BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Curug Pulosari, Keindahan Alam Di Dasar Jurang

Curug Pulosari, Keindahan Alam Yang Berada Di Dasar Jurang

0 191
rimbun, curug pulosari
Sumber Gambar : asmasyarief (instagram)

Curug Pulosari Keindahan Alam Yang Tersembunyi

Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai banyak ragam budaya serta tempat wisata, di sini menjadi Surga bagi para turis mancanegara, kuliner, budaya dan adat istiadat, sehingga tidak mengherankan apabila daerah ini disebut Istimewa.

Di daerah ini juga terdapat beragam pesona wisata yang dimiliki, mulai dari pantai, bukit, gunung, dan masih banyak lagi.

Salah satunya di kabupaten Bantul, terdapat salah satu tempat wisata yang mempunyai pesona yang sangat indah, tempat wisata ini bernama Curug Pulosari.

debit air curug, curug pulosari
Sumber Gambar : andinurhafsah (instagram)

Tempat wisata ini diambil dari kata Curug yang berarti air terjun, serta Pulosari yaitu sebuah nama atau desa yang berada di Kabupaten Bantul, sehingga Curug Pulosari yang berarti air terjun yang berada di daerah pulosari.

Objek wisata ini terbilang kecil, namun meskipun kecil tempat ini menyuguhkan pesona alam yang sangat indah, dengan dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dan tumbuh rimbun.

Membuat suasana damai dan tenang, ditambah gemericik air yang mengalir sangat jernih, seakan kita terhipnotis akan suasananya.

Objek wisata ini sangat cocok bagi para wisatawan yang membutuhkan penyegaran dan ketenangan diri dari rutinitas sehari-hari.

Di objek wisata ini para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas, bagi para wisatawan yang mempunyai hobi fotografi.

hijaunya alam, curug pulosari
Sumber Gambar : nur.mustaqim (instagram)

Di sini para pengunjung bisa menyalurkannya, terdapat berbagai spot alam yang begitu menarik, ditambah letak air terjun yang berada di bawah jurang, sangat menakjubkan apabila diabadikan menggunakan lensa kamera.

Selain itu bagi pasangan yang ingin menikah dan mencari tempat untuk prewedding, di Curug Pulosari juga sangat cocok dijadikan tempat foto prewedding, dengan nuansa alam yang sangat indah.

Lokasi Curug Pulosari

Objek wisata Curug Pulosari dapat ditempuh dari pusat Kota Jogja selama 45 sampai 1 jam perjalanan, mempunyai jalan yang cukup mudah.

Dikarenakan sepanjang jalan sudah terdapat rambu penunjuk yang menuju objek wisata ini, sehingga para pengunjung tidak akan tersesat apabila menuju ke objek wisata Curug Pulosari.

Para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi baik itu motor ataupun mobil, untuk menuju lokasi curug Pulosari.

Atau bahkan apabila para pengunjung tidak membawa kendaraan pribadi bisa menggunakan transportasi umum seperti bus yang sudah ada menuju lokasi ini.

Apabila para pengunjung masih bingung untuk menemukan lokasi ini, bisa menggunakan aplikasi Google Map yang terpasang di Smartphone anda masing-masing.

Objek wisata ini berada di Jalan Krebet, Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kode pos 55751.

Rute Menuju Lokasi Curug Pulosari

Sebenarnya untuk objek wisata Curug Pulosari terbilang masih sepi dikarenakan keberadaan objek wisata ini juga terbilang masih baru.

rute menuju curug pulosari, curug pulosari
Sumber Gambar : fadrul_ar (instagram)

Akan tetapi rute yang menuju obyek wisata ini terbilang sangat mudah dengan banyak rambu petunjuk, sehingga sangat memudahkan para pengunjung yang akan berwisata ke objek wisata Curug Pulosari ini.

Bagi para pengunjung yang datang menggunakan kendaraan pribadi dari kota Jogja rute yang dilalui ialah, ngambil jalur barat menuju Jalan K.H. Ahmad Dahlan lurus terus hingga melewati Jalan Wates.

Hingga menemukan perempatan, kemudian ambil jalur ke selatan menuju jembatan gamping yang berada di Jalan Ringroad Barat.

Setelah itu jalan terus hingga menemukan pertigaan, kemudian ambil jalur selatan menuju jalan Nasional 3, lurus terus hingga menemukan perempatan dan ambil jalur menuju Selatan lagi, menuju Jalan Rindang.

Jalan terus sampai menemukan pertigaan, lalu ambil jalur menuju Barat menuju Jalan Bibis Raya, para pengunjung masih mengikuti jalan lurus terus sehingga Jalan Bangunjiwo sampai ke Jalan Bibis.

Dari Jalan Bibis,  pengunjung akan menemukan perempatan, kemudian ambil jalur menuju jalan pandu dewinto, lurus terus hingga menemukan rambu bertuliskan Curug Pulosari.

Para pengunjung tinggal mengikuti petunjuk arah tersebut maka akan ketemu objek wisata ini, jarak dari pusat Kota Jogja ke objek wisata Curug Pulosari berkisar sekitar 15,7 km, dan dapat ditempuh sekitar 45 sampai 1 jam perjalanan waktu normal apabila para pengunjung menggunakan sepeda motor.

Fasilitas Curug Pulosari

Meskipun objek wisata ini terbilang masih baru, namun pengelola sudah menyiapkan atau membangun fasilitas, meskipun dibangun secara Swadaya, namun fasilitas tersebut terbilang sudah lengkap.

Fasilitas-fasilitas yang sudah dibangun oleh pengelola Curug Pulosari di antaranya ialah

Memiliki area parkir yang luas, serta tersusun rapi dan aman, sehingga para pengunjung tidak perlu mengawatirkan kendaraan akan dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Di tempat ini juga sudah terdapat kamar mandi untuk keperluan para pengunjung, membilas setelah melakukan aktivitas di Curug dengan tarif Rp 2.000 sekali pakai.

Hal ini bertujuan untuk biaya perawatan kamar mandi, selain itu juga objek wisata ini menyediakan ruang ganti baju bagi para pengunjung yang ingin bermain air sepuasnya di Curug Pulosari ini.

Bagi para pengunjung yang tidak bisa berenang namun ingin bermain air, di sini juga terdapat penyewaan ban yang bisa di sewa oleh para pengunjung.

Warga sekitar juga membangun fasilitas kursi yang terbuat dari bambu, yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk bersantai sambil beristirahat menikmati pemandangan alam Curug Pulosari.

Apabila para pengunjung lelah setelah bermain air, pengelola juga sudah membangun gazebo yang bisa digunakan.

Selain untuk beristirahat, gazebo ini juga bisa digunakan untuk meletakkan barang bawaan, selain itu juga di gazebo para pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman yang di bawa.

Para pengunjung yang tidak membawa bekal makanan atau minuman dari rumah, tidak perlu khawatir, karena di objek wisata Curug Pulosari sudah terdapat fasilitas warung makan.

Warung ini menyediakan menu yang lezat dan dengan harga yang sangat terjangkau bagi kantong para  pengunjung.

Setelah puas menikmati keindahan Curug Pulosari, tiba waktunya bagi para pengunjung untuk membeli oleh-oleh khas daerah sini, untuk di bawah pulang sebagai oleh-oleh.

Selain itu pengelola juga sudah  menempatkan beberapa tempat sampah, yang bisa digunakan oleh para pengunjung, sehingga para pengunjung tidak membuang sampahnya sembarangan.

Pesona Keindahan Curug Pulosari

Objek wisata ini yang terletak di kabupaten Bantul, mempunyai keindahan alam yang layak dikunjungi oleh para pengunjung.

air jernih, curug pulosari
Sumber Gambar : iqbalsaputra (instagram)

Serta  mempunyai letak yang berada di dasar jurang, mempunyai luncur air terjun yang membentuk tirai putih yang sangat indah, hal ini akan menambah keunikan serta daya tarik objek wisata ini.

Para pengunjung setelah memarkirkan kendaraan di tempat parkir, selanjutnya berjalan menyusuri jalan setapak yang sudah disediakan oleh pengelola.

Para pengunjung bisa menikmati pepohonan rimbun pohon jati, nyanyian burung, serta jangkrik khas alam bebas, di sepanjang perjalanan menuju objek wisata Curug Pulosari.

Jika para pengunjung lelah menyusuri jalan yang menuju ke objek wisata ini, pengunjung bisa beristirahat sambil duduk-duduk di bawah rimbunnya pohon jati.

Bagi para pengunjung yang pecinta petualangan, kawasan ini sangat cocok untuk mereka yang menyukai tantangan.

Dikarenakan kawasan ini mempunyai letak wilayah geografis yang curam dan terjal serta menurun dan berkelok, sangat menantang andrenalin, sehingga sangat cocok bagi para pengunjung yang mempunyai jiwa petualang alam.

Setelah tiba di objek wisata Curug, para pengunjung bisa melihat obyek wisata ini yang letaknya berada di bawah jurang.

debit air sedikit, curug pulosari
Sumber Gambar : venny_ah (instagram)

Akan tetapi, meskipun letaknya di bawah jurang, para pengunjung tidak perlu khawatir apabila membawa serta anak-anak, dikarenakan tempatnya cukup ramai dan aman bagi anak-anak.

Objek wisata Curug Pulosari memiliki tinggi sekitar 5 sampai 7 meter saja, air yang jatuh memiliki keindahan tersendiri.

Di bawah luncur air terjun, terdapat sebuah kolam kecil yang bisa digunakan untuk mandi, berenang atau hanya sekedar berendam.

kolam curug pulosari, curug pulosari
Sumber Gambar : reffinatiara (instagram)

Di kolam ini juga terdapat bebatuan alam, yang menambah keindahan tempat ini, bagi para pengunjung yang tidak bisa berenang di kolam air ini, bisa menyewa pelampung berupa ban untuk bisa digunakan bermain air.

Di sini juga terdapat banyak Spot foto yang bisa digunakan untuk ber selfie, maupun foto prewedding yang cocok, dikarenakan tempat ini mempunyai konsep alam terbuka.

Apabila datang musim penghujan objek wisata Curug Pulosari mempunyai debit air yang cukup banyak, dan mengalir secara maksimal dan keasliannya dapat dilihat dengan jelas.

gemericik air, curug pulosari
Sumber Gambar : birgittapuji (instagram)

Maka akan menambah indah panorama alamnya, akan tetapi apabila pada musim kemarau  curug ini mempunyai debit air sedikit berkurang,  meskipun tetap mengalir indah, namun dengan jumlah debit air yang sedikit akan mengurangi keindahan yang di tunjukkan oleh curug ini.

Sehingga sangat dianjurkan para pengunjung yang berencana mengunjungi objek wisata ini, lebih baik datang pada musim penghujan.

Meskipun datang di musim penghujan namaun para pengunjung bisa memilih dimana hari sedang cerah, sehingga pengunjung yang datang bisa menikmati keindahan curug pulosari secara maksimal. Di mana luncur air dari curug menyerupai tirai yang begitu indah.

seperti tirai, curug pulosari
Sumber Gambar : icamohammad (instagram)

Para pengunjung yang datang ke objek wisata ini tidak hanya menikmati kesegaran air Curug, akan tetapi juga bisa menikmati olah fisik yang menantang andrenalin.

Pengelola wisata ini sudah menyiapkan wahana seperti panjat tebing dan turun tebing, yang berada di perbukitan, tepatnya di sebelah barat Curug Pulosari.

Bagi para pengunjung yang datang dari luar kota ataupun luar negeri, tidak perlu khawatir akan tersesat atau hilang.

Dikarenakan ditempat ini sudah ada jasa guide tour, yang akan memandu para pengunjung, untuk bisa menikmati keindahan Curug ini.

Selain itu di tempat ini juga disediakan homestay bagi para wisatawan yang ingin menginap, dan ingin menikmati lebih lama keindahan Curug dan pemandangan alam sekitar.

Harga Tiket Dan Parkir Di Curug Pulosari

Para pengunjung yang datang ke objek wisata ini tidak harus merogoh kocek yang dalam, dikarenakan objek wisata ini memungut tarif yang sangat murah yaitu sekitar Rp 2.000 orang.

Dan untuk biaya parkir kendaraan, pengelola menarik biaya sekitar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, serta Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Di objek wisata ini pengelola sudah menyiapkan area parkir yang luas serta aman.

Jam Operasional Curug Pulosari

Objek wisata ini terbuka untuk umum dimulai dari pukul 07.00 WIB dan tutup pada pukul 18.00 WIB terbuka setiap hari, dari hari Senin sampai Minggu.

Pengelola beralasan mengapa harus menutup kawasan ini pada jam 18.00, karena area objek wisata ini yang masih sepi, dan masih berupa hutan.

Sehingga untuk jam operasional dibatasi sampai pukul 6 Petang, hal ini demi menjaga keselamatan para pengunjung, para pengunjung diharapkan mematuhi aturan yang sudah berlaku ini.

Keistimewaan Curug Pulosari

Objek wisata ini mempunyai beberapa keistimewaan yang mungkin tidak dimiliki oleh objek wisata lain diantaranya:

Mempunyai pemandangan air terjun yang sangat memukau, yang tempatnya berada di bawah jurang sehingga mempunyai pemandangan alam sekitar yang indah dan masih asri.

Mempunyai air yang jernih serta berwarna hijau, dengan debit air yang maksimal apabila musim penghujan tiba.

kunjungan wisata, curug pulosari
Sumber Gambar : be.ruang_ (instagram)

Selain itu di objek wisata ini juga sebagai tempat menenangkan pikiran setelah beraktivitas seharian.

Di objek wisata ini juga memiliki aktivitas lain seperti panjat tebing yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk menguji Adrenalin.

Objek wisata ini juga memiliki Spot foto yang indah dan sangat cocok dijadikan tempat foto selfie atau foto prewedding.

Tips Liburan Ke Curug Pulosari

Untuk para pengunjung yang ingin berwisata ke Curug terdapat beberapa tips yang bisa dipertimbangkan sebelum melakukan kunjungan ke Curug pulosari

Pastikan anda sehat dan fit, karena anda akan melakukan perjalanan melalui jalan yang berliku, menanjak, curam dan terjal.

Sehingga selain tubuh yang fit, juga pastikan kondisi kendaraan anda dalam kondisi Prima, lebih baik membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah, meskipun di area wisata Curug Pulosari terdapat warung yang menjajakan makanan dan minuman.

Akan lebih baik apabila para pengunjung datang pada musim penghujan, karena mempunyai keindahan yang berbeda, dibandingkan dengan mengunjungi pada musim kemarau.

Selalu berhati-hati dan waspada apabila para pengunjung membawa serta anak-anak, dikarenakan objek wisata ini yang berada di bawah jurang sehingga jalan yang dilalui juga akan menurun.

Demikianlah beberapa gambaran keindahan Curug Pulosari yang berada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, giliran anda untuk membuktikan sendiri keindahan Curug ini.

Selamat berlibur.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×