BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Baturaden, Objek Wisata Alam Ikon Kota Purwokerto

Baturaden, Objek Wisata Alam Ikon Kota Purwokerto Yang Mempesona

0 175

 

caub baturaden, baturaden
Sumber Gambar : feifentyjournal (instagram)

Baturaden, Objek Wisata Alam Ikon Kota Purwokerto

Indonesia mempunyai bentang alam yang begitu indah, untuk bisa dijelajahi, banyak yang diambil hikmahnya dari pesona alam yang luar biasa.

Segala kebutuhan hidup yang dibutuhkan oleh warganya hampir semua berada di alam Indonesia.

Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas karunia yang sudah diberikan salah satunya adalah dikaruniai keindahan alam yang tidak ada habisnya untuk di Explore.

Salah satu yang memiliki pesona alam yang sangat indah adalah kota Purwokerto , selain terkenal dengan tempe mendoan nya, Purwokerto juga memiliki objek wisata yang sudah terkenal sampai ke penjuru Nusantara yaitu objek wisata Baturaden.

Baturaden selain memiliki pesona alam yang sudah Tidak diragukan lagi juga menjadi ikon Kota Purwokerto.

Sejarah Dan Legenda Baturaden

Namanya sudah terkenal sampai ke penjuru tanah air, Baturaden tidak lepas dari sebuah cerita rakyat yang tidak kalah menarik untuk disimak.

Kisah ini sudah melegenda dan berkembang hampir puluhan tahun lamanya, dan secara terus-menerus diceritakan secara turun temurun.

Diceritakan, pada zaman dahulu, terdapat seorang Dewa yang bernama Sang Hyang Guruminda, berasal dari khayangan, yang turun ke bumi dengan berwujud lutung atau ( kera).

dikisahkan dalam melakukan perjalanan, lutung ini bertemu dengan Putri Purbasan Ayuwangi, yang terusir oleh saudaranya karena mempunyai sifat yang buruk.

Ceritakan luntung ini menikahi Putri Purbasan Ayuwangi, yang kemudian memerintahkan kerajaan Pasir Batang dan kerajaan cupu Mandala Ayu.

Menurut cerita masyarakat konon baturaden ini merupakan tempat bagi lutung turun dari khayangan menuju bumi.

Spot Foto Menarik Di Baturaden

Kisah Baturaden tersebut diangkat ke dalam Gending Karesmen, pada tahun 1921, sehingga cerita tersebut layak untuk di simak dan didengar.

Baturaden mempunyai pesona alam yang indah, sehingga banyak wisatawan yang mengunjungi Baturaden yang mengagumi pesonanya.

Sehingga objek wisata Baturaden memiliki banyak Spot foto yang wajib dikunjungi para wisatawan, di saat mengunjungi objek wisata ini.

Spot – spot foto yang tidak boleh di tinggalkan oleh para wisatawan diantaranya :

  1. Pancuran Pitu Dan Pancuran Telu

Pancuran pitu, baturaden
Sumber Gambar : setyowati_1002 (instagram)

Objek wisata Baturaden ini terdapat sebuah ikon yaitu Pancuran Pitu Dan Pancuran Telu yang berada di area lokawisata Baturraden.

Para pengunjung yang ingin mengunjungi tempat ini harus berjalan melewati Curug Gumawang, dilanjutkan dengan menyusuri Jalan Setapak.

Dengan pemandangan di sisi kiri terdapat tebing gunung dan di sebelah kanannya terdapat lereng jurang.

Yang mengalir ke Pancuran telu ini merupakan air yang bersuhu panas, dan bisa dimanfaatkan untuk berendam dan juga berenang.

Pemberian nama Pancuran telu, dikarenakan di tempat ini memiliki tiga pancuran yang mengalirkan air panas.

Sedangkan apabila para pengunjun, ingin mengunjungi Pancuran Pitu letaknya berada di atas Pancuran telu dengan jarak kira – kira sekitar 2 ,5 kilo meter, dapat ditempuh dengan rute yang lebih menarik daripada Pancuran telu.

Di Pancuran Pitu juga sama dengan Di Pancuran telu yaitu airnya mengandung belerang yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

  1. Telaga Sunyi Baturaden

telaga sunyi baturaden, baturaden
Sumber Gambar : friscayuwanita (instagram)

Sebuah Telaga atau danau yang merupakan kawasan yang tenang, Hening dan juga sunyi. dikarenakan berada di atas ketinggian 700 mdpl, masyarakat di sini menyebutnya dengan Telaga Sunyi.

Aktivitas yang bisa di lakukan di objek wisata Telaga Sunyi Iyalah berenang.

Sebagai catatan untuk para pengunjung agar berhati – hati apabila ingin melakukan aktivitas renang di Telaga Sunyi.

berenang telaga sunyi, baturaden
Sumber Gambar : asrialdilaputri (instagram)

Apabila cuaca sedang mendung ataupun turun hujan kawasan ini memiliki arus yang sangat kencang, serta berbahaya.

Jadi disarankan apabila cuaca mendung atau hujan, para pengunjung tidak diperkenankan berenang di Telaga Sunyi ini untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

Terdapat sebuah mitos yang terdapat di Telaga Sunyi, di mana para pengunjung tiba-tiba akan terdorong hingga ke bawah Telaga.

Selain mitos tersebut terdapat lagi apabila terdapat pasangan kekasih yang datang ke Telaga Sunyi, pasti akan bertengkar.

Namun mitos tersebut benar atau tidaknya kembali ke pribadi masing-masing akan tetapi para pengunjung harus tetap berhati – hati dan waspada.

  1. Bumi Perkemahan Wana Wisata Baturaden

wana wisata baturaden, baturaden
Sumber Gambar : baturadenpalawi (instagram)

Selain pesona alam Pancuran telu dan pitu, serta Telaga Sunyi di Baturaden juga terdapat tempat untuk kegiatan perkemahan yang letaknya berada di kawasan hutan.

Yang memiliki pesona yang tak kalah indah, dengan udara dingin khas pegunungan, dan pada tahun 2011, bumi Perkemahan ini dijadikan tempat sebagai arena Jambore Nasional.

Apabila para pengunjung, ingin melakukan kegiatan di luar ruangan, atau berkemah, di tempat ini juga menyediakan persewaan peralatan untuk berkemah, dengan harga yang sangat terjangkau.

wana wisata baturaden, baturaden
Sumber Gambar : rahmawati_sita4 (instagram)

Para pengunjung bisa merasakan dan menikmati suasana menginap di kaki Gunung Slamet,Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah, dan menjadi hal yang mengasyikkan.

  1. Taman Wisata Widya Kaloka Baturaden

kebun raya baturaden, baturaden
Sumber Gambar : hanissassetiyani94 (instagram)

Tempat ini merupakan sebuah kebun binatang yang berukuran mini, yang sengaja dibangun oleh pengelola Baturaden, untuk menarik wisatawan yang berkunjung ke Baturaden ini.

Di kebun binatang mini ini terdapat, bermacam hewan yang bisa ditemui oleh para wisatawan, diantaranya harimau Sumatera yang keberadaannya sudah sangat langka serta hampir punah.

Selain itu terdapat juga Buaya Irian, Orangutan Kalimantan, juga berbagai macam satwa yang didatangkan dari luar negeri untuk menarik minat pengunjung.

Rute Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

jalur baturaden, baturaden
Sumber Gambar : burhn_fadli (instagram)

Sebuah kawasan wisata yang sangat mudah untuk di kunjungi, terdapat berbagai macam alternatif rute yang bisa ditempuh untuk menuju objek wisata Baturaden.

Objek wisata ini dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi umum, maupun kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor.

Untuk pengunjung yang menggunakan transportasi umum bisa menggunakan bus yang berasal dari Terminal Purwokerto, dengan trayek mengarah ke daerah Baturaden, pengunjung bisa turun di terminal lokawisata Baturaden.

Sedangkan yang menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung harus menuju ke arah Taman Andhang kemudian dilanjutkan ke Pangeran,Kebo Dalem, Hotel Aston.

Untuk melanjutkan perjalanan mengikuti jalan lurus yang mengarah ke satu jalur, hingga tiba di terminal Baturaden.

Lokasi wisata Baturaden berjarak sekitar 14 km dari pusat Kota Purwokerto, yang ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit.

Kawasan objek wisata Baturaden merupakan kawasan yang menjadi pusat tujuan wisata, dan setiap hari libur, objek wisata ini akan dipenuhi wisatawan yang ingin menikmati pesona alamnya.

Untuk para pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, diharap untuk berhati – hati dikarenakan jalan yang harus ditempuh kondisinya menanjak dengan tingkat kemiringan mencapai 30 derajat.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi harap untuk selalu berhati – hati dan tidak memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

Kawasan objek wisata Baturaden terbuka untuk umum dimulai dari 6 Pagi hingga 5 sore, dan berlaku hari Senin sampai dengan minggu.

Terdapat beberapa biaya tiket yang harus dikeluarkan pengunjung apabila memasuki kawasan objek wisata Baturaden.

wisatawan yang ingin menikmati pesona wisataloka Baturaden dikenai biaya sekitar Rp 14.000.

Apabila ingin menikmati segarnya air panas yang keluar dari Pancuran telu dikenai biaya sekitar Rp 10.000.

Dan para pengunjung yang ingin menikmati Wahana teater alam dikenai biaya sekitar Rp 5.000.

Untuk para pengunjung yang berasal dari luar daerah, dan ingin menikmati pesona alam Baturaden, bisa menginap di penginapan yang berada di di sekitar objek wisata ini.

Beberapa penginapan yang dekat dengan objek wisata ini bisa dikunjungi oleh para wisatawan di antaranya :

Green Valley Resort Baturaden dengan biaya Rp 400.000 per malam

Queen Garden Hotel biaya per malamnya sekitar Rp 450.000

Legend 2 biayanya sekitar Rp100.000 per malam

Hotel Cemerlang dengan biaya Rp150.000 per malam

Hotel Manah biayanya sekitar 400 ribuan per malam

Dan sebagai tips, untuk para pengunjung yang ingin menginap di salah satu Hotel atau penginapan tersebut, sebaiknya kunjungi website resminya untuk mengetahui promo ataupun biaya terupdate.

Kawasan objek wisata ini tidak hanya menawarkan sebuah objek wisata alam, namun juga menjadi objek wisata edukasi.

Yang bisa mengajarkan ilmu pengetahuan kepada anak – anak bagaimana cara mencintai hewan dan bagaimana menjaga alam yang sudah dianugerahkan kepada kita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×