BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Pulau Panjang, Keindahan Alam Bawah Laut Kota Jepara

Pulau Panjang, Keindahan Alam Bawah Laut Kota Jepara Yang Indah

0 289
gerbang pulau, pulau panjang
Sumber Gambar : gunturrms (instagram)

Pulau Panjang Keindahan Alam Bawah Laut  Kota Jepara

pulau panjang jepara, pulau panjang
Sumber Gambar : afif.ilys_ (instagram)

Pasti kalian semua sudah tahu kota Jepara, kota yang terkenal dengan ukiran kayunya, karena mayoritas penduduknya bekerja sebagai pengrajin ukiran kayu dan hasil karya tersebut sudah terkenal ke seluruh Nusantara.

Selain ukiran kayu, Jepara juga terkenal dengan objek wisatanya, salah satunya Karimunjawa.

Namun terdapat salah satu pantai yang tidak kalah indahnya dari Pulau Karimunjawa, dan Pulau ini dapat ditempuh kurang lebih 20 menit dari dataran Kota Jepara, pulau tersebut bernama Pulau Panjang.

Pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni, penduduk yang berada di sini mayoritas merupakan pendatang, yang mencari nafkah sebagai penjual makanan serta aksesoris.

Akan tetapi banyak pula pengunjung menjadikan pulau Panjang sebagai tempat berkemah, dikarenakan mempunyai pesona alam yang sangat indah dengan pepohonan hijau yang Asri serta lautan biru yang mempunyai air jernih.

Tidak heran apabila Pulau panjang menjadi daya tarik utama pariwisata mengunjungi tempat ini.

Menikmati Alam Indah Pulau Panjang

keindahan pulau, pulau panjang
Sumber Gambar : zfird (instagram)

Pulau Panjang merupakan pulau yang dikelilingi oleh lautan, lautan yang mengelilingi Pulau ini mempunyai deburan ombak yang tenang, serta mempunyai air laut yang berwarna biru jernih.

Bahkan, pengunjung dapat menyaksikan bebatuan Karang, serta ikan berwarna – warni yang berada di dalam perairan, saking begitu jernihnya, pemandangan bawah laut bisa disaksikan hanya dari atas Darmaga saja.

Di Pulau Panjang tidak terdapat penduduk yang menetap, hanya warung – warung kecil yang menyediakan makanan serta minuman untuk para wisatawan.

Selain itu terdapat warung yang menjual aksesoris yang memenuhi sisi kanan maupun kiri jalanan setelah gapura masuk di objek wisata ini.

Memiliki pemandangan yang begitu asri, dengan pepohonan yang sangat rimbun, di Pulau Panjang ini juga telah dibangun jalan setapak dengan paving blok, sehingga para wisatawan dapat berjalan dengan nyaman.

Terdapat juga fasilitas toilet serta Mushola yang begitu rapi serta terawat sehingga pulau kecil ini memiliki segala sesuatu yang dibutuhkan oleh para pengunjung.

Para pengunjung Pulau Panjang, bisa melakukan aktivitas diantaranya :

  1. Snorkeling

snorkeling, pulau panjang
Sumber Gambar : gansadventure (instagram)

Bukan hanya di Karimunjawa saja yang memiliki keindahan bawah laut, akan tetapi di Pulau Panjang juga memiliki keindahan yang tak kalah dari yang dimiliki pantai yang berada di Karimunjawa.

Pesona bawah laut Pulau Panjang juga begitu menawan bagi para wisatawan, perairan yang dangkal memungkinkan para pengunjung dapat menikmati keindahannya dengan mudah.

Bahkan bagi para pengunjung yang tidak bisa berenang pun dapat menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Panjang.

Di sini ombaknya yang tenang, menjadikan tempat yang aman untuk aktivitas snorkeling, pengunjung dapat menyaksikan keindahan bawah lautnya dari perairan yang dangkal yang berada di tepi pantai.

Ikan – ikan yang berukuran kecil dengan warna berbeda – beda tampak berenang kesana – kemari  dengan riangnya, bermain  dengan asiknya kadang tersembunyi dan  kadang menyembul kembali, dari balik bebatuan karang yang begitu indah.

Di Pulau Panjang juga tersedia penyewaan peralatan snorkeling, jadi para pengunjung yang tidak membawa perlengkapan snorkeling dari rumah tidak perlu risau atau khawatir.

Karena di Pulau Panjang sudah banyak tempat penyewaan yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk menyewa perlengkapan snorkeling.

  1. Bermain Di Tepi Pantai

santai pinggir pantai, pulau panjang
Sumber Gambar : zulainaseka_01 ( instagram )

Obyek wisata ini pasir putihnya terhampar cukup luas, para pengunjung bisa dengan puas bermain berlarian di area pasar ini.

Di pulau ini memiliki butiran pasir yang lembut, sehingga tidak terasa sakit ke telapak kaki, ketika para pengunjung menginjaknya.

Bermain pasir disini akan lebih seru apabila di mainkan bersama keluarga maupun teman, karena dapat bermain berlarian di atas pasir pantai.

Pengunjung juga bisa berkejaran dengan ombak yang sekali – kali  menyapu pasir, pemandangan yang sangat indah dan begitu menyenangkan dan menggembirakan.

Namun para pengunjung harus tetap berhati – hati dan waspada dikarenakan di Pulau ini, terkadang terdapat karang yang berada di dalam pasir dan akan terasa sakit apa bila terinjak.

  1. Berkemah Di Tepi Pantai

kemah pantai, pulau panjang
Sumber Gambar : evi_maulidatun (instagram)

Di Pulau Panjang yang memiliki pasir pantai yang begitu luas ,yang memungkinkan para pengunjung mendirikan tenda di sini.

Tidak sedikit para pengunjung yang mendirikan tenda, hanya untuk menikmati malam di Pulau Panjang, dikarenakan apa bila malam tiba, bintang akan semakin jelas terlihat.

purnama pulau panjang, pulau panjang
Sumber Gambar : k_rsistance (instagram)

Hal tersebut akan membuat suasana tampak begitu indah, dengan hadirnya ribuan bintang yang bertaburan di langit yang gelap, membuat suasana semakin romantis.

Di Pulau Panjang di saat waktu pagi menjelang, para pengunjung bisa menikmati datangnya mentari dari tidurnya yang begitu mempesona.

sunrise pulau panjang, pulau panjang
Sumber Gambar : miegodokgoreng_ (instagram)

Kilauan sinar mentari pagi yang mengenai perairan pantai, akan membuat tampak berkilauan seperti permata.

Para pengunjung yang ingin mendirikan tenda disini, dan tidak membawa peralatannya dari rumah, di Pulau Panjang ini sudah tersedia tempat penyewaan tenda dengan harga yang cukup terjangkau.

  1. Berkeliling Menyusuri Pulau Panjang

keliling pulau, pulau panjang
Sumber Gambar : angga.pramana.p (instagram)

Pulau ini mempunyai wilayah yang tidak terlalu besar, sehingga para pengunjung dapat mengelilingi Pulau ini hanya dalam waktu kurang lebih satu jam saja.

Di sini para pengunjung yang ingin berkeliling menyusuri Pulau, sudah terdapat jalan setapak yang oleh pengelola dibuatkan paving, yang mempunyai lebar sekitar 1 meter sehingga cukup luas untuk berjalan berdua.

Selain berjalan, para pengunjung juga bisa menikmati pulau dengan bersepeda, tergantung pilihan pengunjung, mana yang cocok buat pengunjung untuk bisa menikmati keindahan Pulau ini, berjalan atau bersepeda.

Jalan setapak ini, terdapat pepohonan yang tumbuh dengan rindang yang berada di sisi kiri maupun kanan.

jalan kaki keliling pulau, pulau panjang
Sumber Gambar : tia_rayda (instagram)

Sehingga para wisatawan yang melakukan kegiatan susur Pulau, tidak terasa panas meski mentari bersinar dengan teriknya, karena sinar mentari hanya sedikit yang bisa menembus rimbunnya dedaunan.

  1. Wisata Religi

makam syekh abu bakar, pulau panjang
Sumber Gambar : khalim_2307 (instagram)

Objek wisata Pulau Panjang terdapat sebuah makam ulama Jepara yaitu Syekh Abu Bakar,  pada zaman dulu Syekh Abu Bakar ini merupakan ulama yang menyebarkan agama Islam di Pulau ini.

Jadi para pengunjung yang mengunjungi Pulau Panjan, selain bisa berwisata Alam juga bisa melakukan wisata religi yaitu berupa ziarah makam Syekh Abu Bakar.

Fasilitas Pulau Panjang

fasilitas pulau panjang, pulau panjang
Sumber Gambar : crs_candra (instagram)

Fasilitas di objek wisata Pulau Panjang sudah memenuhi kebutuhan para pengunjung, mulai dari toilet, mushola, hingga warung yang menajajakan kuliner sudah tersedia di Pulau ini.

Sehingga para pengunjung dijamin tidak akan kebingungan apabila ingin mencari kuliner jika berada di Pulau Panjang ini.

Selain warung makan, juga tersedia toko souvenir yang banyak menjajakan souvenir khas Pulau Panjang, yang bisa dibeli oleh para pengunjung sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Lokasi Pulau Panjang

Pulau Panjang berada di Ujung Batu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang dapat ditempuh dengan cara menyeberang dari Pantai Kartini atau dari Pantai Bandengan.

Para pengunjung yang ingin menuju ke Pulau Panjang terdapat beberapa akses transportasi yang bisa digunakan para pengunjung di antaranya :

Akses yang  pertama, apabila pengunjung menggunakan transportasi umum berupa bis, dimulai dari terminal bus Jepara.

Yang mengarah ke Jalan MT Haryono, kemudian menuju ke Jalan A.E. Suryani, hingga masuk ke Jalan Pelabuhan Kartini, dan tujuan akhir ke pantai Jepara.

Akses selanjutnya para pengunjung yang masih menggunakan transportasi umum dari Terminal Bus Jepara.

Pengunjung bisa mengambil akses jalan menuju Jalan Pasar Burung Jepara, kemudian menuju arah Jalan Cik Lanang.

Dari Jalan Cik Lanang dilanjutkan menuju ke Jalan CT winarso, perjalanan kemudian masuk ke dalam Jalan Tirto Samudro, hingga sampai ke Pantai Bandengan.

Para pengunjung bisa melakukan perjalanan dari kedua pelabuhan tersebut, yaitu baik dari pantai Jepara maupun dari Pantai Bandengan.

Pengunjung bisa menaiki kapal kayu yang dimiliki nelayan, atau dengan kapal bermotor cepat untuk sampai ke Pulau Panjang.

Untuk biaya transportasi laut menggunakan perahu dari pelabuhan Pantai Kartini biaya yang dikeluarkan pengunjung terbilang murah hanya sekitar Rp 25.000.

Dan para pengunjung diberi waktu seharian penuh, untuk bisa menikmati keindahan pulau panjang, nama perahu tersebut ialah Sapta Pesona berangkat dari pelabuhan Pantai Kartini.

Untuk pengunjung yang berangkat dari Pantai Bandengan bisa mencari perahu yang bernama wisata bahari, dengan mengeluarkan biaya yang lebih murah dari Pelabuhan Kartini yaitu sebesar Rp 20.000.

Untuk para pengunjung yang berangkat dari pelabuhan Bandengan ,hanya diberi waktu selama 1 jam untuk bisa Menikmati keindahan Pulau Panjang.

Atau para pengunjung bisa menyewa perahu nelayan dari pantai Prawean, dengan biaya yang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 100.000 hingga Rp 200.000 per rombongan.

Harga Tiket Masuk Pulau Panjang

Para pengunjung yang ingin menikmati keindahan Pulau ini, tidak harus membayar biaya masuk yang mahal para pengunjung akan dikenai biaya masuk yang sangat terjangkau.

Biaya masuk Pulau Panjang yang di bebankan ke pengunjung sebesar Rp 8.000, dan apabila para pengunjung akan berkemah di Pulau ini, terdapat penyewaan tenda dengan harga mulai Rp50.000.

Jam Operasional Pulau Panjang

Untuk jam operasional, pengelola Pulau Panjang belum terdapat sistem buka tutup, sehingga Pulau ini buka setiap hari selama 24 jam penuh.

Hanya saja operator perahu disini hanya melayani penyeberangan dari pagi hingga sore hari saja, serta penyebrangan ke Pulau Panjang akan memperhatikan cuaca serta ombak laut.

Jika para wisatawan yang sedang liburan ke Kota Jepara, jangan sampai melewatkan untuk mampir ke Pulau Panjang Jepara, kaerana kalian akan menikmati keindahan bawah laut yang sangat indah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×