BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Pendakian Gunung Wayang Bandung 2.241mdpl Yang Begitu Menantang

Pendakian Gunung Wayang

0 179
Gunung Wayang Bandung yang memukau
sumber gambar : @teguh_slametan (instagram)

Gunung Wayang adalah gunung berapi kembar yang terdiri dari Gunung Wayang dan Gunung Windu, gunung ini terletak di kota Pangelangan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, lebih tepatnya gunung ini berada diantara dua gunung yaitu Gunung Papandayan dan Gunung Malabar.

Gunung Wayang memiliki ketinggian 2.241 diatas permukaan laut. Gunung ini memberikan cerita yang cukup menarik. Pendakian Gunung Wayang tidak terdapat banyak pos seperti pada umumnya pendakian gunung lainnya.

Sebelum melakukan pendakian sebaiknya mempersiapkan diri seperti olahraga dan belajar untuk mengatur nafas dengan baik. Fungsinya agar fisik tubuh kita kuat saat mendaki.

Basecamp Kertamanah

Untuk menuju basecamp Kertamanah bisa memulainya dari Bandung. Naiklah angkutan menuju Tegal Lega – Pangalengan, turunlah di persimpangan perkebunan Kertasari.

Setelah itu lanjutkan perjalanan menggunakan ojek menuju PLTP Wayang Windu. Jika anda membawa kendaraan motor bisa menitipkan di pos satpam yang dekat dengan hutan pinus.

Menuju Kawah Wayang

cover gunung wayang yang indah
sumber gambar : @sriindriiyani (instagram)

Dari tempat parkir anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Kawah Wayang, Pemandangan yang ada di sana meliputi perkebunan sayur mulai dari kol, wortel, dan juga tembakau.

Kemudian setelah melewati perkebunan warga lanjutkan perjalanan menuju area semak belukar dari tempat itu akan tercium bau aroma belerang dari kawah.

Sebaiknya bagi para pendaki selalu menggunakan masker agar terhindar dari bau menyengat belerang.

Menuju ke Batu Wayang

Perjalanan menuju Batu Wayang akan melewati trek yang menanjak. Perjalanan yang ada disekitar kawah terasa begitu hangat dan suhu kurang lebih 60 derajat.

Satu-satunya petunjuk untuk bisa mencapai puncak yaitu para pendaki harus menemukan jalan berundak. Untuk melewati undakan bebatuan yang menyerupai gunungan jarak tempuhnya sekitar 15 menit.

Batu yang akan dilewati cukup besar sehingga para pendaki harus melompat dan kadang berpegangan dengan bebatuan menuju keatas.

Di tempat ini melatih fisik yang harus kuat karena cukup banyak mengeluarkan energi untuk memanjat dan terus memanjat. Hawa panas kawah masih terasa.

Trek yang ada dijalur ini semakin menantang karena semakin menanjak bebatuan akan tampak terlihat pula jurang yang cukup dalam.

Sesekali para pendaki harus merayap untuk bisa naik ke atas. Di tempat akan selalu di uji kesabaran karena membuat lutut dan tangan lemas rasanya.

Para pendaki harus terus memanjat tanpa berhenti, inilah rasanya mendaki di Gunung Wayang. Setelah sampai di Batu Wayang para pendaki sebaiknya beristirahat di tempat ini.

Batu Wayang ditandai dengan Plang Batu  Wayang yang begitu memukau. Pemandangani tempat ini yaitu perbukitan dan ladang warga yang nampak cantik dengan kabut tipisnya.

Menuju ke Puncak Gunung Wayang

puncak gunung wayang yang memukau
sumber gambar : @multypartawidjaya (instagram)

Setelah beristirahat di Batu Wayang, lanjutkan perjalanan mendaki menuju puncak. Untuk menuju puncak Gunung Wayang masih diperlukan waktu setengah perjalanan lagi.

Trek yang harus dilewati yaitu bebatuan dengan jurang yang sudah menganga. Sebaiknya untuk para pendaki yang ingin mendaki gunung ini lakukan saat musim kemarau saja.

Karena ketika musim hujan, jalurnya akan terasa licin sehingga sangat berbahaya bagi para pendaki. Sebaiknya para pendaki tidak melihat ke arah bawah karena rasa takut yang berlebihan akan menyebabkan keseimbangan kurang baik.

Bagi para pendaki sebaiknya pilih jalur yang benar dan jangan mendaki tergesa-gesa. Pada akhirnya sampailah para pendaki di atas puncak Gunung Wayang.

Pemandangan yang ada di gunung ini sangat memukau dan membuat hati terasa nyaman. Puncak Gunung Wayang bisa untuk beristirahat dan memasang tenda. Di tempat ini rasa lelah dan takut hilang begitu saja terbayar oleh indahnya panorama Gunung Wayang.

Tips dan kesimpulan mendaki Gunung Wayang

tenda gunung wayang yang
sumber gambar : pixabay.com

Untuk mencapai ke puncak Gunung Wayang hanya memerlukan waktu sekitar 3 jam sampai 4 jam saja. Jika turun dari puncak waktu yang dibutuhkan kurang lebih sama saat mendaki.

Apabila sudah mengetahui benar medannya hanya butuh waktu 2 jam untuk turun. Trek saat turun biasanya lebih sulit ditempuh dibandingkan saat mendaki, sebab terdapat jurang yang menganga di depan mata. Berhati-hati lah ketika turun maupun saat mendaki, Utamakan keselamatan.

Tips bagi para pendaki saat melakukan pendakian menuju Gunung Wayang sebaiknya menggunakan pakaian yang safety.

Sebaiknya gunakan celana panjang agar menutupi betis sehingga terhindar dari tumbuhan berduri yang dapat melukai kulit.

Di sarankan bagi para pendaki sebaiknya menggunakan sepatu safety dan jaket gunung yang nyaman agar perjalananmu saat mendaki tidak terganggu.

Dan tentunya yang terakhir dilarang membuang sampah sembarangan. Tetap jagalah kebersihan lingkungan. Jadilah pendaki yang tangguh, tidak mengotori dan merusak alam.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×