ada di Kota Bandung.

Wisata ini masih di kelola oleh warga sekitar. Jika anda ingin memasuki kawasan wisata ini, anda hanya perlu membayar biaya tiket di hari biasa sekitar Rp.5.000 hingga Rp.10.000 biaya ini sudah termasuk dengan biaya parkir. Sedangkan untuk biaya parkir di hari libur akan di kenakan biaya tiket dua kali lipat dari harga di hari biasa.

9. Wisata Bandung Perkebunan Teh Cukul

Perkebunan Teh Cukul wisata bandung
sumber gambar : @yupri (instagram)

Wisata Bandung terkenal terdapat banyak perkebunan teh ada di pegunungan-pegunungan.

Kali ini kita akan membahas mengenai Kebun Teh Cukul yang terletak di Jalan Cukul, Desa Sukaluyu, Kecamatan Pengalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Untuk menuju kawasan wisata ini, jika anda berada di pusat Kota Bandung waktu yang ditempuh kurang lebih sekitar 3 jam perjalanan.

Wisata teh ini merupakan salah satu destinasi yang wajib anda kunjungi saat berlibur ke Bandung.

Wisata ini di kelola oleh PTPN VII, dengan lokasi wisata berada tepat di kaki Gunung Malabar.

Panorama yang di pancarkan oleh kebun teh tersebut sangat memanjakan mata, dengan keindahan hijaunya perkebunan. Perkebunan teh ini selalu jadi incaran oleh para wisatawan sunrise maupun sunset.

Tempat ini juga banyak terdapat spot-spot yang cantik. Anda bisa mengabadikan dalam kamera anda, pengalaman bermain di perkebunan teh ini akan membuat anda ingin kembali lagi mengunjungi wisata ini.

Saat anda mengunjungi wisata Kebun Teh Cukup pada pagi hari anda akan melihat indah sunrise matahari yang cahaya nya begitu indah.

Di saat pagi hari akan ada kabut putih yang menyelimuti kawasan ini dengan udara dingin khas pegunungan. Tempat ini tidak pernah sepi oleh pengunjung, para wisatawan datang hanya untuk melihat pemandangan perkebunan teh yang cukup indah secara langsung.

10. Wisata Bandung Curug Penganten

curug penganten wisata bandung
sumber gambar : @1012andriansyah (instagram)

Wisata Bandung Curug Penganten terletak di Kampung Tonjong, Desa Cikutamahi, Cariu, Bogor, Jawa Barat. Curug Penganten tempatnya berada satu lokasi dengan Curug Cilalay.

Curug Penganten berada dibawah Curug Cilalay. Tempat ini memiliki pemandangan alam yang masih asri dengan pepohonan yang rimbun membuat suasana Curug Penganten terasa nyaman dan teduh.

Wisata Bandung ini terletak pada ketinggian 1.050 meter di bawah permukaan laut.

Air terjun Curug Penganten memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Penamaan dari Curug Penganten itu berasal dari terdapat dua buah curug yang letaknya saling berhadapan  seperti pasangan.

Fasilitas yang ada di wisata ini kurang memadai. Bahkan fasilitas umum seperti toilet tidak terdapat di tempat ini. Jika anda membutuhkan fasilitas toilet, anda harus berjalan menuju Wisata Alam Katumiri.

Sebelumnya nama Curug Penganten memiliki nama Curug Maralayang. Keindahan air terjun ini sudah tidak diragukan lagi.

Dengan adanya pohon yang rimbun membuat suasana teduh, batu-batuan berjajar, dan daun hijau menambah kesan eksotis dari wisata ini. Selain itu terdapat banyak spot cantik untuk berfoto.

Wisata ini menjadi destinasi favorite bagi semua kalangan. Sangat cocok bagi anda yang ingin menenangkan pikiran yang penuh dengan kepenatan.

Itulah beberapa wisata alam yang ada di Bandung. Bandung memang populer bagi kalangan semua umur, banyak terdapat destinasi liburan yang bisa anda tuju. Selain itu Bandung sangat cocok untuk tempat tongkrongan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×