BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Pesona Air Terjun Kedung Kandang Yang Indah

Pesona Air Terjun Kedung Kandang Yang Indah Yang Berada Di Tengah Sawah

0 156

 

batu air terjun, air terjun kedung kandang
Sumber Gambar : wsetiyadi96 (instagram)

Pesona Air Terjun Kedung Kandang Yang Berada Di Tengah Sawah

pemandangan ala, air terjun kedung kandang
Sumber Gambar : abyonyol (instagram)

Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mempunyai beragam wisata alam yang mempesona salah satunya ialah air terjun Kedung kandang.

Yang lokasinya berada di tengah sawah, air terjun ini bermanfaat tidak hanya  untuk mengairi areal persawahan saja akan tetapi juga cocok buat destinasi wisata alam yang cocok bagi semua kalangan.

Tracking Menuju Air Terjun Kedung Kandang

rute menuju air terjun, air terjun kedung kandang
Sumber Gambar : andrebelong (instagram)

Air terjun Kedung kandang berada di kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, tepatnya di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Para pengunjung yang akan mengunjungi obyek wisata ini saat memasuki Desa, sudah disuguhi dengan sajian, berupa pemandangan alam pedesaan yang asri, dan keramahan penduduk sekitar.

Untuk bisa menuju ke objek wisata Air Terjun Kedung kandang, para pengunjung tidak perlu risau, dikarenakan kondisi jalan sudah cukup bagus, sehingga bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Akan tetapi kendaraan yang di bawa hanya bisa sampai di area parkiran saja, dan selanjutnya para pengunjung bisa melakukan trakking menuju objek wisata air terjun Kedung kandang.

Jalur yang akan dilalui pengunjung untuk menuju air terjun kedung kandang, tidak sesulit apabila menuju lokasi air terjun lainnya yang lokasinya  yang berada di tengah hutan, maupun di atas puncak perbukitan.

Dikarenakan lokasi Air Terjun Kedung kandang berada di gugusan batu tebing, sawah yang berundak (terasiring), dengan demikian jalur ini bukan hanya bisa dilalui oleh orang dewasasaja namun anak-anak pun bisa dengan mudah melaluinya.

Tetapi bukan berarti mengabaikan kehati-hatian dan kewaspadaan dikarenakan jalur yang akan dilalui sangat licin apabila dalam kondisi basah.

Objek wisata ini akan ramai dikunjungi pada saat musim penghujan. maka para pengunjung sebaiknya menggunakan alas kaki yang tepat, agar tidak tergelincir ataupun terpeleset.

Apabila para pengunjung ingin mengunjungi objek wisata di musim kemarau, maka debit air yang mengalir di air terjun Kedung kandang ini juga akan menyusut ataupun berkurang.

Dikarenakan objek wisata Air Terjun Kedung kandang, merupakan air terjun musiman, yang mempunyai arti air terjun ini tidak setiap saat bisa menikmati keindahannya.

Pada musim kemarau debit airnya yang mengalir ke air terjun ini akan bakalan menyusut atau berkurang secara drastis, sehingga akan mengurangi nilai ke eksotisannya.

aliran air sedikit, air terjun kedung kandang
Sumber Gambar : dinda_leonydw (instagram)

pada musim liburan, objek wisata ini banyak didatangi oleh para wisatawan yang ingin menikmati keidanahan panorama alam yang tersaji.

Terdapat Gazebo yang besar, serta fasilitas penunjang lainnya yang berada di area dekat lokasi parkiran.

Kemudian para pengunjung harus melakukan tracking menurun dan langsung menuju ke area persawahan, setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan jalur dengan penunjuk arah yang sudah tersedia di area persawahan tersebut.

Sampailah para pengunjung di lokasi objek wisata air terjun kedung kandang yang berundak, layaknya air terjun yang yang ada di Ubud Bali.

Keindahan Air Terjun Kedung Kandang

Objek wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan karena mempunyai beberapa daya tarik yang indah antara lain :

Pesona Keindahan Air Terjun

Destinasi wisata Air Terjun Kedung kandang mempunyai daya tarik tersendiri karena berada di tengah sawah dan berbeda dengan objek wisata air terjun pada umumnya.

persawahan, air terjun kedung kandang
Sumber Gambar : setyobudiu (instagram)

Pengunjung yang akan berwisata ke objek wisata air terjun kedung kandang ini harus melakukan perjalanan sejauh 500 meter dari tempat parkir.

Waktu yang di butuhkan oleh para pengunjung sekitar 15-20 menit hingga sampai ke objek wisata ini ataupun tergantung dari kekuatan fisik para wisatawan.

Di objek wisata ini terdapat enam undakan yang berbentuk tebing-tebing, sehingga menyerupai seperti anak tangga atau seperti terasering yang berada di persawahan.

Air terjun ini mempunyai air yang cukup jernih, akan tetapi di musim tertentu air yang mengalir di air terjun ini agak sedikit keruh.

Serta pada musim kemarau air yang mengalir akan menjadi sedikit, sehingga pemandangan terbesar yang bisa di lihat oleh para pengunjung hanyalah bebatuan yang berbeda.

Air terjun Kedung kandang juga tidak memiliki kolam yang dalam seperti halnya air terjun yang lain, dan aliran airnya tidak terlalu besar dan kencang, hal tersebut sudah menjadi karakteristik air terjun berundak.

Objek wisata ini mempunyai ketinggian luncur sekitar 25 m, akan tetapi dikarenakan air terjun berundak maka arus air yang melalui air terjun ini tidak langsung menghujam bumi, namun secara bertahap hingga sampai dikolam yang berada di bawah air terjun.

Pesona Alam Sekitar

pesona alam, air terjun kedung kandang
Sumber Gambar : aswandarwis (instagram)

Air terjun Kedung kandang yang berada di area persawahan mempunyai pemandangan alam seperti hamparan sawah milik penduduk, perbukitan yang mengelilingi objek wisata ini serta keindahan air terjun itu sendiri.

Berpadu menjadi satu hingga menyajikan keindahan alam yang luar biasa, ditambah aliran air menuju sungai serta hijaunya pepohonan, hamparan padi, menjadi sebuah keindahan yang mampu membawa ketenangan sejenak dari penat nya aktivitas sehari-hari.

Di objek wisata ini juga terdapat beberapa Gazebo, yang menambah kecantikan pesona keindahan alam sekitar, serta  disini mempunyai udara yang masih menyejukkan.

Selain itu para pengunjung akan disambut dengan keramahtamahan penduduk sekitar, karena yang sudah  kita ketahui bersama, bahwa daerah Istimewa Yogyakarta memiliki budaya keramahan serta kesantunan dalam bersikap di antara sesama manusia.

Hal tersebut menjadi nilai tambah bagi majunya pariwaisata kota ini, selain memang kota ini mempunyai keindahan alam yang bisa di kelola menjadi objek wisata yang terkenal.

Lokasi Air Terjun Kedung Kandang

Seperti yang telah diutarakan di atas air terjun Kedung kandang berada di kawasan gunung api purba yang tepatnya beralamat di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Apabila para pengunjung,masih bingung untuk mencari alamat tersebut bisa mencarinya di aplikasi Google Map yang sudah tersedia di Smartphone anda.

Rute Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Kedung Kandang

Para pengunjung yang ingin mengunjungi lokasi objek wisata ini dari kota Yogyakarta berjarak sekitar 20km, dan bisa ditempuh menggunakan kendaran selama sekitar 30menit.

Rute yang dilalui  bisa melalui jalan Wonosari atau juga bisa melalui jalan menuju daerah Sindangsari di Kabupaten Sleman.

Para pengunjung yang sudah berada di daerah Wonosari, perjalanan dilanjutkan menuju Kecamatan Patuk yang kemudian mengambil arah ke sebelah kiri menuju Dusun Bobung, yang berada tepat sebelum SMPN 2 patuk. Dari Dusun Bobung lokasi Air Terjun sudah tidak jauh lagi.

Jam Operasional Serta Harga Tiket Air Terjun Kedung Kandang

Untuk objek wisata Kedung kandang terbuka selama 24 jam sehari dimulai dari hari Senin sehingga hari Minggu. Dibuka mulai pukul 08.00 Wib sampai 17.00 Wib.

Pengunjung sudah harus meninggalkan objek wisata tersebut sebelum malam menjelang, dikarenakan objek wisata ini belum memiliki penerangan sama sekali.

Untuk retribusi biaya masuk objek wisata ini sebesar Rp7.000 per orang

Penginapan Di Air Terjun Kedung Kandang

Objek wisata ini sudah terdapat penginapan akan tetapi jaraknya sekitar 5 km, apabila para wisatawan ingin menginap dan ingin lebih lama menikmati keindahan alam  objek wisata ini.

Biaya penginapan disini sangat terjangkau bagi para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini.

Di Objek Wisata ini para pengujung bisa melakukan berbagai aktifitas seperti :

Wisatawan yang berada di air terjun kedung kandang bisa melakukan aktifitasnya semabri bersantai menikmati panorama alam yang indah

Bermain Air

mandi di air terjun, air terjun kedung kandang
Sumber Gambar : andrejuliant_ (instagram)

Tidak sah apabila sudah berada di objek wisata yang berhubungan dengan wisata air namun kita tidak bermain air.

Disini para wisatawan bisa bemain air sepuasnya mengingat aliran airnya yang tidak begitu deras menjadikan tempat ini aman untuk bermain air.

Selain itu para wisatawan yang bermain air di objek wisata ini harap berhati-hati jaga keselamatan,serta gunakan alas kaki yang cocok untuk bisa di gunakan dia area ini.

Karena mayoritas yang berada di sungai ini baruba batu maka kehati-hatian serta kewaspadaan yang tinggi dari para pengunjung sangat di perlukan untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan.

Hunting Foto

lihat air terjun, air terjun kedung kandang
Sumber Gambar : yaniragiel_ (instagram)

Wisatawan jaman sekarang kayaknya sudah menjadi kewajiban apabila datang mengunjungi sebuah tempat harus mengabadikan momen indah tersebut.

Tidak terkecuali di objek wisata ini, terdapat Gazebo yang menjadi spot foto yang instagramable dengan latar belakang keindahan alam sekitar dan sudah barang tentu latar belakang air terjun kedung kandang menjadi spot foto utama.

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke obyek wisata ini selalu patuhi protokol kesehatan dan jangan lupa selalu berhati-hati demi keselamatan dan keamanan bersama

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×