BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Pantai Wediombo, Pesona Alam Yang Menawan

Pantai Wediombo, Pesona Alam Yang Menawan Dan Ramai Dikunjungi Wisatawan

0 155
ombak laut, pantai wediombo
Sumber Gambar : krisnandhitya (instagram)

Pantai Wediombo, Pesona Alam Yang Menawan

Indonesia banyak mempunyai wisata pantai yang unik serta indah, tak hanya itu saja, banyak pantai yang berada di Indonesia menjadi perbincangan netizen baik dalam negeri maupun luar negeri.

Mereka terpesona dengan panorama indah yang diberikan oleh ombak-ombak serta kejernihan air lautnya.

air laut, pantai wediombo
Sumber Gambar : gustopocandra1985 (instagram)

Tepatnya di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, terdapat satu pantai yang sangat keren serta menawan, letaknya yang berada di paling ujung Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah, pantai ini memiliki pesona batu karang yang indah, membuat incaran para wisatawan yang ingin menikmati waktu bersama keluarga, pantai ini bernama pantai wediombo.

Seputar Pantai Wediombo

Objek wisata pantai ini merupakan sebuah wisata pantai yang memiliki pasir yang luas, hal ini bisa dilihat dari kawasan pantai.

Kawasan ini memiliki pantai yang lebih luas diantara beberapa pantai yang berada di sekitar pantai wediombo. Pantai wediombo sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti pasir yang luas.

garis pantai, pantai wediombo
Sumber Gambar : imam_hi (instagram)

Di objek wisata pantai wediombo memiliki kejernihan air lautnya yang berwarna biru kebiruan, serta terdapat bermacam-macam bentuk batu karang yang elegan, membuat pesona pantai wediombo terlihat lebih menggoda diantara pantai yang lain.

deburan ombak, pantai wediombo
Sumber Gambar : wardhaayu (instagram)

Di objek wisata pantai wediombo memiliki ombak yang saling bersahutan, menabrak karang-karang yang tetap kokoh menjulang.

Akibat dari tabrakan tersebut terkadang menciptakan pesona lain, berupa air terjun yang mengalir di antara bebatuan, aliran air yang perlahan dari atas menuju kembali ke lautan sangat ditunggu oleh para pengunjung yang sedang berlibur di objek wisata pantai wediombo ini.

ombak dan karang, pantai wediombo
Sumber Gambar : hanfauziah.25 (instagram)

Oleh sebab itu bila para pengunjung ingin menikmati objek wisata ini, diharapkan membawa ganti dari rumah, supaya apabila para pengunjung bermain air serta bajunya basah terdapat baju ganti lainnya yang kering untuk perjalanan pulang.

Wisata ini terdapat kolam renang alami yang bisa digunakan untuk bermain air sepuasnya, kolam ini memiliki ukuran yang cukup luas , dengan air yang sangat jernih hingga siapapun tidak akan bisa menahan hasrat untuk bisa masuk ke dalam kolam tersebut.

Yang menjadi unik ialah kolam ini terbentuk karena terdapat pembatas berupa batu karang, jadi para pengunjung yang sedang menikmati kolam ini bisa melakukan aksi lompat indah dari atas batu karang ini.

Obyek wisata ini ramai dikunjungi para wisatawan pada waktu pagi ataupun sore hari, tidak hanya orang tua saja, namun banyak juga anak muda yang ikut menikmatinya.

Kedalaman dari tempat ini mencapai 1,5 meter, apabila para pengunjung membawa serta anak-anak disarankan untuk lebih memperhatikan anak-anaknya agar lebih berhati-hati, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

kolam alam, pantai wediombo
Sumber Gambar : abdul_rkhm (instagram)

Dari kawasan ini para pengunjung juga bisa melihat air terjun alami yang terjadi di berapa menit sekali di saat ombak datang dengan menerjang deras, membuat pesona alam yang sangat luar biasa menawannya.

Pengunjung selain bisa menikmati permainan air juga bisa duduk santai di tepi pantai, serta menikmati pesona indah yang tersaji  yang berada tepat di depan mata.

santai ditepi pantai, pantai wediombo
Sumber Gambar : mrsdeev (instagram)

Sungguh menjadi nikmat yang tidak bisa dipisahkan lagi di kawasan ini, pesona pantai nya berupa karang-karang yang sudah dipenuhi dengan lumut dan berwarna hijau.

Di kawasan ini juga angin berhembus semilir membuat sejuk sehingga membuat suasana hati terasa damai seolah semua beban masalah ikut kabur bersama dengan angin yang berhembus.

Ditambah lagi para pengunjung sembari menikmati hidangan es kelapa muda, yang diambil langsung dari pohonnya, tidak akan terbayang sungguh begitu nikmatnya.

kelapa muda, pantai wediombo
Sumber Gambar : ferian_wicaksono (instagram)

Menikmati hidangan es kelapa di waktu cuaca yang sangat panas, ditambah berada di pinggir pantai terasa hidup sangat indah.

Di objek wisata pantai wediombo ini, selain bisa menikmati es kelapa muda yang diambil dari pohon, juga terdapat beberapa penjual buah keliling yang menghadirkan buah-buahan yang segar, yang bisa dinikmati para pengunjung sembari menikmati deburan ombak pantai wediombo.

Para pengunjung tidak boleh melewatkan pesona alam lainnya yaitu terbenamnya matahari di ufuk barat.

pesona senja, pantai wediombo
Sumber Gambar : avtaniaa (instagram)

Selain itu perubahan warna langit yang semula biru menjadi Jingga, perpaduan warna yang sangat sempurna untuk bisa diabadikan dalam sebuah foto, agar kenangan tersebut selalu tersimpan .

Apabila para pengunjung yang berada di pantai wediombo ini merasa lapar, para pengunjung tinggal pergi ke warung yang sudah tersedia kawasan pantai wediombo

Warung-warung yang menyediakan berbagai menu makanan yang lezat, tentu dengan harga yang bersahabat dan pasti mampu menggoyang lidah para pengunjung.

Kawasan ini pula terdapat keunggulan yang berbeda dari pantai-pantai lainnya, dikarenakan warga sekitar mempunyai sifat yang sangat ramah dan bersahaja.

Mereka tidak segan-segan untuk menolong para pengunjung yang sedang membutuhkan bantuan, mereka juga dengan senang hati menunjukkan berbagai macam tempat wisata lainnya yang berada di sekitar pantai wediombo.

Hal tersebut menjadi suatu nilai tambah yang disukai wisatawan mancanegara, dimana penduduk di kawasan ini sudah paham dan mampu berbicara bahasa Inggris dengan fasih.

Tiket Masuk Pantai Wediombo

Para pengunjung yang berwisata ke pantai wediombo dikenai retribusi masuk sebesar Rp 5.000 serta untuk biaya parkir dikenai retribusi sebesar Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua.

Bagi para pengunjung yang ingin lebih lama menikmati keindahan pantai wediombo, dan kawasan lain yang berada di sekitarnya bisa menginap.

Namun, bukan penginapan di hotel maupun motel di tempat ini, para pengunjung bisa melakukan camping di kawasan pantai wediombo, namun para pengunjung akan dikenai gaya sebesar Rp 35.000 per malamnya.

Apabila para pengunjung membawa kendaraan motor roda dua dikenai biaya parkir inap Rp 10.000 dan untuk mobil dikenakan tarif sebesar Rp 20.000.

Namun patut disayangkan, di kawasan ini belum tersedia penyewaan tenda untuk keperluan camping, jadi para pengunjung harus membawa peralatan sendiri dari rumah.

Alamat Pantai wediombo

Objek wisata ini berada Dusun Jepitu, Desa Girisubo, Kecamatan Pendowo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kawasan wisata ini berjarak kurang lebih 100 km dari pusat Kota Yogyakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam perjalanan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Wediombo

Para pengunjung yang ingin berkunjung ke pantai Wedi Ombo terdapat beberapa alternatif yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk bisa mencapai lokasi pantai wediombo.

Apabila para pengunjung dari kota Yogyakarta bisa menuju ke Wonosari melalui jalur Piyungan dan Patuk.

Kemudian dari sini silahkan arahkan kendaraan anda menuju ke desa Mulo, kemudian belok kiri Ke arah Desa Jepitu, dari sini para pengunjung belok ke kanan menuju ke arah Pantai Wedi Ombo.

Apabila para pengunjung datang dari kota Praci, wonogiri pengunjung bisa melalui rute Praci menuju ke Rongkop, mengarah ke Ngelindur.

Kemudian pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menuju ke pasar Ngrancah, kemudian belok ke kanan ke arah Jepitu, kemudian belok kiri dan ikuti jalan hingga sampai ke pantai wediombo.

Penginapan Di Sekitar Pantai Wediombo

Objek wisata ini mempunyai pesona alam yang sangat menawan, siapapun pasti ingin datang serta menyaksikan keindahan pantai ini dari dekat dan bisa berlama-lama di kawasan ini.

Apabila perlu para pengunjung akan menginap di penginapan yang berada di sekitar kawasan ini, akan tetapi patut disayangkan, sekitar kawasan pantai wediombo belum terdapat rumah penginapan.

Penginapan yang paling dekat dari kawasan ini berada di Pantai Indrayanti, atau di pondok Lembah Bukit yang berada di Pracimantoro, yang berjarak kurang lebih sekitar 24,8 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Akan tetapi para pengunjung tidak perlu bersedih hati, karena masih terdapat alternatif yang bisa dilakukan oleh para pengunjung yang ingin menikmati suasana malam yang menawan di kawasan ini.

Para pengunjung bisa mendirikan camping di pantai wediombo karena memiliki area yang cukup luas, di area ini memang dimanfaatkan untuk camping oleh para pengunjung yang ingin lebih dekat dengan alam.

Wisatawan bisa menikmati suasana malam ditemani dengan keindahan bintang-bintang yang berpadu dengan keceriaan dan kehangatan.

api unggun, pantai wediombo
Sumber Gambar : 2bagas (instagram)

Di sini para pengunjung juga bisa membuat api unggun serta bakar ikan, sehingga kawasan ini menjadi tempat yang tidak pernah sepi di saat weekend tiba.

Objek wisata Pantai wediombo merupakan salah satu tempat yang menjadi incaran bagi para wisatawan tidak hanya dari wisatawan lokal namun juga wisatawan mancanegara.

Jangan sampai melewatkan momen-momen indah bersama keluarga, sahabat, dan juga teman untuk bisa menikmati keindahan alam kawasan ini bersama-sama.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×