BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Keindahan Taman Nasional Karimunjawa

Keindahan Taman Nasional Karimunjawa Yang Memanjakan Mata Pengunjung

0 138

 

karimunjawa, taman nasional karimunjawa
Sumber Gambar : tour_operator_karimunjawa (instagram)

Keindahan Taman Nasional karimunjawa Yang Menghipnotis

Karimunjawa merupakan sebuah wilayah yang masuk kabupaten Jepara, Karimunjawa merupakan sebuah gugusan kepulauan yang jumlahnya sekitar 22 pulau dan terletak di laut Jawa,serta memiliki luas wilayah sekitar 111.625 hektar.

pulau karimunjawa, taman nasional karimunjawa
Sumber Gambar : riza_bebasari (instagram)

Karimunjawa mempunyai destinasi wisata yaitu sebuah taman nasional yang diberi nama Taman Nasional Karimunjawa.

Objek wisata ini berada di Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Objek wisata ini sangat ramai dikunjungi wisatawan pada hari biasa maupun hari libur.

Karena objek wisata Taman Nasional Karimunjawa mempunyai pesona yang sangat indah serta memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas wisata di tempat lain.

Obyek wisata Taman Nasional Karimunjawa memiliki pesona keindahan yang begitu mempesona, serta menarik untuk dikunjungi.

Sayang untuk dilewatkan apabila kalian berada di kota Jepara, namun tidak mengunjungi tempat wisata Taman Nasional Karimunjawa. Di sini keindahan yang disuguhkan tiada duanya.

Lokasi Taman Nasional Karimunjawa

Objek wisata ini terletak di Kabupaten Jepara, tepatnya berada di Pulau Karimunjawa, Jawa Tengah Indonesia.

Dan untuk para traveler yang masih bingung mencari keberadaan lokasi taman nasional Karimunjawa bisa di cari di aplikasi Google Maps.

Daya Tarik Taman Nasional Karimunjawa

air laut karimunjawa, taman nasional karimunjawa
Sumber Gambar : karimunjawavacation (instagram)

Objek wisata Taman Nasional Karimunjawa selain memiliki keindahan pesona alam yang tiada duanya, keindahan lainnya yaitu keramahan dari penduduk setempat terhadap para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang datang ke objek wisata Karimunjawa.

Pada zaman Walisongo terdapat salah satu anggota Wali yaitu Sunan Muria, Beliau melihat pulau yang terlihat samar – samar  yang berada di utara Pulau Jawa.

Apabila diartikan dalam bahasa jawa adalah kremun – kremun soko Jowo, oleh karenanya pulau – pulau ini kemudian disebut dengan Karimunjawa.

Di Taman Nasional Karimunjawa para pengunjung yang datang akan disuguhkan pemandangan khas pulau seperti  keindahan terumbu karang, pantai yang bersih, dan keindahan gugusan pulau yang menghiasi lautan Jawa.

Selain itu terdapat juga keindahan-keindahan yang dapat ditawarkan oleh Taman Nasional Karimunjawa diantaranya :

  1. Hunting Foto

pantai indah karimunjawa, taman nasional karimunjawa
Sumber Gambar : indonesian_travel (instagram)

Tidak afdol rasanya apabila pada zaman milenial seperti saat ini, wisatawan yang datang tidak membagikan foto kegiatan mereka di tempat wisata, salah satunya ialah Taman Nasional Karimunjawa ini.

Wisatawan akan sangat rugi apabila tidak mengabadikan panorama alam yang disuguhkan oleh objek wisata ini.

Foto yang bisa diambil antara lain panorama alam ala kepulauan yang sangat mempesona,hal ini sudah dimulai  saat menjejakkan kaki ke tempat ini.

Dimana terdapat  lautan yang terbentang luas dan pantai indah dengan deretan pohon kelapa yang berjajar rapi di tepian, serta sambutan dari satuan darat yang akan menyambut Kedatangan para wisatawan yang datang ke Taman Nasional Karimunjawa ini.

  1. Berenang

bermain air, taman nasional karimunjawa
Sumber Gambar : redfingernails (instagram)

Bagi para pengunjung yang ingin datang berkunjung ke Taman Nasional Karimunjawa harus membawa peralatan berenang nya, karena tidak sah apabila para pengunjung datang ke objek wisata ini tidak merasakan sejuknya air laut Karimunjawa.

Terdapat banyak Spot yang bisa dijadikan pilihan untuk bermain air, salah satu pantai yang bisa di jadikan spot berenang ada di Pulau Menjangan besar juga pulau Cemara kecil, yang mana di pulau tersebut mempunyai pantai dengan pasir putih yang sangat indah.

  1. Snorkeling

snorkling karimunjawa, taman nasional karimunjawa
Sumber Gambar : artourtravelindo ( instagram)

Kepulauan Karimunjawa dikelilingi oleh pantai, pantai yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang memukau.

Apabila para pengunjung mengunjungi Taman Nasional Karimunjawa harus mencoba melakukan kegiatan ini.

Sebab dengan cara ini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam bawah laut secara langsung yang memeprlihatkan pesona indah dan memanjakan mata.

  1. Diving

diving karimunjaya, taman nasional karimunjaya
Sumber Gambar : karimunjaya_trip (instagram)

Di objek  wisata Taman Nasional Karimunjawa ini merupakan tempat  favorit para penyelam profesional. yang mana di objek wisata ini banyak Spot diving, yang menjadi primadona, disini parawisata bisa menikmati kekayaan flora beserta fauna bawah laut.

kehidupan bawah laut karimunjawa, taman nasional karimunjawa
Sumber Gambar : panoramix_tour_travel (instagram)

Di salah satu pulau yaitu Pulau Kemujan, para penyelam profesional bisa melihat bangkai kapal Panama yang berada di bawah laut.

  1. Hopping Island

naik perahu karimunjawa, taman nasional karimunjawa
Sumber Gambar : lokajayamagictour (instagram)

Para pengunjung yang datang ke Taman Nasional Karimunjawa bisa ikut Hopping Island tour, pengunjung bisa mengelilingi pulau – pulau yang berada di gugusan kepulauan Karimunjawa.

Dengan menggunakan kapal, aktivitas yang satu ini dijamin seru serta mengasyikkan, sehingga para pengunjung tidak boleh melewatkan Hooping island ini.

Apalagi para pengunjung pergi bersama dengan pasangan, pasti akan meninggalkan kesan romantisme yang tidak terlupakan.

  1. Berenang Bersama Hiu

interaksi manusia dengan hiu, taman nasional karimunjawa
Sumber Gambar : epicindonesiacom (instagram)

Apabila para pengunjung ingin menguji adrenalinnya yang tidak biasa dan mainstream, para pengunjung dapat mencoba melakukan kegiatan ini, salah satunya ialah berenang bersama hiu.

Dijamin adrenalin anda akan terpacu karena olahraga ini, para pengunjung tidak perlu merasa takut dikarenakan kegiatan ini akan didampingi oleh guide profesional.

  1. Glass Bottom Boat

kapal dan pasangan karimunjawa, taman nasional karimunjawa
Sumber Gambar : karimunjawa_trip (instagram)

Bagi anda para pengunjung yang tidak bisa berenang, tidak usah khawatir karena tidak bisa melihat keindahan pesona bawah laut.

pengunjung masih bisa menikmati keindahan alam bawah laut, dikarenakan pengelola taman wisata ini sudah menyiapkan beberapa solusi  salah satunya berupa Glass Bottom Boat.

Fasilitas ini berupa perahu yang bagian bawahnya di lapisi kaca yang berguna untuk para wisatawan yang ingin melihat pesona bawah laut tanpa harus menyembur ke perairan.

  1. Permainan Jet Ski

bermain jetski, taman nasional karimunjawa
Sumber Gambar : jetskisafarijepara (instagram)

Bagi para pengunjung yang gemar dengan olahraga petualangan di laut lepas, maka jangan lupa untuk mencoba bermain jet ski di objek wisata ini.

Permainan jetski yang bisa memacu adrenalin, selain memacu andrenalin juga terdapat sisi Romantis apabila dilakukan berdua dengan pasangan, sangat indah bukan.

  1. Berkemah

kemah pantai karimunjawa, taman nasional karimunjawa
Sumber Gambar : hasnudinkarjawa (instagram)

Di Taman Nasional Karimunjawa ini, selain para pengunjung bisa menikmati aktivitas bermain di air, juga terdapat salah satu kegiatan yang sama sekali di luar permainan air.

Permaianan tersebut adalah  kegiatan berkemah, pengelola tempat wisata Taman Nasional Karimunjawa sudah menyiapkan tempat-tempat yang bisa dijadikan tempat camping.

Tempat – tempat ini di tujukan bagi para pengunjung yang ingin menikmati malam di bibir pantai, ditemani oleh suara ombak sembari menatap bintang – bintang di langit.

  1. Memancing

ikan hasil memancing, taman nasional karimunjawa
Sumber Gambar : tourguide_karimunjawa (instagram)

Kegiatan yang satu ini pasti tidak akan pernah ketinggalan apabila sudah berbicara dengan pantai, para pengunjung yang hobi olahraga memancing bisa menuntaskan hobinya di sini.

Karena di objek wisata ini banyak spot memancing yang bisa dijadikan sebagai pilihan, pastinya hal ini akan menjadi sebuah kenangan yang tidak bakal terlupakan.

Akan tetapi untuk bisa memancing di objek wisata ini para pengunjung harus membayar biaya masuk sebesar Rp 25.000.

Fasilitas Taman Nasional Karimunjawa

Para pengunjung tidak perlu mengkhawatirkan tentang fasilitas yang berada di wisata Taman Nasional Karimunjawa.

Karena pengelola sudah menyiapkan beberapa fasilitas dan pelayanan yang baik untuk bisa digunakan oleh para pengunjung.

Di antaranya terdapat area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi / mck, tempat penginapan, warung makan, wahana air laut, serta masih banyak lagi fasilitas yang bisa digunakan oleh para pengunjung yang datang ke objek wisata Taman Nasional Karimunjawa ini.

Transportasi Menuju Taman Nasional Karimunjawa

Untuk bisa mengunjungi Taman Nasional Karimunjawa, para wisatawan bisa menggunakan mobil pribadi ataupun motor, selanjutnya rute bisa langsung menuju ke Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

Begitu juga dengan para pengunjung yang menggunakan angkutan transportasi umum baik bismaupun angkutan umum lainnya, semua bisa berhenti di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

Dari sini para pengunjung dapat menaiki kapal KMC Kartini yang menuju ke Karimunjawa dengan waktu perjalanan kurang lebih sekitar 4 jam.

Jadi sangat mudah untuk dijangkau, dan kalau memang masih bingung para wisatawan bisa menggunakan aplikasi Google Map,s untuk mencari objek wisata Taman Nasional Karimunjawa agar tidak tersesat.

Saran Dan Tips

Untuk para pengunjung yang ingin mengunjungi tempat wisata Taman Nasional Karimunjawa perlu mempersiapkan keperluan yang dibutuhkan seperti, membawa bekal, air minum dan lain sebagainya.

Dan jangan ketinggalan juga barang tambahan seperti kamera yang wajib dibawa untuk bisa mengabadikan momen bersama keluarga ataupun sahabat ataupun pasangan Anda saat berkunjung ke Taman Nasional ini.

Di Karimunjawa ketersediaan listrik agak sedikit menjadi kendala dikarenakan listrik baru akan tersedia  dari pukul 18.00  sore hingga 06 .00 pagi.

Jadi untuk pengunjung harus menyiapkan alat unuk menyimpan daya listrik sendiri seperti power Bank untuk mengantisipasi kelangakaan ketersediaan listrik di tempat ini.

Dan para pengunjung yang membawa peralatan elektronik seperti kamera, smartphone ataupun peralatan elektronik lainnya, Pastikan batrainya full untuk bisa di gunakan sampai listrik kembali tersedia.

Perlengkapan lain yang wajib di bawa oleh para pengunjung adalah peralatan  kesehatan  contohnya seperti, sabun, tisu basah, obat-obatan, dan antiseptic, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Dan siapkan kondisi fisik anda dan kendaraan anda supaya liburan yang akan anda jalani berjalan dengan lancar, dan jangan lupa untuk selalu berhati – hati dan waspada dimanapun anda berada.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×