BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Wisata Air Panas Guci, Pesona Alam Kota Tegal

Wisata Air Panas Guci, Pesona Alam Kota Tegal Yang Mengagumkan

0 178
pancuran air panas, wisata air panas guci
Sumber Gambar : am.rani (instagram)

Wisata Guci, Wisata Air Panas Kota Tegal

pemandangan air panas guci, wisata air panas guci
Sumber Gambar : fdayanti29 (instagram)

Kota Tegal terkenal bukan hanya warung makannya, akan tetapi Tegal juga mempunyai keindahan alam yang khas daerah pegunungan tropis.Keindahan wisata tersebut melekat pada objek wisata satu ini yaitu Wisata Pemandian Air Panas Guci.

Hal tersebut dapat di rasakan oleh para pengunjung sejak mulai dari perjalanan, pemandangan yang berupa sawah, kebun buah, dan kebun sayur, serta hutan pinus, dan memiliki udara yang yang sejuk merupakan khas objek wisata dataran tinggi.

Berwisata di pemandian air panas Guci tersebut, selain bisa berendam di kolam pemandian, para wisatawan juga dapat meredam di sungai yang aliran airnya berada di tengah lokasi wisata Guci tersebut.

Air sungai tersebut juga memiliki suhu panas yang sama dengan yang berada di kolam, dikarenakan air sungai tersebut juga memiliki sumber mata air yang sama.

Sejarah Lokasi Wisata Air Panas Guci Tegal

air panas guci, wisata air panas guci
Sumber Gambar : amin.rois11 (instagram)

Lokasi wisata Pemandian Air Panas Guci dibuka pertama kali pada tahun 1974, asal – muasal tempat pemandian air panas ini, dimulai dari beberapa pihak terkait yang melakukan penelitian terkait keberadaan sumber air baru di wilayah tersebut.

Dari hasil penelitian, air panas guci terbukti aman, pada tahun 2015 pemandian tersebut dibuka untuk umum.

Pemandian Air Panas Guci sebelum terkenal seperti saat ini, masih digunakan oleh warga masyarakat sekitar, dulu belum terdapat Pancuran yang berada di kolam seperti yang bisa dilihat saat ini.

Masyarakat masih mnggunkan aliran air tanpa ada pancuran,bahkan beberapa wisata masih menggunakan sumber air panas yang berada di bawah gua.

Pada akhirnya dibangunlah Pancuran yang berjumlah 13 Pancuran, yang letaknya berada tepat di bawah gua, di sini pengunjung bisa melihat patung naga yang berada Di Pancuran.

Misteri Wisata Air Panas Guci Tegal

air panas, wisata air panas guci
Sumber Gambar : pesonabhineka (instagram)

Konon diceritakan oleh masyarakat sekitar, lokasi wisata air panas guci, ini berasal dari zaman Walisongo.

Pada zaman wali Songo mengutus salah satu anggotanya untuk menyebarkan agama Islam di Jawa Tengah bagian barat, khususnya yang berada di sekitar kota Tegal.

Seorang utusan Wali tersebut dibekali air yang tempatnya berupa sebuah guci atau poci.

Oleh masyarakat sekitar, air yang berada dalam guci yang dibawa oleh sang Wali tersebut, bisa berkhasiat.

Sehingga masyarakat sekitar berbondong – bondong meminta air kepada Wali tersebut, akan tetapi dikarenakan jumlah air yang di bawa sanga wali jumlahnya terbatas, dan masyarakat yang meminta begitu banyak.

Maka sang Wali, kemudian dengan tongkat yang di bawanya, kemudian menancapkannya ke dalam tanah, setelah itu tongkat tersebut dicabut dan secara ajaib keluar air panas yang keluar dari lubang bekas tongkat yang ditancapkan tadi.

Hingga saat ini air panas tersebut masih mengalir, serta bisa dimanfaatkan oleh masyarakat menjadi pemandian.

Dan nama pemandian tersebut terkenal dengan nama Guci, sesuai dengan nama tempat yang dibawa oleh sanga Wali tadi.

Peristiwa terjadinya pemandian tersebut, terjadi pada tengah malam, saat malam Jumat Kliwon.

Sehingga sampai saat ini setiap malam jumat kliwon, banyak masyarakat yang mengunjungi pemandian air panas guci untuk berendam, mereka masih mempercayai, apabila melakukan hal tersebut Maka hajat yang mereka inginkan akan segera terkabul.

Lokasi Wisata Air Panas Guci Tegal

Terletak di Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah, tepatnya berada di Jalan Objek wisata Guci, Kalengan, Segedong, Bumijaya, Tegal, Jawa Tengah, dengan kode pos 52466.

Apabila para wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata ini, dan tidak mengetahui rute yang dilalui bisa menggunakan aplikasi Google Maps.

Rute Menuju Wisata Air Panas Guci Tegal

Para pengunjung yang ingin berwisata ke objek wisata air panas Guci Tegal, memiliki banyak alternative, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Apabila para pengunjung menggunakan kendaraan atau transportasi umum bisa berangkat dari kota tegal menuju ke Purwokerto.

Sampai melewati kota Slawi dan berada di daerah Kecamatan Lebaksiu, terdapat pertigaan Yomani, dari situ terdapat rambu penunjuk jalan ke arah objek wisata air panas guci yang berjarak sekitar 25 kilometer.

Kemudian apabila para pengunjung melalui kota Slawi, bisa menggunakan mini bus jurusan Bumi Jaya, perjalanan ditempuh sekitar 30 menit, para pengunjung turun di Desa Tuwel.

Dari Desa ini pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan bak terbuka menuju objek wisata air panas guci.

Apabila wisatawan berangkat dari kota Pemalang, wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi, dikarenakan belum ada transportasi umum dari Kota Pemalang yang menuju objek wisata air panas Guci.

Rute yang bisa diambil ialah, melalui jalan yang menuju arah Purbalingga, setelah sampai di pertigaan Moga, pengunjung membelokkan mobilnya ke arah kanan, menuju ke arah  objek wisata air panas guci.

Tiket Masuk Wisata Air Panas Guci Tegal

Pengelola wisataAir Panas Guci Tegal, membedakan harga tiket masuk antara orang dewasa dengan anak-anak.

Pada hari biasa biaya masuk yang dikenakan sebesar Rp 5.000 untuk orang dewasa, serta untuk anak – anak dikenai biaya sekitar Rp 4.500, dan biaya tersebut di luar biaya asuransi.

Dan untuk hari libur biaya masuk yang dikenakan sekitar Rp 7.000 untuk dewasa, dan Rp 6.500 untuk anak – anak ,biaya tersebut diluar biaya asuransi yang akan dikenakan oleh pengelola wisata air panas guci.

Fasilitas Wisata Air Panas Guci Tegal

kolam pemandian air panas, wisata air panas
Sumber Gambar : yesiechink (instagram)

Pengelola objek wisata air panas guci Tegal, sudah membangun berbagai fasilitas  untuk bisa digunakan oleh para wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata ini.

Kolam renang, trek jalan kaki, persewaan kuda tunggang, serta fasilitas outbound merupakan fasilitas yang terdapat di objek wisata pemandian air panas guci ini.

Untuk para wisatawan yang datang dengan rombongan, terdapat fasilitas Wisma yang berada dekat dengan kolam renang.

Wisma tersebut bisa di sewa oleh para pengunjung. Terdapat beberapa Wisma yang mempunyai kapasitas berbeda mulai dengan kapasitas 3 dan 4 kamar, yang mempunyai fasilitas, queen bed, beth up, shower, serta air panas.

Hal Menarik Di Wisata Air Panas Guci Tegal

Terdapat hal – hal yang menarik yang bisa dikunjungi di objek wisataair panas Guci Tegal ini, kegiatan yang menyenangkan ialah bisa bermain di Waterboom Mini, berendam air panas yang menyehatkan.

Menaiki kuda sewaan, outbound, hingga wisatawan bisa menikmati air terjun yang berada di sekitar wilayah wisata air panas guci Tegal ini.

Air Terjun Jedor

air terjun jedor, wisata air panas guci
Sumber Gambar : tety_chan (instagram)

Terletak di atas pemandian air panas Guci, yang berjarak sekitar 1 km, serta memiliki ketinggian luncur air sekitar 15 meter.

Nama air terjun ini diambil dari seorang Lurah yang memimpin desa tersebut, untuk menghormati jasa – jasa beliau, warga sekitar sepakat, untuk menamai air terjun ini dengan nama kepala desa yang memimpin desanya, yaitu bernama Lurah Jedor.

Masyarakat sekitar masih mempercayai hal – hal yang berbau mistik, sebagaimana wisataair panas guci tersebut.

Di air terjun Jedor ini juga, sering ramai dikunjungi oleh orang yang ingin ngalap berkah, ritual tersebut biasa dilakukan pada malam Jumat Kliwon.

Menurut cerita, konon apabila mandi pada tengah malam dengan memohon sesuatu, permohonan Apapun akan dikabulkan.

Masih di sekitar objek wisata Guci terdapat air terjun selain air terjun Jedor. Air terjun tersebut bernama air terjun air hangat kembar.

Air Terjun Air Hangat Kembar

air terjun kembar, wisata air panas guci
Sumber Gambar : muhamadhld (instagram)

Para wisatawan yang menikmati air terjun, biasanya airnya berhawa atau bersuhu dingin, akan tetapi berbeda dengan air terjun salah satu ini.

Air terjun ini memiliki air yang mempunyai suhu hangat dan uniknya lagi, air terjun ini memiliki dua luncur air terjun yang lokasinya berdampingan.

Untuk bisa mencapai air terjun kembar ini, para wisatawan harus berjalan menuruni jalanan yang agak curam, wisatawan harus berhati-hati dikarenakan jalan yang dilalui cukup licin.

Setelah melakukan perjalanan beberapa meter yang melewati sawah, pengunjung sudah bisa mencapai air terjun yang memiliki ketinggian luncur air sekitar 5 meter ini.

Air terjun ini memiliki suhu yang hangat, serta posisi air terjun yang tersembunyi yang membuat tempat ini cocok untuk para pengunjung yang ingin menikmati suasana yang Hening.

Disini hanya terdengar suara air yang mengalir turun dari ketinggian, namun  apabila kabut turun, lokasi air terjun ini juga tidak lepas dari serbuan kabut.

Sehingga wisatawan harus mencari momen yang tepat atau cuaca yang bersahabat, untuk bisa mengunjungi air terjun kembar ini.

Waterboom Air Hangat Guci

waterboom guci, wisata air panas guci
Sumber Gambar : mafazan13 (instagram)

Selain bisa melihat air terjun alami yang berada di sekitar objek wisata pemandian air panas guci, di sini juga terdapat waterboom.

Waterboom di sini memiliki air yang bersuhu hangat pula, berbeda dengan waterboom – waterboom    yang terdapat di tempat wisata lainnya.

Para pengunjung bisa menikmati permainan yang disediakan pengelola di kolam pemandian ini dan menikmati hangatnya air kolam yang berada di Waterboom ini.

Selain Wahana pemandian air panas guci, di sekitar objek wisata tersebut juga terdapat outbound, wahana ini letaknya berada di tengah kolam.

Terdapat Wahana panjat tebing mini, yang bisa dimainkan untuk anak – anak maupun orang dewasa,  terdapat juga jaring laba-laba yang bisa dilintasi setelah menaiki panjat tebing mini.

Permainan ini sangat menantang untuk dimainkan oleh para pengunjung, para pengunjung harus berhati – hati untuk melangkah, apabila tak ingin kecebur ke kolam.

sebrang tali, wisata air panas guci
Sumber Gambar : anggreksetri (instagram)

Akan tetapi para pengunjung yang ingin memasuki Wahana outbound ini, dikenai biaya tersendiri yaitu Rp 35.000 di hari biasa serta Rp 40.000 pada hari libur maupun di hari akhir pekan.

Camping Di Guci Tegal

api unggun, wisata air panas guci
Sumber Gambar : astutikkhairunnisa_alvazza (instagram)

Jika para wisatawan merasa bosan dengan liburan yang itu – itu saja, di objek wisataair panas guci Tegal, juga terdapat beragam aktivitas yang dapat dilakukan oleh para pengunjung di antaranya camping.

Di tempat camping yang berada di objek wisata pemandian air panas guci, memiliki beberapa aktivitas yang menyenangkan seperti  api unggun, barbeque, tracking, liwet, dan susur sungai.

susur sungai, wisata air panas guci
Sumber Gambar : phanjyc (instagram)

Menunggang Kuda Di Objek Wisata Pemandian Guci Tegal

naik kuda, wisata air panas guci
Sumber Gambar : mutmut_muty (instagram)

Di objek wisata pemandian air panas guci Tegal terdapat penyewaan kuda yang bisa di sewa untuk aktivitas mengelilingi kawasan objek wisata air panas guci.

Para pengunjung hanya merogoh kocek sekitar Rp 15.000 hingga Rp3 0.000 untuk bisa menyewa kuda-kuda yang ditawarkan oleh para penduduk sekitar, harga tersebut tergolong murah.

Hotel Di Objek Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

villa, pemandian air panas guci
Sumber Gambar : zuhrotunnisaica290gmail.com9 (instagram)

Untuk para wisatawan yang ingin menginap lebih lama di lokasi pemandian air panas ini, terdapat penginapan dan villa.

Jadi untuk para wisatawan tidak perlu risau, apabila wisatawan ingin menginap atau ingin berlama-lama menikmati wisata Pemandian Air Guci ini.

Tunggu apa lagi segera kunjungi wisata pemandian air panas guci ini, untuk menyegarkan pikiran yang sudah penat dengan aktifitas sehari – hari.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×