BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

7 Wisata Alam Tuban Super Wajib Untuk Di Kunjungi Karena Memiliki Keindahan Tidak Ada Tandingannya

Wisata alam Tuban

0 164
wisata alam tuban yang memukau
sumber gambar : @nailun__ (instagram)

Tuban merupakan salah satu wilayah yang terletak di Pantai Utara Jawa Timur. Selain itu Tuban terletak di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kota Tuban memiliki julukan yaitu Kota Ronggolawe.

Hal ini dikarenakan pada zaman dahulu terdapat sejarah yang menceritakan bahwa kerajaan Majapahit menjadi tempat tinggal seorang Patih Majapahit yang bernama Ranggalawe.

Kota Tuban memang terlihat seperti kota kecil namun ternyata Kota Tuban menyimpan banyak keindahan wisata yang sangat populer.

Wisata alam Tuban memiliki banyak keindahan yang begitu memukau, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin berkunjung.

Berbagai macam wisata alam Tuban yang sangat direkomendasikan untuk anda menghabiskan libur panjang.

Wisata alam Tuban mulai dari keindahan pantai, air terjun dan lain sebagainya. Ingin tau beberapa rekomendasi wisata alam Tuban yang begitu memukau ? mari simak ulasan dibawah ini.

1. Wisata alam Tuban Pantai Cemara

pantai cemara wisata alam tuban
sumber gambar : @zakki.firdaus (instagram)

Pantai Cemara merupakan salah satu wisata alam Tuban yang begitu populer dikalangan penggemar pecinta alam.

Pantai Cemara terletak di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya nama Pantai Cemara disebut sebagai nama Pantai Tasikharjo.

Namun saat itu pantai ini tidak dipelihara dengan baik dan adanya abrasi dari angin serta air laut yang membuat wisata ini rusak, hingga akhirnya di telantarkan.

Setelah mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah Tuban, yang ingin mengembangkan industri pariwisata.

Hingga akhirnya Pemerintah melakukan reboisasi dengan cara menanam ratusan bibit tumbuhan cemara.
Bibit tersebut tumbuh besar di sekitar bibir pantai, seketika tumbuhan tersebut menjadi kawasan hutan cemara yang begitu indah. Itulah alasan mengapa saat itu nama Pantai Tasikharjo dirubah menjadi nama Pantai Cemara.

Saat awal pembukaan kembali wisata tersebut tidak banyak pengunjung yang datang. Dengan berjalannya waktu Pantai Cemara kembali dipadati oleh para wisatawan yang ingin menikmati panorama keindahan pantai.

Hamparan Pohon Cemara yang begitu rimbun dan berjajar sangat rapi, membuat suasana yang ada di Pantai Cemara semakin sejuk dan teduh menenangkan pikiran dan jiwa.

Saat berada di kawasan pantai anda akan merasakan kesejukan yang membawa ketenangan bagi para wisatawan. Teriknya sinar matahari di pantai membuat kesan eksotis yang menjadi daya tarik tersendiri.

Anda dapat melakukan aktivitas bermain pasir dengan puas bersama keluarga atau pasangan. Selain itu terdapat pula kegiatan lain yang bisa anda lakukan saat berada di Pantai Cemara.

Aktivitas yang bisa anda lakukan yaitu berjalan menyusuri pantai, atau duduk santai di gerdu yang berbentuk joglo menikmati indahnya kekuasan Tuhan. Selain itu anda juga menikmatinya dengan duduk dibawah rimbunnya pohon cemara.

Air laut yang ada di pantai ini sangat keruh tidak sejernih dahulu saat pantai ini masih bernama Pantai Tasikharjo dan saat itu masih banyak terdapat berbagai jenis binatang laut yang dapat anda temui di pinggir bibir pantai. Namun karena air laut keruh saat ini sangat sulit untuk menemui binatang laut tersebut.

Pantai Cemara sangat populer dengan ombak yang tidak begitu besar tidak seperti ombak yang ada di pantai selatan.

Jika anda ingin berkunjung ke wisata ini tidak akan dikenakan biaya tiket masuk, namun anda akan ditarik biaya parkir kendaraan sekitar Rp. 5.000 untuk motor sedangkan untuk biaya parkir mobil dikenakan sekitar Rp.10.000.

Pantai Cemara meskipun tidak ada biaya tiket masuk, anda tidak perlu khawatir akan fasilitas yang tersedia. Pantai Cemara memiliki fasilitas umum yang disiapkan untuk pengunjung antara lain seperti area parkir, toilet, tempat ibadah, penginapan dan masih banyak lagi fasilitas umum lainnya.

2. Wisata alam Tuban Pantai Kelapa

pantai kelapa tuban wisata alam tuban
sumber gambar : @ahmadrc.official (instagram)

Pantai Kelapa Tuban yang terletak di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Pantai Kelapa masih terbilang destinasi wisata yang masih sangat baru.

Wisata alam Tuban Pantai Kelapa merupakan satu-satunya tempat wisata yang memiliki hamparan pasir putih yang ada di Tuban.

Asal usul penamaan Pantai Kelapa berawal dari banyak terdapat berbagai jenis pohon kelapa yang tumbuh subur dengan berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda.

Pantai Kelapa memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat jembatan dek panggung yang bisa anda gunakan untuk berfoto.

Anda akan dimanjakan dengan eksotisnya pantai. Udara yang sejuk membuat para wisatawan merasa tenang dan nyaman.

Seketika beban yang anda rasakan akan hilang begitu saja. Keindahan air laut yang sangat jernih dan hamparan pasir putih membuat para wisatawan ingin berlama-lama berada di kawasan ini.

Anda bisa memanfaatkan keindahan alam dengan berfoto mencari spot terbaik. Bahkan anda bisa menggunakan keindahan pantai yang mempesona sebagai latar belakang foto anda. Pantai Kelapa menjadi salah satu destinasi wisata alam Tuban yang wajib anda kunjungi.

Jika anda berminat mengunjungi Pantai Kelapa, maka ketahuilah estimasi biaya yang harus anda keluarkan. Untuk biaya tiket masuk para wisatawan akan dikenakan biaya sekitar Rp. 5.000 per orang.

Selain itu anda akan dikenakan biaya parkir sekitar Rp.2.000 untuk motor, sedangkan kendaraan bermobil dikenakan biaya sekitar Rp.5.000.

Biaya tersebut sangat terjangkau, anda dapat menikmati berbagai macam keindahan yang disuguhkan Pantai Kelapa.

Fasilitas yang disediakan seperti area parkir yang luas, toilet, dan beberapa warung makan. Selain itu juga terdapat beberapa wahana permainan yang bisa anda coba seperti flying fox, kolam renang, wisata berkuda dan lain sebagainya.

Pantai Kelapa memiliki sebutan lain, sebutan tersebut yaitu Pantai Panyuran. Keunikan lain pada pantai itu terdapat ayunan yang dipasang di pohon kelapa. Ayunan tersebut selalu menjadi incaran para pengunjung untuk berfoto.

Penggemar fotografi akan merasa puas saat mengunjungi wisata ini. Pantai Kelapa bisa dikunjungi berbagai kalangan semua umur dari muda hingga tua.

Pantai yang selalu menjadi spot terindah saat adanya sunset atau sunrise matahari. Pantulan cahaya matahari yang sangat eksotis dapat anda gunakan sebagai latar belakang foto anda yang begitu memukau.

3. Wisata Alam Tuban Pantai Boom

pantai boom wisata alam tuban
sumber gambar : @agungsutrisno_photography (instagram)

Pantai Boom yang merupakan sebuah pantau yang terletak di Kutorejo, Kecamatan Tuban, Jawa Timur. Wisata alam Tuban yang satu ini adalah pantai yang wajib anda kunjungi bersama keluarga dan pasangan.

Pantai Boom terkenal dengan sejarahnya yang wajib anda ketahui. Sekitar pantai ini terdapat pelabuhan yang menjadi jalur utama dalam perlintasan, perdagangan, pelayaran oleh Kerajaan Singasari dan juga Kerajaan Majapahit.

Pantai Boom memiliki saksi bisu seperti benda-benda bersejarah. Benda tersebut diletakkan di sebuah museum Kambang Putih yang berada di alun-alun Tuban. Wisata alam Tuban yang satu ini termasuk kawasan yang kecil.

Namun Pantai Boom memiliki keindahan alam yang sangat memukau, terdapat beberapa perahu yang sedang bersandar di tepian bibir pantai. Pantai Boom memiliki beberapa spot foto terbaik yang bisa anda abadikan dalam bidikan kamera.

Jika anda berkunjung ke Pantai Boom terdapat beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan salah satu contohnya adalah pengelola telah menyediakan gazebo, anda bisa menggunakan gazebo tersebut sebagai tempat beristirahat.

Aktivitas lain yang bisa anda lakukan berfoto dengan menggunakan latar belakang keindahan alam Pantai Boom atau menggunakan latar belakang perahu-perahu yang sedang bersandar.

Selain itu anda juga dapat melakukan kegiatan memancing. Kawasan ini sangat populer dengan surganya memancing.

Jika anda memiliki hobi tersebut tempat ini sangat cocok untuk anda. Jenis ikan yang ada di area ini sangat beragam macamnya. Anda akan memiliki pengalaman yang tidak terlupakan.

Udara yang sangat sejuk dan teduh membuat hati anda merasa nyaman saat berada di lokasi ini. Para wisatawan akan dimanjakan dengan ke eksotisan panorama alam yang cukup memikat hati.

Sudah tidak diragukan lagi jika wisata pantai selalu menjadi incaran para wisatawan untuk menikmati indahnya matahari terbit ataupun matahari tenggelam. Waktu yang sangat cocok untuk menikmatinya disaat pagi hari atau sore hari.

Saat pagi hari anda bisa menikmati matahari terbit dan juga menikmati segarnya udara pagi. Pada saat sore hari anda akan menikmati matahari tenggelam dan juga merasakan eksotisnya pantulan cahaya.

Abadikan momen terbaik saat anda menyaksikan indahnya pantulan cahaya matahari. Banyak spot-spot instagramable yang bisa anda explore. Jika anda ingin berkeliling menyusuri pantai, anda bisa menyewa perahu-perahu yang sudah tersedia.

Untuk memasuki kawasan wisata alam Tuban ini anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk, disini tiketnya gratis.

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola terbilang cukup memadai. Anda akan dimanjakan dengan berbagai keindahan alam dan juga menggunakan fasilitas yang sangat nyaman.

4. Wisata Alam Tuban Pantai Sowan

pantai sowan wisata alam tuban
sumber gambar : @alin_pravitasari (instagram)

Pantai Sowan yang merupakan salah satu destinasi wisata alam Tuban yang lebih tepatnya berada di tepi jalur Pantura.

Pantai Sowan yang memang berada di tepian jalur perbatasan antara Jawa Tengah dan juga Jawa Timur ini memiliki keindahan yang cukup menarik.

Keindahan alam yang diberikan oleh Pantai Sowan depan anda nikmati bersama keluarga ataupun pasangan. Tempat ini sangat direkomendasikan para wisatawan untuk menghilangkan penat dan pikiran yang ada.

Pantai Sowan sudah populer sejak lama, maka tak heran pengunjung yang datang selalu ramai baik di hari biasa ataupun dihari libur. Tempat ini tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Sekitar kawasan Pantai Sowan terdapat banyak pohon-pohon akasia yang menjadi daya tarik tersendiri wisata alam ini.

Pantai Sowan memiliki pasir putih yang begitu halus, dan air laut yang begitu jernih berwarna biru menyegarkan mata.

Selain itu keunikan lain yang ada di pantai ini yaitu adanya hamparan rumput dan juga hutan trembesi. Tidak hanya itu ada pula dinding karang yang terdapat di tepian Pantai Sowan.

Terdapat pula area khusus yang banyak ditemui hewan-hewan seperti burung kakak tua putih, burung berkutut, burung jalak, kera, ular dan masih banyak lagi. Hewan-hewan tersebut jarang anda temui di wisata pantai lainnya. Hanya terdapat di Pantai Sowan ini

Pantai Sowan memberikan fasilitas dan juga anda bisa melakukan aktivitas berbagai macam. Aktivitas yang dapat anda lakukan seperti berenang di pantai, berjalan menyusuri pantai dengan melihat-lihat hewan, menikmati keindahan alam Pantai Sowan dengan berfoto, terdapat pula wahana main yang bisa anda gunakan untuk sekedar menghilangkan rasa jenuh.

Untuk memasuki kawasan ini anda akan dikenakan biaya tiket masuk jika berjalan kaki sekitar Rp.5.000 per orang. Sedangkan saat anda mengendarai motor akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp. 7.000 jika sendiri, namun jika anda berboncengan akan dikenakan biaya tiket sekitar Rp.12.000.

5. Wisata Alam Tuban Air Terjun Nglirip

air terjun nglirip wisata alam tuban
sumber gambar : @zulkifliihsan (instagram)

Air Terjun Nglirip ini merupakan salah satu wisata alam yang terdapat di Tuban. Wisata alam Tuban terletak di Dusun Jojogan, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Air Terjun Nglirip menjadi incaran para wisatawan untuk menghabiskan libur panjang dan juga menghilangkan penat atau lelah yang ada.

Air terjun Nglirip memiliki keindahan yang begitu mempesona, dengan hamparan tumbuhan hijau dan pepohonan yang sangat rimbun.

Pemandangan tersebut akan memanjakan mata para wisatawan dengan kejernihan aliran air dan juga suara gemercik yang membuat suasana hati menjadi tenang.

Udara yang ada di sekitar kawasan wisata Air Terjun Nglirip akan terasa lebih sejuk dan teduh, membuat anda semakin nyaman jika berada di kawasan ini.

Keunikan wisata alam Tuban ini dengan aliran airnya yang berwarna hijau tosca yang sangat cantik dan terlihat unik. Keunikan ini dari Air Terjun Nglirip menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Air Terjun Nglirip ini selalu ramai dipadati oleh para wisatawan. Wisata ini sangat populer dengan bentuknya yang menyerupai seorang putri sedang membatik. Jika anda ingin menikmati keindahan wisata ini. Anda tidak akan dikenakan biaya tiket saat hari biasa.

Namun saat di hari libur anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.5.000 per orang. Selain itu anda akan dikenakan biaya parkir sekitar Rp.2.000 untuk kendaraan motor, sedangkan biaya parkir untuk mobil sekitar Rp.3.000.

Biaya tersebut memang sangat terjangkau, anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya saat mengunjungi tempat ini.

Jika anda berkunjung pada musim kemarau aliran airnya tidak akan begitu deras. Namun saat berkunjung saat musim hujan aliran airnya lebih deras tapi terlihat sangat keruh.

6. Wisata Alam Tuban Air Terjun Sanggrahan

air terjun sanggrahan wisata alam tuban
sumber gambar : @zint_12 (instagram)

Wisata alam Tuban Air Terjun Sanggrahan terletak di Dusun Nganget, Desa Kedungjambe, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Letak dari wisata ini tidak jauh dengan pemandian air hangat Nganget yang hanya berjarak sekitar 100 meter. Air Terjun Sanggrahan memiliki panorama yang begitu indah memikat hati.

Jika anda berkunjung saat musim hujan, anda akan melihat keindahan aliran air terjun yang sangat menarik untuk dilihat. Pesona keindahan alam tersebut membuat anda semakin nyaman saat berada di lokasi.

Aliran air terjun yang jernih dan suara gemerciknya membuat suasana di sekitar semakin sejuk dan teduh. Anda akan merasakan ketenangan jika berada di wisata alam Tuban ini.

Saat musim libur wisata Air Terjun Sanggrahan akan dipenuhi oleh pengunjung. Wisata ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Air Terjun Sanggrahan menjadi destinasi favorite bagi para wisatawan, karena terdapat beberapa spot yang begitu memukau.

Keindahan air terjun bisa anda gunakan sebagai latar belakang gambar yang akan anda ambil. Pengalaman saat berada di Air Terjun Sanggrahan tidak akan pernah terlupakan, dijamin membuat anda ingin berkunjung kembali ke tempat ini.

Air terjun ini memiliki beberapa aliran yang memiliki ketinggian sekitar 3 meter. Di balik keindahan wisata alam Tuban ini ternyata terdapat sejarah yang telah dipercaya hingga turun menurun.

Cerita tersebut dipercaya bahwa tempat ini merupakan salah satu markas kolonial Belanda. Hal ini dibuktikan dengan adanya bangunan kuno yang terdapat di dusun tersebut.

7. Wisata Alam Tuban Tebing Pelangi

tebing pelangi wisata alam tuban
sumber gambar : @tebingpelangituban (instagram)

Tebing Pelangi yang merupakan salah satu kawasan wisata alam Tuban lebih tepatnya terletak di Tuwiri Kulon, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Jika anda berada di pusat Kota Tuban, hanya memerlukan jarak tempuh sekitar 15 km, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Tebing Pelangi ini adalah tempat wisata yang memanfaatkan bekas galian tambang.

Hingga akhirnya dibangun wisata alam Tuban yang begitu memukau. Wisata ini memang terbilang sangat baru dibuka.

Karena wisata ini terlihat sangat indah membuat Tebing Pelangi dipadati oleh para wisatawan yang ingin menghilangkan penat dengan mengajak keluarga tercinta.

Tebing Pelangi terdapat banyak wahana yang sangat seru untuk anda coba. Selain itu terdapat pula berbagai macam spot foto yang sangat instagramable.

Apa saja yang ada di Tebing Pelangi ? Ternyata Tebing pelangi terdapat wahana seperti Ayunan Cinta, Sepeda Trek, Gubuk Pengantin dan masih banyak lagi.

Wahana tersebut bisa anda explore dan anda gunakan untuk berfoto bersama pasangan atau keluarga. Menurut cerita warga, wisata Tebing Pelangi ini terinspirasi dari wisata yang ada di Eropa. Wisata yang ada di Eropa sama halnya dengan memanfaatkan bekas galian tambang.

Untuk menikmati keindahan Tebing Pelangi ini anda hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.15.000 per orang.

Wisata Tebing Pelangi telah menyediakan wahana seperti Fly Fox dan juga Sepeda Layang yang dikenakan biaya sekitar Rp.20.000 per orang.

Ternyata terdapat pula wahana yang tidak dikenakan biaya sedikitpun. Wahana tersebut yaitu kolam renang mini yang bisa anda gunakan untuk mengajak anak-anak berendam di kawasan ini.

Itulah 7 wisata alam Tuban yang sangat rekomendasi untuk anda yang sedang mencari tempat untuk menghilangkan penat.

Keindahan alam memang tidak ada tandingannya. Anda akan merasa nyaman fikiran tentang dunia seakan hilang begitu saja.

Namun hal yang harus anda perhatikan saat berkunjung ke wisata alam dimana pun, jadilah pengunjung yang taat akan peraturan. Selalu menjaga kelestarian alam, tidak membuang sampah sembarangan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×