BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Bukit Parang Endog, Tempatnya Olahraga Paralayang

Bukit Parang Endog, Tempatnya Olahraga Paralayang Dengan Panorama Yang Indah

0 174
ombak pantai, bukit parang endog
Sumber Gambar : riougen (instagram)

Bukit Parang Endog, Melihat Indahnya Pantai Selatan Dari Ketinggian

Kabupaten Gunung Kidul merupakan sebuah wilayah yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Daerah ini memiliki banyak wisata yang mempunyai pesona alam sangat mengagumkan, salah satunya ialah Bukit Parang Endog.

Objek wiasata ini merupakan area wisata yang bersebelahan dengan pantai Parang Endog serta Pantai Parangtritis, di bukit ini merupakan lokasi yang sangat sempurna untuk bisa menyaksikan fenomena sunset atau proses tenggelamnya matahari.

Untuk bisa ke objek wisata Bukit Parang Endog, pengunjung harus menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu, untuk bisa mencapai puncak bukit ini.

Dipuncak Bukit, Selain bisa melihat panorama sunset, para pengunjung bisa menyaksikan hamparan Pantai Selatan yang mempunyai suara deburan ombaknya yang khas.

Di objek wisata Bukit Parang Endog, para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas olahraga yang ekstrem.

Dikarenakan di objek wisata Bukit Parang Endog memang sudah sangat terkenal dengan olahraga paralayang nya, selain pemandangan yang sangat mengagumkan.

Selain pemandangan dan olahraga yang ekstrem, di bawah Bukit Parang Endog juga terdapat beberapa kafe yang menyajikan hidangan kuliner yang mempunyai rasa lezat.

santai menikmati indahnya pantai, bukit parang endog
Sumber Gambar : anggasadewa (instagram)

Di area ini pengunjung bisa bersantai dengan menikmati secangkir kopi ataupun sajian kuliner lainnya sambil menikmati keindahan alam berupa panorama laut lepas.

Lokasi Bukit Parang Endog

Para pengunjung yang ingin berwisata ke Bukit Parang Endog harus mengetahui letak dari objek wisata ini terlebih dulu.

Objek wisata ini berjarak kurang lebih 3 km sebelah timur Pantai Parangtritis, yaitu di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute menuju Bukit Parang Endog

Lokasi Bukit Parang Endog berjarak sekitar 30,3 km dari pusat Kota Yogyakarta, yang dapat ditempuh oleh kendaraan bermotor sekitar 50 menit.

Rute yang bisa diambil oleh para pengunjung dari kota Yogyakarta yaitu, melalui Jalan K.H. Ahmad Dahlan menuju Jalan Pangurakan.

Sesampai di perempatan arah selatan, melewati Jalan Brigjen Katamso, dari sini pengunjung masih terus sampai di perempatan menuju Jalan Parangtritis.

Para pengunjung masih harus lurus terus sampai ke Jalan Parangtritis-panggang, kemudian dilanjutkan mengikuti jalan tersebut sampai ke pertigaan ke arah timur, ikuti terus jalan yang ada, hingga pengunjung sampai di bukit Parang Endog.

Tiket Dan Jam Buka Bukit Parang Endog

Untuk bisa memasuki area objek wisata bukit Parang Endog para pengunjung dikenai tarif sekitar Rp 5.000 per orang.

Dan untuk biaya parkir kendaraan, dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, sedangkan mobil dikenai biaya sekitar Rp 5.000.

Sedangkan untuk para pengunjung yang ingin menikmati olahraga ekstrem yaitu paralayang, dikenai biaya sekitar Rp 350.000 per orang, biaya tersebut sudah termasuk pemandu yang profesional yang akan mendampingi para pengunjung menikmati olahraga ini.

Objek wisata Bukit Parang Endog dibuka untuk umum setiap hari, mulai pukul jam 05.00 WIB sampai dengan pukul 18.30 WIB.

Daya Tarik Bukit Parang Endog

Di objek wisata Bukit Parang Endog para pengunjung bisa menikmati daya tarik yang disuguhkan oleh objek wisata ini di antaranya ialah:

Melihat Pantai Dari Ketinggian

keidahan pantai, bukit parang endog
Sumber Gambar : liapuspita (instagram)

Di tempat wisata ini para pengunjung bisa menikmati keindahan pantai selatan, dikarenakan bukit ini merupakan spot yang pas bagi para pengunjung untuk bisa melihat panorama indah pantai selatan.

Para pengunjung bisa melihat pemandangan yang nampak jelas mulai dari pantai parang endog yang berada di ujung timur, hingga Pantai Parangtritis serta Parangkusumo yang begitu eksotis apabila dilihat dari atas bukit ini.

Dinamakan Bukit Parang Endog karena disini terdapat banyak bebatuan karang yang mempunyai ukuran sangat besar, dengan bentuk yang menyerupai atau telur,

Pengunjung lebih mengenal bukit ini dengan olahraga ekstremnya, yaitu olahraga paralayang, akan tetapi keindahan alamnya pun bisa menarik perhatian para pengunjung yang datang ke bukit ini.

pemandangan pantai, bukit parang endog
Sumber Gambar : fransxavieralbino (instagram)

Selain olahraga paralayang dan bisa melihat pesona pantai di bukit ini, para pengunjung juga bisa menikmati suasana alam yang hijau senada dengan pantai serta perbukitan, sehingga menghadirkan panorama yang berbeda dari yang lain.

Menikmati Sunset

cakrawala senja, bukit parang endog
Sumber Gambar : hariyadi.bs (instagram)

Objek wisata Bukit Parang Endog yang berada tepat di atas pantai Parangtritis, sangat cocok untuk para wisatawan  untuk  menikmati senja.

Di bukit ini pengunjung dapat melihat proses matahari tenggelam dengan latar belakang birunya lautan pantai selatan.

Objek wisata ini sangat ramai dikunjungi pada saat sore hari, tujuannya ialah para pengunjung yang ingin menikmati keindahan atau bisa melihat langsung proses tenggelamnya matahari.

Sebelum para pengunjung bisa menikmati pesona tenggelamnya matahari, pengunjung harus menaiki beberapa anak tangga, untuk bisa mencapai puncak bukit ini.

malam menjelang, bukit parang endog
Sumber Gambar : mukti_yudianto (instagram)

Selain itu, di sekitar puncak bukit ini terdapat kedai yang menjual berbagai makanan dan minuman, yang bisa dinikmati para pengunjung sembari menikmati suasana sore menjelang matahari tenggelam.

Disini juga terdapat bangku-bangku yang terbuat dari kayu yang disediakan pengelola dan berhadapan langsung ke laut.

Bangku tersebut terdapat di samping kanan serta kiri tangga, yang menuju puncak bukit Parang Endog.

Lokasi Paralayang

siap takeoff, bukit parang endog
Sumber Gambar : lufy_arsyil (instagram)

Di bukit ini sangat populer dengan sebutan bukit paralayang, dikarenakan tempat ini sering sekali digunakan sebagai landasan untuk olahraga paralayang.

Olahraga yang cukup menantang dan memicu adrenalin karena dibukit ini mempunyai angin yang bertiup kencang, sehingga sangat cocok untuk olahraga ekstrim ini.

Pada tahun 2014 di bukit ini juga diadakan sebuah event yang sangat bergengsi salah satunya ialah Jogja Air Show.

Di bukit ini merupakan awal atau  lokasi untuk Lepas Landas, dan kemudian akan mendarat di landasan yang berada di antara Pantai Parangkusumo dan Pantai Depok.

paralayang, bukit parang endog
Sumber Gambar : herlinabnwt (instagram)

Para pengunjung akan menikmati pengalaman terbang di atas ketinggian, dengan panorama hamparan laut yang begitu luas, dan hal tersebut akan menjadikan sensasi tersendiri yang tidak terlupakan bagi para pengunjung.

Tips Wisata Bukit Parang Endog

Untuk para pengunjung yang ingin menikmati suasana sore atau menikmati panorama indahnya matahari tenggelam, lebih baik datangnya pada waktu sore hari, selain itu para pengunjung bisa menghindari terik nya matahari pada waktu siang.

Selain itu para pengunjung yang membawa kendaraan, baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat, pastikan kendaraan dalam keadaan prima. Dikarenakan akses yang menuju objek wisata Bukit Parang Endog yang menanjak.

baju hangat, bukit parang endog
Sumber Gambar : unuykhasanah (instagram)

Sebagai tips juga apabila berkunjung ke objek wisata ini,  dikarenakan angin yang berhembus sangat kencang maka para pengunjung disarankan memakai baju yang tebal ataupun jaket untuk melindungi dari embusan angin.

Objek Wisata Di Dekat Bukit Parang Endog

Di Gunungkidul memiliki pesona alam yang sangat indah bukan hanya objek wisata publik saja, akan tetapi disini juga terdapat wisata milik UGM yaitu hutan wanagama.

Di hutan ini berbagai pemandangan yang mengagumkan serta dapat dikunjungi oleh siapapun juga meskipun itu dimiliki universitas.

Pemandangan yang mengagumkan serta air terjun dan jembatan gantung, menjadi salah satu yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Sedangkan bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana perbukitan di tepi pantai juga bisa mencoba bukit kosakara.

Bukit ini tidak memiliki ketinggian yang terlalu tinggi, namun panorama yang tampak dari bukit ini sangat menakjubkan dimulai dari pantai berair biru, hingga bukit-bukit yang berada di daerah Gunung Kidul menjadi latar belakang yang cantik untuk berfoto.

Bagi para pencinta danau, di Gunung Kidul juga memiliki lokasi wisata Danau yang ideal, yakni Embung Batara sriten.

Embong ini merupakan danau buatan yang terletak di puncak Gunung baturaung, yang merupakan danau buatan tertinggi di kota Yogyakarta.

Begitulah keindahan Bukit Parang Endog yang bisa dikunjungi, menikmati pemandangan tenggelamnya matahari serta bersantai ria di kala sore hari.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×