BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

10 Wisata Alam Ponorogo Dengan Keindahan Wisata Super Hits

Wisata Alam Ponorogo

0 257
wisata alam ponorogo yang memukau
sumber gambar : @krisniarima (instagram)

Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya. Terdapat beberapa wilayah Indonesia yang mempunyai destinasi wisata yang menjadi incaran para wisatawan untuk menghabiskan waktu libur panjang.

Salah satu wilayah tersebut yaitu kota Ponorogo. Kota Ponorogo sering di sebut sebagai kota Reog, karena kota ini merupakan daerah asal kesenian Reog.

Selain itu Kota Ponorogo  juga di kenal sebagai kota santri. Hal ini di karenakan kota ini memiliki banyak pondok yang tersebar seperti contohnya Pondok Modern Darussalam Gontor yang lokasi nya berada di Kecamatan Mlarak.

Kota Ponorogo kaya akan budaya, seni dan tradisi. Warga sekitar Kota Ponorogo setiap tahun nya pada saat satu Muharram atau biasa di sebut dengan satu suro, sering melakukan tradisi rangkaian acara yang berupa pesta rakyat yaitu Grebeg Suro.

Selain itu kota ini terkenal dengan berbagai macam destinasi Wisata Alam Ponorogo yang tidak kalah menarik di banding kota-kota lain.

Apa saja Wisata Alam Ponorogo ? Jika anda penasaran mari kita simak ulasan yang ada di bawah ini yang akan menjelaskan beberapa tempat destinasi Wisata Alam Ponorogo yang wajib anda kunjungi.

1.Wisata Alam Ponorogo Telaga Ngebel

telaga ngebel wisata alam ponorogo
sumber gambar : @agistarsyl (instagram)

Wisata alam Ponorogo ini terletak di Desa Ngebel, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Wisata ini berada di perbatasan kota Ponorogo dan kota Madiun.

Telaga Ngebel merupakan danau yang terbentuk secara alami yang terletak di wisata alam Ponorogo yang begitu indah dan mempesona.

Wisata ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat sekitar, populer dengan keindahannya maupun dengan kisah misteri asal usul terbentuknya danau tersebut.

Jika anda ingin menikmati keindahan dari Telaga Ngebel ini, waktu yang cocok yaitu ketika pagi hari. Pagi hari anda akan menikmati suasana terbitnya matahari yang muncul di balik bukit, pantulan cahaya nya akan memanjakan mata.

Udara yang begitu sejuk dan teduh membuat suasana hati menjadi nyaman. Pengalaman ini bisa anda jadikan kenangan dengan mengabadikan dalam foto, dengan latar belakang sinar matahari yang memukau.

Telaga Ngebel merupakan sebuah danau yang berada di pegunungan, telaga ini hampir mirip dengan Telaga Sarangan yang ada di Magetan.

Kawasan Wisata Alam Ponorogo ini merupakan wisata air yang terdapat banyak kegiatan bisa anda lakukan seperti terdapat sebuah perahu motor ataupun becak air.

Para pengunjung bisa menikmati aktivitas itu hanya dengan membayar biaya sewa yang cukup terjangkau. Selain itu anda bisa menikmati pemandangan dengan menaiki kuda menyusuri tepian danau.

Telaga Ngebel terdapat banyak warung makan yang ada di sekitar kawasan, warung tersebut menjual berbagai macam kuliner makanan khas Ponorogo.

Jika anda berlibur ke tempat ini dan ingin beristirahat, tidak perlu khawatir karena sekitar wisata Telaga Ngebel sudah banyak terdapat penginapan dengan harga yang terjangkau.

Di balik keindahan Telaga Ngebel terdapat cerita misteri asal usul danau. Menurut cerita rakyat bahwa dahulu ada seorang Patih Kerajaan Bantaran Angin.

Patih tersebut bermeditasi dengan wujud seekor ular. Saat itu terdapat warga yang membawa ular jelmaan tersebut menuju desa.

Ular ini berukuran besar membuat para warga sekitar ingin mencoba memakannya. Saat ular itu ingin di potong tiba-tiba ular itu berubah menjadi seorang anak kecil dan berkata ke pada para warga bahwa ingin mengadakan sayembara.

Seorang anak kecil itu menancapkan sebuah lidi di tengah pedesaan, namun tidak ada seorang pun yang berhasil mencabut lidi tersebut kecuali seorang anak kecil itu.

Saat lidi itu di cabut oleh seorang anak kecil mengeluarkan sumber mata air yang lama-lama menjadi danau. Hingga kini danau tersebut di sebut sebagai nama Telaga Ngebel.

2. Wisata Alam Ponorogo Air Terjun Sunggah

air terjun sunggah wisata alam ponorogo
sumber gambar : @andridanu2 (instagram)

Wisata alam Ponorogo yang satu ini berada di Dukuh Sambi, Desa Selur, Kecamatan Ngrayun. Air terjun ini merupakan wisata yang sangat populer di Kota Reog.

Air Terjun Sunggah tidak pernah sepi oleh pengunjung, tempat ini selalu ramai di padati para pengunjung saat musim libur ataupun hari biasa.

Keindahan yang ada di kawasan ini sudah tidak di ragukan lagi. Pemandangan hijaunya daun, rimbunnya pepohonan, membuat suasana hati terasa nyaman dan teduh dengan suara gemerciknya aliran air seakan membuat beban pikiran yang ada menghilang.

Jika anda berkunjung ke kota Reog ini, sebaiknya jangan lupa untuk mengunjungi kawasan wisata alam Ponorogo yang begitu menarik.

Wisata alam Ponorogo ini memiliki aliran air yang berasal dari pegunungan yang mengalir dari atas meluncur jatuh ke bawah dan mengenai bebatuan sehingga menimbulkan suara gemercik air yang membuat hati terasa teduh.

Karena sumber aliran air ini berasal dari pegunungan hal ini menyebabkan air terasa dingin. Selain itu air tersebut masih sangat asri dan bersih.

Warga sekitar kawasan air terjun mengatakan bahwa ketika musim kemarau tiba, aliran air terjun akan terdengar lebih jelas suara gemerciknya.

Hal ini membuat warga menjadikan suara tersebut sebagai tanda akan tiba musim kemarau. Pesona di kawasan Air Terjun Sunggah ini masih terbilang masih alami.

Air terjun Sunggah ini merupakan sebuah sungai yang berada di tengah hutan membuat para pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

Salah satu aktivitas yang wajib untuk di lakukan oleh para pengunjung saat mengunjungi tempat wisata yaitu berfoto.

Wisata alam Ponorogo ini terdapat spot-spot cantik yang bisa anda gunakan untuk pengambilan gambar yang akan di jadikan kenangan tidak terlupakan.

Anda bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan dari Air Terjun Sunggah. Fasilitas yang ada di kawasan wisata alam Ponorogo terbilang sudah cukup memadai.

Fasilitas tersebut antara lain seperti area parkir, mushola, kamar mandi, tempat untuk beristirahat, dan lain sebagainya.

Jadi tidak perlu khawatir jika anda ingin berkunjung ke tempat ini, karena fasilitasnya sudah di sediakan oleh warga sekitar.

3. Wisata Alam Ponorogo Kedung Kenthus

wisata alam ponorogo kedung kenthus
sumber gambar : @bendottetapsemangat (instagram)

Wisata alam Ponorogo ini terletak di di Desa Pohijo, Kecamatan Sampung , Kabupaten ponorogo , Provinsi jawa timur.

Kedung Kenthus merupakan sumber aliran air dari pegunungan. Aliran air ini mengalir dari sumber Nggemblung di Desa Pohijo, aliran air ini tidak pernah sering sekalipun di musim kemarau.

Kedung Kenthus ini memiliki keunikan yaitu terdapat tebing di kiri dan kanannya menyerupai salah satu tebing yang ada di luar negri, tebing tersebut bernama Green Canyon yang terletak di Amerika.

Kedung Kenthus tidak pernah sepi oleh pengunjung, tempat ini selalu ramai oleh para wisatawan yang ingin berenang ataupun sekedar menikmati keindahan alam sekitar yang begitu indah.

Jika anda berkunjung di Kota Reog tak lengkap rasanya jika tidak menikmati wisata alam Ponorogo salah satunya wisata ini.

Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin menghabiskan waktu berlibur dan menghilangkan rasa lelah yang ada dengan melihat keindahan alam sekitar yang sejuk dan teduh.

Saat musim kemarau air yang ada di Kedung Kenthus ini akan terlihat lebih jernih dan bewarna hijau dengan tebing kanan kiri yang bewarna coklat kekuningan.

Wisata alam Ponorogo ini menyediakan fasilitas sudah memadai seperti area parkir, mushola, toilet, rumah makan, dan lain sebagainya.

4. Wisata Alam Ponorogo Kedung Gamping

kedung gamping wisata alam ponorogo
sumber gambar : @ponorogolagi (instagram)

Wisata alam Ponorogo Kedung Gamping ini terletak di daerah Desa Temon, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Wisata ini merupakan destinasi terfavorit para wisatawan untuk menghabiskan masa berlibur. Tempat ini tidak pernah sepi oleh pengunjung,  selalu ramai saat musim libur maupun pada hari biasa. Kedung Gamping sering di gunakan warga sekitar untuk melakukan aktivitas seperti mandi ataupun mencuci baju.

Namun dengan berjalannya waktu lama-lama Kedung Gamping berubah menjadi destinasi wisata. Kedung Gamping masih terbilang sangat asri, karena masih asri hal ini menyebabkan air yang ada di kedung ini nampak jernih dan dan bersih.

Wisata alam Ponorogo ini masih dalam proses pengelolaan oleh masyarakat sekitar. Karena masih masih dalam proses pengelolaan hal ini membuat para wisatawan tidak di kenakan biaya tiket masuk.

Para wisatawan hanya cukup membayar biaya parkir. Fasilitas yang ada di tempat ini kurang memadai. Kedung Gamping ini memiliki bebatuan yang terletak di tepian sungai tersebut.

Di tempat ini anda bisa menikmati keindahan dari bukit dan pepohonan hijau yang akan membuat anda merasa nyaman berada di wisata tersebut.

Tentunya jangan pernah lupakan untuk berfoto, karena di tempat ini terdapat banyak spot cantik yang bisa anda gunakan sebagai latar belakang foto.

5. Wisata Alam Ponorogo Air Terjun Pletuk

air terjun pletuk wisata alam ponorogo
sumber gambar : @ekko_encix (instagram)

Wisata alam Ponorogo yang bernama Air Terjun Pletuk terletak di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo.

Jika anda memulai perjalanan dari pusat Kota Ponorogo jarak yang di tempuh sekitar 20 km. Air terjun ini cukup populer di kawasan Ponorogo.

Banyak wisatawan yang menghabiskan waktu libur dengan mengunjungi tempat ini. Suasana yang ada di kawasan ini seperti udara sejuk dan pemandangan yang sangat asri. Selain itu terdapat banyak pepohonan yang begitu rimbun.

Para pengunjung akan merasakan dinginnya aliran air khas pegunungan saat berendam di bawah air terjun.

Untuk menuju lokasi wisata tersebut akses jalurnya kurang memadai banyak jalan yang rusak, sebaiknya bagi para wisatawan untuk berhati-hati saat melewati jalan yang rusak tersebut.

Walaupun banyak jalan yang rusak berlubang para wisatawan akan melihat pemandangan yang ada di sepanjang jalan seperti perkebunan cengkih. Terdapat pula pepohonan yang telah di kelola oleh perhutani. Selain itu ada hamparan persawahan yang akan memanjakan mata anda dengan warna hijau segar.

Air Terjun Pletuk ini memiliki ketinggian air sekitar 100 meter. Sedangkan letak dari Air Terjun Pletuk berada di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Karena tempat ini di kelilingi oleh perbukitan, terdapat salah satu bukit batu yang biasa di gunakan oleh warga sekitar untuk aktivitas panjat tebing.

Aliran air yang ada di kawasan ini mengalir dari atas tebing dengan ketinggian 30 meter. Kawasan ini memiliki fasilitas yang sudah cukup memadai seperti toilet, area parkir yang luas, warung makan, mushola dan lain sebagainya. Sedangkan fasilitas wahana seperti wahana fly fox, jembatan gantung dan panjat tebing.

6. Wisata Alam Ponorogo Air Terjun Mlaten

air terjun mlaten wisata alam ponorogo
sumber gambar : @ayodolan (instagram)

Air Terjun Mlaten merupakan wisata alam Ponorogo, yang letaknya tepat di Desa Temon, Kecamatan Sawo, Kabupaten Ponorogo. Untuk menuju ke wisata ini para pengunjung akan mengalami perjalanan yang sangat sulit di akses.

Hal ini menyebabkan wisata alam Ponorogo Air terjun Mlaten ini sepi oleh pengunjung. Air Terjun Mlaten memiliki sebutan nama lain yaitu Air Terjun Kokok atau bisa di sebut juga sebagai nama Air Terjun Sendang Sawo.

Setiap wisata pasti memiliki masing-masing keindahan tersendiri yang menjadi daya tarik para pengunjung. Air Terjun Mlaten memiliki keunikan yaitu aliran airnya berada di antara tebing-tebing yang terjal berundak.

Aliran air tersebut berasal dari sebuah sungai yang di penuhi batuan-batuan besar. Keindahan dari tebing sekeliling wisata begitu eksotis yang sangat cocok untuk di jadikan latar belakang foto anda. Aliran air yang terdengar gemercik yang merdu membuat suasana hati nyaman.

Mata akan di manjakan dengan jernihnya aliran air. Sebaiknya  bagi para wisatawan di sarankan untuk berkunjung saat musim hujan.

Karena saat musim hujan debit airnya akan meningkat dan anda bisa berenang dan mandi sepuasnya di bawah guyuran air. Jika anda berkunjung saat musim kemarau akan di pastikan debit aliran air akan mengering.

Tempat ini tidak terdapat warung makan di sekitar wisata. Untuk anda yang sedang berkunjung sebaiknya membaca perbekalan sendiri dari rumah, membawa makan dan minum yang cukup.

Wisata ini memang memiliki jalur yang terjal dari bebatuan dan juga tanjakan yang cukup melelahkan. Hal yang wajib di lakukan oleh para wisatawan adalah tetap menjaga kebersihan lingkungan alam dan menjaga kelestariannya.

7. Wisata Alam Ponorogo Bukit Tumpak Pare

bukit tumpak pare wisata alam ponorogo
sumber gambar : @mutiaraaft_ (instagram)

Bukit Tumpak Pare ini merupakan kawasan wisata alam Ponorogo yang terletak di Desa Cepoko, Kecamatan Ngrayun.

Puncak dari bukit ini terdapat hutan pinus yang begitu indah menjadi kesan tersendiri dari keindahan bukit tersebut. Lokasi dari Bukit Tumpak Pare tidak terlalu jauh dari pusat Kota Ponorogo.

Jika anda berada di pusat Kota Ponorogo hanya menempuh  waktu sekitar kurang lebih satu setengah jam. Untuk menuju wisata ini anda akan melewati jalur yang menanjak dan berkelok.

Suasana di kawasan ini sangat sejuk dan dingin ciri khas dari udara pegunungan. Demi keselamatan dan keamanan anda, ada baiknya melakukan perjalanan menuju Bukit Tumpak Pare di lakukan saat pagi hari atau siang hari.

Lokasi tempat ini satu arah dengan jalur pendakian menuju Gunung Gajah yang berada di daerah Sambit. Fasilitas yang ada di kawasan ini antara lain yaitu warung makan, area parkir yang cukup luas di sediakan oleh penduduk sekitar.

Puncak dari Bukit Tumpak Pare ini memiliki area yang luas, seperti berada di bukit telettubies. Saat musim kemarau bukit ini akan menampilkan gersangnya perbukitan.

Sedangkan saat musim hujan bukit ini akan menampilkan hijaunya tumbuhan dan rimbunnya pepohonan yang akan membuat mata anda terasa di manjakan dengan keindahan pemandangan tersebut.

8. Wisata Alam Ponorogo Goa Lowo Sampung

goa lowo sampung wisata alam ponorogo
sumber gambar : @ponorogo_warok (instagram)

Goa Lowo Sampung yang termasuk destinasi wisata alam Ponorogo ini terletak di Desa Sampung, Kecamatan Sampung.

Jika anda berada di pusat Kota Ponorogo ingin menuju wisata ini anda harus menempuh jarak sekitar kurang lebih 25 km perjalanan.

Goa Lowo Sampung ini di kelola oleh BKPH Sumoroto, KPH Madiun dan RPH Tulung. Goa ini terbentuk yang berasal dari cerukan bukit kapur.

Untuk menuju tempat wisata ini petunjuk jalur sangat minim informasi. Sebaiknya jika tidak tahu jalan bertanya kepada penduduk sekitar.

Penamaan dari Goa Lowo ini singkat cerita karena dahulunya menurut cerita rakyat sekitar tempat ini terdapat banyak kelelawar.

Bentuk dari Goa Lowo ini memiliki sisi ke eksotisan yang tidak kalah menarik dengan wisata goa lainnya yang ada di Indonesia. Goa ini tidak terlalu dalam dan juga bentuknya cenderung melebar.

Jika anda ingin melihat lebih dalam kondisi goa ini, terdapat di sisi kiri goa semacam ceruk yang lumayan dalam.

Namun jika ingin memasuki lokasi tersebut sebaiknya para pengunjung harus berhati-hati sebab air yang menetes dari atas goa akan membuat batu tersebut licin.

Sedangkan bagian tengah goa cukup lebar. Dan sisi kanan goa merupakan bagian paling menarik diantara berbagai sisi goa.

Tengah goa tersebut dahulu pernah di gali oleh para penduduk sekitar, saat proses penggalian di temukan sebuah kerangka manusia purba.

Dr. Van Stein Callenfels seorang peniliti yang pernah melakukan penelitian pada tahun 1928 hingga 1931. Goa Lowo pada zaman Mesolithikum dahulu menjadi tempat tinggal bagi para manusia purba.

Fungsi lain yang di gunakan oleh para manusia purba berada di Goa Lowo yaitu untuk berlindung dari cuaca dan juga binatang buas.

Hal lain yang di temui di Goa Lowo antara lain seperti alat-alat peninggalan masa purba yaitu ujung panah, flakes, batu pipisan dan kapak yang sudah di asah.

Alat-alat tersebut terbuat dari bebatuan yang ada di sekitar goa. Selain itu terdapat pula penemuan alat-alat untuk bertahan hidup yang terbuat dari tulang dan tanduk rusa.

9. Wisata Alam Ponorogo Hutan Pinus Nongko Ijo

hutan pinus nongko ijo wisata alam ponorogo
sumber gambar : @madiunwisata (instagram)

Hutan Pinus Nongko Ijo yang terletak di Dusun Mbonromo, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Wisata ini lebih tepatnya berada di bawah kaki Gunung Wilis.

Selain itu kawasan Hutan Pinus ini terletak di Hutan Lindung di petak 28 Resort Pengelolaan Hutan (RPH). Penamaan dari Nongko Ijo adalah menurut warga sekitar dahulunya tempat ini di tanam pohon pinus yang ternyata juga terdapat pohon buah nangka.

Hal ini membuat warga sekitar memberi nama wisata tersebut sebagai Hutan Pinus Nongko Ijo hingga saat ini.

Hutan pinus ini memberikan suasana yang nyaman dan teduh dengan pepohonan yang sangat rimbun. Udara yang ada di tempat ini membuat para pengunjung ingin berlama-lama dan tidak ingin pulang begitu saja.

Pemandangan lain nampak di sekitar hutan, terdapat dua  aliran mata air sungai yang bertemu menjadi satu. Sungai tersebut bernama Sungai Juweh dan Sungai Catur.

Selain sungai terdapat pula bendungan peninggalan Belanda. Bendungan tersebut hingga saat ini menjadi sumber mata air kehidupan bagi masyarakat sekitar.

Jika anda berada di hutan pinus selalu di dominasi oleh rumah pohon. Rumah pohon tersebut selalu jadi incaran oleh para pengunjung untuk mengabadikan dalam bentuk foto. Pengalaman berada di tempat wisata ini tidak akan terlupakan.

10. Wisata Alam Ponorogo Puncak Pringgitan

puncak pringgitan wisata alam ponorogo
sumber gambar : @pesona_pringgitan (instagram)

Puncak Pringgitan merupakam wisata alam Ponorogo yang ter favorit. Puncak ini terletak di Dukuh Bedok, Desa Wates, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Puncak ini terletak di atas Gunung Pringgitan. Jika anda berada di pusat kota Ponorogo jarak tempuh untuk menuju wisata ini hanya memerlukan jarak tempuh sekitar 25 km dari arah selatan alu-alun kota Ponorogo.

Puncak ini selalu jadi incaran para wisatawan saat musim libur atau di hari biasa. Tempat ini tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Ketika kita berada di ketinggian hal yang wajib di lakukan adalah berfoto saat terjadi sunrise dan sunset dengan latar belakang pantulan cahaya matahari yang begitu memukau.

Dari atas Puncak Pringgitan anda bisa menikmati keindahan pemandangan kota Ponorogo yang begitu indah.

Gunung Pringgitan ini berada pada ketinggian sekitar 606 meter di atas permukaan laut. Saat malam para wisatawan juga bisa menikmati keindahan Kota Reog yang terlihat gemerlapnya lampu kota yang begitu cantik.

Puncak Pringgitan terdapat banyak pepohonan yang rimbun membuat suasana menjadi sejuk dan teduh. Selain itu Gunung Pringgitan di huni oleh satwa salah satunya adalah kera.

Keindahan Gunung Pringgitan tidak kalah menarik dengan jejeran gunung-gunung lain yang ada di Indonesia.

Itulah beberapa Wisata Alam Ponorogo yang membuat anda ingin berkunjung kembali ke tempat tersebut. Hal yang harus di perhatikan oleh para wisatawan jangan lupa untuk menjaga selalu kondisi alam yang masih asri.

Jangan membuang sampah atau mengotori alam, jagalah kelestarian alam supaya tetap bersih dan terjaga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×