BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Pesona Air Terjun Tancak

Pesona Air Terjun Tancak Yang Eksotis

0 166
air terjun tancak, air terjun tancak
Sumber Gambar : sndprdn (instagram)

Pesona Air Terjun Tancak

Kabupaten Jember mempunyai beberapa tempat wisata yang patut dikunjungi, Salah satunya yaitu Air Terjun Tancak yang berada di kaki Gunung Pasang, dengan tinggi meluncur air sekitar 82 meter.

Objek wisata ini memiliki udara yang sejuk ,serta pemandangan hijau perkebunan, yang membuat para wisatawan yang datang ke tempat ini ingin berlama-lama menikmati udara yang segar dan pemandangan yang indah.

Wisatawan yang ingin melihat keindahan Air Terjun Tancak, harus berjalan kaki melewati Jalan Setapak yang cukup menanjak dan menantang.

Sepanjang perjalanan trekking ini, pemandangan alam pegunungan dan perkebunan kopi yang indah selalu setia menemani, jadi usahakan wisatawan dalam kondisi Prima.

Air terjun ini mempunyai air yang sangat jernih, dingin, serta menyegarkan, terdapat sebuah kolam yang bisa digunakan  wisatawan untuk bermain air, dan bisa juga untuk berenang, selain berenang, pengunjung juga bisa berendam untuk merasakan kesegaran airnya.

Datanglah bersama teman-teman dan nikmati pemandangan yang hijau yang berada di sekitar air terjun tancak, tempat ini sangat keren buat diambil foto-fotonya.

Lokasi Air Terjun Tancak

Daerah perbukitan tancak masuk ke wilayah Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur, merupakan letak dari Air Terjun Tancak ini, wisatawan yang datang ke air terjun ini menyebut air terjun yang jatuh dari langit.

Rute Menuju Air Terjun Tancak

rute air terjun, air terjun tancak
Sumber Gambar : why_uni (instagram)

Untuk bisa mencapai obyek wisata ini, para pengunjung bisa menggunakan mobil maupun sepeda motor dengan melewati PDP Jember, selanjutnya menyusuri sepanjang jalan berbatu atau makadam serta Jalan Setapak yang berada di area kebun kopi.

Disaat Kebon Kopi berbunga di sepanjang perjalanan kita akan dimanjakan oleh semerbak harum bunga kopi yang tumbuh mekar di perkebunan ini.

Letaknya yang dekat dari pusat Kota Jember, yang hanya berjarak sekitar 16 kilometer, perjalanan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi.

Setelah itu sampai di gunung pasang kendaraan harus dititipkan ke rumah – rumah penduduk dikarenakan jalanan nya tidak bisa dijangkau dengan kendaraan.

Selanjutnya pengunjung harus berjalan kaki dengan melewati Jalan Setapak yang berjarak sekitar 4 km, selama melakukan perjalanan tersebut, wisatawan akan disuguhi pemandangan agrowisata kopi yang berada di Gunung pasang.

Para wisatawan juga bisa melihat pemandangan para pemetik kopi yang dilatarbelakangi dengan gunung pasang.

Jam Buka Air Terjun Tancak Tiket Air Terjun Tancak

Objek wisata ini terbuka untuk umum selama 24 jam nonstop dan buka sepanjang hari.

Untuk memasuki objek wisata Air Terjun Tancak, wisatawan tidak dipungut biaya, wisatawan hanya dikenai biaya tiket parkir motor sebesar Rp 2.000 serta Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Fasilitas Air Terjun Tancak

Objek wisata ini belum memiliki fasilitas yang memadai, dikarenakan wisata Air Terjun Tancak merupakan wisata alam, sehingga fasilitas yang tersedia sangatlah minim.

Hanya ada beberapa warung makan milik penduduk yang berada di taman bermain sebelum masuk ke wilayah gunung pasang.

Untuk wisatawan yang ingin menginap di objek wisata ini terdapat alternatif yaitu bisa berkemah di dekat air terjun.

kemah, air terjun tancak
Sumber Gambar : alsaa.efy (instagram}

Daya Tarik Air Terjun Tancak

  1. Air Terjun Tancak Tertinggi Di Jember

    suasana air terjun, air terjun tancak
    Sumber Gambar : samsulbanana (instagram)

Objek wisata ini terletak di tengah perkebunan kopi serta hutan lindung Perum Perhutani peta 57 B, dengan memiliki tinggi luncur air terjun sekitar 82 meter.

Yang merupakan air terjun tertinggi yang berada di Kota Jember mempunyai air yang sangat jernih yang dapat dinikmati sepanjang tahun dikarenakan pasokan airnya relatif stabil.

Obyek wisata tersebut terlihat sangat gagah dengan memiliki debit air dengan rata – rata 150 M3 per detik di saat musim puncaknya.

Pesona alam yang berada di sekitar Air Terjun Tancak merupakan, pemandangan Tebing Tinggi yang ditumbuhi tanaman semak belukar yang alami. Air terjun bebas dari tebing memberikan rasa segar serta sejuk.

wisata air terjun, air terjun tancak
Sumber Gambar : nafiatusmursidah (instagram)

Di lokasi objek wisata ini pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti mandi dan berenang akan tetapi sangat disarankan aktivitas tersebut hanya dilakukan di tepi kolam.

Disarankan jangan sampai ke tengah dikarenakan bahaya yang ditimbulkan Untuk para pengunjung dan disarankan tentunya para wisatawan harus tetap waspada.

  1. Air Terjun Tancak Terletak Di Tengah Kebun Kopi

    kebun kopi tancak, air terjun tancak
    Sumber gambar : eva_yulia01 (instagram)

Untuk bisa mencapai obyek wisata Air Terjun Tancak, pengunjung bisa menggunakan mobil pribadi maupun sepeda motor dengan melewati PDP Jember, dan selanjutnya menyusuri sepanjang jalan berbatu atau makadam serta Jalan Setapak di perkebunan kopi

Pemandangan akan berbeda di saat Kebun Kopi ini sedang berbunga, di sepanjang perjalanan para pengunjung akan dimanjakan oleh semerbak harum yang keluar dari bunga kopi, serta di sepanjang jalan banyak dijumpai kotoran luwak yang berbentuk biji kopi.

Kotoran tersebut apabila diolah menjadi jenis kopi harganya sangat mahal, bahkan bisa dibilang termahal di dunia, jenis kopi tersebut sangat terkenal dengan sebutan kopi luwak.

  1. Lingkungan Yang Asri Di Terjun Tancak

    hujau, air terjun tancak
    Sumber Gambar : andik_ardian0904 (instagram)

Pemandangan yang terdapat di sekitar Air Terjun Tancak masih sangat alami, sehingga hembusan angin yang berada di sekitar area ini sangat sejuk.

Mempunyai air yang sangat segar akan membuat wisatawan betah berlama-lama di Air Terjun Tancak ini, selain alam yang masih Asri terdapat beberapa satwa liar, yang bisa dijumpai para wisatawan seperti burung jalak monyet dan bahkan Elang Jawa.

Di area ini hembusan anginnya masih cukup sejuk dan segar, dikarenakan jauh dari perkotaan dan menjadi ciri khas daerah perkebunan, para wisata awan akan ditemani oleh beberapa kicauan burung yang semakin membuat pengunjung betah berlama-lama.

Di daerah ini dikarenakan jauh dari hiruk pikuk perkotaan maka udaranya masih sejuk dan air yang mengalir di air terjun ini juga sangat bersih dan jernih.

Untuk bisa menikmati panorama Air Terjun Tancak dengan nyaman, serta cuaca yang mendukung, alangkah baiknya pengunjung datang pada musim kemarau, dikarenakan apabila masuk musim penghujan kondisi jalan Setapak  di area ini sangat becek serta licin.

  1. Berburu Foto Di Air Terjun Tancak

    kolam air terjun, air terjun tancak
    Sumber Gambar : devipa25 (instagram)

Jaman milienial seperti sekarang, tidak sah apabila saat mengunjungi suatu tempat tidak melakukan foto-foto Ria.

Para wisatawan bisa foto – foto di sekitar Air Terjun Tancak ini karena memiliki pemandangan yang begitu mempesona serta air terjun yang begitu indah, sehingga foto yang dihasilkan akan sangat menarik dengan menonjolkan keindahan alam.

Tips Mengunjungi Air Terjun Tancak

busana simple,air terjun tancak
Sumber Gambar : ikesusilowati (instagram)

Untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun tancak ada beberapa tips yang bisa digunakan atau sebagai referensi sebelum berlibur ke objek wisata ini.

Pastikan wisatawan mempunyai fisik yang prima, sebelum melakukan perjalanan menuju air terjun tancak, dikarenakan lokasi air terjun tancak yang berada di perbukitan.

Sehingga akan membutuhkan banyak energi dan akan sangat melelahkan. Para wisatawan harus melakukan tracking naik turun Bukit, serta melewati jalan berbatu sebelum sampai di tempat tujuan.

Selain memiliki fisik yang Prima, wisatawan juga diharapkan membawa bekal makan dan minum sendiri dari rumah, dikarenakan perjalanan yang dilakukan dengan cara tracking atau berjalan kaki dalam waktu yang agak lama.

Pasti akan membuat kamu ke kelelahan serta kehausan dan di sekitar area Air Terjun Tancak, belum ada fasilitas warung makan.

Maka wisatawan bisa membawa bekal makanan sendiri untuk disantap di sekitar area objek wisata ini. Diharapkan para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini, datangnya pada musim kemarau.

apabila pada musim hujan, jalan yang menuju air terjun lebih sangat berbahaya dikarenakan jalanan akan berubah becek yang akan mengakibatkan wisatawan mudah atau lebih gampang terpeleset.

Untuk para wisatawan, terutama wisatawan perempuan, apabila mengunjungi Air Terjun Tancak, lebih baik memakai pakaian yang nyaman dan aman, dan jangan lupa menggunakan Sepatu atau sendal gunung untuk memudahkan perjalanan menuju objek wisata ini.

Objek Wisata Dekat Air Terjun Tancak

agro wisata gunung pasang, air terjun tancak
Sumber Gambar : fenykoe (instagram)

Sebagai informasi di sekitar objek wisata Air Terjun Tancak, masih ada beberapa objek wisata lainnya yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan, salah satunya ialah Agrowisata Gunung Pasang yang berjarak 4 km dari air terjun tancak.

Di sini para wisatawan bisa melihat hamparan pepohonan, dan juga beberapa rumah warga terlihat jelas Ketika dilihat dari jalan menuju ke tempat wisata Gunung pasang.

Terdapat aliran sungai yang jernih dan segar di kaki Gunung Pasang serta terdapat Spot foto, bermain air, merupakan beberapa fasilitas yang berada di wisata alam Taman Gunung Pasang.

Sekitar wisata alam Taman Gunung Pasang, terdapat objek wisata lain yang masih berada di sekitar air terjun tancak, yang berjarak sekitar 17 kilometer yang bernama wisata sukorambi Botanical Garden.

Di area ini wisatawan bisa melihat persawahan dan sebagian wilayahnya merupakan hutan, terdapat flora dan fauna yang berada di Taman Botani ini.

Selain itu terdapat kolam ikan, kolam renang, kafe, serta restoran yang memiliki 2 lantai, serta aktivitas rekreasi yang meliputi olahraga air dan flying fox.

Jadi tunggu apalagi segera agendakan untuk berlibur dan mengunjungi tempat wisata ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×