BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Air terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu yang mempesona

0 162

 

gapura air terjun tumpak sewu, air terjun tumpak sewu
Sumber Gambar : ngopibareng_gowesbareng (instagram)

Pesona Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu berada  di antara dua Kabupaten yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang Jawa timur.

Keindahan air terjun  Tumpak Sewu ini begitu mempesona, pasalnya air terjun ini seperti tidak ada duanya di Indonesia.

Bahkan banyak yang mengatakan bahwa Air Terjun Tumpak Sewu  ini adalah Niagara nya Indonesia karena bentuk air terjun tumpak sewu tersebut mirip dengan air terjun Niagara yang berada di perbatasan antara Amerika Serikat dengan Kanada.

Air terjun Tumpak Sewu ini berada di dalam hutan sehingga suasananya masih sangat asri. Wisatawan dapat merasakan betapa sejuknya udara serta rimbunnya pepohonan yang sesekali terdengar sayup – sayup suara burung berkicau serta hewan hutan lainnya.

Keistimewaan dari air terjun tumpak Sewu ini adalah dari bentuknya, yang biasanya air terjun hanya mempunyai satu aliran yang deras, namun, air terjun tumpak Sewu memiliki beberapa aliran yang membuatnya tampak seperti tirai lebat serta mempunyai air yang jernih.

Air terjunTumpak Sewu memiliki tinggi sekitar 120 meter merupakan air terjun ber type tiered, yaitu Air terjun yang aliran airnya melekat atau mengalir di dinding tebing.

Meskipun aliran airnya tinggi, namun air yang sampai ke permukaan sungai di bawahnya Tidaklah terlalu deras.

Air TerjunTumpak Sewu ini berasal dari Sungai Glidih yang mempunyai hulu sungai di Gunung Semeru dan terletak di dalam lembah yang curam dengan ketinggian daerah sekitarnya sekitar 500 mdpl.

Apabila wisatawan yang datang saat cuaca sedang cerah maka mereka akan dapat melihat gagahnya puncak gunung Semeru dari lokasi Air TerjunTumpak Sewu ini.

alam indonesia tumpak sewu, air terjun tumpak sewu
Sumber Gambar : kbri.muscat (instagram)

Air TerjunTumpak Sewu mengeluarkan suara gemuruh yang begitu riuh dan tampak menyegarkan,  mempunyai keindahan yang begitu mempesona, apalagi para wisatawan dapat menikmati pemandangan dari atas maupun bawah Air TerjunTumpak Sewu.

Di tempat wisata Air TerjunTumpak Sewu ini juga disediakan juga  gardu pandang untuk menyaksikan keelokan Air TerjunTumpak Sewu dari atas.

pondok pandang, air terjun tumpak sewu
Sumber Gambar : siskaindriyani (instagram)

Terdapat sebuah mitos yang berkembang dan diyakini oleh sebagian wisata serta warga sekitar tentang Air TerjunTumpak Sewu ini.

Mitosnya adalah siapapun yang mencuci wajah nya dengan air yang mengalir dari aliran Air TerjunTumpak Sewu akan membuat ia akan awet muda.

Sebuah mitos yang belum pasti kebenarannya, namun bagi sebagian orang yang percaya maka akan bersemangat untuk mendatangi Air TerjunTumpak Sewu ini.

Wisatawan yang berkunjung ke Air TerjunTumpak Sewu harus berjalan sejauh kurang lebih 400 meter dari lokasi parkir kendaraan.

Dengan luas 30 meter gardu pandang ini berupa bangunan permanen serta dapat menampung kurang lebih sekitar 50 orang wisatawan, serta di bagian pinggir gardu sudah dilengkapi pengaman berupa pagar yang terbuat dari besi.

Gardu pandang ini dibuat untuk mereka atau wisatawan yang berkunjung yang tidak berani mendekat ke bawah Air TerjunTumpak Sewu .

Gardu pandang dengan air terjun tumpak Sewu berjarak kurang lebih 100 meter dengan ketinggian air terjun dari Lembah hingga atas sekitar 50 sampai 70 meter sehingga dengan kondisi seperti ini Air TerjunTumpak Sewu dapat diartikan sebagai seribu aliran air terjun yang menumpang di dinding.

Untuk menuju area Air TerjunTumpak Sewu dapat dikatakan cukup memacu andrenalin wisatawan, bagaimana tidak untuk mencapai Lembah air terjun wisatawan harus melakukan perjalanan yang menantang melalui Medan yang sangat sulit.

Wisatawan terlebih dahulu harus turun melalui dinding-dinding air terjun, bahkan lokasi ini ada yang tidak memiliki akses dan para wisatawan harus melewati bagian tengah air terjun kecil ditambah curamnya Medan membuat pengunjung harus ekstra berhati-hati.

Terkadang wisatawan harus selalu waspada karena tangga yang terbuat dari bambu sudah mulai rusak di sebagian anak tangganya.

Namun dapat dipastikan jalan yang dilalui oleh para wisatawan aman karena akses tersebut sudah dilengkapi dengan alat pengaman untuk para pengunjung. Yang berupa besi kayu serta pegangan tali.

Lembah yang terdapat di bawah Air TerjunTumpak Sewu merupakan salah satu Spot menarik untuk melihat air yang terjun dari bawah air terjun, serta untuk menyaksikan betapa megahnya tirai – tirai air terjun ini, ditambah lagi keseruan di saat mendengar suara gema yang memantul dari suara diri kita sendiri di saat berteriak.

tumpak sewu waterfall, air terjun tumpak sewu
Sumber Gambar : firdayanti0227 (instagram)

Sensasi berbeda saat menyaksikan Air TerjunTumpak Sewu dari gardu pandang, di lembah ini para wisatawan dapat merasakan sensasi percikkan Air langsung yang turun langsung dari Air TerjunTumpak Sewu

Di tempat wisata Air TerjunTumpak Sewu ini fasilitas yang tersedia cukup komplit seperti area parkir untuk kendaraan toilet untuk pengunjung serta mushola dan terdapat juga warung-warung makan untuk para wisatawan yang melakukan kunjungan ke tempat wisata ini.

Air TerjunTumpak Sewu terletak di Kampung Siji yaitu di Jalan Raya Sidorenggo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo,Kabupaten Lumajang.

Air TerjunTumpak Sewu berjarak sekitar 52 km dari kota Lumajang dan bisa ditempuh dalam waktu 1 setengah jam berkendara.

Namun untuk para pendatang atau wisatawan yang datang mengunjungi Air TerjunTumpak Sewu ini tergantung dari mana wisatawan datang.

Sebagai patokan utamanya adalah menuju ke perbatasan Lumajang dan Malang sekitar 100 meter dari gapura perbatasan Malang serta Lumajang wisatawan akan menemukan papan petunjuk yang akan menuju pos atau tebing panorama, yang merupakan salah satu pintu masuk ke Air TerjunTumpak Sewu.

Jika wisatawan masih bingung untuk menemukan rute menuju Air TerjunTumpak Sewu wisatawan bisa menemukannya dengan mudah Melalui aplikasi Google Map.

Jam Operasional Air Terjun Tumpak Sewu

Lokasi wisata Air TerjunTumpak Sewu dibuka selama 24 jam setiap hari, namun untuk mengingat Medan yang akan dilalui para wisatawan cukup sulit serta membutuhkan waktu tempuh yang lama sebaiknya para wisatawan datang pagi-pagi dan pulang sebelum hari menjadi gelap.

Tiket Masuk Ke Air Terjun Tumpak Sewu

Air TerjunTumpak Sewu ini meskipun dijuluki sebagai air terjun terindah di Indonesia, tetapi biaya masuk ke tumpak Sewu sangatlah murah wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp10.000, serta  tambahan Rp. 5000 sebagai retribusi parkir.

Dan biaya tiket tersebut berlaku baik untuk wisatawan asing,anak-anak, remaja, serta orang dewasa.
Bagi wisatawan yang ingin melakukan perjalanan dengan bantuan guide, tempat ini sudah tersedia jasa guide lokal, dengan biaya sekitar Rp. 200.000 hingga Rp.300.000 sekali masuk.

Pilihan ini perlu ditimbangkan bagi Anda yang ingin menikmati liburan semaksimal mungkin di Air TerjunTumpak Sewu ini. Selain membantu wisatawan dalam menyusuri perjalanan ke lokasi Air TerjunTumpak Sewu para guide ini bisa di minta bantuan nya untuk menjadi fotografer dadakan yang bisa menunjukkan Spot terbaik di Air TerjunTumpak Sewu Lumajang.

Di tempat wisata Air TerjunTumpak Sewu juga terdapat sebuah penginapan yang mudah ditemukan serta biaya sewanya cukup murah.

Bagi wisatawan yang dari luar daerah yang ingin menginap di sekitar wilayah Air TerjunTumpak Sewu ini. Terdapat sebuah penginapan yang cukup terkenal yang bernama homestay Anugrah tumpak Sewu.

Harga sewa kamar di homestay ini permalamnya dipatok sekitar Rp 250.000 untuk 2 orang,
Homestay ini terletak di Desa Sidomulyo, meski harga sewa terbilang murah, namun mempunyai fasilitas yang cukup memadai, selain kamar yang nyaman, dengan biaya tersebut Anda juga akan mendapatkan sarapan pagi secara gratis Perlengkapan mandi hingga pendingin udara yang terdapat di dalam masing – masing kamar.

Beberapa spot wisata yang berada di sekitar Air Terjun Tumpak Sewu

Goa Tetes Air TerjunTumpak Sewu

Sama seperti Goa – goa lainnya, Goa Tetes ini juga menawarkan stalagmite dan stalagtite yang tertata dengan sedemikian rupa sehingga menawarkan keindahan tersendiri  yang menghisai lantai serta dinding bagian atas goa, yang menjadikan berbeda dari goa ini adalah letaknya yang berada di bawah air terjun Tumpak Sewu.

hening goa tetes, air terjun tumpak sewu
Sumber Gambar : wachidatulyulia (instagram)

Nama Goa ini yaitu dari proses jatuhnya air terus menyebar yang kemudian menetes di langit – langit Goa . aliran air yang sama datangnya dari sungai  yang sama dengan air terjun Tumpak sewu ini mempunyai debit air yang cenderung besar yang membuat Goa ini tampak selalu basah.

Goa tetes, air terjun tumpak sewu
Sumber Gambar : syahriwahyu (instagram)

Di Goa ini mempunyai perpaduan yang menawan dari warna kekuning – kuningan Goa, tebing yang elegan serta hijaunya tumbuhan yang berada disekitar Goa, serta butiran putih dari tetesan air terjun menambah ke eksotisan Goa.

Terdapat sebuah mitos yang berkembang, bagi siapa saja yang berkunjung ke goa ini maka akan mempunyai hubungan yang harmonis bersama pasangannya, serta khasiat airnya yang membuat awet muda.

air deras goa tetes, air terjun tumpak sewu
Sumber Gambar : emorliki (instagram)

Entah percaya atau tidak dan begitulah mitos yang di percaya oleh masyarakat sekitar tempat wisata tersebut.

Goa Bidadari Air TerjunTumpak Sewu

Gua ini biasanya gunakan oleh orang orang yang mempunyai kepercayaan tertentu untuk melakukan meditasi atau menyepi, namun begitu wisatawan umum juga dapat memasuki goa Bidadari ini.

rimbun goa bidadari, airterjun tumpak sewu
Sumber Gambar : tyas.indarwati (instagram)

Goa ini mempunyai jarak yang tidak terlalu jauh dari Air terjun Tumpak Sewu sekitar 300 meter saja dan bisa diakses dengan berjalan kaki dari air terjun ini.

Aksesnya pun sangat mudah dan landai dan menurut cerita dinamakan Goa Bidadari, konon di Goa ini tempat bersemayamnya Bidadari yang turun dari langit.

bidadari goa, air terjun tumpak sewu
Sumber Gambar : whiempy (instagram)

Terdapat aliran air yang keluar dari dinding – dinding goa menambah ke eksotisan Goa ini.

Jadi tunggu apa lagi segera kunjungi tempat wisata ini di list kunjungan kamu berikutnya, untuk merasakan keindahan panorama yang tersaji di area air terjun tumpak Sewu Lumajang ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×