BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Punthuk Setumbu, Pesona Alam Kota Magelang

Punthuk Setumbu, Pesona Alam Kota Magelang Dari Ketinggian

0 149
mentari pagi bukit setumbu, punthuk setumbu
Sumber Gambar : aldovickry (instagram)

Punthuk Setumbu, Melihat Pesona Magelang Dari Ketinggian

Siapa yang tak kenal Kota Magelang, salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Tengah, dan mempunyai berbagai macam keindahan alam dan keberagaman objek wisata.

candi borobudur, punthuk setumbu
Sumber Gambar : linggarama (instagram)

Di kawasan ini pula terdapat Candi yang sangat terkenal bahkan pernah menjadi salah satu tujuh keajaiban dunia, Candi tersebut ialah Candi Borobudur yang sangat megah dan menawan.

Akan tetapi kawasan Kota Magelang bukan hanya Candi Borobudur saja yang terkenal, namun juga terdapat salah satu objek wisata alam yang menyuguhkan panorama keindahan alam yang tidak kalah dengan kawasan lain.

Sebuah perbukitan yang mampu menghadirkan rindu, dari sini para pengunjung bisa melihat candi Borobudur yang pernah menjadi bagian dari tujuh keajaiban dunia, kawasan ini disebut bernama Punthuk Setumbu.

Punthuk Setumbu

punthuk setumbu, punthuk setumbu
Sumber Gambar : yuliagumay_ (instagram)

Yang berasal dari bahasa Jawa, Punthuk yang mempunyai arti gundukan atau perbukitan, sedangkan setumbu memiliki arti tempat nasi yang terbuat dari anyaman, jadi arti nama punthuk Setumbu berarti sebuah bukit yang berbentuk menyerupai tempat nasi yang terbuat dari anyaman.

Kawasan yang terletak di perbukitan Menoreh, mempunyai ketinggian sekitar 400 meter di permukaan laut.

mendung setumbu, punthuk setumbu
Sumber Gambar : akbarrv (instagram)

Membuat kawasan ini mempunyai udara yang sejuk serta teduh, pesona alamnya, sangat mempesona seperti pemandangan alam yang berada di Myanmar.

Sejarah Punthuk Setumbu

Dahulu kawasan ini merupakan ladang milik penduduk, yang kondisinya kurang terawat, hingga pada suatu saat, terdapat seorang fotografer yang sedang mencari titik Spot foto yang bagus yang nantinya akan di unggah di media sosial.

langit cerah, punthuk setumbu
Sumber Gambar : camelfen178 (instagram)

Setelah itu banyak orang yang melihat dan terpesona dengan tempat ini setelah melihat unggahan sang fotografer, yang menjadikan tempat ini menjadi kawasan yang indah dan dikunjungi banyak pengunjung.

Kawasan Phuntuk Setumbu merupakan salah satu kawasan wisata yang terkenal akibat pengaruh dari media social, yang secara tidak langsung mempromosikan kawasan ini menjadi kawasan objek wisata yang mempesona.

Menikmati Eloknya Alam Punthuk Setumbu

Para pengunjung yang sudah ke atas bukit Phuntuk Setumbu, maka akan disambut dengan beberapa bangku dan kursi panjang, yang terbuat dari kayu.

punthuk setumbu nirwana sunrise, punthuk setumbu
Sumber Gambar : galihtrimulyono (instagram)

Namun patut disayangkan, untuk mendapat tempat ini para pengunjung harus menunggu, dikarenakan banyak wisatawan yang saling berebut, untuk bisa mendapat tempat di posisi ini.

Dikarenakan tempat ini merupakan tempat yang paling bagus untuk melihat panorama alam yang berada di kawasan sekitar bukit Punthuk Setumbu.

Selain itu para pengunjung juga bisa memilih sendiri di mana tempat yang strategis, di Kawasan Bukit punthuk Setumbu untuk dijadikan spot terbaik untuk mengambil gambar.

dikawasan objek wisata ini spot yang menarik  berada di pinggiran Puncak bukit, yang berbatasan dengan tebing dan jurang.

Namun para pengunjung perlu berhati – hati apabila berada di sini meskipun di tempat sudah diberi pembatas agar para pengunjung aman saat berdiri di pinggir tebing.

Para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat mempesona, yaitu sinar matahari yang memancar melalui celah kabut tipis yang terkadang hadir, dan menjadi pembeda.

pemandangan alam, punthuk setumbu
Sumber Gambar : matre2111 (instagram)

Pemandangan yang bisa dilihat dari bukit punthuk Setumbu yaitu candi Borobudur, yang nampak begitu gagah mempesona dengan latar belakang jajaran Gunung Merapi dan Merbabu.

Hal tersebut tak mengherankan  apabila banyak wisatawan yang datang berkunjung ke bukit Ini, bukan saja wisatawan lokal akan tetapi juga wisatawan dari mancanegara banyak yang berkunjung ke objek wisata ini.

pemandangan merapi, punthuk setumbu
Sumber Gambar : siatli_lylaa (instagram)

Biaya masuk ke bukit punthuk Setumbu juga terbilang cukup murah dibandingkan dengan tiket masuk Candi Borobudur walaupun berbeda tempat, berbeda pula pesona keindahan yang dimilikinya.

Sehingga jangan lupa untuk memanfaatkan momen yang sangat mempesona ini, untuk bisa mengambil gambar sehingga setiap momen yang tersaji di bukit ini bakal terkenang dengan sempurna.

Para pengunjung bisa menikmati pemandangan alam ini, dan akan dibuat betah sehingga enggan untuk pergi,  dikarenakan pesona dan nuansanya yang sungguh sangat menawan hati.

menikmati auynan, punthuk setumbu
Sumber Gambar : yunita.debby (instagram)

Di objek wisata Bukit punthuk Setumbu terdapat juga Gazebo yang bisa digunakan oleh para pengunjung, akan tetapi pengunjung  harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 5.000.

Disini para pengunjung bisa duduk seharian dan bercengkerama, dengan para keluarga maupun sahabat, sambil menikmati keindahan dan pesona alam yang tersaji di sekitar Bukit punthuk Setumbu.

Penginapan Punthuk Setumbu

Untuk bisa menikmati pemandangan di bukit punthuk Setumbu yaitu terbitnya sang mentari, para pengunjung bisa menikmati sambil menginap di hotel.

Akan tetapi hotel yang berada di sekitar Kawasan Bukit punthuk Setumbu, harganya relatif mahal, sebagai alternatif para pengunjung bisa menyewa homestay atau rumah warga yang harganya sekitar Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

Selain itu para pengunjung juga bisa memanfaatkan alternatif lain yang lebih baik dan murah, alternatifnya  ialah memanfaatkan camping area yang disediakan oleh pengelola Bukit punthuk Setumbu.

Para pengunjung yang ingin mendirikan tenda dan menikmati suasana, para pengunjung harus membayar retribusi sebesar Rp 30.000.

Namun para pengunjung harus membawa peralatan kemping sendiri dari rumah, karena di kawasan ini belum tersedia ada tempat penyewaan tenda.

Rute Menuju Lokasi Bukit Punthuk Setumbu

rambu, punthuk setumbu
Sumber Gambar : ely.vet_17 (instagram)

Untuk para wisatawan yang ingin berwisata ke bukit punthuk Setumbu harus tahu dulu letak atau alamat Bukit punthuk Setumbu.

Objek wisata ini berada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur Kabupaten Magelang, provinsi Jawa Tengah.

Dari kota Jogjakarta bisa ditempuh dengan jarak sekitar 44 KM, dengan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan.

Para pengunjung yang ingin berwisata ke objek wisata ini harus menggunakan kendaraan pribadi dikarenakan untuk transportasi umum belum bisa mengantar para pengunjung menuju objek wisata ini.

Para pengunjung yang ingin menuju kawasan objek wisata ini harus berkumpul di titik point yaitu di Candi Borobudur.

Dikarenakan dari tempat ini sudah banyak rambu yang bisa dijadikan petunjuk, untuk para pengunjung yang ingin mengunjungi objek wisata Bukit punthuk Setumbu .

Dari sini pengunjung bisa mengikuti jalan lurus yang menuju perbukitan Menoreh, dalam perjalanan para pengunjung akan menemukan sebuah hotel yang menjadi tempat penginapan.

Penginapan ini sudah terkenal di kalangan para wisatawan, baik wisatawan local, maupun mancanegara hotel tersebut bernama Hotel Manohara.

hotel manohara, punthuk setumbu
Sumber Gambar : bank_mamad (instagram)

Hotel ini merupakan tempat yang menyediakan jasa paket untuk bisa melihat pesona alam sunrise yang berada di Candi Borobudur.

Tidak jauh dari kawasan ini para pengunjung akan menemukan rambu dengan tulisan Borobudur Nirwana sunrise,  para pengunjung tinggal mengikuti papan petunjuk tersebut dan kurang lebih 10 menit kemudian pengunjung akan sampai di Bukit Menoreh.

Untuk para wisatawan yang berangkat dari kota Magelang, tujuan awal yaitu candi Borobudur dengan rute Tanjung.

Akan tetapi sebelum sampai di Candi Borobudur pengunjung harus membelokkan kendaraan ke arah kanan, setelah melihat Hotel Plataran beberapa saat kemudian pengunjung akan tiba sampai di Bukit Menoreh.

Para pengunjung setiba di area parkir harus berjalan kaki sejauh 300 meter, jalan untuk menuju puncak bukit punthuk Setumbu sudah cukup baik dengan tanjakan yang bisa bikin para pengunjung Geregetan.

Jalan yang akan menuju puncak bukit selain menajak juga sebagian berupa anak tangga sebelum sampai di puncak bukit punthuk Setumbu.

anak tangga, punthuk setumbu
Sumber Gambar : desti.wulandari (instagram)

Anak tangga yang dibangun di bukit ini mencapai kemiringan kurang lebih 45 derajat, para pengunjung akan dipandu dengan berbagai macam penerangan lampu.

Waktu tempuh untuk bisa menuju Bukit punthuk Setumbu kurang lebih 15 sampai 30 menit tergantung dari fisik masing – masing pengunjung.

Disarankan bagi para pengunjung yang ingin menikmati pesona matahari terbit di puncak bukit punthuk Setumbu lebih baik dimulai pada pukul 3 atau 4 pagi.

Dikarenakan para pengunjung tidak akan melewatkan momen yang benar – benar lain daripada yang lain apabila berangkat kepuncak di sekitaran waktu tersebut.

Tiket Masuk Bukit Punthuk Setumbu

Pengelola objek wisata punthuk Setumbu memberikan tarif sebesar Rp 15.000 per orang, untuk biaya parkir kendaraan dikenai biaya sekitar Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk motor.

Para pengunjung yang ingin berwisata ke punthuk Setumbu  alangkah baiknya datang pada saat musim kemarau tiba yaitu antara bulan Juli hingga bulan Agustus.

Apabila pada saat musim kemarau langit begitu cerah sehingga pesona matahari akan terlihat indah lantaran tidak terhalang oleh awan atau mendung yang menyelimuti.

Objek wisata ini merupakan objek wisata yang ramai oleh pengunjung, objek wisata yang mampu menghadirkan Kerinduan serta keceriaan bagi para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Jadi jangan lupa untuk berkunjung ke kota Magelang, dan menikmati pesona indah yang ditawarkan oleh objek wisata bukit punthuk Setumbu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×