BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

3 Wisata Gunung Sindoro Sumbing

3 Wisata Gunung Sindoro Sumbing yang mempesona cocok buat wisata keluarga

0 228

 

Wisata Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : jinan_ashfa (instagram)

Berikut 3 Wisata Gunung Sindoro Sumbing

Di setiap membahas tentang Gunung, yang tak ada habisnya untuk di ulas, mulai dari cerita mistis, indahnya panorama yang disuguhkan, hingga tempat – tempat wisata yang di dapat dari alam pegunungan, salah satunya pemandangan Alam Gunung Sindoro Sumbing.

Embung Kledung Gunung Sindoro Sumbing

Embung Kledung wisata Gunung Sindoro SumbingEmbung kledung ini di bangun dengan ukuran sekitar 83 x 83 meter dengan tujuan untuk menampung air hujan, sehingga bisa di gunakan untuk keperluan masyarakat sekitar.

Sebab apabila pada musim kemarau tiba, di daerah ini mengalami kesulitan air, itulah sebabnya dibangun sebuah waduk berukuran mini untuk dijadikan tempat cadangan air selama musim kemarau tiba.

Dengan berjalannya waktu Embung Kledung ini mempunyai daya tarik tersendiri, pemandangannya yang sangat indah, sehingga mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Embung Kledung ini.

Keindahan yang ditawarkan oleh Embung Kledung ini berupa pemandangan dengan latar belakang Gunung Sindoro dan keindahan Gunung Sumbing dilihat dari kawasan perbukitan.

Lokasi Embung Kledung ini terletak di di wilayah Desa Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah tepat berada di kaki gunung Sindoro Dan Sumbing.

Untuk mencapai Embung Kledung ini, kalian bisa melalui rute, apabila pengunjung datang dari Jogja bisa menggunakan angkutan umum atau pun mobil pribadi, dengan mengambil rute menuju Wonosobo melewati Temanggung dan Parakan.

Dari Parakan kalian bisa langsung menuju Desa Kledung dan bertanya pada penduduk sekitar letak Embung Kledung tersebut.

Waktu yang dibutuhkan bila dari kota jogja sekitar 2,5 – 3 jam saja.

Tiket Masuk Embung Kledung, Sindoro Sumbing

Biaya masuk ke objek wisata Embung Kledung ini sangat murah para pengunjung, hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp. 3.000, dan untuk para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi berupa motor harus membayar retribusi parkir sebesar Rp. 2.000.

Sedangkan bagi pengunjung yang membawa mobil pribadi di kenai biaya parkir sebesar Rp. 5.000.

Pagi di Embung Kledung wisata Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : asyanada_pcy (instagram)

Sinsu Park (Sindoro Sumbing Park)

Sinsu Park ( Sindoro Sumbing Park ), merupakan objek wisata dari kota Wonosobo, yang mengusung tema taman dengan konsep yang modern.

Wisatawan yang datang berkunjung ke Sinsu Park ini akan di suguhkan indahnya taman, ditambah dengan pemandangan alam pegunungan, area yang rapi menjadi nilai tambah tersendiri dan sangat cocok untuk wisata keluarga.

Sinsu Park Wisata Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : wwidarti (instagram)

Di Sinsu Park ini bukan hanya menyajikan taman yang indah, namun juga terdapat sungai buatan yang berada di tengah taman, yang nantinya akan menambah kecantikan taman Sinsu.

Selain sungai buatan ini, juga terdapat kolam renang yang meski berukuran yang tidak terlalu besar namun cocok buat hiburan anak–anak anda yang suka bermain air.

Kolam Sinsu Park Wisata Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : dee_cimot (instagram)

Lokasi taman wisata Sinsu Park ini terletak di pinggir jalan, pengunjung bisa langsung menuju jalan Parakan Wonosobo, dengan alamat lengkapnya di Desa Reco, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.

Harga tiket masuk ke kawasan Sindoro Sumbing park :

Untuk Biaya masuk ke taman ini para pengunjung dikenai tarif sebesar Rp 15.000 saja di tambah untuk biaya parkir bagi para pengunjung yang membawa kendaran pribadi.

Untuk pengunjung yang membawa kendaraan roda dua dikenai biaya parkir sebesar Rp. 2.000, dan untuk kendaraan roda empat di kenai biaya sebesar Rp. 5.000.

taman Sinsu Wisata Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : vitrirara888(instagram)

Wisata Posong di Lembah Sindoro Sumbing

lembah posong Wisata Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : ecko_vebri (instagram)

Tempat Wisata  Posong  Lembah Sindoro, ini terletak tepat di kaki Gunung Sindoro, memandang lereng sindoro  dari tempat wisata Lembah Posong ini, membuat mata dan jiwa menjadi teduh dengan pesona alam yang asri.

Terlihat juga dari lembah posong ini gugusan hutan pinus, hamparan sawah, dan kebun tembakau diantara lekuk perbukitan. Area wisata Lembah Sindoro ini terletak pada ketinggian 1.823 mdpl, dengan menempati areal seluas 1,2 ha.

Objek Wisata Posong ini dikelola oleh swadaya masyarakat sekitar, dengan dukungan pemerintah daerah. Wisata alam ini menyuguhkan pemandangan alam.

Mulai dari pintu gerbang pembelian tiket dekat jalan utama hingga menuju tempat Wisata Lembah Posong dengan menempuh jarak sekitar 3,5 km.

Perjalanan melintasi kebun kopi serta kebun tembakau, dengan jalan yang lebar dan berlapis batu makadam yang membuat suasana menjadi asri dan menyenangkan.

Wisatawan yang datang pada umumnya bertujuan untuk menyaksikan matahari terbit. Dan setiap hari tidak kurang dari 100 pengunjung yang mengunjugi Lembah Gunung Sindoro Sumbing ini.

Jumlah tersebut akan meningkat jumlahnya pada tiap akhir pekan dan pada hari libur nasional.

Sekitar pukul 05.00 WIB perlahan–lahan mentari akan muncul dari peraduannya, yang berada di balik punggung Gunung Sumbing.

Sunrise Wisata Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : rumilagi (instagram)

Perlahan bayang semu jajaran Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Telomoyo, Gunung Muria dan Gunung Ungaran mulai menampakan dirinya dengan gagah.

Bukan hanya pada waktu pagi saja, pemandangan menakjubkan dari Lembah gunung Sindoro Sumbing ini tersaji pada waktu sore hari pun para wisatawan dengan antusias nya menunggu sang mentari masuk keparaduannya.

Sunset Wisata Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : pitoyo.yo (instagram)

Pancaran sinar mentarinya seakan membelah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, akan menambah indahnya pemandangan langit senja di atas lembah Posong.

Bila cuaca siang yang cerah akan memanjakan mata dengan di suguhkan nya pemandangan ‘samudra awan’ dengan tujuh puncak gunung yang mempesona.

Apabila cuaca mendung lembah Posong akan terselimuti kabut yang menciptakan suasana, syahdu dengan udara yang sejuk dengan tumbuhan hijau terhampar luas.

Kabut Posong Wisata Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : Desyka_88 (instagram)

Untuk wisatawan yang sengaja datang pada waktu malam hari tidak perlu merasa kecewa karena di lembah  Gunung Sindoro Sumbing ini akan tersaji keindahan langit perawan.

Dataran tinggi posong yang bertabur bintang dengan milyaran jumlahnya, yang berada persis diatas kepala kita, serta hamparan ‘Milky way’ menambah decak kagum para wisatawan yang datang berkunjung.

Milky Way Posong Wisata Gunung Sindoro Sumbing
Sumber Gambar : indrigarcia85 (instagram)

Dengan fasilitas yang tersedia ditempat ini akan membuat nyaman para pengunjung. Di antara fsasilitas yang disediakan ditempat ini yaitu, toilet umum, kamar mandi, dan warung–warung kopi yang tersebar dan sangat mudah duitemukan.

Lokasi Wisata Posong di Lembah gunung Sindoro Sumbing ini sangat mudah dijangkau dengan bertempat di desa Legundi Kecamatan Batursari, Kabupaten Temanggung,  Jawa Tengah yang berjarak hanya 1 jam dari kawasan Wisata Dieng di Magelang.

Jam Buka Dan Tiket Wisata Posong

Objek wisata ini terbuka untuk umum dimulai dari pukul 05.00 pagi hingga pukul 17.00 sore dan buka setiap hari.

Dan untuk biaya masuk kekawasan objek wisata posong, para pengunjung di kenai biaya sebesar Rp. 30.000.

Demikian beberapa wisata yang disuguhkan di kawasan Gunung Sindoro dan Sumbing yang bisa dinikmati oleh wisatawan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×