BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Gua Petruk, Keindahan Alam Kota Kebumen

Gua Petruk, Keindahan Alam Kota Kebumen Yang Terindah Di Indonesia

0 172
Gua Pteruk cr ff.shadow, gua petruk
Sumber Gambar : ff.shadow10 (instagram)

Gua Petruk, Kaindahan Alam Kota Kebumen

Kota Kebumen yang berada di provinsi Jawa Tengah memiliki objek wisata alam yang begitu mengagumkan.

mulut gua petruk, gua petruk
Sumber Gambar : ucokboro (instagram)

Lokasinya berada di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, sekitar 4,5 km dari Jatijajar menuju ke arah selatan, objek wisata ini berupa sebuah gua yang bernama Gua Petruk.

Dinamakan seperti itu konon, di dalam gua terdapat batu stalagmit yang menyerupai wajah Petruk, seperti yang kita tahu bersama bahwa, Petruk merupakan seorang punokawan atau abdi.

Petruk merupakan anak Semar Brodonoyo, yang mempunya ciri fisik badan tinggi, hidungnya sangat mancung, diceritakan dalam pewayangan Petruk ini merupakan anak dari banaspati yaitu sejenis makhluk halus yang kemudian diambil anak oleh Semar.

Dan Petruk ini mempunyai banyak akal, dalam cerita pewayangan Jawa, petruk merupakan anak kedua dari semar, kakaknya bernama Gareng dan adiknya bernama Bagong.

Menurut pakar gua yang berasal dari luar negeri, bernama Doktor Koo, menyatakan bahwa Gua Petruk ini, merupakan gua terindah yang berada di Indonesia.

Dan perlu diketahui di dalam gua terlihat sangat menakutkan dikarenakan masih alaminya keadaan dalam gua ini.

suasana dalam gua, gua petruk
Sumber Gambar : pesona_kebumen_id (instagram)

Terdapat berbagai kotoran kelelawar yang masih alami yang berada di dalam gua ini, karena di sini habitat kelelawar, sehingga kotoran kelelawar banyak terdapat disini sehingga menimbulkan bau yang kurang sedap.

Di dalam Gua Petruk tidak ada penerangan atau nyala lampu seperti Gua Jatijajar maupun gua gong yang berada di Pacitan.

Namun apabila para pengunjung ingin memasuki Gua Petruk tidak usah khawatir, karena di Gua Petruk tersedia pemandu yang selalu siap mengantar dengan disertai peralatan lampu yang memadai.

Objek wisata ini terbagi menjadi 3 bagian.

Pertama di lantai ini hanya terdapat kelelawar serta bau yang kurang sedap yang berasal dari kotoran kelelawar.

Gua bagian kedua, lokasi ini diberi nama dengan Gua Semar, di dalam gua para pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan dari bebatuan  yang sangat indah, serta mempesona, disini terdapat stalagtit dan stalagmit yang mempunyai bentuk yang beragam.

menikmati segarnya air dalam gua, gua petruk
Sumber Gambar : herliindria (instagram)

Untuk bagian terakhir gua ini, inilah yang disebut dengan Gua Petruk, dikarenakan di dalam gua terdapat batu yang mempunyai rupa seperti hidung Petruk.

Namun pada saat penjajahan Belanda yang pada waktu itu melakukan penambangan fosfat di dalam gua petruk,mengakibatkan kerusakan pada salah satu bagian dari rupa petruk tersebut.

Wujud yang dirusak oleh penjajah Belanda yang merupakan salah satu logo gua ini yaitu bagian  hidung Petruk.

Yang pada akhirnya  logo dari gua tersebut hilang karena dirusak oleh Belanda, dan kini sudah tidak kelihatan lagi bentuk dari hidung Petruk tersebut.

Pengunjung yang masuki ke dalam gua, akan semakin penasaran dengan bebatuan yang begitu indah dan mempesona .

keindahan dalam gua, gua petruk
Sumber Gambar : ucokboro (instagram)

Di tempat ini terdapat batuan yang mirip dengan tempat tidur pelaminan pengantin baru, selain itu di dalam gua terdapat sebuah batu yang menyerupai lumbung padi, sehingga batu tersebut diberi nama sebagai batu lumbung.

para pengunjung tidak perlu takut apabila berada dalam Gua Petruk, karena di dalam gua ini juga terdapat batu yang sangat mirip dengan sebuah mayat yang tergeletak.

Pemandangan yang agak membuat para wisatawan ketakutan namun itu hanya pemandangan biasa yang terbentuk dari bebatuan yang kebetulan sangat mirip dengan mayat.

Objek  wisata ini juga menyimpan sebuah bebatuan yang beraneka ragam bentuk yang begitu menawan, dan indah, sehingga  membuat orang yang melihat merasa takjub dengan bentuk indah dari formasi bebatuan di dalam gua Petruk ini.

Bahkan para pengunjung yang sudah memasuki Gua Petruk, akan enggan untuk keluar, dikarenakan di dalam gua ini pengunjung dapat melihat adanya se jumlah Sendang atau air terjun yang bahkan airnya mirip busa sabun.

air terjun dalam gua, gua petruk
Sumber Gambar : kurniawan_dennis (instagram)

Sendang ini akan menambah keindahan Gua yang sunyi, dengan suara gemericiknya air yang berasal dari sendang akan membuat pengunjung seperti terhipnotis.

Sendang Gua Petruk, gua petruk
Sumber Gambar : missthatya (instagram)

Para pengunjung yang ingin mengunjungi objek wisata ini sebaiknya mempersiapkan perlengkapan wisatanya seperti, sepatu boot sehingga apabila memasuki gua ini, kaki para pengunjung tidak tertembus air.

Lokasi Gua Petruk

Para pengunjung yang ingin mengunjungi objek wisata ini, tepatnya  berada Di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Apabila para pengunjung masih belum bisa menemukan lokasi ini bisa melihat aplikasi Google Map, nanti para pengunjung akan di kasih petunjuk melalui Google Map tersebut.

Daya Tarik Gua Petruk

Apabila para pengunjung sedang mengunjungi Kota Kebumen, Jawa Tengah harus menyempatkan diri mengunjungi Goa Petruk.

pemandangan gua petruk, gua petruk
Sumber Gambar : mycentral.java (instagram)

Gua ini memiliki ukuran panjang total sekitar kurang lebih 2km, namun panajng keseluruhan gua ini belum ada yang tahu pasti.

Memiliki panjang susur gua sejauh 100 hingga 664 meter, mempunyai lebar Gua sebesar 14 meter dan ketinggian langit – langit sekitar 32 meter, cukup luas bukan.

Gua ini menyimpan  pesona keindahan stalktit dan stalagmit yang tiada duanya, penduduk daerah Candirenggo juga  mempunyai sifat yang sangat ramah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang datang berkunjung.

stalaktit dan stalakmit, gua petruk
Sumber Gambar : hilda_debi (instagram)

Untuk para wisatawan yang datang berkunjung ke Gua Petruk, keindahan Gua tersebut Sebenarnya bukan dari hidung Petruk sangat mancung.

Akan tetapi panorama bebatuan yang  memang benar – benar cukup memukau para pengunjung, yang datang melihat keindahan dalam gua.

sianr mentari menerobos celah gua, gua petruk
Sumber Gambar : topijerami_25 (instagram)

Untuk itu tidak ada salahnya apabila para pengunjung, memerlukan waktu berjam  – jam berada di dalam Gua Petruk ini hanya untuk menikmati keindahan nya.

Fasilitas Goa Petruk

Pengelola Gua Petruk sudah menyiapkan beberapa fasilitas pelayanan untuk menunjang pariwisata gua ini.

Fasilitas – fasilitas tersebut diantaranya, area parkir kendaraan yang cukup luas, mushola, kamar mandi atau MCK, penginapan, serta masih banyak lagi lainnya fasilitas yang terdapat di objek wisata Gua Petruk ini.

Transportasi Menuju Goa Petruk

Pengunjung yang ingin berwisata ke objek wisata Goa Petruk, yang datang dari luar kota Kebumen tidak perlu khawatir karena terdapat sarana transportasi yang bisa dipakai untuk menuju ke wisata Goa Petruk ini.

Para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, menuju ke Desa Candirenggo, Kebumen, Jawa Tengah atau bisa meminta panduan arah melalui Google Map, aplikasi ini akan menuntuk para pengunjung yang ingin menuju objek wisata Gua Petruk.

Untuk yang menggunakan transportasi umum, pengunjung bisa naik bis dari terminal bus kota, setelah itu dilanjutkan dengan ojek menuju lokasi wisata gua Petruk Candirenggo, Kabupaten, Jawa Tengah.

Saran Dan Tips

Pengunjung yang berencana berwisata ke Gua Petruk di candirenggo Kebumen Jawa Tengah, diharapkan memperersiapkan keperluan yang akan dibutuhkan.

Seperti beberapa barang yang wajib dibawa yaitu Senter, dikarenakan di dalam Gua Petruk tidak ada penerangan sama sekali.

head lamp, gua petruk
Sumber Gambar : yuliana3637 (instagram)

Dengan alasan untuk menjaga kealamian gua petruk  sehingga penggunaan cahaya lampu sangat dibatasi di objek wisata gua ini.

Selain senter, barang bawaan lainnya ialah kamera, untuk zaman milenial seperti sekarang ini, akan terasa kurang  apabila setiap momen dimanapun kita  berada tidak  mengabadikannya melalui sebuah foto atau video yang nantinya bisa diunggah ke media sosialnya masing-masing.

Selain itu para pengunjung disarankan mempersiapkan fisik badan serta fisik kendaraan yang prima agar liburan anda nantinya berjalan dengan lancer, dan selalu berhati-hati di mana anda berada.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×