BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Pantai Kartini, Wisata Alam Dan Edukasi

Pantai Kartini, Wisata Alam Dan Edukasi Yang Indah

0 278

 

Pantai kartini Jepara, pantai kartini
Sumber Gambar : sidiq85 (instagram)

Pantai Kartini, Objek Wisata Alam Dan Edukasi Biota Laut

Di Kota Jepara terdapat satu pahlawan wanita yang sangat terkenal, pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia yaitu R.A Kartini.

dermaga pantai kartini, pantai kartini
Sumber Gambar : zfird (instagram)

Raden Ajeng Kartini lahir pada 21 April 1879, beliau merupakan pejuang kaum perempuan, dan berkat beliau, para perempuan Indonesia seperti terangkat derajatnya sehingga tidak lagi diremehkan dan terus mendapatkan tempat.

Atas jasa-jasa beliau terdapat sebuah pantai yang berada di Kota Jepara yang diberi nama sama dengan nama beliau yaitu Pantai Kartini.

Pengelola mengharapkan semua pengunjung yang datang ke kawasan ini bisa mengenang jasa-jasa yang telah beliau tinggalkan kepada kaum perempuan Indonesia.

Dahulu Pantai Kartini hanya sebuah pemandian yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti gatal-gatal, rematik dan masih banyak lagi, awal mulanya pantai ini hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal yang berasal dari kota Jepara saja.

Akan tetapi, kawasan ini berkembang secara perlahan, dan lama kelamaan terdapat wisatawan yang berkunjung dari luar Jepara.

Pada akhirnya Pemkab Jepara pun membangun kawasan ini dengan menambah berbagai macam fasilitas, untuk menunjang kegiatan pariwisata.

Dengan luas sekitar 3,5 hektar, pantai ini juga menjadi Dermaga untuk bisa menuju ke Pulau Panjang pulau yang begitu efektif dan tidak kalah dengan taman nasional Karimunjawa.

Objek wisata Pantai Kartini, merupakan kebanggaan pariwisata masyarakat Jepara, di pantai ini bukan hanya sebagai wisata alam saja.

Akan tetapi sudah dilengkapi dengan berbagai wahana seru untuk wisata edukasi dan rekreasi anak serta tempat wisata yang ramah bagi keluarga.

Di objek wisata ini setiap tahunnya digunakan untuk menggelar festival Budaya tradisional, yaitu “lomban”, yang menjadi daya tarik sehingga bisa mengundang para wisatawan datang ke objek wisata Pantai Kartini.

Beberapa hal menarik yang berada di Pantai Kartini diantaranya ialah :

Terdapat beberapa hal yang menarik yang didapat oleh para pengunjung di objek wisata Pantai Kartini, di pantai ini banyak menyuguhkan wahana wisata yang bisa digunakan oleh para pengunjung.

Kura-kura Ocean Park

patung kura-kura, pantai kartini
Sumber Gambar : fathulminan (instagram)

Kura-kura Ocean Park, merupakan sebuah gedung yang berukuran raksasa dan menjadi ikon di Pantai Kartini, gedung ini mempunyai 2 lantai.

Lantai yang pertama yaitu terdapat sebuah akuarium yang super besar, selain itu terdapat Fish spa dan kolam sentuh kura-kura.

Disini sangat nyaman, untuk orang tua yang ingin bersantai sekaligus menunggu anak-anaknya bermain, di area ini juga terdapat papan informasi touchscreen untuk belajar, toko souvenir yang menjual berbagai pernak-pernik khas kota Jepara.

Selain itu di lantai satu juga mempunyai taman laut yang terdiri dari sebuah kolam besar, kolam ini seperti mengingatkan kita terhadap wahana yang berada dikawasan Ancol.

Kolam atau akuarium yang besar ini juga mempunyai sebuah lorong, yang besar dan yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk bisa melihat kehidupan bawah laut.

aquarium raksasa, pantai kartini
Sumber Gambar : naufal_fahmi (instagram)

Di sini para pengunjung bisa melihat ikan hiu, Angelfish, ikan pari, ikan kakap, ikan kerapu, dan masih banyak lagi yang bisa dilihat dengan berjalan di lorong ini, selain ikan para pengunjung juga bisa melihat terumbu karang dan juga penyu.

sarang hiu, pantai jepara
Sumber Gambar : oktrinnindy (instagram)

Di ruangan ini selain terdapat akuarium yang diperbesar, juga terdapat akuarium dinding yang berjumlah 12 buah, terdapat juga aquarium portable yang berjumlah 4 buah.

diorama kuraoceanpark, pantai karini
Sumber Gambar : oktrinnindy (instagram)

Di ruangan ini para pengunjung bisa melihat berbagai macam ikan air laut dan air tawar yang berada di kolam-kolam kecil atau akuarium kecil.

Setelah puas di lantai lantai satu,para pengunjung bisa melanjutkan perjalanannya ke lantai dua, di lantai ini terdapat tempat edukasi buat anak-anak.

Terdapat hal yang menarik yang bisa dipertontonkan di tempat ini, sebut saja kipas angin tanpa baling-baling, simulator pesawat terbang, alat peraga sensor manusia, dan hal yang paling menarik dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yaitu IMAX Deep Sea 3D.

Para pengunjung yang ingin memasuki gedung kura-kura Ocean Park dikenai biaya sekitar Rp 12.500 sampai Rp 17.500.

Bersantai Di Gazebo

Gazebo pantai kartini, pantai kartini
Sumber Gambar : noviana_paramita_ (instagram)

Para pengunjung yang puas menikmati pertunjukan di kura-kura Ocean Park, bisa melanjutkan berwisatanya dengan menikmati Pantai Kartini.

Di sini terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga Menikmati keindahan pantai Kartini.

Gazebo ini juga bisa dipakai untuk latar belakang foto selfie, ataupun foto prewedding, gazebo- gazebo ini tertata dengan berjajar, terhubung oleh jembatan yang melengkung, hal inilah yang menambah kecantikan panorama pantai ini.

Pemandian

Di Pantai Kartini terdapat sebuah pemandian yang terletak di sebelah barat pantai ini, warga sekitar percaya apabila mandi di pemandian ini maka, bermacam penyakit kulit yang diderita akan sembuh.

Penyakit yang bisa sembuh setelah mandi di pemandian ini seperti, rematik, paru-paru, eksim serta beragam penyakit kulit lainnya, banyak para wisatawan yang datang ikut mempercayai, serta mencoba mandi di pemandian ini.

Pulau Panjang

pulau panjang, pantai kartini
Sumber Gambar : retno.triningsih44 (instagram)

Objek wisata pantai ini merupakan gerbang menuju pulau lainnya yang berada di sekitar pantai ini, pantai yang paling dekat dan paling ramai yang dikunjungi melalui Pantai Kartini yaitu Pulau Panjang.

Pulau yang berfungsi sebagai suaka alam flora serta fauna dan dilindungi oleh pemerintah, pesonanya tidak kalah dengan pulau Karimunjawa. yang mempunyai pasir putih yang cukup halus.

Para pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp 50.000 sampai Rp 70.000 apabila ingin menyeberang dengan perahu motor dari pantai Kartini Menuju Pulau Panjang.

Wahana Hiburan Dan Pendidikan

Objek wisata pantai ini juga dilengkapi dengan berbagai macam tempat bermain untuk anak, wahana-wahana tersebut misalnya, sport Mini, rumah kecek, catur raksasa, pesawat terbang TNI AU, serta banyak lainnya.

replika persawat, pantai kartini
Sumber Gambar : big_bowo (instagram)

Wahana yang dibangun tersebut, bertujuan untuk menarik para wisatawan terutama bagi para pelajar sekolah, selain bisa menikmati keindahan panorama alam juga bisa wisata edukasi.

Tiket Masuk Pantai Kartini

Para pengunjung yang ingin berkunjung ke objek wisata Kartini tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal, di sini para pengunjung dikenai retribusi sebesar Rp 5.000 sampai Rp 7.500 per orang.

Dan Untuk para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dikenai biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua,Rp. 5000 untuk kendaraan roda empat, dan Rp 12.000 untuk kendaraan yang lebih besar.

Dan pantai ini terbuka untuk umum 24 jam sehari

Rute Menuju Pantai Kartini

Objek wisata ini berlokasi di Desa Bulu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, serta berjarak 2,5 km dari kantor pemerintahan Bupati Jepara.

Jalan yang menuju Pantai Kartini sudah sangat bagus, dan bisa dilewati oleh berbagai jenis kendaraan.
Untuk para pengunjung yang menggunakan mobil pribadi, bisa menempuh rute Semarang Demak Jepara.

Di sepanjang rute sudah terdapat rambu petunjuk ke objek wisata Pantai Kartini, setelah para pengunjung sampai di Kota Jepara, mengambil jalan ke arah barat sekitar 3 km dan para pengunjung sudah tiba di depan pintu gerbang kawasan wisata Pantai Kartini.

Untuk para pengunjung yang menggunakan transportasi umum, yang berasal dari kota Semarang, dari Terminal Terboyo bisa menggunakan bus jurusan Jepara dan turun di Terminal Jepara.

Dari terminal, pengunjung jalan kaki sekitar 15 menit untuk mencapai lokasi Pantai Kartini.

Apabila wisatawan datang dari luar provinsi Jawa Tengah semisal dari Jakarta, bisa menggunakan transportasi umum seperti kereta api atau pun bisa dengan pesawat terbang.

Apabila para wisatawan menggunakan kereta api, silahkan berhenti di stasiun Tawang, kemudian lanjutkan dengan menggunakan taksi atau travel yang tersedia di sekitar stasiun.

Bagi pengunjung yang menggunakan pesawat terbang bisa turun di Bandar Udara Ahmad Yani, dan dilanjutkan dengan bisa menggunakan taksi maupun travel untuk bisa mengantar para wisatawan menuju Pantai Kartini.

Jadi tunggu apalagi segera datang dan nikmati wisata di kota Jepara yang begitu indah panorama alamnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×