BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

5 Hal Yang Harus Anda Ketahui Di Gunung Cikuray

fasilitas di gunung Cikuray

0 184

pemandangan gunung cikuray
sumber gambar : perjalanannyaindah.com

Gunung Cikuray adalah gunung yang berada di lokasi Garut Jawa Barat. Gunung ini sangat mudah untuk diakses terutama bagi yang bertempat tinggal di ibukota Jakarta. Track nya yang begitu keren, dan masih banyak lagi keindahan yang ada di Gunung ini.

Gunung ini sangatlah cocok untuk para pendaki. Gunung yang mempunyai ketinggian mencapai 3.000 mdpl atau kurang lebih sekitar 2.818 mdpl diatas permukaan laut. Gunung Cikuray termasuk Gunung tertinggi ke-4 di Jawa Barat.

Fasilitas Di Gunung Cikuray

kebun teh gunung cikuray
sumber gambar : perjalanannyaindah.com

Gunung cikuray memiliki pemandangan yang cukup menarik bagi wisatawan namun sayang sekali tidak diimbangi dengan fasilitas yang memadai.

Fasilitas yang ada di Gunung lainnya seperti basecamp yang luas dan nyaman untuk beristirahat ataupun tidur di Gunung Cikuray tidak terdapat fasilitas ini.

Fasilitas kamar mandi dan toilet gratis tidak ada di Gunung Cikuray ini. Jika ingin pergi ke toilet akan dikenakan biaya Rp3.000.

Padahal di tempat gunung lainnya tidak perlu membayar fasilitas ini. Yang perlu diperhatikan oleh Pemerintah daerah adalah memperhatikan permasalahan yang ada di Gunung Cikuray agar lebih nyaman bagi para pendaki.Gunung ini memang memiliki keindahan.

Di tempat ini terdapat pemandangan perkebunan teh yang luas khas Jawa Barat. Udara yang ada di Gunung Cikuray ini sangatlah asri dan disertai dengan semilir angin yang akan membuat Anda semakin nyaman dengan suasana khas pegunungan nya.

Apabila pendaki datang pada musim kemarau keadaan yang ada di Gunung ini akan sangat berdebu tetapi jika para pendaki pada musim hujan jalanan yang akan dilewati terasa licin dan tentu saja becek. Dan gunung ini mempunyai jurang dan medan yang curam.

Hutan yang masih tertutup lebat oleh pegunungan dan kabut yang bisa turun kapan saja hal inilah menjadikan daya tarik Gunung Cikuray diminati oleh para pendaki.

Berfoto Di Gunung Cikuray

gunung cikuray view yang indah
sumber gambar : pendaki.id

Bagi para pendaki yang menyukai fotografi bawalah kamera beserta pelindungnya. Namun para pendaki harus berhati-hati dan selalu ingat akan keselamatan.

Di tempat ini ada beberapa hewan liar yang bisa di sini entah itu monyet ataupun burung-burung cantik. Selain Anda bisa memfoto pemandangan yang ada di Gunung ini Anda juga bisa memfoto hewan-hewan cantik tersebut.

Biaya tiket masuk dan jam buka Gunung Cikuray

Biaya yang harus dikeluarkan biaya retribusi sebesar Rp10.000, meskipun anda membayar biaya retribusi tidak menerima fasilitas yang memadai.

Disinilah nilai minus dari Gunung Cikuray tersebut. Untuk jam bukannya kawasan ini di buka 24 jam penuh. Jadi para pendaki jika ingin berkunjung pada malam hari tidak bermasalah.

Jalur menuju gunung Cikuray

gnung cikuray tampak lebih indah
sumber gambar : tempatwisata.pro

Jika anda berada di Jakarta dan ingin menuju ke gunung Cikarang ini anda bisa menaiki kendaraan umum ataupun pribadi.

Mulailah dengan menuju ke arah kota Garut kemudian ambil arah menuju Cilawu. Apabila anda membawa mobil pribadi titipkan kendaraan anda di sekitar Cilawu selanjutnya Sewa lah jasa ojek ataupun mobil carter.

Lanjutkan perjalanan menuju stasiun pemancar, biaya yang dikenakan ketika menyewa ojek sekitar Rp40.000 per orang. Ketika anda berkunjung jika musim liburan panjang maka tarif yang dikenakan biasanya akan lebih mahal.

Jarak tempuhnya kurang lebih memakan waktu 1 jam untuk menuju stasiun pemancar. Gak anda sudah tiba di tempat sebutkan para pendaki untuk mengisi laporan buku tamu. Setelah itu barulah anda akan bertemu pos perkebunan

Hal yang harus diperhatikan ketika berlibur ke Gunung Cikuray antara lain:

1. Perlengkapan mendaki seperti alat untuk memasak, tenda, dan peralatan lainnya untuk kenyamanan

2. Tenaga dan stamina harus Fit

3. Menggunakan trekking shoes atau sandal gunung

4. Dilarang membuang sampah sembarangan.

5. Siapan bekal untuk mengisi perut seperti makanan dan minuman.

6. Dilarang membawa tisu basah, karena tisu basah susah untuk diurai pada tanah.

7. Dilarang melakukan hal yang senonoh.

8. Sebaiknya tidak melakukan Camp gunung Cikuray karena areanya terbuka dan rawan badai.

9. Pakailah pakaian yang hangat seperti jaket.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×