BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Danau Beratan, Pesona Alam Pulau Dewata

Danau Beratan, Pesona Alam Pulau Dewata Yang Mempesona

0 196
danau breatan bedugul bali, danau beratan
Sumber Gambar : emma.dzn_(instagram)

Danau Beratan, Pesona Alam Di Pulau Dewata

Pulau pulau Bali atau pulau dewata banyak terdapat tempat wisata yang terkenal, bukan hanya di dalam negeri tapi sudah sampai mancanegara.

wisata beratan, danau beratan
Sumber Gambar : alexandra_tyulkina (instagram)

Bisa di bilang Pulau Bali surganya wisata alam yang berada di Indonesia, sudah banyak Selebriti dunia yang mengagumi pulau ini, bahkan Pulau Dewata pernah di jadikan tempat pengambilan sebuah film Hollywood.

Pulau Bali bukan hanya wisata bahari saja yang terkenal, akan tetapi pesona alamnya juga tak kalah menarik, salah satunya ialah Danau Beratan.

Danau Beratan merupakan salah satu objek pariwisata yang terdapat di Pulau Bali, terkenal karena keunikannya, karena para wisatawan yang datang ke tempat ini dapat melihat Pura yang berada di tengah danau.

Pura merupakan tempat ibadah umat agama Hindu, dan Pura yang berada di tengah danau  tersebut diberi nama Pura Ulun Danu Beratan.

Asal usul Danau Beratan

Pura ulun danau, danau beratan
Sumber Gambar : donyarcapada (instagram)

Setiap tempat atau wilayah yang berada di Indonesia pasti memiliki sejarah, tidak ketinggalan tentang asal – usul Danau Beratan ini,

Sejarah asal usul Danau Beratan tidak hanya sekedar informasi saja, tetapi juga dapat dipelajari sebagai ilmu pengetahuan.

Danau merupakan gabungan dari dua suku kata ” bedug” dan ” kul”, yang Kita tahu bersama bedug merupakan sebuah alat untuk memanggil umat Islam beribadah.

Sedangkan kata kul merupakan sebuah alat komunikasi tradisional yang berada di Pulau Bali, jadi nama danau ini terbentuk karena adanya kearifan lokal yang berada di Pulau Bali tersebut.

Sedangkan bangunan yang berada di tengah danau telah ada sejak zaman megalitikum atau sekitar 500 tahun sebelum Masehi.

Pendiri kerajaan Mengwi yang bernama I Gusti Agung Putu merupakan Raja yang membangun Pura Ulun Danu yang berada di Danau Beratan tersebut.

Di Danau Beratan ini terdapat satwa langka Seperti Rusa dan Kijang, jadi para wisatawan yang mengunjungi tempat ini bukan hanya melihat panorama alam Danau, tetapi juga satwa yang mendiami tempat ini, bahkan para wisatawan bisa bermain dengan mereka.

Lokasi Dan Rute Danau Beratan

rute danau beratan, danau beratan
Sumber Gambar : aryawiznu (instagram)

Danau ini terletak di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali, berjarak sekitar 62,6 KM atau bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam 14 menit, dari Bandara Ngurah Rai.

Apabila para pengunjung dari arah Singaraja jarak yang di tempuh sekitar 40 km, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

Traveller yang tidak membawa kendaraan pribadi, di tempat ini juga terdapat penyewaan mobil atau sepeda motor untuk bisa dipakai wisatawan untuk bisa berkunjung ke Danau Beratan ini.

Sebuah tips untuk para wisatawan yang berkunjung ke Danau Beratan melalui Bandara Ngurah Rai, traveler bisa mengambil jalur melalui jalan airport Ngurah Rai, Jalan By Pass Ngurah Rai kemudian ke Jalan Sunset Road.

Di lanjutkan menuju Jalan Griya Anyar, setelah itu traveler menemukan Jalan Taman Pancing.
Dari sini traveler bisa mengambil jalur ini, kemudian menuju Jalan Imam Bonjol sampai ke Jalan Cokroaminoto.

Dan tujuan akhir traveler berada di jalan Baturiti Bedugul, dari situ traveler sudah berada lebih dekat dengan Danau Beratan.

Untuk lebih memudahkan traveler memantau keramaian lalu lintas, serta untuk  menghindari kepadatan lalu lintas, traveler bisa menggunakan aplikasi maps untuk membantu perjalanan traveller semua.

Harga Tiket Masuk Danau Beratan

Sama seperti tempat wisata lain yang berada di Pulau Bali, maupun tempat – tempat wisata lainnya di Indonesia.

Danau Beratan juga akan dikenai biaya tiket masuk sesuai kategori tertentu, bagi kalian yang berkewarganegaraan Indonesia dikenai biaya sebesar Rp10.000 per orang untuk kategori dewasa serta Rp 7.500 untuk kategori anak – anak.

Berbeda dengan WNI, warga negara asing dikenai biaya sebesar Rp 30.000 per orangnya untuk kategori dewasa serta Rp15.000 untuk kategori anak – anak.

Sedangkan untuk biaya parkir di Danau Beratan ini dikenai biaya Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat, sedangkan bus dikenai biaya sebesar Rp10.000.

Untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi Danau Beratan sebaiknya mengunjungi pada saat waktu yang tepat, karena pada hari libur Nasional, Danau Beratan ini akan ramai dikunjungi para wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari mancanegara.

Danau ini dibuka untuk umum mulai pukul 08.00 Wita sampai 18.00  Wita.

Fasilitas Dan Aktivitas Danau Beratan

danau beratan, danau beratan
Sumber Gambar : dickakomang (instagram)

Pengelola Danau Beratan udah membangun beberapa fasilitas yang bisa digunakan para wisatawan.

Fasilitas yang berada di Danau Beratan ini, seperti area parkir yang begitu luas, toilet yang bisa digunakan secara gratis, taman bermain untuk anak – anak.

Tersedianya Cafe serta restoran, yang  dapat dengan mudah dijumpai di Danau Beratan ini.

cafe danau beratan, danau beratan
Sumber Gambar : nikadek.srianti (instagram)

Selain fasilitas tersebut diatas, traveler juga bisa melakukan aktivitas seru seperti, berfoto dengan background yang sangat indah, dengan menampilkan suasana alam secara langsung tanpa penghalang apapun.

Untuk para traveler yang suka memacu adrenalin di Danau Beratan, juga terdapat speed boat yang dapat digunakan oleh para wisatawan sambil melihat dari dekat air Danau Beratan yang sangat jernih.

wisata air danau, danau beratan
Sumber Gambar : alfii_ghondosari (instagram)

Para wisatawan yang menggunakan wahana speed boat akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp100.000 per putaran dengan kapasitas 4 orang, dan Rp185.000 per putaran untuk kapasitas 8 orang.

Sebagai tips untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata ini, sebaiknya terus mengupdate informasi tentang tempat ini di website resmi.

Di ditakutkan dengan seiring berganti tahun, maupun waktu, dapat juga mengubah biaya yang ditetapkan oleh pengelola.

Daya Tarik Danau Beratan

Danau Beratan berada di ketinggian 1.240 mdpl dan mempunyai suhu sekitar 18 derajat Celcius. Cukup sejuk dan bisa membuat suasana menjadi tenang.

suasana malam danau beratan, danau beratan
Sumber Gambar : bambangwidjanarkodua (instagram)

Pada malam hari tiba suasananya bisa membuatmu menikmati keindahan alam danau ini dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Selain itu, di sekitar objek wisata ini terdapat juga Rusa dan Kijang, sehingga para wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan kedua binatang tersebut.

Selain Danau Beratan, para wisatawan juga dapat mengunjungi danau lainnya seperti Danau Tamblingan dan Danau Buyan.

Selain wisata Danau juga terdapat Air Terjun Panas Angseri, Kebun Raya Bedugul Bali, Kebun Strawberry, serta objek wisata Jati Luwih, semua tempat wisata tersebut masih berdekatan dengan objek wisata Danau Beratan.

Bagi para wisatawan yang datang dari luar daerah tidak perlu khawatir tentang hotel atau  tempat penginapan, karena di sekitar objek wisata ini terdapat beberapa tempat menginap untuk para wisatawan.

Berikut beberapa penginapan yang menjadi rekomendasi buat para wisatawan yang biaya sewanya tergolong murah.

Pacung Indah Hotel, tempat ini berada di desa Pacung Baturiti Bedugul Bali.

Warung Rekreasi Bedugul Hotel, yang terletak di Jalan Raya Candi Kuning, Bedugul, Tabanan Bali.

Dajan Buyan Homestay, yang terletak di jalan Kedasong, Pancasari, Sukasada, Bali.

Penginapan tersebut merupakan penginapan dengan biaya di bawah Rp200.000 per malam.

Sangat terjangkau bagi para wisatawan yang ingin menginap dengan biaya yang murah meriah.

Untuk para wisatawan yang ingin menginap di penginapan tersebu, sebaiknya kroscek terlebih dahulu untuk mengetahui promo atau diskon terbaru melalui website resmi penginapan tersebut.

Untuk para wisatawan yang penasaran dengan Danau Beratan, segera datang ke Danau ini untuk menikmati objek wisata yang bernilai seni, hingga bernilai sejarah, dan bisa dijadikan sebagai pengalaman yang menarik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×