BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Gunung Galunggung Menyimpan 6 Misteri Yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

Misteri yang tersimpan di Gunung Galunggung

0 181
panorama gunung galunggung
sumber gambar : @vikrihadi (instagram)

Gunung Galunggung memiliki ketinggian sekitar 2.168 meter diatas permukaan laut, yang terletak di Tasikmalaya. Untuk menuju ke Gunung Galunggung berjarak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya.

Menurut kisah sejumlah gunung yang ada di Jawa Barat memang terkenal dengan angker dan penuh dengan misteri contohnya seperti Gunung Salak , Gunung Ceremai, Gunung Tangkuban Perahu.

Tak lepas dari nama gunung tersebut Gunung Galunggung juga memiliki misteri yang belum diketahui kebenarannya.

Di balik keindahan dari gunung ini ternyata banyak menyimpan misteri. Apa saja kah yang menjadi misteri gunung tersebut ? simak ulasan dibawah ini.

Tidak tampak cantik ketika di foto

masnya ganteng banget gunung galunggung
sumber gambar : @estmaulana (instagram)

Di setiap panorama pegunungan selalu menjadi objek foto paling favorit terlebih bagi para fotografer. Gunung Galunggung memiliki keindahan dari kejauhan dengan mata kita.

Pesona dari Gunung Galunggung sepertinya tidak ingin diabadikan dalam lensa kamera. Banyak terbukti beberapa fotografer handal yang tidak bisa mengabadikan hasil potret yang cantik dari Gunung Galunggung.

Meskipun handal siapapun fotografer maupun secanggih apapun kameranya untuk memotret gunung ini akan nampak biasa saja jika diabadikan di dalam foto.

Tampak jauh berbeda dengan pemandangan yang kedua mata kita melihat panorama Gunung Galunggung yang begitu sangat cantik.

Hal ini sudah cukup terkenal dikalangan fotografer karena memang faktanya belum ada satupun fotografer bisa mengabadikan keindahan panorama dari gunung tersebut melalui sebuah foto.

Pelet Magis Gunung Galunggung

gunung galunggung yang begitu memukau
sumber gambar : @zieedelweis (instagram)

Misteri Gunung Galunggung tidak hanya pemandangan yang tidak bisa diabadikan lensa kamera. Tetapi gunung ini memiliki daya tarik pelet magis yang dapat membuat orang ingin kembali lagi ke Gunung Galunggung.

Ketika anda sudah pernah mendaki ke gunung ini, di kemudian hari anda akan merasakan rasa yang aneh seperti gelisah ingin kembali lagi ke Gunung Galunggung.

Hal ini dirasakan baik wisatawan maupun para pendaki.Setiap tahunnya tercatat sekitar 200 ribuan wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke Gunung Galunggung.

Mesin pesawat mati secara tiba-tiba

pesawat udara gunung galunggung
sumber gambar : pixabay.com

Terdapat kisah misteri tentang matinya mesin pesawat yang mintas diatas Gunung Galunggung. Kejadian tersebut terjadi pada tahun 1982.

Pesawat ini bernama Bristish Airways, yang berangkat dari Inggris menuju ke Australia yang harus terbang melalui Indonesia, lebih tepatnya diatas Gunung Galunggung.

Ketika pesawat tersebut melintas diatas gunung, sevara tiba-tiba 4 mesin pesawat mati secara mendadak. Hal ini terjadi saat pesawat terbang melintasi kabut hitam yang tebal.

Hal aneh terjadi setelah melewati kabut tersebut pilot berhasil menyalakan kembali mesin pesawat tersebut.

Sang pilot ingin memastikan keamanan dan keselamatan penumpang, hingga akhirnya pilot mendarat darurat di bandara terdekat.

Hal ini jika dipikir dengan akal sehat seperti kejadian yang tidak lazim. Karena pesawat ketika memasuki awan hanya akan mengalami guncangan sedikit , tidak sampai terjadi mengalami kematian mesin.

Batu Besar untuk bertapa

batu besar gunung galunggung
sumber gambar : bungakrisan.co

Gunung sudah menjadi tempat favorit bagi para orang sakti untuk bertapa. Gunung Galunggung sendiri jadi salah satu tempat para orang sakti melakukan pertapaan.

Terdapat sebuah batu besar disalah satu sudut yang berada di gunung ini. Menurut cerita batu besar tersebut adalah tempat bertapa bagi para wali maupun syekh yang menyebarkan Islam di Indonesia.

Sebuah batu besar tersebut meskipun memiliki usia yang sudah ratusan atau ribuan tahun namun bentuk batu itu masih utuh tidak terkikis dimakan zaman.

Bahkan menurut cerita dari rakyat sekitar, batu tersebut masih menyimpan kekuatan yang begitu besar hingga mampu membuat orang yang berada disekitar batu itu merasa merinding.

Puncak tempatnya bangsa jin

jin gunung galunggung
sumber gambar : pixabay.com

Puncak dari Gunung Galunggung merupakan tempat yang dipercaya sebagai tempat tinggal bangsa jin. Setiap gunung pasti memiliki keangkeran dan hal itu bukan hal yang baru.  Semua gunung yang ada di Indonesia sudah pasti angker dan memiliki cerita mistis yang berbeda-beda.

Jika seseorang bisa melihat dengan mata batin bisa melihat bahwa di puncak Gunung Galunggung sangat ramai oleh aktivitas makhluk astral, meskipun tidak mendirikan kerajaan gaib, namun gunung ini di huni oleh ratusan hingga ribuan makhluk yang kasat mata yang membuat merinding.

Larangan memancing ikan

kawah gunung galunggung untuk memancing ikan
sumber gambar : @explorekabupatentasikmalaya (instagram)

Kawah gunung ini sangat cocok untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan mendaki. Air dari kawah ini cukup dingin tapi tidak sampai membuat membeku.

Bahkan didalam air tersebut terdapat banyak ikan, nah hal ini menyebabkan kawah Gunung Galunggung ada mitos larangan untuk memancing ikan ditempat tersebut.

Hal tersebut dipercaya masyarakat sekitar yang tidak boleh manusia memancing ikan ditempat kawah itu, karena ikan yang ada di kawah tersebut merupakan ikan yang hidup itu milik jin yang tinggal diatas puncak gunung Galunggung.

Menurut cerita ada seorang pria yang memancing dan langsung memasak ikan tersebut, setelah itu di makan olehnya, lalu keesokan harinya pria tersebut mengalami sakit yang tak kunjung sembuh.

Hingga akhirnya keluarga pria tersebut memutuskan untuk membawanya ke ahli ruqyah. Ahli ruqyah tersebut mengatakan bahwa pria ini kesurupan 2 makhluk halus yang tidak terima karena ikannya diambil oleh pria tersebut.

Inilah sedikit kisah mengenai misteri Gunung Galunggung yang tersebar luas di masyarakat. Sebaiknya bagi para wisawatan percaya atau tidak percaya dengan kisah tersebut tetap harus lebih berhati-hati dan selalu mematuhi peraturan yang ada, demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×