BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

10 Wisata Alam Kebumen Super Mengagumkan Wajib Untuk Di Kunjungi

Wisata alam Kebumen

0 260
wisata alam kebumen
sumber gambar : @setiadiii__ (instagram)

Kabupaten Kebumen merupakan salah satu wilayah yang terletak di Jawa Tengah. Kabupaten Kebumen tersimpan berbagai macam keindahan pesona alam yang sangat memukau.

Wisata alam Kebumen menjadi destinasi yang banyak dicari oleh para pecinta alam. Wisatawan akan melihat betapa indahnya kuasa Tuhan.

Wisata alam Kebumen yang wajib anda kunjungi seperti keindahan alam pantai dan juga air terjun dan masih banyak lagi.

Wisata alam Kebumen sangat cocok untuk anda yang ingin menghabiskan waktu libur bersama keluarga, teman ataupun pasangan terkasih.

Jika anda penasaran dengan wisata wisata alam Kebumen, mari kita simak ulasan dibawah ini.

1. Wisata alam Kebumen Pantai Ayah

pantai logending atau ayah wisata alam kebumen
sumber gambar : @awang_baskoro (instagram)

Pantai ayah atau biasa disebut dengan Pantai Logending merupakan destinasi wisata alam Kebumen yang sangat cocok untuk anda kunjungi.

Pantai Ayah yang terletak di Desa Ayah, Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Jika anda berada di pusat Kota Kebumen, jaraknya hanya sekitar 53 km.

Pantai Ayah termasuk dalam gagasan pantai selatan dengan dikelilingi hutan jati yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Kedu Selatan.

Pantai Ayah merupakan pantai yang terdapat banyak nelayan untuk mencari ikan.

Terdapat banyak perahu yang berjejer di pinggir bibir pantai. Perahu tersebut merupakan milik para nelayan.

Asal mula penamaan dari pantai Logending yaitu “ Lo ” dan “Gendhing” memiliki arti yaitu nama sebutan dari pohon yang kayunya dapat dimanfaatkan sebagai alat musik.

Hal tersebut jika dalam Bahasa Jawa disebut sebagai Java Gendhing. Hingga akhirnya dua kata tersebut digabung menjadi Logending.

Menurut cerita pantai ini dahulu digunakan sebagai tempat untuk pengawasan dan pos penjagaan tentara Belanda dan Jepang saat menjajah Indonesia.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya benteng yang terdapat di dekat pantai.

Pantai ini sangat populer karena memiliki keindahan yang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan wisata lainnya.

Pasir yang terdapat di Pantai ayah ini memiliki warna hitam kecokelatan dengan ombak yang terbilang lumayan besar.

Selain itu pantai ini dikelilingi oleh perbukitan karst. Pantai Ayah memiliki keindahan alam yang sangat indah dan jernih.

Banyak aktivitas yang bisa anda lakukan saat berada di kawasan ini. Anda dapat bermain voli, berfoto, berjalan menyusuri pantai dan masih banyak lagi.

Pantai Ayah telah menyediakan tempat untuk anda berfoto dengan pemandangan hamparan laut lepas yang bisa anda gunakan sebagai latar belakang foto.

Anda berfoto bersama keluarga tercinta. Saat berkunjung di kawasan ini akan mendapatkan pengalaman baru yang tidak akan terlupakan.

Setelah puas menikmati keindahan pantai para wisatawan bisa menuju kawasan hutan Logending yang terletak tidak jauh dari pantai.

Hutan tersebut terdapat banyak tanaman, tanaman mulai dari lokal hingga langka. Hutan ini terdapat salah satu tanaman langka yang tidak akan anda temui di hutan lainnya di Indonesia.

Tanaman tersebut adalah kayu mahoni Afrika. Karena langkanya tumbuhan tersebut hingga akhirnya menjadikan kawasan Pantai Ayah dijadikan sebagai tempat penelitian tanaman langka dan juga pengembangan mahoni Afrika.

Selain hutan ternyata terdapat juga wisata yang bernama Muara Ayah Bodo. Muara Ayah Bodo merupakan sungai yang memisahkan antara wilayah Cilacap dan Kebumen Provinsi Jawa Tengah.

Fasilitas yang tersedia juga sudah sangat memadai. Pengelola membangun fasilitas tersebut demi keamanan dan kenyamanan para wisatawan.

Jika anda membawa anak-anak terdapat tempat permainan. Tidak hanya itu terdapat pula pusat informasi para wisata.

Fasilitas lainnya seperti mushola, toilet dan juga terdapat beberapa warung makan yang bisa anda manfaatkan untuk mengisi tenaga dan beristirahat.

Saat anda berada di Kebumen tidak lengkap jika tidak mengunjungi Pantai Ayah yang sangat indah. Untuk memasuki wisata ini anda akan dikenakan biaya sekitar Rp.5.000 per orang.

2. Wisata Alam Kebumen Pantai Suwuk

pantai suwuk wisata alam kebumen
sumber gambar : @dyah.setianingrum (instagram)

Pantai Suwuk merupakan wisata yang sangat populer di Kebumen. Wisata alam Kebumen ini terletak di Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Provinsi Jawa Tengah.

Pantai Suwuk memiliki pasir yang berwarna cokelat hitam. Udara yang ada di kawasan pantai ini sangat sejuk. Anda dapat bermain pasir atau bermain voli di area wisata ini.

Anda juga bisa bersantai menikmati pemandangan yang begitu memukau. Anda akan dimanjakan panorama pantai yang eksotis.

Sekitar Pantai Suwuk terdapat sebuah bangunan bangkai pesawat Garuda Boeing 737. Bangkai tersebut dibuat oleh pihak pengelola untuk dijadikan sebagai daya tarik para wisatawan.

Biasanya di tempat bangkai pesawat tersebut sering di putar video 3 dimensi yang memiliki durasi sekitar 20 menit. Video itu disukai oleh anak-anak.

Di bawah bangunan tersebut terdapat  sebuah kolam renang yang bisa dimanfaatkan untuk berenang anak-anak. Para penggemar fotografi akan merasa puas saat berada di Pantai Suwuk.

Terdapat sebuah jalan kecil yang bisa anda telusuri, dan anda akan melihat keindahan alam yang sangat indah. Bagian kanan jalur tersebut terdapat sungai Telomoyo. Sungai tersebut bermuara menuju Muara Suwuk.

Muara Suwuk memisahkan antara Pantai Suwuk di Kebumen dan juga Karang Bolong. Anda dapat melihat pantai Karang Bolong dari kejauhan.

Jika anda ingin menyusuri sungai tersebut terdapat penyewaan perahu yang dapat anda sewa. Keunikan dari Pantai Suwuk ini terdapat fasilitas kebun binatang kecil, outbond dan berbagai macam permainan wahana untuk anak-anak.

Pemandangan yang diberikan oleh Pantai Suwuk ini pemandangan bukit kapur yang terlihat dari barat hingga bagian selatan.

Para wisatawan biasanya mengabadikan foto dengan latar belakang keindahan hamparan laut lepas atau bahkan bukit kapur tersebut.

Pantulan cahaya matahari tenggelam yang menjadi salah satu incaran para wisatawan untuk diabadikan dalam kamera.

Pantai Suwuk memiliki keunikan yang begitu eksotis. Keunikan tersebut Pantai Suwuk terlihat seperti padang pasir luas dengan tanaman pandan serta memiliki rumput yang cukup rindang.

Anda dapat melakukan aktivitas berkuda ataupun offroad. Kuda tersebut telah disediakan oleh warga sekitar. Jika anda ingin menyusuri pantai bisa menyewa kuda-kuda.

Tidak hanya itu terdapat pula permainan ATV  yang bisa anda coba. Anda akan mendapatkan pengalaman baru saat berada di kawasan ini.

Ombak Pantai Suwuk ini karena terletak pada jejeran pantai selatan, hal ini membuat Pantai Suwuk memiliki ombak yang cukup besar.

Bagi para wisatawan dihimbau untuk tidak berenang di tengah laut. Sebaiknya para wisatawan berenang hanya diperbolehkan di pinggiran pantai dan selalu waspada akan datangnya ombak.

Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Suwuk anda hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp.4.500 per orang. Cukup terjangkau bukan? Anda dapat menikmati berbagai jenis keunikan Pantai Suwuk.

3. Wisata Alam Kebumen Pantai Pecaron

pantai pecaron wisata alam kebumen
sumber gambar : @delta_oscardeltaoscar (instagram)

Pantai Pecaron yang merupakan destinasi wisata alam Kebumen yang sangat populer dengan keindahan yang menakjubkan.

Pantai Pecaron ini terletak di Desa Srati, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Pantai ini masih terbilang sangat asri dan belum banyak dijamah oleh manusia. Pantai Pecaron tidak memiliki area yang luas.

Namun suasana yang ada di kawasan Pantai Pecaron memberikan sensasi yang berbeda.

Pantai ini sangat cocok untuk anda yang ingin menghabiskan libur panjang bersama keluarga.

Pasir yang terdapat di Pantai Pecaron memiliki warna abu-abu dan terlihat sangat bersih. Jika anda menyukai keheningan tempat ini sangat cocok untuk anda merasakan ketenangan jiwa.

Keindahan lain yang dapat anda rasakan melihat tebing-tebing mengelilingi pantai.

Anda dapat memanfaatkan keindahan alam dan menjadikannya sebagai latar belakang foto yang akan terlihat eksotis.

Anda bisa melakukan banyak aktivitas saat berada di kawasan wisata alam Kebumen Pantai Pecaron.

Anda bisa bermain pasir bersama anak-anak. Bersantai di bibir pantai dengan melihat-lihat pemandangan sekitar yang begitu memukau.

Jika anda menyukai aktivitas memancing, anda dapat membawa alat pancing. Pantai ini terdapat ikan yang bisa anda pancing.

Anda akan menemukan pemandangan batu karang yang begitu indah. Saat terjadi ombak besar, ombak tersebut akan menghantam batu karang tersebut.

Hal tersebut sangat menarik dengan adanya cipratan air yang sangat menyenangkan.

Batu karang yang terdapat di Pantai ini berwarna coklat. Biasanya para wisatawan memanfaatkan batu karang ini sebagai spot foto yang indah.

Namun bagi para wisatawan sebaiknya berhati-hati saat menyusuri batu karang itu karena batu tersebut sangat licin.

Fasilitas yang disediakan seperti mushola, toilet dan juga area parkir luas. Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dan kenyamanan saat berada di Pantai Pecaron.

Karena wisata ini terbilang baru jadi anda tidak akan dikenakan biaya apapun. Anda akan menikmati pemandangan alam yang sangat indah tanpa membayar.

4. Wisata Alam Kebumen Pantai Petanahan

pantai petanahan wisata alam kebumen
sumber gambar : @anjarwisnubroto (instagram)

Pantai Petanahan yang terletak di Desa Karanggadung, Petanahan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Wisata alam Kebumen ini adalah tempat yang sangat cocok untuk anda yang ingin menghilangkan penat.

Pantai Petanahan namanya jarang didengar oleh para pecinta alam. Namun Pantai ini memiliki pesona yang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan wisata lainnya.

Pantai Petanahan memiliki keunikan sendiri yang tidak dimiliki oleh wisata alam lainnya. Keunikan tersebut Pantai Petanahan memiliki kawasan  hutan sendiri.

Wisata alam Kebumen ini perpaduan antara Pantai Petanahan dan juga hutan yang sangat eksotis.

Pantai Petanahan memiliki area kawasan yang sangat luas dan panjang. Bibir Pantai Petanahan yang berbentuk berlekuk. Hal ini membuat wisata ini memiliki ombak yang berbeda-beda.

Batas antara Pantai Petanahan dan juga hutan terdapat sebuah tebing yang rendah. Tebing tersebut menjadi batas pemisah antara keduanya.

Tebing tersebut ditumbuhi oleh pepohonan sejenis Cemara Udang. Selain itu tebing tersebut banyak ditemui warung-warung tenda yang bisa anda manfaatkan untuk mengisi tenaga.

Anda dapat menikmati indahnya pantai dengan duduk bersantai di bibir pantai. Jika anda mengunjungi pantai saat sore hari, anda akan melihat indahnya matahari terbenam.

Pantulan cahaya saat matahari tenggelam sungguh sangat eksotis. Cahaya tersebut biasanya dimanfaatkan oleh para pecinta fotografi.

Anda akan mendapatkan hasil foto yang cukup menarik. Patai Petanahan melarang para wisatawan untuk melakukan aktivitas berenang, sebab pantai ini memiliki ombak yang cukup besar.

Sebaiknya bagi para wisatawan lebih berhati-hati saat berada di kawasan Pantai Petanahan. Selalu taat akan peraturan yang sudah ditetapkan.

Untuk memasuki kawasan wisata alam Kebumen Pantai Petanahan anda hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp. 3.000 untuk per orang dewasa.

Sedangkan untuk anak-anak dibawah umur 5 tahun dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.2.000 per orang. Sangat terjangkau bukan? Anda akan mendapatkan pengalaman baru yang tidak akan terlupakan.

5. Wisata Alam Kebumen Pantai Bopong

pantai bopong wisata alam kebumen
sumber gambar : @nurulsyifam (instagram)

Pantai Bopong tidak terlalu populer bagi pecinta alam. Namun Pantai Bopong memiliki keindahan yang tidak kalah menarik dengan panorama alam sangat memukau.

Pantai Bopong terletak di Desa Surorejan, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Pantai ini sama seperti pantai-pantai yang telah dijelaskan diatas.

Pantai Bopong memiliki hamparan pasir yang berwarna hitam. Selain itu Pantai Bopong menjadi tempat salah satu perkembangbiakan penyu terbaik yang ada di Kebumen.

Pantai Bopong selalu ramai dipadati para wisatawan di hari biasa ataupun saat libur panjang telah tiba.

Pantai Bopong menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi saat berada di Kabupaten Kebumen.

Pantai Bopong sebelah timurnya terdapat sebuah Laguna. Laguna ini memiliki keindahan tersendiri yang menjadi daya tarik para wisatawan.

Keunikan Laguna yaitu dikelilingi oleh bukit-bukit kecil yang terlihat seperti gundukan pasir. Bukit tersebut terlihat seperti menghiasi sungai yang berkelok-kelok.

Laguna tersebut menyediakan jembatan hias yang sangat instagramable untuk dimanfaatkan sebagai tempat berfoto.

Bentuk dari Laguna ini jika dilihat dari atas tebing akan nampak seperti bentuk love. Selain itu terdapat juga fasilitas lain yang bisa anda manfaatkan seperti ayunan, rumah pohon dan juga jembatan kasih.

Pantai Bopong memiliki karakter ombak yang sangat besar. Hal ini membuat para wisatawan dilarang untuk berenang di laut, demi keamanan dan keselamatan para wisatawan.

Untuk memasuki kawasan wisata alam Kebumen Pantai Bopong anda hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.5.000 per orang.

Harga tersebut anda akan menikmati banyak keuntungan yang diberikan oleh Pantai Bopong dengan panorama keindahan alamnya.

6. Wisata Alam Kebumen Pantai Menganti

pantai menganti wisata alam kebumen
sumber gambar : @erikprakkoso (instagram)

Wisata alam Kebumen Pantai Menganti yang terletak di daerah Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Pantai Menganti merupakan salah satu destinasi wisata alam Kebumen yang wajib anda kunjungi saat ingin menghilangkan kepenatan yang ada.

Kebumen memang tidak terlalu populer dengan wisatanya. Namun Pantai Menganti memberikan keindahan yang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan wisata lainnya.

Pemandangan yang disediakan sangat mempesona dengan hamparan laut lepas dan bukit yang banyak ditumbuhi tumbuhan hijau.

Hal tersebut akan membuat anda merasa dimanjakan. Mata anda akan terasa segar saat melihat tumbuhan hijau. Sejuknya udara yang sangat meneduhkan hati dan pikiran terasa hilang begitu saja.

Pantai Menganti terbilang wisata yang masih baru. Wisata alam Kebumen yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan tempat surfing.

Ombaknya yang sangat besar bagus untuk digunakan tempat surfing. Pasir yang ada di sekitar Pantai Menganti berwarna putih dan juga air laut yang berwarna biru akan memanjakan mata anda.

Pantai Menganti terdapat banyak bukit yang mengelilinginya. Salah satu bukit yang tinggi terletak di bagian barat Pantai Menganti, bukit tersebut biasanya disebut sebagai nama Tebing Bidadari.

Tebing Bidadari terdapat pahatan alam yang berupa 4 curug yang memiliki ketinggian lebih dari 30 meter. Hal ini akan lebih memanjakan mata anda.

Jika anda ingin menikmati keindahan Pantai Menganti dengan lebih jelas, anda dapat menuju ke puncak mercusuar. Mercusuar tersebut memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 20 meter.

Dari mercusuar anda akan melihat jelas keindahan Pantai Menganti. Tempat tersebut juga menjadi objek terfavorit para wisatawan untuk berfoto.

Selain itu tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin menikmati matahari tenggelam. Anda akan menikmati indahnya pantulan matahari tenggelam yang begitu eksotis.

Jika anda ingin menikmati keindahan alam lainnya, Pantai menganti terdapat beberapa objek yang sangat menarik.

Objek tersebut meliputi Jembatan Merah, Lembah Menguneng, Balon udara, Sepeda gantung, Bukit Sigatel dan juga Tanjung Karang Bata.

Objek tersebut adalah tempat yang sangat populer bagi para wisatawan yang memiliki gemar berfoto. Tempat tersebut merupakan tempat yang sangat instagramable.

Jika anda penasaran dengan keindahan Pantai Menganti, sebaiknya anda mengunjungi kawasan ini saat berada di Kabupaten Kebumen.

Untuk memasuki wisata alam Kebumen ini anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.10.000 per orang. Harga tersebut sangat terjangkau, anda akan menikmati panorama keindahan alam yang diberikan Pantai Menganti.

Fasilitas yang tersedia juga sudah sangat memadai. Fasilitas umum yang tersedia seperti toilet, mushola, area parkir yang luas.

Fasilitas tersebut disediakan untuk keamanan dan juga kenyamanan para wisatawan.

7. Wisata Alam Kebumen Pantai Karang Bolong

pantai karang bolong wisata alam kebumen
sumber gambar : @robbykurniawaan_ (instagram)

Pantai Karang Bolong yang merupakan pantai ikonicnya Jawa Tengah. Wisata alam Kebumen Pantai Karang Bolong terletak di Desa Karang Bolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Pantai Karang Bolong adalah pantai yang sangat populer dikalangan pecinta alam. Karena pantai ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh wisata pantai lainnya.

Keunikan tersebut berupa adanya batuan karang yang berlubang di tengahnya. Batuan tersebut terbentuk akibat adanya abrasi air laut hingga mengikis batuan tersebut.

Selain itu Pantai Karang Bolong juga memiliki pasir yang berwarna hitam campuran, dengan tekstur lembut dan kasar.

Jika anda berada di Pantai Karang Bolong terdapat banyak aktivitas yang bisa anda lakukan, salah satu aktivitas tersebut adalah bersepeda dan juga memancing di area kawasan  ini.

Pantai Karang Bolong yang populer dengan gua yang terdapat di sekitar kawasan ini. Goa tersebut terkenal dengan sarang burung waletnya.

Karena letaknya yang berada di Pantai Karang Bolong, gua tersebut diberi nama Goa Karang Bolong. Goa tersebut areanya sangat luas dengan panjang sekitar 30 meter dan lebar sekitar 10 meter.

Menurut warga sekitar jika warga ingin memanen sarang walet, harus melakukan ritual terlebih dahulu.

Jika tidak melakukan ritual maka akan terjadi mala petaka. Ritual tersebut merupakan pertunjukan wayang.

Ritual tersebut diberi nama Unduh Sarang Walet. Ritual ini dilakukan sehari sebelum panen sarang walet.

Ritual tersebut merupakan rasa syukur atas kekayaan alam yang sangat melimpah.

Fasilitas yang disediakan juga sudah sangat memadai. Fasilitas yang disediakan seperti area parkir yang cukup luas, mushola, gazebo untuk beristirahat, serta warung makan untuk mengisi tenaga.

Banyak para wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Karang Bolong. Tempatnya yang sangat instagramable, hal ini membuat para penggemar fotografi banyak mengambil gambar di kawasan ini.

Para wisatawan bisa duduk bersantai menikmati ombak yang menerjang sangat kencang. Para wisatawan akan mendengarkan suara deburan ombak yang sangat memukau.

Selain itu anda juga dapat berjalan-jalan menyusuri pantai. Karang Bolong berasal dari Bahasa Jawa yang memiliki arti batu karang yang berlubang.

Batuan Karang Bolong terletak disebelah timur pantai. Karang Bolong ini merupakan sebuah gua yang terletak di tepi pantai dengan panjang sekitar 30 meter, lebar 30 meter dan tinggi sekitar 5 meter.

Anda dapat bersantai bersama keluarga dengan berpiknik di sekitar Pantai Karang Bolong. Para wisatawan dapat menggelar tikar di area pepohonan palem yang tumbuh dipinggir pantai.

Pepohonan tersebut membuat suasana semakin sejuk dan teduh. Anda akan merasa nyaman saat situasi tersebut. Hal ini tidak akan anda lupakan.

Pantai Karang Bolong merupakan jejeran pantai selatan yang populer dengan ombaknya yang besar dan ganas.

Namun di pantai ini anda diperbolehkan untuk berenang karena Pantai Karang Bolong terbilang aman. Karena adanya batu-batu karang yang membantu memecahkan ombak yang besar.

Sebaiknya para wisatawan berenang saat pantai sedang surut dan lebih berhati-hati dengan setiap ombak datang.

Pihak pengelola juga sudah menyediakan persewaan banana boat dan perahu. Anda dapat menyusuri pantai dengan menggunakan perahu atau dengan banana boat.

Untuk memasuki kawasan ini anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.5.000 per orang. Dan biaya parkir kendaraan bermotor dikenakan Rp.5.000, sedangkan kendaraan bermobil dikenakan sekitar Rp.10.000.

8. Jembangan Wisata Alam Kebumen

jembangan wisata alam kebumen
sumber gambar : @fitria.ku (instagram)

Jembangan wisata alam Kebumen ini merupakan destinasi wisata yang sangat terfavorit di kalangan pecinta alam.

Jembangan wisata alam Kebumen lebih tepatnya berada di Desa Jembangan, Kecamatan Pancowarno, bagian timur laut Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Tempat ini sangat cocok untuk anda menghabiskan waktu libur bersama keluarga, teman ataupun bersama kekasih tercinta.

Jembangan wisata alam Kebumen merupakan tempat yang sangat instagramable bagi pecinta fotografi.

Wisata ini tempat untuk berfoto, nongkrong bersama orang-orang terkasih. Fasilitas yang disediakan juga sangat memadai.

Fasilitas tersebut antara lain Gazebo, tempat bermain anak, perahu naga, sepeda air, kolam renang, kebun binatang. Sedangkan fasilitas umum yang disediakan seperti area parkir, mushola, dan juga warung makan.

Biaya tiket masuk Jembangan wisata alam Kebumen sekitar Rp. 4.000 per orang. Sedangkan biaya parkir sekitar  Rp.2.000 untuk kendaraan Motor.

Untuk kendaraan bermobil akan dikenakan biaya parkir sekitar Rp.3.000. Karena Jembangan wisata alam Kebumen terdapat banyak wahana, anda akan dikenakan biaya sendiri jika menaiki wahana tersebut.

9. Wisata Alam Kebumen Pantai Watu Bale

pantai watu bale wisata alam kebumen
sumber gambar : @_dayatur (instagram)

Pantai Watu Bale merupakan wisata alam Kebumen yang sangat populer dikalangan pecinta alam.

Wisata alam Kebumen Pantai Watu Bale terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Pesona wisata ini sangat berbeda dengan wisata lain yang ada di Indonesia. Pasir yang dimiliki oleh Pantai Watu Bale berwarna hitam.

Pantai Watu Bale adalah pantai yang berukuran cukup sempit. Pesona terindah yang diberikan oleh Pantai Watu Bale spot foto yang disusun sangat menarik.

Hal tersebut membuat Pantai Watu Bale terlihat lebih menakjubkan. Terdapat 3 tempat selfie Desk yang telah disediakan oleh pengelola.

Tempat tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berfoto yang menarik dan unik.

Salah satu spot yang selalu jadi incaran para wisatawan yaitu Bukit Titanic. Bukit tersebut merupakan sebuah bukit yang terdapat ujungnya berupa bangunan berbentuk kapal.

Bangunan berbentuk kapal itu terbuat dari kayu. Jika anda berada di atas Bukit Titanic, anda akan melihat keindahan pemandangan yang ada di sekitar Pantai Watu Bale.

Tidak hanya Bukit Titanic, ternyata Pantai Watu Bale ini juga terdapat rumah pohon, dan gardu pandang.

Tempat tersebut bisa anda gunakan sebagai spot foto yang sangat indah. Waktu yang tepat untuk anda berkunjung ke tempat ini saat sore hari.

Banyak pengunjung yang sengaja datang saat sore hari hanya untuk menikmati indahnya matahari terbenam. Pantulan cahaya yang sangat indah cocok untuk anda abadikan dalam kamera.

Para wisatawan lebih tertarik berkunjung ke bukit-bukit di sekitar pantai dibandingkan dengan wisata pantai itu sendiri.

Karena bukit-bukit sekitar pantai terdapat banyak spot foto yang instagramable. Selain itu anda dapat menikmati indahnya alam dari atas bukit.

Fasilitas umum yang disediakan seperti mushola, toilet, tempat parkir, spot berfoto, warung makan, Gazebo, taman dan lain sebagainya.

Sudah sangat lengkap bukan fasilitas yang disediakan ? Fasilitas tersebut dikelola demi keamanan dan kenyamanan anda.

Biaya tiket untuk memasuki Pantai Watu Bale sekitar Rp.5.000 per orang. Sedangkan biaya parkir motor dikenakan sekitar Rp.2.000, untuk biaya parkir mobil dikenakan biaya sekitar Rp.5.000.

10. Wisata Alam Kebumen Curug Silancur

curug silancur wisata alam kebumen
sumber gambar : @androzmeda (instagram)

Wisata alam Kebumen Curug Silancur yang terletak di Dusun Pujegan, Desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Wisata alam Kebumen ini memiliki daya tarik yang membuat para wisatawan tidak bosan saat mengunjunginya.

Curug Silancur terletak tidak jauh dari Curug Sindaro yaitu berada di kawasan perbukitan. Karena letaknya berada di perbukitan membuat suasana curug terasa lebih sejuk dan teduh.

Dengan pepohonan yang sangat rimbun membuat anda akan merasa lebih nyaman berada di tempat ini.

Curug Silancur memiliki area yang sangat asri dan alami. Aliran air terjun ini memiliki debit yang sangat deras.

Tidak hanya itu saat anda berjalan menyusuri jalan menuju Curug Silancur, anda akan dimanjakan oleh keindahan alam yang sangat memukau.

Jika anda berada di Kabupaten Kebumen sebaiknya sempatkan waktu untuk mengunjungi Curug Silancur.

Untuk menikmati indahnya wisata alam Kebumen ini anda hanya akan dikenakan biaya tiket masuk yang sangat terjangkau yaitu Rp.5.000 per orang.

Dengan harga tersebut anda sudah dapat menikmati berbagai macam keindahan alam Curug Silancur. Fasilitas yang disediakan juga sangat memadai. Anda tidak perlu khawatir lagi dengan fasilitas yang disediakan.

Fasilitas umum yang disediakan berupa toilet, mushola, area parkir dan juga warung makan yang bisa anda gunakan untuk mengisi tenaga.

Itulah 10 wisata alam Kebumen yang wajib anda kunjungi saat berada di Jawa Tengah. Tetap jaga kebersihan alam agar tetap terjaga ke asriannya. Buanglah sampah pada tempatnya.

Jadilah pengunjung yang taat akan peraturan demi keamanan dan kenyamanan anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×