BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

11 Wisata Malang Dengan Keindahan Pantai Selatan Super Wajib Di Kunjungi

Wisata Malang

0 536
wisata pantai wisata malang
sumber gambar : pixabay.com

Mengenai Malang, kota ini memang di kenal sebagai kota pariwisata. Malang juga merupakan kota terbesar ke dua di Jawa Timur setelah Surabaya.

Kota ini populer dengan oleh-oleh nya penghasil buah apel. Wisata Malang memang cukup populer dikalangan masyarakat lokal maupun mancanegara.

Terdapat banyak Wisata Malang seperti wisata telaga berair, wisata kebun teh, wisata air terjun , pantai dan lain sebagainya.

Di dalam artikel ini kita akan membahas mengenai Wisata Malang pantai. Pantai merupakan wisata yang paling eksotis dan membuat para pengunjung merasa nyaman seakan masalah kehidupan yang membuat penat hilang.

Pantai sangat cocok bagi berbagai kalangan, dan pantai merupakan destinasi yang paling cocok saat libur panjang telah tiba. Malang memang banyak terdapat keindahan pantai selatan.

Banyak hal yang bisa di lakukan saat berlibur di pantai seperti berenang, bermain air, berfoto dengan latar belakang pantai, atau menikmati pemandangan, selain itu para wisatawan juga bisa menikmati berbagai kuliner makanan seafood.

Malang terdapat banyak keindahan pantainya yang bisa anda jadikan destinasi saat berlibur. Penasaran dengan pantai-pantai yang indah di Malang? mari kita simak ulasan di bawah ini.

1. Wisata Malang Pantai Taman Ayu

pantai taman ayu wisata malang
sumber gambar : @deanlova_inst (instagram)

Wisata Malang yang pertama kita bahas yaitu Pantai Taman Ayu. Pantai ini terletak di Desa Tumpak  Rejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Lokasi Pantai Taman Ayu berada dalam rangkaian pantai-pantai selatan. Pantai Taman Ayu berada di sebelah barat Pantai Ngantep.

Jika anda ingin menuju pantai ini dari Pantai Ngantep berjalan menuju arah kanan atau arah barat, Naik lah menuju arah gapura makam leluhur yang berada di Pantai Ngantep.

Setelah itu lanjutkan perjalanan naik terus hingga menemukan jalan setapak menuju ke arah bawah. Hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di Wisata Malang Pantai Taman Ayu perjalanan dari Pantai Ngantep.

Pantai ini memiliki keindahan yang tidak di ragukan lagi, pemandangan yang begitu indah sudah nampak dari awal kita memasuki wisata ini.

Udara yang sangat sejuk dan teduh membuat para pengunjung ingin berlama-lama di tempat ini tidak ingin pulang. Pantai ini memiliki warna pasir yang putih.

Wisata Malang Pantai Taman Ayu memiliki ciri khas yaitu tempat ini berkarang dengan arus bawah yang sangat kuat. Karena arusnya yang kuat membuat pantai ini tidak cocok untuk melakukan aktivitas berselancar.

2. Wisata Malang Pantai Watu Leter

pantai watu leter wisata malang
sumber gambar : @pantaiwatuleter (instagram)

Wisata Malang yang kedua yang akan kita bahas yaitu Wisata Pantai Watu Leter yang terletak di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pantai ini jika anda memulai perjalanan dari kota Malang hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 60 km, dan waktu tempuh kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan.

Untuk menuju pantai ini anda akan melewati Pantai Goa Cina. Sepanjang perjalanan menuju Wisata Malng Pantai Watu Leter anda akan di manjakan dengan pemandangan pegunungan selatan yang begitu memukau.

Ketika anda melakukan perjalanan menuju pantai tersebut, anda akan melewati hutan bakau dengan jalan yang berbatu dan juga bersemak-semak. Terdapat juga rumput yang tumbuh tinggi dan sangat tajam.

Pantai ini di beri nama Pantai Watu Leter sebab warga memperkirakan terdapat tebing yang terletak di tengah laut yang memiliki bagian datar di ujungnya.

Hal ini lah yang membuat pantai ini dinamakan Watu Leter. Selain nama tersebut warga sekitar juga menyebut pantai ini dengan nama Pantai Nglenter.

Aktivitas yang bisa di lakukan saat berada di pantai ini seperti Snorkeling, berkemah, dan Menyaksikan penyu.

Hal menarik di Pantai Watu Lenter ini adalah pantainya yang terbilang masih asri, sebab pantai ini memiliki akses yang sulit dan sempit. Karena akses yang terbatas membuat pantai ini jarang dikunjungi oleh wisatawan, tentunya air yang ada di pantai ini jauh lebih jernih dan hijau di bandingkan dengan pantai lainnya.

Selain itu pantai ini terdapat banyak tempat penyu bertelur. Pantai Watu Leter menjadi tempat pusat ekowisata pelestarian penyu.

Pantai ini juga sering di gunakan untuk melihat kedatangan penyu atau pun pelepasan penyu ke alam bebas.

Cukup menarik bukan tempat ini? Jika anda penasaran dengan pantai ini maka saat nya untuk mengunjungi nya saat musim libur.

3. Wisata Malang Pantai Wedi Awu

pantai wedi awu wisata malang
sumber gambar : @pantaiwediawu (instagram)

Wisata Malang yang ketiga yaitu Pantai Wedi Awu terletak di Dusun Balearjo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo.

Untuk menuju pantai ini para wisatawan tidak akan merasa kesulitan sebab akses jalan mudah untuk di jangkau.

Para wisatawan hanya melewati jalur naik turun dengan beberapa tikungan tajam melewati jurang. Waktu yang ditempuh sekitar tiga jam perjalanan jika anda mulai perjalanan dari Malang.

Pantai ini populer sebagai tempat peselancar lokal maupun mancanegara. Hal ini di sebabkan karena Pantai Wedi Awu memiliki ombak setinggi 3 meter.

Pantai ini merupakan salah satu pantai di Malang yang memiliki surfcamp, surfcamp di beri nama Joni Surfcamp.

Lokasi tempat ini tidak terlalu jauh dari wisata pantai. Untuk menginap di surfcamp tersebut para wisatawan di kenakan biaya sebesar Rp. 350.000 permalam, harga tersebut sudah termasuk biaya untuk menyewa papan surfing.

Jika anda ingin berselancar namun anda tidak tau bagaimana caranya. Tidak usah khawatir karena harga diatas sudah termasuk dengan menyewa instruktur peselancar.

Instruktur tersebut berasal dari anak-anak muda yang tinggal di kawasan pantai tersebut. Fasilitas yang ada di wisata ini sudah sangat memadai karena tempat ini tidak pernah sepi oleh para pengunjung, fasilitas tersebut seperti toilet, dan warung kuliner berjejeran rapi di pinggir jalan pantai.

Kuliner yang ada di sana begitu banyak, bagi para wisatawan tak perlu khawatir akan logistik makanan. Terdapat banyak kegiatan yang bisa di lakukan oleh para wisatawan seperti snorkeling, diving, dan menyebrang untuk menuju ke Pantai Pasir Putih, yang terletak di sisi kanan pantai.

Pantai Wedi Awu ini memiliki perbedaan dengan pantai lainnya seperti warna pasir pada pantai. Jika pantai biasanya memiliki pasir bewarna putih lain hal nya dengan pantai ini yang memiliki pasir yang bewarna coklat.

Terdapat banyak spot foto yang ada di tempat ini. Anda bisa berfoto di pantai dengan tebing-tebing yang ada di sekitar pantai.

Di jamin jika berfoto di Pantai Wedi Awu akan terlihat cantik dengan ombak yang tinggi akan menambah kesan menantang pada pantai ini.

4. Wisata Malang Pantai Telok

keindahan pantai telok wisata malang
sumber gambar : @ahmed25_al.ali (instagram)

Wisata Malang Pantai Telok terletak di Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan.

Pesona alam yang diberikan oleh Pantai Telok ini sangat mengagumkan.

Julukan untuk Pantai Telok yaitu pantai yang tersembunyi. Hal ini di karenakan untuk menuju pantai tersebut tidak adanya akses jalan yang memadai, selain itu tempat pantai ini berada di balik bukit yang tersembunyi jarang orang mengetahui keberadaan Wisata Malang Pantai Telok.

Karena pantai ini letaknya yang bersembunyi dan jarang ada pengunjung membuat Pantai Telok memiliki pemandangan yang masih asri, air yang ada di pantai ini masih terbilang jernih, pasirnya pun bewarna putih.

Wisata Malang Pantai Telok memiliki ombak yang terbilang cukup tinggi, yang merupakan ciri khas dari pantai selatan.

Cuaca yang ada di Wisata Malang Pantai Telok terbilang sangat panas karena tidak banyak di temui pepohonan di bukit Pantai Telok.

Jika anda berkunjung ke tempat wisata ini saat anda melihat pemandangan pantai akan tampak terlihat bukit yang bentuknya menyerupai kura-kura raksasa yang terletak di bagian paling barat Pantai Telok.

Mengingat karena ombak yang ada di pantai ini cukup tinggi para wisatawan tidak di sarankan berenang di pantai ini.

Jika anda ingin berenang sebaiknya di lakukan saat sore hari ketika air laut yang mulai surut, namun berenang hanya di perbolehkan di tepian pantai.

Saat berenang para wisatawan di himbau untuk tetap waspada terhadap ombak yang bisa datang secara tiba-tiba.

Pantai Telok karena pantai ini belum populer di kalangan wisatawan, hal ini menyebabkan fasilitas di tempat ini tidak ada.

Sebaiknya bagi anda yang berkunjung ke tempat ini membawa makanan atau minuman yang cukup karena fasilitas di tempat ini belum tersedia.

5. Wisata Malang Pantai Savana

pantai savana wisata malang
sumber gambar : @pinpinmaryanto (instagram)

Wisata Malang Pantai Savana terletak di Tambakrejo, Sumbermanjing. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa pantai selatan memang memiliki ombak yang cukup tinggi.

Hal ini membuat Pantai Savana yang berada di kawasan pantai selatan Malang juga memiliki ombak yang begitu tinggi.

Keberadaan Wisata Malang Pantai Savana memang masih tergolong baru. Karena ombak yang tinggi membuat pantai ini tidak layak untuk berenang.

Panorama alam yang ada di Pantai Savana cukup asri, dengan pasir bewarna putih dan air nya bewarna biru cerah, dan udara yang sejuk yang membuat para wisatawan nyaman berlama-lama di tempat ini.

Seakan penat yang ada masalah yang ada beban yang ada hilang dalam sekejap. Karena air nya yang begitu jernih membuat bebatuan karang terlihat jelas di permukaan pantai.

Sesuai dengan namanya Pantai Savana karena pantai ini terdapat hamparan padang savana yang luas sangat memukau dan memanjakan mata.

Padang savana tersebut terlihat jelas hamparan kehijauan. Letak Pantai Savana masih bersebelahan dengan pantai-pantai lain yang ada di Malang seperti Pantai Tiga Warna, Pantai Clungup, Pantai Watu Pecah, Pantai Gatra, Pantai Mini. Pantai yang di sebutkan tersebut di kelola oleh Clungup Mangrove Concervation.

Dengan masih asri nya pantai ini jika anda berfoto di tempat ini akan mendapatkan hasil yang menakjubkan cantik.

Banyak terdapat spot foto yang bisa anda gunakan untuk berfoto. Pantai selalu menjadi incaran para wisatawan untuk memburu sunrise ataupun sunset matahari.

Para wisatawan bisa menikmati keeksotisan matahari tersebut bisa dari atas bukit. Karena pantai ini terbilang baru, sehingga belum adanya fasilitas yang tersedia.

Namun para wisatawan tidak perlu khawatir sebab terdapat fasilitas yang tersedia di Pantai Clungup yang letaknya berada di pintu masuk saat memasuki pantai.

Untuk memasuki wisata pantai ini para pengunjung dikenakan biaya tiket sebesar Rp.6.000 dan biaya parkir sebesar Rp. 3.000 dan jika anda ingin menyewa pemandu wisataw sekitar Rp.75.000.

6. Wisata Malang Pantai Pesanggrahan

pantai pesanggrahan wisata malang
sumber gambar : @whiempy (instagram)

Wisata Malang ini terletak di Dusun Sukorejo, Desa Tulungrejo. Pantai Pesanggrahan memiliki keindahan yang tidak di ragukan lagi.

Pantai Pesanggrahan termasuk dalam jejeran pantai yang berada di selatan yang terkenal dengan ombak yang besar, hal ini di himbau untuk  para wisatawan yang berkunjung sebaiknya tidak berenang di kawasan ini.

Jika anda nekat berenang tetap harus waspada sebab ombak bisa sewaktu-waktu datang, selain itu tidak adanya penjaga pantai karena pantai ini masih terbilang baru.

Untuk menuju Pantai Pesanggrahan jika para wisatawan memulai perjalanan dari kota Malang, anda perlu melewati jalan yang mengarah ke selatan dengan jarak tempuh sekitar 65 km, dan membutuhkan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan.

Sepanjang perjalanan di jamin anda tidak akan merasa bosan karena anda akan di suguhkan dengan keindahan alam seperti hutan, sungai ataupun gunung dan lain sebagainya.

Dengan pemandangan tersebut pikiran yang ada di kepala hilang dalam sekejap. Pantai Pesanggrahan terletak bersebelahan dengan Pantai Wonogoro dan Pantai Taman Ayu. Selain itu lokasi Pantai Pesanggrahan terletak tak jauh dari Pantai Ngantep.

Pantai Pesanggrahan memiliki padang pasir yang begitu luas dengan warna pasir yang cukup mempesona yaitu hitam kecoklatan.

Namun saat ini Pantai Pesanggrahan  telah di jadikan tambang pasir yang di kuasai oleh investor dari Korea. Kandungan yang ada di pantai ini di percaya mengandung kandungan besi yang begitu luar biasa yang bisa di manfaat kan untuk bahan baku aspal.

Hal ini menyebabkan warga sekitar tidak merasakan keuntungan yang di peroleh dari tambang tersebut. Menurut warga sekitar tambang ini merusak alam.

7. Wisata Malang Pantai Karang Tengkorak

pantai karangtengkorak wisata malang
sumber gambar : @whiempy (instagram)

Wisata Malang Pantai Karang Tengkorak terletak di Gajahrejo, Kecamatan Gedangan. Jika anda berada di Kota Malang, jarak tempuh kota Malang menuju Pantai Karang Tengkorak ini sekitar 78 km, dengan waktu tempuh sekitar 2.5 jam perjalanan. Pantai ini masih terbilang baru belum banyak terjamah oleh manusia.

Karena letaknya yang berada di pantai selatan yang populer dengan ombaknya begitu besar. Seperti cerita yang ada diatas ombak besar sangat berbahaya bagi para pengunjung jika berenang di pantai ini.

Meskipun tidak di perbolehkan berenang para pengunjung masih bisa menikmati keindahan pantai dengan memandang lepas ke eksotisan dari bibir pantai.

Anda juga bisa menikmati keindahan dari atas bukit yang terdapat di sekitar pantai tersebut. Jika para pengunjung datang saat sore atau senja anda bisa menikmati keindahan sunset matahari dari bukit tersebut. Terdapat banyak pepohonan yang membuat anda merasa nyaman berada di tempat ini.

Pemandangan di tempat ini masih terbilang asri. Sebaiknya saat anda mengunjungi tempat ini harus menjaga kelestarian alam, jangan membuang sampah sembarangan untuk menjaga kebersihan dan ekosistem Pantai Karang Tengkorak. Keindahan gunung ini memperlihatkan pemandangan pegunungan kapur yang sangat memukau.

8. Wisata Malang Pantai Wonogoro

pantai wonogoro wisata malang
sumber gambar @pantaiwonogoro (instagram)

Wisata Malang Pantai Wonogoro ini terletak di Dusun Sukorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Gedangan.  Pantai ini terdapat banyak pepohonan yang tumbuh di tepi pantai, dengan ke eksotisan yang begitu indah. Pohon ini dapat di gunakan untuk bersantai, berteduh dari teriknya sinar matahari.

Karena letaknya yang berada di pantai selatan tentunya pantai ini memiliki ombak yang begitu besar. Masih sama dengan pantai-pantai yang dibahas diatas para pengunjung tidak di sarankan untuk berenang.

Karena ombak yang begitu besar dan  tidak adanya penjaga pantai, sebab pantai ini masih terbilang baru. Pantai ini terdapat bukit kecil yang yang terletak di kedua tepi pantai.

Saat terkena sinar matahari pasir yang ada di pantai ini akan terlihat berkilauan dengan warna warna putih bercampur pasir besi.

Karena pantai ini masih baru belum ada pihak yang mengelolanya secara komersil membuat tempat ini tidak terdapat fasilitas yang memadai bahkan tidak terdapat penginapan di sekitar pantai.

9. Wisata Malang Pantai Jonggring Saloko

pantai jonggring saloka wisata malang
sumber gambar : @pantaijonggringsaloka (instagram)

Wisata Malang ini terletak di Desa Mataram, Kecamatan Donomulyo.

Jika anda berasal dari kota Malang mulailah perjalanan mengarah ke Kepanjen yang akan mengantarkan anda melewati Pagak dan Pantai Ngliyep.

Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju Donomulyo, setelah itu anda akan menemukan pertigaan, ambil arah ke kiri menuju Mataram, ikuti terus jalur tersebut hingga tiba di Pantai Jonggring Saloko.

Untuk menuju kawasan Pantai Jonggring Saloko para pengunjung harus melewati kawasan hutan yang sepi oleh lalu lalang orang.

Pantai Jonggring Saloko sendiri terdiri dari dua bagian yaitu Ngebros dan Pantai Pasir Hitam.

Di sini yang di maksud Ngebros adalah sebuah tempat untuk para pengunjung bisa menyaksikan sebuah karang dengan lubang besar menghasilkan semburan air yang sangat tinggi ketika ombak datang.

Hal ini berasal dari sebuah benturan keras yang berasal dari ombak dan menghantam karang berlubang, dan mengeluarkan suara “bros”.

Pantai ini berbeda dengan pantai lainnya, jika pantai lainnya memiliki pasir bewarna putih, beda hal nya dengan pasir yang terdapat di pantai ini bewarna hitam.

Tempat ini di larang keras untuk para pengunjung berenang, karena sudah tertulis jelas larangan tersebut dan juga ombak yang sangat besar bisa secara tiba-tiba datang.

Pantai Jonggring Saloka memiliki sungai kecil yang aliran nya menuju ke laut. Sekitar tempat tersebut sering di gunakan oleh para pengunjung untuk camping.

Air yang ada di pantai ini masih jernih, pemandangan yang ada sangat mempesona membuat hati terasa nyaman dan terasa tenang.

Fasilitas yang terdapat di Pantai Jonggring Saloko ini seperti area untuk berkemah, lahan parkir, toilet, warung makan, dan tempat penginapan juga tersedia di sekitar pantai ini.

Jika anda berada di kawasan wisata tidak lengkap jika tidak melakukan hunting foto. Pantai Jonggring Saloko ini terdapat banyak spot  yang menarik untuk berfoto seperti foto di depan batu karang yang merupakan letak dari fenomena ngebros.

Banyak keindahan lainnya yang bisa anda jadikan sebagai layar belakanh untuk berfoto. Selain itu anda juga daoat melakukan aktivitas seperti bermain voli, snorkling, atau bisa menyalakan api unggun.

10. Wisata Malang Pantai Pancer

pantai pancer wisata malang
sumber gambar : @pantaipancer (instagram)

Wisata Malang Pantai Pancer ini terletak di Desa Sidosari, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai ini memang belum populer di kalangan pecinta alam terutama pecinta pantai.

Kota Malang memang banyak tersimpan wisata alam pantai yang tersembunyi. Keindahannya pun sudah tidak di ragukan lagi.

Pantai ini masih sangat asri belum banyak terjamah oleh manusia. Pasir yang terdapat di pantai ini sangat bersih, air nya pun tampak jernih dan bewarna biru menyegarkan mata.

Angin yang ada di tempat ini sepoi-sepoi yang sangat sejuk dan teduh sangat cocok untuk beristirahat dan menghilangkan segala penat yang ada.

Walaupun namanya belum banyak di kenal seperti nama pantai lainnya yang ada di kota Malang, namun pantai Pancer memiliki keindahan yang eksotis.

Suasana yang ada di Pantai Pancer ini masih alami. Pantai Pancer memang berada di Malang Selatan yang populer dengan ombaknya yang besar seperti pada pantai lainnya, beda halnya dengan Pantai Pancer yang memiliki ombak yang tidak terlalu tinggi.

Para pengunjung bisa menikmati berendam di tepian pantai, namun para pengunjung di harap tetap waspada dengan ombak pantai selatan yang datang secara tiba-tiba.

11. Wisata Malang Pantai Jelangkung

pantai jalangkung wisata malang
sumber gambar : @novanandre (instagram)

Wisata Malang ini Pantai Jelangkung terletak di Gajah Rejo Gedangan. Untuk menuju ke pantai ini arah yang harus dilewati sama seperti jalur arah ke Pantai Sendang Biru.

Setelah sampai di Pantai Sendang Biru, berbelok ke arah barat menuju Desa Gajah Rejo. Kemudian lanjutkan perjalanan yang akan melewati jalur lintas selatan hingga tiba di Pantai Jelangkung.

Mungkin anda yang mendengar nama Jelangkung itu pantai yang menyeramkan seperti yang ada di cerita-cerita masyarakat.

Namun beda dengan pantai ini, Pantai Jelangkung tidak seseram namanya. Pantai ini justru memiliki panorama yang membuat para wisatawan kagum akan pesona yang diberikan.

Nama Jelangkung berasal dari bahasa Jawa “Jolangkong” yang memiliki arti ojo liwat, jika di terjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya jangan lewat.

Menurut cerita rakyat nama tersebut di percaya pada zaman dahulu pantai ini memiliki ombak yang sangat besar, ombak tersebut airnya meluber hingga jalan raya.

Jika ada seorang warga yang melewati jalan raya tersebut saat terjadi ombak besar, warga tersebut akan tersapu oleh ombak.

Semenjak saat itu nama dari pantai ini di beri nama Jolangkung namun lama-lama nama ini berubah menjadi Jelangkung. Hingga saat ini pantai Jelangkung masih sangat berbahaya ketika ombak besar menerjang.

Meskipun ombak itu menyeramkan, bagi para wisatawan tidak perlu khawatir, ombak besar tersebut ketika sampai di bibir pantai, ombak akan berubah menjadi pelan, hal ini terjadi karena adanya batuan karang yang berada kurang lebih 10 m lebih tepatnya berada sebelum bibir Pantai Jelangkung.

Batu karang tersebut memiliki ketinggian hanya bekisar 50 cm dan panjang mencapai 300 meter. Hal ini menyebabkan setiap sekali ombak datang, air akan berhenti di batu karang tersebut.

Kekurangan dari pantai ini adalah fasilitas yang tersedia belum memadai. Selain itu tidak ada penginapan di sekitar pantai ini. Namun jika anda ingin bermalan di pantai ini, anda bisa mendirikan tenda.

Saat mendirikan tenda di larang di kawasan tepi bibir pantai. Karena saat malam hari biasanya ombak yang ada di Pantai Jelangkung pasang.

Itulah 11 objek wisata Pantai yang ada di kota Malang yang sangat menarik untuk di Kunjungi. Pantai tersebut sangat di rekomendasikan bagi anda yang ingin berlibur dan melepas penat segala pikiran yang melelahkan.

Pantai yang ada di Malang memiliki ombak yang begitu besar karena berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Sebaiknya jika berada di lokasi pantai Malang para wisatawan lebih berhati-hati akan adanya ombak yang datang secara tiba-tiba.

Selain itu para wisatawan di wajibkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan yang ada, tidak membuang sampah secara sembarangan. Lestarikan alam sekitar dan juga ekosistemnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×