BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

10 Wisata Alam Jember Yang Super Instagramble Wajib Di Kunjungi

Wisata alam Jember

0 42
wisata alam jember yang sangat memukau
sumber gambar : @pesonajember (instagram)

Kabupaten Jember yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Negara Indonesia populer dengan keindahan alamnya.

Kabupaten Jember menyimpan banyak kekayaan alam yang begitu menakjubkan dan memukau. Namun beberapa orang belum banyak mengetahui keindahan alam tersebut.

Ternyata Kabupaten Jember menyimpan berbagai objek wisata, dari situs budaya bersejarah, spot-spot foto, pantai, bukit hingga air terjun dan masih banyak lagi.

Jika anda yang ingin menikmati masa libur panjang dan ingin menuju ke Kabupaten Jember, anda wajib untuk mengunjungi wisata alamnya.

Wisata alam Jember apa saja yang akan kita bahas ? penasaran bukan? mari kita simak ulasan dibawah ini mengenai wisata alam Jember.

1. Wisata Alam Jember Air Terjun Tancak

air terjun tancak wisata alam jember
sumber gambar : @robby_ngewez (instagram)

Air Terjun Tancak merupakan salah satu destinasi wisata alam Jember yang lebih tepatnya berada di daerah perbukitan Tancak, Desa Suci, Kecamatan Panti.

Ketinggian dari air terjun ini sekitar 82 meter letaknya tepat berada di bawah kaki Gunung Pasang. Air terjun ini akan memanjakan mata anda dengan pesona keindahan alam perbukitan hijau.

Untuk menuju kawasan wisata alam Jember ini anda harus melewati jalan setapak yang cukup menantang dan menanjak.

Meski jalannya cukup menanjak namun anda akan di suguhkan panorama alam pegunungan dan perkebunan kopi. Aliran air yang tersedia di Air Terjun Tancak begitu jernih dan dingin menyegarkan.

Di bawah aliran air terjun terdapat kolam yang dapat anda gunakan untuk berenang. Air terjun ini di kelilingi oleh pohon-pohon yang rimbun menambah kesan sejuk dan teduh berada di kawasan wisata ini.

Air Terjun Tancak merupakan air terjun tertinggi yang ada di Kabupaten Jember. Air Terjun Tancak di kelilingi oleh tebing tinggi yang banyak di tumbuhi semak belukar yang masih cukup alami.

Suara gemercik air membuat hati terasa tenang dan merasakan sejuk segar. Air terjun ini masih terbilang sangat asri dengan hembusan angin yang begitu sejuk membuat anda betah berlama-lama berada disini.

Sebaiknya untuk para pengunjung jika ingin menikmati keindahan dari air terjun, berkunjung saat musim kemarau. Karena saat musim hujan jalur menuju air terjun becek dan sangat licin.

Jaman sekarang sudah banyak tersedia sosial media, hal ini membuat para pengunjung jika berada di kawasan wisata berburu foto dengan latar belakang keindahan alam. Air terjun ini terdapat banyak spot foto yang begitu memukau. Anda bisa berburu sepuasnya di tempat ini.

Pengalaman berada di wisata air terjun harus di abadikan dalam bidikan kamera. Untuk menikmati indahnya air terjun anda hanya perlu membayar biaya parkir motor sekitar Rp.2.000, sedangkan untuk mobil di kenakan biaya sekitar Rp.5.000.

Cukup terjangkau bukan ? anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk. Fasilitas yang ada di area wisata Air Terjun Tancak yaitu terdapat warung, mushola dan juga toilet.

2. Wisata Alam Jember Pantai Watu Ulo

pantai watu ulo wisata alam
sumber gambar : @d4n_ko (instagram)

Pantai Watu Ulo merupakan salah satu destinasi wisata alam Jember yang letaknya berada di Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu.

Penamaan dari Watu Ulo memiliki arti dalam bahasa Jawa yaitu Watu yang berarti batu sedangkan Ulo yang berarti ular.

Karena tempat ini terdapat barisan batu karang berbentuk seperti ular dan tersusun memanjang dari mulai arah pinggir pantai hingga tepi laut.

Ini lah awal mula penamaan dari Pantai Watu Ulo. Pantai Watu Ulo menyimpan banyak keindahan alam yang begitu memukau, banyak terdapat spot foto cantik yang bisa anda gunakan untuk berfoto dengan berbagai macam gaya yang anda inginkan.

Anda bisa menyaksikan banyaknya perahu tradisional milik warga sekitar atau para nelayan. Anda sebagai pengunjung juga bisa menyewa perahu tersebut untuk menikmati keindahan sekeliling pantai.

Ombak yang ada di pantai ini terbilang besar namun pihak pengelola masih memperbolehkan para pengunjung untuk berenang di tepian pantai harus berhati-hati.

Sekitar Pantai Watu Ulo terdapat rest area yang menyediakan sajian es kelapa muda dan makanan lainnya yang bisa anda santap dengan menikmati indahnya laut lepas.

Untuk menikmati keindahan pantai anda hanya perlu membayar biaya tiket masuk sekitar Rp. 7.500 per orang.

Dan biaya parkir motor sekitar Rp.2.000 sedangkan parkir mobil sekitar Rp.5.000. Pantai ini ramai saat musim libur telah tiba.

Para pengunjung di dominasi dari luar kota Jember yang ingin menikmati keeksotisan Pantai Watu Ulo.

3. Wisata Alam Jember Pantai Papuma

pantai papuma wisata alam jember
sumber gambar : @achzakaria.m (instagram)

Wisata alam Jember yang satu ini merupakan destinasi wisata yang selalu diincar para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam saat musim libur panjang.

Menikmati keindahan alam bersama dengan keluarga ataupun pasangan. Wisata alam Jember Pantai Papuma terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Menurut berbagai sumber dari para wisatawan, Pantai Papuma merupakan pantai terindah yang ada di Jawa Timur.

Meski namanya tidak sepopuler Pantai Parangtritis, Pantai Pengandaran, Pantai Balekambang dan lain sebagainya pantai yang ada di Jawa Timur.

Pantai ini memang terbilang baru di kembangkan sebagai destinasi wisata oleh Perum Perhutani Jawa Timur.

Untuk menuju Pantai Papuma anda perlu menerobos hutan dan melewati tebing karang cukup berbahaya. Tentunya aksesnya sangat sulit untuk dilewati.

Dahulu Pantai Watu Ulo menjadi ikon pariwisata Kabupaten Jember. Namun semenjak Papuma di kembangkan sebagai objek parawisata, nama Pantai Watu Ulo lama-lama menjadi tenggelam.

Hingga akhirnya Pantai Papuma menjadi ganti dari pantai Watu Ulo sebagai ikon Kabupaten Jember. Sepanjang perjalanan para wisatawan akan di sambut oleh hutan jati yang rimbun, hutan tersebut bernama Hutan Maliki.

Hutan Maliki terdapat berbagai satwa liar seperti monyet, babi hutan, tringgiling, landak, rusa, biawak, ayam hutan dan berbagai macam burung.

Selain itu terdapat pula sisa-sisa peninggalan saat Perang Dunia II yang berupa Goa Jepang yang berada di salah satu area yang ada di tempat tersebut.

Jika anda ingin beristirahat untuk menghilangkan lelah terdapat gazebo berada di atas tanjakan sisi sebelah kiri, gazebo tersebut berfungsi juga sebagai gardu pandang.

Pantai ini di beri nama Tanjung Papuma, karena posisi pantai yang memiliki luas sekitar 35 hektar dan menghampar sepanjang 25 km menjorok ke laut sangat mirip dengan tanjung.

Pantai Papuma terdapat juga 7 pulau karang yang begitu menakjubkan, pulau tersebut diberi nama oleh masyarakat sekitar dengan nama yaitu Pulau Batara Guru, Pulau Kresna, Pulau Kajang, Pulau Nusa Barong, Pulau Kodok yang bentuknya menyerupai kodok raksasa.

Untuk menikmati keindahan Pantai Papuma di kenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.15.000 per orang, dan biaya parkir motor sekitar Rp.5.000 dan sedangkan parkir mobil sekitar Rp.10.000.

Cukup terjangkau bukan ? dengan biaya tersebut anda sudah bisa menikmati berbagai macam keindahan alam yang di suguhkan oleh Pantai Papuma.

4. Wisata Alam Jember Pantai Bandealit

Pantai Bandealit wisata alam jember
sumber gambar : @theoseptiono9 (instagram)

Pantai Bandealit merupakan salah satu wisata alam Jember yang begitu  memikat hati para pengunjung. Pantai Bandealit ini terletak di Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Kabupaten Jember memang terkenal dengan keindahan alamnya, hal ini membuat perkembangan pariwisata Kabupaten Jember berkembang pesat.

Wisata alam Jember yang selalu ramai dipadati oleh para wisatawan. Wisata alam Jember Pantai Bandealit termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang populer dengan hutan tropis yang ada di dataran rendah Jawa Timur.

Pantai Bandealit ini memiliki keindahan yang tidak kalah menarik jika di bandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di Indonesia.

Pesona yang di berikan membuat para wisatawan betah berlama-lama berada di tempat ini. Hal yang tidak boleh terlupakan saat berada di wisata alam yaitu melakukan sesi berfoto dengan keluarga ataupun pasangan.

Terdapat beberapa spot foto yang begitu indah, dengan hamparan pasir coklat dan juga hamparan laut lepas cocok untuk dijadikan sebagai latar belakang foto yang begitu cantik.

Untuk menikmati kawasan wisata alam Jember ini anda hanya mengeluarkan biaya tiket masuk sekitar Rp. 5.000 per orang, dengan biaya tersebut anda sudah bisa menikmati semua keindahan dan keseruan bermain di Pantai Bandealit.

5. Wisata Alam Jember Teluk Love di Pantai Payangan

teluk love wisata alam jember
sumber gambar : @takjil (instagram)

Siapa yang tidak tahu tentang Teluk Love yang merupakan salah satu wisata alam Jember yang banyak diincar oleh para wisatawan.

Teluk Love lebih tepatnya berada di Dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Teluk Love ini terletak tepat di wisata Pantai Payangan.

Teluk Love menjadi spot favorit bagi para wisatawan karena terdapat lengkungan garis pantai yang membentuk seperti lambang hati, jika dilihat dari dataran tinggi.

Pantai Payangan terdapat beberapa bukit di sekitarnya seperti Bukit Seruni, Samboja dan Suroyo. Jika anda ingin melihat Teluk Love makan anda harus mendaki Bukit Suroyo yang letaknya berada di sisi timur Pantai Payangan.

Bukit Suroyo juga di sebut sebagai Bukit Domba, hal ini di karenakan masyarakat sekitar bukit sering melepas domba-domba di Bukit Suroyo untuk membiarkan domba mencari makan rumput di sekitar bukit.

Sepanjang perjalanan untuk menuju bukit anda akan menikmati pemandangan yang terlihat hijaunya tanaman-tanaman liar yang memenuhi bukit tersebut.

Selain itu para pengunjung juga bisa melihat keindahan hamparan birunya laut lepas yang menyegarkan mata.

Teluk Love merupakan tempat yang selalu diincar para wisatawan untuk melakukan aktifitas berfoto dengan berbagai macam gaya.

Pengelola memberikan spot foto khusus yang berada di tebing dengan di batasi pagar bambu. Karena bentuk teluknya seperti love, tempat ini sangat bernuansa romantis sangat cocok untuk anda yang mengajak pasangan berfoto di kawasan ini di hari spesial.

Tempat ini juga menjadi tempat favorite bagi pasangan untuk melakukan proses foto prawedding. Saat musim libur tiba, tempat ini selalu dipadati oleh para pengunjung, dan Teluk Love banyak yang mengantri hanya untuk berfoto di tempat tersebut.

Pantai Payangan memiliki pantai yang bewarna hitam. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang ada di sekitar pantai seperti bermain air dipinggir pantai, bermain pasir hitam, dan berenang.

Namun untuk anda sebaiknya lebih berhati-hati karena ombak yang ada di pantai ini sangat besar. Tidak lupa juga anda bisa menikmati indahnya matahari terbit ataupun tenggelam di sekitar Pantai Payangan.

Hal ini juga menjadi salah satu kegiatan yang di nantikan oleh para wisatawan yang ingin berfoto dengan pantulan cahaya matahari yang begitu indah.

Pantai Payangan ini menyediakan fasilitas yang sudah terbilang memadai, fasilitas yang di sediakan sama dengan fasilitas yang ada di wisata lain pada umumnya.

Fasilitas tersebut seperti mushola, toilet, gazebo dan tentunya warung makan yang banyak tersedia di sekitar kawasan wisata.

Untuk menikmati indahnya pantai anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.7.500 dan juga biaya parkir motor sekitar Rp. 5.000 sedangkan biaya parkir mobil dikenakan sekitar Rp. 10.000.

Biaya tersebut masih terbilang sangat terjangkau, anda sudah dapat menikmati keindahan alam yang begitu memukau.

6. Wisata Alam Jember Air Terjun 7 Bidadari

air terjun 7 bidadari wisata alam
sumber gambar : @enjoyjember (instagram)

Air Terjun 7 Bidadari terletak di Desa Rowosari, Kecamatan Sumber Jambe, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Air terjun ini merupakan salah satu wisata alam Jember yang mempunyai daya tarik tersendiri, membuat para wisatawan ingin selalu kembali untuk mengunjunginya.

Wisata ini menyuguhkan keindahan alam dengan air terjun juga perbukitan yang ada di sekitarnya. Air terjun ini terletak tepat di kaki Gunung Raung.

Air terjun ini memiliki nama Air Terjun 7 Bidadari, hal ini karena air terjun ini memang memiliki 7 aliran air yang membuat masyarakat memberikan nama tersebut.

Wisata alam Jember ini belum banyak di kenal oleh kalangan wisatawan. Air terjun ini masih terbilang sangat asri.

Akses yang harus anda lewati jika ingin berkunjung di wisata alam Jember ini, medannya terbilang tidak mudah.

Namun rasa lelah tersebut akan terbayarkan dengan suasana pemandangan yang begitu indah. Rasa penat terasa hilang saat melihat keindahan dari Air Terjun 7 Bidadari. Air terjun ini terbilang sangat tinggi.

Dengan keasrian air terjun dengan deretan tebing dan juga pepohonan hijau yang berada diatasnya. Air terjun yang pertama dan yang kedua jaraknya saling berdekatan.

Air terjun pertama dan kedua anda bisa langsung menikmatinya dengan berenang. Setelah itu jika anda melanjutkan perjalanan menuju air terjun yang ke 3, anda harus menyusuri deretan tebing yang sangat curam dan licin.

Jalur di butuhkan keberanian yang tinggi, sangat cocok untuk anda yang berjiwa merasa tertantang dengan jalur tersebut.

Aliran air terjun ke 3 masih sama dengan aliran air sebelum-sebelumnya yang masih asri dan menyegarkan mata.

Namun aliran air terjun ke 3 ini terlihat lebih sepi di bandingkan aliran air sebelumnya. Jarang para pengunjung menyelesaikan hingga air terjun ke 3, kebanyakan dari para pengunjung mereka hanya menikmati keindahan hanya sampai air terjun ke 2.

Air terjun ke 4 hingga ke 7 masih sama dengan pemandangan yang begitu memukau dari tebing dan pepohonan yang rimbun, membuat wisata ini nampak terlihat masih begitu asri.

Namun sayangnya semakin tinggi air terjun yang anda tuju, semakin sepi pula suasananya. Para pengunjung sangat jarang menghabiskan waktunya hingga menuju air terjun ke 7.

Kebanyakan dari mereka hanya ingin menyudahi perjalanan hingga air terjun 2. Keindahan alam yang ada disini anda hanya perlu membayar biaya tiket sekitar Rp. 5.000 per orang, dan biaya parkir motor sekitar Rp. 3.000 sedangkan untuk mobil di kenakan biaya sekitar Rp. 5.000.

7. Wisata Alam Jember Pantai Paseban

pantai paseban wisata alam jember
sumber gambar : @setyoyufi (instagram)

Wisata alam Jember yang satu ini adalah Pantai Paseban yang membuat anda ingin mengunjunginya dengan keindahan panorama yang tidak akan terlupakan.

Pantai Paseban terletak di Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Wisata ini sangat cocok untuk anda yang ingin menikmati keindahan alam yang begitu memikat hati.

Pantai Paseban memiliki daya tarik tersendiri yang dapat membuat para pengunjung ingin berlama-lama berada di kawasan ini.

Wisata alam Jember yang satu ini sangat cocok untuk anda yang berburu keindahan alam dan mengabadikannya dalam kamera.

Para pengunjung bisa mengabadikannya dengan latar belakang hamparan laut lepas yang sangat terlihat cantik. Bahkan anda bisa mengambil foto saat berada dalam air.

Foto yang anda ambil dengan tema pemandangan alam akan terlihat memukau dan kekinian. Anda bisa berfoto dengan keluarga atau pasangan terkasih.

Pengalaman berada di setiap wisata alam memang membuat anda ingin kembali lagi ke tempat tersebut. Suasana yang ada di kawasan ini sangat tentram menenangkan hati, dengan kejernihan air laut bewarna biru yang membuat mata terasa segar kembali.

8. Wisata Alam Jember Air Terjun Rayap

air terjun rayap wisata alam jember
sumber gambar : @faisal_rijal (facebook)

Wisata alam Jember yang satu ini terletak di Dusun Rayap, Desa Kemuning Lor, Arjasa. Letaknya tidak jauh dari Wisata Rembangan yang sangat populer dengan keindahan pemandangannya dari atas bukit.

Air Terjun Rayap merupakan wisata alam yang begitu indah namun belum banyak terjamah oleh manusia. Hal ini membuat air terjun ini masih sangat asri.

Air terjun ini sebenarnya memiliki nama lain yang sering di sebut sebagai nama Air Terjun Anugrah. Namun warga sekitar lebih mengenalnya dengan sebutan Air Terjun Rayap. Rayap diambil dari masa desa tempat air terjun tersebut.

Untuk menuju air terjun tersebut, sepanjang perjalanan anda akan melihat aliran sungai yang nantinya akan bermuara di Air Terjun Rayap.

Suara gemercik aliran air yang membuat suasana menjadi sejuk dan tenang. Keasrian air terjun masih sangat terjaga, karena tempat ini masih sepi oleh pengunjung, dan pengunjung yang datang terbilang masih sedikit.

Wisata alam Jember ini belum banyak di ketahui oleh para wisatawan. Keindahan alam yang di suguhkan oleh Air Terjun Rayap membuat lelah hilang begitu saja.

Ketinggian dari Air Terjun Rayap kurang lebih 10 meter dengan lebar sekitar 2 meter. Air terjun ini terbilang pendek, namun debit airnya lumayan tinggi.

Seperti biasanya yang di lakukan oleh para wisatawan saat berada di tempat wisata yaitu memburu spot foto yang banyak terdapat di sekitar Air Terjun Rayap.

Anda bisa menggunakan keindahan air terjun untuk menjadi latar belakang foto anda. Anda bisa leluasa mengambil gambar pemandangan alam, sebab air terjun ini belum terlalu banyak orang mengetahui keberadaan lokasinya.

9. Wisata Alam Jember Simbat

wana wisata simbat wisata alam
sumber gambar : @brillyart (instagram)

Wana wisata Simbat ini terletak di Desa Tamansari, Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Wisata alam ini memang masih terbilang sangat baru, hal ini membuat nama wisata ini belum populer di kalangan wisatawan. Wisata ini diberi nama SIMBAT yang terdiri dari kepanjangan Sukmo, Ilang, Manggar, Babatan.

SIMBAT memiliki arti yaitu Sukmo Ilang itu berarti nama tempatnya, Manggar itu nama Pegunungannya, sedangkan Babatan adalah merupakan orangnya yang mengelola tempat ini.

Wisata ini terbilang baru namun pengunjung yang datang lama-lama menjadi banyak karena mengetahui keindahan alam yang ada di tempat ini sungguh memikat hati.

Tempat ini menyediakan beberapa rumah pohon yang dapat anda gunakan untuk berfoto. Selain itu wisata ini terdapat fasilitas yang bisa anda gunakan seperti spot foto, mushola, tempat untuk berkuda, flying fox, air terjun mini, dan terdapat wawasan tentang aneka flora lengkap dengan nama ilmiahnya.

Anda juga bisa mendaki Gunung Manggar dimana terdapat batu besar dan di tempat itulah para wisatawan mengabadikan momen bersama keluarga atau pasangan dan tentunya anda juga bisa bersantai di tempat tersebut. Dari tempat ini anda juga bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian.

10. Wisata Alam Jember Bukit SJ88

bukit SJ88 wisata alam jember
sumber gambar : @kensugijanto (instagram)

Wisata Alam Jember Bukit SJ88 ini terletak di Sukojember, Jelbuk, Leces II, Kabupaten Jember, Jawa Tengah. Dari ketinggian bukit ini anda akan bisa menikmati keindahan alam kota Jember.

Pemandangan yang terlihat seperti pohon-pohon yang rimbun dan juga tumbuhan yang bewarna hijau tampak jelas dari tempat ini. Udara sejuk dan teduh sangat terasa oleh para pengunjung.

Berada di kawasan ini akan membuat pikiran anda tenang dan nyaman, menghilangkan segala penat dengan kepusingan hidup sehari-hari yang cukup melelahkan.

Bukit SJ88 terdapat batu yang besar menjulang tinggi menjadi tempat favorite bagi para wisatawan untuk berburu spot terindah.

Untuk menuju batu besar tersebut sudah di sediakan tangga yang bisa anda naiki ketika ingin berada di atas batu berfoto.

Tempat ini sangat di rekomendasikan untuk anda yang ingin menikmati libur panjang bersama keluarga dan pasangan menikmati indahnya dunia terlebih melihat keindahan Kabupaten Jember.

Fasilitas umum yang tersedia di kawasan ini terbilang sudah sangat lengkap seperti toilet umum, area parkir, warung makan, gardu pandang, spot berfoto, mushola dan masih banyak lagi.

Untuk menikmati keindahan Bukit SJ88 anda hanya akan di kenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.5.000 dan biaya parkir kendaraan bermotor sekitar Rp. 2.000 sedangkan untuk kendaraan bermobil di kenakan biaya sekitar Rp. 5.000.

Harga tersebut cukup bersahabat, anda sudah bisa menikmati indahnya pemandangan yang sangat asri dan menikmati sejuknya udara.

Itulah beberapa wisata alam Jember yang wajib anda kunjungi. Wisata diatas merupakan rekomendasi saat anda berada pada musim libur panjang.

Namun sebaiknya bagi para pengunjung tetap menjaga kelestarian alam agar tetap terjaga kebersihannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×