BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Pahami Jalur Sebelum Mendaki Gunung Wilis Via Kediri

Pendakian Gunung Wilis

0 378
pendakian gunung wilis
sumber gambar : @_iphiann (instagram)

Gunung Wilis merupakan sebuah gunung berapi yang terletak dalam 6 wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek.

Gunung Wilis memiliki ketinggian mencapai 2.563 meter diatas permukaan laut. Gunung ini kurang begitu populer dikalangan para pendaki. Namun jalur pendakian Gunung Wilis terbilang cukup menantang.

Gunung Wilis memiliki beberapa puncak sekitar 40, namun puncak yang terkenal oleh para pendaki yaitu puncak Liman dan puncak Limas.

Puncak Liman merupakan puncak tertinggi Gunung Wilis. Untuk menuju puncak Gunung Wilis terdapat beberapa jalur yaitu :

– Pendakian melalui jalur Kare, Madiun.
– Pendakian melalui jalur Sedudo, Nganjuk.
– Pendakian melalui jalur Candi Penampihan, Sendang, Tulungagung.
– Pendakian melalui jalur Bajulan, Nganjuk.
– Pendakian melalui jalur Mojo, Kediri.

Gunung Wilis via Kediri

Jika ingin menuju parkiran yang terletak di Gunung Wilis para pendaki dapat melakukan perjalanan melalui Kecamatan Mojo, yang letaknya berada di Besuki.

Apabila anda berada di kawasan Pasar Muning lurus ke arah selatan hingga bertemu dengan pertigaan Kecamatan Mojo, setelah itu lanjutkan perjalanan menuju Besuki.

Ikutilah petunjuk yang mengarah ke Air Terjun Dolo. Namun jika anda berada di kawasan Terminal Taman Kota lurus ke barat hingga bertemu dengan pertigaan Kedak.

Setelah sampai lanjutkan perjalanan ke kiri hingga bertemu pertigaan lagi dari pertigaan mengarah ke kanan. Dan apabila anda berada di pertigaan Pohsarang atau biasa disebut pertigaan Badak belok kiri.

Ketika jalan naik terdapat pertigaan lagi pilihlah arah kanan. Ikuti jalan hingga menuju Besuki. Jalur pendakian ini tidak terdapat basecamp, namun hanya terdapat Camp Ground Gazebo Gholo.

Jika anda tidak mengetahui jalur pendakian sebaiknya bertanya kepada warga sekitar.

Parkiran menuju pos 1

Dari parkiran ikuti jalur aspal yang menurun. Terdapat jalur naik ke arah hutan sebelum tikungan aspal, yang merupakan jalur pendakian Gunung Wilis.

Trek yang ada di jalur ini menanjak setelah itu terdapat jalan setapak kecil yang landai. Terdapat banyak semak-semak yang menutupi jalur.

Jalur ini jarang dilalui oleh para pendaki. Untuk menuju pos 1 hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Pos 1 terdapat sebuah tanah lapang yang cocok untuk beristirahat dan mendirikan tenda.

Pos 1 menuju pos 2

Terdapat dua jalur di area ini jalur ke atas dan jalur ke bawah. Jika ingin menuju pos 2 pilihlah jalur yang kebawah.

Trek dijalur ini masih seperti jalan setapak kecil yang sempit. Sebaiknya para pendaki lebih berhati-hati karena terdapat tebing dan jurang di sebelah kanan dan kiri.

Jalur ini juga bisa menuju ke Air Terjun Dolo. Terdapat banyak pohon tumbang tidak hanya itu terdapat pula tumbuhan berduri. Sebaiknya bagi para pendaki membawa alat untuk memotong jalur yang rimbun.

Waktu tempuh dari pos 1 menuju pos 2 hanya memerlukan 1 jam perjalanan. Pos 2 merupakan sebuah tanah lapang yang bisa digunakan untuk beristirahat dan untuk mendirikan tenda.

Pemandangan yang ada di pos ini nampak terlihat puncak-puncak dari Gunung Wilis yang dapat di tempuh melalui berbagai kabupaten.

Pos 2 menuju Puncak

puncak gunung wilis yang indah
sumber gambar : @mbunzzrky (instagram)

Di sepanjang jalur pendakian pos 2 menuju puncak akan terus menanjak sudah tidak terdapat lagi trek yang landai. Para pendaki akan melewati jalan yang setapak yang rapat, menyusuri pegunungan bukit dengan jalan yang sempit.

Pada punggungan bukit terdapat tempat datar yang cocok untuk beristirahat. Meskipun jalur terus menanjak membuat para pendaki merasa lelah, semua akan terbayar dengan pemandangan yang nampak dengan latar belakang lembah dan lereng gunung yang menjulang tinggi gagah.

Tempat ini banyak terdapat spot foto yang begitu indah. Sepanjang perjalanan menuju puncak Gunung Wilis terdapat tumbuhan perdu dan juga rumput. Jalurnya pun terus menanjak dan semakin miring yang terbilang tajam.

jalur yang dikelilingi semak semak
sumber gambar : @irsyadul.ibad_ (instagram)

Karena jarang di lalui oleh para pendaki, tumbuhan rumput tingginya hampir sama seperti manusia normal. Sebaiknya para pendaki memotong rerumputan agar terlihat jalan pendakian.

Tidak hanya itu trek di jalur ini panjang dan membuat para pendaki merasa kelelahan. Perjalanan dari camp menuju salah satu puncak Gunung Wilis membutuhkan waktu yang tidak singkat sekitar 5 jam perjalanan. Waktu tempuh inilah yang membuat para pendaki merasa kelelahan dan ingin menyerah.

Gunung ini memang banyak memiliki puncak . Salah satu puncak yang terdapat di jalur pendakian via Kediri yaitu puncak 17 yang biasa disebut juga sebagai puncak bayangan.

Puncak 17 di tandai dengan gundukan tanah. Dahulu puncak ini di tandai dengan susunan batu-batu kecil. Puncak yang tertinggi di Gunung Wilis yaitu Puncak Liman.

Tips Mendaki Gunung Wilis :

mendirikan tenda di gunung wilis
sumber gambar : @tanjakan_adventure (instagram)

– Dilarang membuang sampah sembarangan. Para pendaki diwajibkan untuk membawa turun kembali sampah. Tetaplah menjaga kelestarian alam.

– Saat turun dari puncak sebaiknya para pendaki lebih berhati-hati karena treknya terjal dan rawan dengan batu yang jatuh.

– Sepanjang jalan perjalanan pendakian hanya terdapat sumber air di dekat pos 2. Sebaiknya para pendaki membawa logistik air yang cukup.

– Puncak hanya ditandai dengan gundukan tanah tidak terdapat tanda plakat. Para pendaki harus memahami jalurnya agar tidak tersesat.

– Tentunya membawa peralatan yang lengkap agar kenyamanan dan keamanan saat mendaki terjaga.

– Jalur pendakian ini terdapat banyak hewan pacet, sebaiknya para pendaki memakai sepatu untuk melindungi kaki dari ancaman hewan tersebut.

– Membawa alat untuk memotong atau menebas tumbuhan yang sangat tinggi. Tujuannya untuk membantu para pendaki menembus hutan rapat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×