BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Pendakian Gunung Muria 1.602 mdpl Yang Begitu Berkesan

Pendakian Gunung Muria

0 200
puncak gunung muria
sumber gambar : @frdn.syh_ (instagram)
Gunung Muria terletak di wilayah Kabupaten Kudus di sisi selatan, di sisi barat laut berbatasan dengan Kabupaten Jepara, dan sisi timur berbatasan dengan Kabupaten Pati. Ketinggian dari gunung tersebut sekitar 1.602 meter diatas permukaan laut.

Gunung Muria memiliki puncak bernama Puncak Songolikur atau dalam bahasa Indonesia berarti 29. Selain nama itu puncak gununh ini sering disebut juga puncak Saptorenggo.

Di kawasan gunung ini terdapat peninggalan bersejarah Wali Songo yaitu pesanggrahan yang terletak di puncak gunung ini.

Pesanggrahan tersebut milik Kanjeng Sunan Muria yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Di tempat tersebut Sunan Muria di makamkan.

Nama dari Gunung Muria dan daerah Kudus berasal dari nama Bukit Moria dan Kota Al-Qudus atau Baitul Maqdis di Yerusalem.

Terdapat pula masjid yang bernama Al-Aqsa Menara Kudus berdasarkan nama Masjid di Yerusalem. Bagi para pendaki yang ingin mendaki Gunung Muria, jalur yang ada terbilang cukup unik.

Gunung ini memiliki trek yang cukup menantang. Jika ingin mendaki sebaiknya melakukan pendakian gunung via Rahwatu, Kudus. Biaya simaksi dipatok dengan harga Rp. 5000/orang.

Jika membawa kendaraan bermotor biaya parkir motor tidak di pungut biaya gratis, sudah termasuk biaya simaksi.

Desa Rahwatu juga terkenal dengan sebagai destinasi wisata di Kudus. Karena letak desa tersebut berada di area pegunungan.

Wisata yang ada di desa tersebut antara lain Gunung Wukir, Air terjun Gonggomino, Puncak Songolikur ( B29 ), Mata air Gelis dan lain-lain.

Jika mendaki Gunung Muria terdapat wisata dari gurun, wisata air terjun, religi bahkan pantai pun ada, meskipun pantai utara kurang begitu menarik.

Jika ingin menuju Gunung Muria transportasi dari Jakarta maupun Surabaya bisa menggunakan kereta maupun bus dengan tujuan Kudus.

Jika memilih menggunakan kereta api dengan tujuan Semarang. Setelah sampai Semarang lanjutkan perjalanan naik bus atau ojek menuju Kudus.

Setelah sampai Kudus lanjutkan perjalanan menuju desa yang menjadi titik pendakian yaitu Rahwatu, Gebog.

Perjalanan yang ditempuh dari pusat kota menuju Rahwatu kurang lebih 20 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

jalur pendakian gunung muria
sumber gambar : @queendhnvt_ (instagram)

Estimasi waktu yang diperlukan untuk mendaki Gunung Muria yaitu Basecamp menuju Pos 1 memerlukan waktu sekitar 20 menit.

Perjalanan dari Pos 1 menuju Pos 2 memerlukan waktu sekitar 30 menit. Pos 2 menuju Pos 3 memerlukan waktu sekitar 20 menit.

Perjalanan Pos 3 menuju Petilasan Abiyasa waktu tempuh sekitar 30 menit. Dari Petilasan Abiyasa menuju Jalur Naga waktu tempuh sekitar 10 menit.

Dan dari Jalur Naga menuju Puncak Natas Angin memerlukan waktu tempuh sekitar 30 menit. Jadi kesimpulannya waktu tempuh pendakian menuju puncak Gunung Muria kurang lebih 2 jam perjalanan.

Trek yang paling harus di waspadai jalur ketika di Petilasan Abiyasa sampai menuju puncak Natas Angin. Trek yang ada di jalur Naga kanan kirinya adalah jurang.

Sebaiknya para pendaki lebih berhati hati jika melewati jalur tersebut.

Puncak Natas Angin Gunung Muria

cover puncak gunung muria
sumber gambar : @malys_el (instagram)
Gunung Muria memiliki 5 puncak yaitu Puncak 29, Puncak Argopiloso, Puncak Argojombang, Puncak Natas Angin, dan Puncak Abiyoso.
Setiap puncaknya memiliki pesona keindahan tersendiri. Puncak tertinggi di Gunung Muria adalah Puncak Natas Angin dengan ketinggian 1.700 meter diatas permukaan laut.
Menurut para pendaki pemula puncak Natas Angin ini sangat cocok untuk digapai. Pendakian gunung merupakan suatu pengalaman yang tidak bisa dilupakan.
Pemandangan gunung ini yang membuat suasana hati menjadi damai, udara yang sejuk berhembus merupakan kenikmatan yang tidak ada tandingannya.
Pemandangan yang ada di puncak ini sangat cocok untuk diabadikan dengan berfoto. Kawasan Gunung Muria masih terbilang cukup asri belum banyak di jamah oleh manusia untuk kepentingan duniawi.
puncak gunung muria b29
sumber gambar : @gunung.muria_ (instagram)

Sebaiknya bagi para pendaki harus melestarikan keindahan alam. Tidak merusak Ekosistem hutan agar hewan tetap hidup dan tidak punah terjaga kelestariannya.

Selain itu tumbuhan-tumbuhan yang ada di sana sebaiknya di jaga tidak menebang pohon sembarangan, dan juga tidak membuang sampah sembarangan. Agar alam bertumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya.

Inilah sedikit informasi mengenai Pendakian Gunung Muria via Kudus. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×