BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

10 Wisata Alam Semarang Yang Super Memukau Menarik Untuk Di Kunjungi

Wisata alam Semarang

0 296
wisata alam semarang yang memukau
sumber gambar : @albertus_bagusr (instagram)

Kota Semarang merupakan salah satu kota yang paling berkembang di Pulau Jawa, dan menjadi kota metropolitan terbesar ke lima di Indonesia.

Kota Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang populer dengan kaya akan sisa-sisa kejayaan masa lampau hal ini di buktikan dengan adanya Kota Tua, Klenteng Sam Po Kong, Kampung Arab, Kampung Melayu dan lain sebagainya.

Keunikan kota tersebut tidak hanya dari budayanya namun juga populer dengan kekayaan wisata alam Semarang yang begitu indah untuk di kunjungi.

Apa saja kah wisata alam Semarang tersebut ? Simak ulasan di bawah ini.

1. Wisata Alam Semarang Pantai Tirang

pantai tirang wisata alam semarang
sumber gambar : @dian_prmna (instagram)

Pantai Tirang merupakan destinasi wisata alam Semarang yang memukau wajib anda kunjungi. Pantai Tirang terletak di Tambakrejo, Tugu, Semarang.

Lokasi Pantai Tirang tidak terlalu jauh dari Bandar Udara Ahmad Yani. Para wisatawan jika berkunjung di tempat ini akan menemukan para nelayan melakukan aktifitas mencari ikan.

Pantai Tirang letaknya bersebelahan dengan Pantai Maron, kedua pantai tersebut dipisahkan oleh muara sungai Silandak. Para wisatawan bisa menikmati tidak hanya satu pantai, namun dua pantai sekaligus.

Keindahan pantai ini tidak diragukan lagi, pemandangan yang begitu eksotis memanjakan mata. Para wisatawan akan merasa nyaman jika berada di tempat ini. Namun di balik keindahan tersebut ternyata pantai ini menyimpan sejarah yang membuat anda penasaran.

Pada zaman dahulu di ujung kampung Tapak terdapat sebuah pulau kecil yang dikenal sebagai lambang kota Semarang.

Pulau itu dinamakan sebagai Pulau Tirang, namun pulau itu kini telah hilang karena terkena abrasi yang sangat hebat yang mengakibatkan segala jenis flora dan fauna lenyap tidak tersisa.

Abrasi tersebut tidak di ketahui oleh banyak orang, kecuali para warga sekitar dan saksi yang terjadi abrasi. Meski begitu terdapat sisa-sisa garis pantai yang berada di bekas Pulau Tirang. Hingga kini pulau tersebut di kenal sebagai sebutan Pantai Tirang.

Saat ini kawasan Pantai Tirang banyak di tumbuhi oleh banyak pohon mangrove yang sengaja di tanam untuk mengurangi abrasi yang makin parah.

Selain pohon mangrove, anda juga bisa melihat aneka terumbu karang yang sangat cocok untuk di jadikan foto latar belakang. Tempat ini terdapat banyak spot cantik yang bisa di manfaat untuk di abadikan dalam bidikan kamera.

2. Wisata Alam Semarang Umbul Sidomukti

umbul sidomukti wisata alam semarang
sumber gambar : @umbul.sidomukti (instagram)

Umbul Sidomukti merupakan salah satu wisata alam Semarang yang lebih tepatnya berada di Desa Sidomukti, Jimbaran, Bandungan.

Wisata alam Semarang Umbul Sidomukti merupakan sebuah tempat yang menyediakan kolam renang dan pemandian alami dengan aliran air yang langsung diambil dari alam.

Wisata alam Semarang ini berada pada ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut. Dari ketinggian tersebut para wisatawan sudah dapat merasakan keindahan alam sekitar dan juga menikmati panorama yang dapat memanjakan mata. Suasana udara sejuk dan teduh membuat anda semakin ingin berlama-lama berada di tempat ini.

Wisata alam Semarang ini menyediakan 2 kolam renang yang bertingkat, dengan kedalaman yang bermacam-macam.

Kolam pertama di sediakan untuk orang dewasa dengan kedalaman 1.5 meter. Sedangkan kolam kedua yang di sediakan untuk anak-anak dengan kedalaman sekitar 30 cm.

Kolam renang ini bentuknya berbeda dengan kolam pada umumnya, kolam renang ini terbentuk seperti mangkok.

Terdapat berbagai wanahan yang bisa anda nikmati di sekitar kawasan Umbul Sidomukti. Apa saja kah wahana tersebut?

Wahana Taman Renang Alam

Wahana ini menyediakan kolam renang dengan air yang bewarna sangat jernih, membuat para wisatawan merasa segar saat melihatnya dan ingin mencoba berenang ke dalam kolam tersebut.

Saat anda berendam di kolam tersebut, anda akan menikmati keindahan pemandangan alam yang begitu memukau di depan mata.

Saat anda berkunjung ke Kota Semarang, tidak lengkap jika tidak mengunjungi kawasan wisata alam Semarang ini.

Wahana Pacu

Karena letak wisata ini berada pada ketinggian membuat tempat ini di jadikan sebagai wahana fly fox, marine bridge, highest, dan sepeda awang.

Wahana tersebut membutuhkan nyali yang berani, karena wahana ini akan memacu andrenalin, namun meskipun wahana tersebut penuh dengan andrenalin, tingkat keamanannya sudah terbukti.

Terdapat jaring-jaring di bawah wahana tersebut, hal ini membuat para wisatawan tidak perlu khawatir saat jatuh tiba-tiba akibat tali rusak ataupun putus. Karena jaring-jaring tersebut akan menangkap anda.

Tidak hanya itu anda bisa berjalan di jembatan yang hanya ada satu. Saat melintasi jembatan ini anda harus konsentrasi dan sebaiknya tidak melihat ke bawah, karena di bawah terdapat jurang yang membuat anda merinding.

Saat berada di pertengahan jembatan, anda akan merasakan hembusan angin yang super kencang.

Wahana Little Ranch

Wahana ini akan membawa anda untuk menikmati keindahan perkebunan di sekitar Umbul Sidomukti dengan menggunakan kuda.

Sayangnya wahana ini hanya tersedia saat weekend saja, karena saat weekday kuda harus beristirahat dan mendapatkan perawatan ekstra. Kuda-kuda tersebut sudah terlatih dan sangat ramah.

Wahana Goa Tirta

Goa Tirta merupakan goa buatan yang menjadi wahana baru kawasan Umbul Sidomukti. Para wisatawan bisa menyusuri goa sejauh 135 meter.

Goa Tirta sering menjadi tempat foto prewedding, karena keindahannya yang memukau.

Panahan

Selain wahana yang ada diatas, tempat ini juga terdapat wahana panahan. Namun jika anda tidak bisa memanah, anda bisa meminta untuk belajar memanah dengan pemanah profesional yang ada di sekitar kawasan tersebut.

3. Wisata Alam Semarang Hutan Pinus

hutan pinus wisata alam semarang
sumber gambar : @sahabatamfibi (instagram)

Hutan Pinus merupakan wisata alam Semarang yang terletak di Dusun Krangkeng, Desa Batur, Kecamatan Getasan.

Hutan Pinus berada di sebelah utara Gunung Merbabu.Hutan Pinus yang ada di Semarang ini tidak kalah menarik dengan Hutan Pinus lainnya ada di Indonesia.

Hutan Pinus ini sangat cocok untuk anda yang ingin menikmati suasana sejuk dan teduh dari panasnya kota Semarang.

Udara yang ada di sekitar hutan pinus sejuk seperti berada di pegunungan serta hijaunya membuat mata dan hati terasa nyaman dan kembali segar.

Tempat ini juga menjadi lokasi ideal untuk mendapatkan foto yang cantik. Hutan pinus selalu jadi incaran para pasangan untuk melakukan foto prewedding.

Anda bisa menikmati keindahan alam bersama keluarga ataupun pasangan. Tempat ini bisa di gunakan untuk para wisatawan bercamping.

Namun sebelum melakukan camping sebaiknya meminta izin terlebih dahulu dari aparat desa setempat. Bagi para wisatawan diharapkan untuk selalu menjaga kelestarian hutan, jangan membuang sampah sembarangan. Lindungi alam dan hutan jangan mencemarinya.

4. Wisata Alam Semarang Hutan Penggaron

hutan penggaron wisata alam semarang
sumber gambar : @avittkuntjoro (instagram)

Hutan Penggaron ini salah satu destinasi wisata alam Semarang yang terletak di Susukan, Ungaran Timur, Siroto.

Hutan Penggaron di kelelola oleh Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah. Tempat ini menjadi destinasi yang selalu di jadikan tempat di selenggarakannya kegiatan outdoor.

Kegiatan outdoor yang sering di lakukan seperti camping oleh beberapa komunitas ataupun organisasi. Hutan ini yang di penuhi dengan beberapa pepohonan membuat suasana menjadi sejuk dan teduh.

Terdapat pula beberapa spesies burung yang banyak di temui di hutan ini. Jika anda ingin menikmati suara kicauan burung, lebih baik anda berkunjung ke tempat ini saat pagi hari.

Hutan Penggoran juga menjadi tempat off road yang di selenggarakan oleh masyarakat sekitar. Medan yang cukup menantang membuat para penggemar off road gemar berkendara di tempat ini.

Saat libur panjang adalah waktu yang paling tepat untuk menikmati keindahan alam di kawasan ini, cocok untuk anda yang ingin menghilangkan setumpuk beban pikiran dan penat yang ada.

Semuanya akan hilang dalam sekejap saat anda berkunjung di kawasan ini. Anda bisa melakukan hunting foto di wisata ini dengan latar belakang pepohonan yang memukau.  Tempat ini akan membuat anda nyaman dan rasa bosan akan aktifitas sehari-hari hilang.

Hutan Penggaron menjadi lokasi para pengunjung untuk melakukan photoshot seperti yearbook, pra-wedding, atupun sebagai foto-foto biasa untuk dijadikan foto kenangan. Kawasan ini memiliki pepohonan yang masih terbilang sangat hijau dan asri.

Wisata ini tidak pernah sepi oleh pengunjung, selalu ramai di padati wisatawan saat musim liburan maupun hari-hari biasa. Terdapat beberapa aktifitas yang bisa anda lakukan seperti outbond, trekking, penelitian dan lain sebagainya.

5. Wisata Alam Semarang Brown Canyon

brown canyon wisata alam semarang
sumber gambar : @rouldy_endy (instagram)

Wisata alam Semarang yang satu ini berada di Rowosari, Tembalang. Wisata Brown Canyon terbentuk akibat proses alam dan juga proses galian yang di lakukan oleh penambang yang ada di sekitar Semarang.

Masyarakat sekitar wisata memanfaatkan tempat ini untuk mengais rejeki dengan cara penggalian pasir di sekitar tebing.

Hingga saat ini warga sekitar melakukan penggalian tanah urug dan batu padas. Dahulunya tempat ini tidak di jadikan sebagai destinasi wisata namun tempat ini merupakan area perbukitan biasa.

Karena sering di lakukan proses penambangan setiap hari dan juga setiap waktu dalam jangka panjang dan lama hingga bertahun-tahun.

Hal ini menyebabkan kawasan wisata yang mirip dengan Grand Canyon yang terletak di Arizona, Amerika Serikat.

Para wisatawan yang datang tidak hanya lokal tapi mancanegara juga ikut menikmati keindahan wisata ini. Brown Canyon memiliki keindahan yang begitu eksotis dari panorama pemandangan alam. Brown Canyon merupakan spot terbaik bagi para pecinta dunia fotografi.

Para wisatawan bisa melihat dan menyaksikan tebing-tebing yang tinggi dan menjulang. Terdapat beberapa pepohonan yang ada di area puncak membuat kawasan wisata ini memiliki daya tarik tersendiri.

Brown Canyon sangat di rekomendasikan untuk anda yang ingin berkunjung di Kota Semarang. Sangat di sayangkan jika anda berada di Semarang tidak mampir ke wisata Brown Canyon.

Para penambang pasir setiap hari beroperasi. Hasil tambang berupa pasir dan juga bebatuan kemudian dijual kepada supplier.

Karena adanya penambang bebatuan cadas, lama kelamaan menjadi terkikis, dengan terkikis tersebut menjadikan Brown Canyon menampilkan wajah baru yang lebih eksotis. Brown Canyon merupakan bukan termasuk kawasan wisata pemerintah ataupun swasta.

Hal ini menyebabkan fasilitas yang ada di sekitar wisata kurang memadai. Brown Canyon menyediakan spot foto yang menarik bisa anda gunakan sebagai latar belakang di abadikan dalam kamera.

Salah satu spot incaran bagi para wisatawan yaitu tebing-tebing yang begitu eksotis. Matahari terbit ataupun matahari tenggelam menjadi salah satu yang sangat di nantikan di wisata Brown Canyon.

Para wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang pantulan cahaya matahari yang akan menambah kesan eksotis.

Selain itu wisata alam Semarang yang satu ini sering di jadikan proses foto prawedding. Karena memang pemandangan yang di hasilkan oleh tebing-tebing tersebut sangat memukau.

Bagi para pecinta fotografi akan merasa senang jika berada di wisata Brown Canyon, karena tempat ini terdapat beberapa spot cantik yang cocok untuk di jadikan tempat hunting.

6. Wisata Alam Semarang Grand Maerokoco

Grand Maerokoco wisata alam Semarang
sumber gambar : @sunrisesunsetsemarang (instagram)

Wisata alam Semarang Grand Maerokoco ini terletak tepat di Jl. Yos Sudarso. Grand Maerokoco merupakan wisata yang menjadi andalan Kota Semarang.

Grand Maerokoco memiliki konsep hampir mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yang menjadi perbedaannya yaitu Grand Maerokoco ini merupakan miniaturnya hanya sebatas kawasan Jawa Tengah.

Hal ini membuat para pengunjung bisa melihat kebudayaan Jawa Tengah secara lebih lengkap. Wisata alam Semarang ini merupakan tempat wisata edukasi dan wisata budaya.

Jika anda penasaran dengan kebudayaan-kebudayaan yang ada di Jawa Tengah, sebaiknya anda mengunjungi tempat ini. Anda akan belajar banyak hal dan juga menikmati keindahan alam yang ada.

Fasilitas yang ada di wisata alam Semarang Grand Maerokoco sudah terbilang sangat memadai. Fasilitas tersebut antara lain seperti 35 anjungan perwakilan kebudayaan dari seluruh kota dan Kabupaten se- Jawa Tengah, fasilitas mushola atau tempat ibadah, trekking hutan mangrove, toilet, area parkir yang sangat luas. Selain itu terdapat pula kolam pancing, dan beberapa wahana permainan.

Tempat ini sering di jadikan untuk berfoto, tersedia berbagai objek pemandangan yang dapat anda jadikan sebagai latar belakang. Jika anda mendapat spot terbaik, hasil dari foto anda akan terlihat sangat cantik dan memukau.

Untuk menikmati keindahan wisata ini, anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp. 10.000 per orang. Biaya tersebut cukup terjangkau bukan ? dengan biaya tersebut anda akan merasakan kenyamanan saat berada di Grand Maerokoco.

7. Wisata Alam Semarang Puncak Gunung Ungaran

puncak gunung ungaran wisata alam semarang
sumber gambar : @adeemaulaana (instagram)

Wisata alam Semarang yang satu ini terletak di Ungaran Barat. Gunung Ungaran ini menjadi destinasi wisata alam terfavorit di kalangan para pendaki ataupun para wisatawan yang ingin menghabiskan libur panjang.

Gunung Ungaran terletak pada ketinggian 2.050 meter diatas permukaan laut. Gunung Ungaran termasuk dalam gunung berapi Stravolcano.

Gunung ini memiliki sumber mata air panas yang menjadi bukti bahwa di dalam gunung tersebut terdapat aktifitas panas bumi yang masih aktif.

Bagi para pendaki untuk menuju puncak terdapat e 3 jalur yang bisa ditempuh.  Salah satu jalur pendakian anda akan melewati Candi Gedong Songo.

Selain itu anda juga bisa melewati jalur Jimbaran atau Sidomukti atau Promasan. Sepanjang perjalanan para pendaki akan di suguhkan dengan pemandangan yang begitu eksotis. Banyak spot menarik yang bisa anda abadikan dalam bidikan kamera.

Gunung Ungaran memiliki 3 puncak yang memukau. Puncak tersebut yaitu Puncak Gendol, Puncak Botak dan Puncak Ungaran yang merupakan puncak tertinggi di sekitar gunung tersebut. Gunung Ungaran terdapat salah satu situs yang bersejarah.

Situs tersebut yaitu terdapat candi yang bernama Candi Gedong Songo. Sebenarnya dari nama candi tersebut seharusnya candi ini berjumlah sembilan, namun saat ini candi tersebut hanya tersisa 6 buah candi yang masih utuh.

Selain itu Gunung Ungaran terdapat beberapa wisata seperti curug atau air terjun. Curug tersebut antara lain Curug Semirang, dan Curug Lawe. Curug tersebut juga menjadi destinasi wisata alam Semarang yang menjadi daya tarik tersendiri dari pemandangan yang cukup indah.

Para pendaki bisa mengambil foto dari wilayah Pasar Jimbaran yang terlihat dari jalur pendakian.

8. Wisata Alam Semarang Rawa Pening

rawa pening wisata alam semarang
sumber gambar : @hvic_32 (instagram)

Wisata alam Semarang Rawa Pening ini terletak di empat wilayah yaitu Kecamatan Bawen, Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Tuntang, dan yang terakhir Kecamatan Banyubiru.

Keindahan panorama yang ada di Rawa Pening ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Rawa Pening merupakan hamparan sebuah danau yang begitu memukai.

Yang menjadi keunikan dari danau adalah terdapat banyak tumbuhan enceng gondhok yang memiliki manfaat bagi ikan dan biota air lainnya untuk berlindung  dari cahaya matahari.

Masyarakat sekitar danau Rawa Pening memanfaatkan tempat ini sebagai aktifitas memancing mencari ikan dengan menggunakan jala oleh nelayan. Nelayan tersebut adalah penduduk sekitar.

Jika anda berkunjung di kawasan danau Rawa Pening akan melihat beberapa perahu yang berada di tengah dan di tepian danau.

Jika anda ingin mengelilingi danau Rawa Pening, para wisatawan bisa menyewa perahu yang telah di sewakan oleh penduduk sekitar.

Fasilitas yang ada di kawasan wisata danau Rawa Pening seperti rumah makan apung, bebek air dan juga wisatawa perahu yang mengelilingi danau Rawa Pening.

Saat berada di kawasan danau Rawa Pening hal yang tidak boleh terlewatkan yaitu mengabadikan momen dengan berbentuk foto.

Terdapat banyak tempat yang cocok untuk anda penggemar selfie. Foto tersebut akan menjadi kenangan terindah yang tidak akan di lupakan.

9. Wisata Alam Semarang Gumuk Reco

gumuk reco wisata alam semarang
sumber gambar : @gumukreco (instagram)

Gumuk Reco merupakan destinasi wisata alam yang sangat populer di kalangan masyarakat sekitar ataupun luar kota.

Wisata alam Semarang Gumuk Reco terletak di  Dusun Kenongo, Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru. Gumuk Reco terletak tepat di Gunung Telemoyo. Wisata ini sangat populer dengan keindahan yang cukup memikat hati.

Gumuk Reco masih terbilang sebagai destinasi wisata alam yang baru. Jika para wisatawan memiliki jiwa petualangan tempat ini sangat cocok untuk menjadi destinasi wisatawa yang paling di rekomendasi.

Anda bisa menikmati keindahan pemandangan yang ada di lokasi tersebut dengan keluarga ataupun pasangan.

Pesona yang di suguhkan oleh wisata alam Semarang ini masih terbilang sangat asri dan menakjubkan. Panorama dari pemandangan hamparan area perbukitan hijau yang di penuhi dengan pepohonan rimbun yang menjadikan tempat ini semakin sejuk dan teduh.

Para wisatawan di jamin akan betah berlama-lama di Gumuk Reco. Gumuk Reco akan menampilkan pemandangan seperti keindahan Gunung Merbabu yang begitu menawan.

Tempat ini sangat cocok untuk anda menghilangkan rasa penat yang ada di pikiran. Gumuk Reco terdapat wahana ayunan langit dengan ketinggian 800 meter.

Wisata Gumuk Reco terdapat spot foto cantik berupa rumah pohon yang telah terhubung dengan jembatan yang memiliki panjang sekitar 15 meter dan ketinggian mencapai 300 meter.

Fasilitas yang tersedia seperti memanjat tebing. Jika anda mahir melakukan panjat tebing tersebut anda bisa mencoba wahana ini.

10. Wisata Alam Semarang Bantir Hills

bantir hills wisata alam semarang
sumber gambar : @sumowono_gayeng (instagram)

Wisata Alam Semarang Bantir Hills ini terletak di Desa Losari, Kecamatan Sumowono. Akhir-akhir muncul wisata yang begitu populer akibat dari media sosial instagram. Panorama yang di sajikan oleh tempat ini masih terbilang sangat asri.

Pemandangan yang terlihat seperti keindahan gunung. Pepohonan yang terdapat di sekitar wisata menjadikan suasana menjadi sejuk dan tenang.

Mata anda akan di manjakan dengan semua keindahan-keindahan itu. Wisata ini menjadi incaran para instagramable untuk mencari spot foto.

Pemandangan yang dapat anda lihat di sekitar Bukit Hill yaitu gunung, pepohonan yang rimbun membuat suasana tempat ini menjadi sejuk dan teduh, segarnya udara yang membuat perasaan menjadi lebih tenang. Hati terasa nyaman dan tidak ingin segera pulang.

Para wisatawan akan betah berlama-lama jika berada di kawasan Bukit Hill. Wisata alam Semarang Bukit Hill terletak pada ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut.

Anda akan melihat berbagai macam spot foto yang membuat anda semakin kagum atas ciptaan Tuhan yang memukau dengan keindahan alamnya. Wisata ini terdapat banyak gazebo, rumah pohon, jembatan hutan, gardu pandang dan lain sebagainya.

Itulah beberapa wisata alam Semarang yang menjadi daya tarik tersendiri saat anda mengunjunginya. Anda akan merasa sangat bersyukur saat melihat pemandangan yang cukup indah memanjakan mata.

Yang harus anda ingat tetap menjaga kelestarian alam dan jangan pernah merusak keindahan alam tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×