BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Pantai Bandengan, Keindahan Pantai Kota Jepara

Pantai Banengan, Keindahan Alam Pantai Kota Jepara Yang Mengesankan

0 166

 

pasir pantai, pantai bandengan
Sumber Gambar : matchaberry99 (instagram)

Pantai Bandengan Keindahan Alam Pantai Kota Jepara

Kota Jepara selain terkenal dengan seni ukirnya, juga terdapat pesona wisata alam yang sangat mempesona.

Salah satunya ialah Pantai Bandengan, yang merupakan pantai berdekatan dengan pusat Kota Jepara, memiliki pasir yang berwarna putih,  dan mempunyai tekstur yang halus.

tepi pantai, pantai bandengan
Sumber Gambar : @adindhot (instagram)

Para pengunjung bisa melihat pemandangan pasir pantai ini karena mempunyai pemandangan yang sangat indah.

Pantai Bandengan juga memiliki garis pantai yang panjang, dengan hamparan pasir yang begitu luas, para pengunjung bisa melakukan aktivitas secara bebas, apalagi kalau dilakukan bersama keluarga dan anak-anak, akan membuat aktivitas ini makin mengasikkan.

Pantai Bandengan akan semakin ramai dikunjungi wisatawan saat musim liburan tiba, objek wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, yang sengaja datang untuk menikmati keindahan pesona pantai bandengan.

Di objek wisata ini banyak kegiatan ini bisa dilakukan oleh para pengunjung, aktivitas khas pantai seperti berenang, bermain , atau voli pantai.

Pengunjung yang berkunjung ke objek wisata ini juga dapat melakukan aktivitas bersepeda yang dilakukan di pinggir pantai untuk menikmati keindahan dan suasana pantai.

keramaian pantai, pantai bandengan
Sumber Gambar : himawanekaputra (instagram)

Di Pantai Bandengan selain bisa menikmati pemandangan laut, juga terdapat hal yang unik di Pantai Bandengan terdapat hamparan pohon yang sejuk dan rimbun.

Hal itulah yang menyebabkan suasana menjadi nyaman dan tidak kegerahan apabila siang hari matahari bersinar terik, sehingga para pengunjung yang mengunjungi objek wisata ini betah berada di sini.

Sejarah Nama Bandengan

Objek wisata Bandengan apabila di flashback ke belakang terdapat cerita dari Sunan Nyamplungan yang merupakan anak dari Sunan Muria.

para wali penyebar agama islam, pantai bandengan
Sumber Gambar : detilabeya_ (instagram)

Diceritakan, dahulu  beliau diperintahkan untuk memperdalam serta menyebarkan ajaran agama Islam ke kepulauan di sebelah utara Pulau Jawa, yang apabila dilihat nampak samar-samar dari gunung muria dan itulah kepulauan Karimunjawa.

Dalam menyebarkan ajaran Islam tersebut, Sunan Nyamplungan yang ingin menuju ke Pulau Karimun melewati sebuah pantai dengan banyak ikan bandeng, sehingga tempat tersebut dinamakan sebagai Desa Bandengan.

Dikarenakan desa tersebut mempunyai pantai, dengan demikian pantai tersebut dikenal dengan nama Pantai Bandengan disamakan dengan nama desa yang menjadi lokasi tempat pantai tersebut berada.

Sebenarnya sebelum dinamakan dengan Pantai Bandengan, pantai ini bernama Tirta Samudra yang dikelola oleh warga sekitar, hal tersebut terjadi sebelum tahun 1987.

Dan setelah tahun tersebut, pengelolaan pantai yang semula dikelola oleh warga sekitar, berpindah ke pemkab Jepara, akan tetapi dalam pengelolaannya, pemkab Jepara masih melibatkan masyarakat setempat.

Lokasi Pantai Bandengan

Objek wisata ini berada di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, provinsi Jawa Tengah, dengan jarak 7 km dari pusat Kota.

Rute Menuju Pantai Bandengan

Untuk bisa menuju pantai bandengan, para pengunjung lebih cepat dan mudah diakses dari kota Semarang, yang melewati perempatan lalu lintas Trengguli.

Dari sini para pengunjung dapat langsung mengambil ke arah kiri, serta lurus hingga sampai ke Jepara dari situ arah menuju Pantai Bandengan pun sudah dekat.

Sebenarnya untuk menuju ke Pantai Bandengan banyak rute yang bisa diambil oleh para pengunjung.

Akan tetapi karena salah satu alternatif yang paling mudah dan terdekat dari Kota Jepara yaitu melalui kota Semarang, maka yang berasal dari luar kota terutama yang berada arah barat bisa melalui kota Semarang terlebih dahulu.

Jam Buka Dan Tiket Masuk Pantai Bandengan

Objek wisata Pantai Bandengan terbuka untuk umum dimulai dari jam 00.06 pagi Hingga jam 18.00 sore dan terbuka untuk umum setiap hari.

Untuk biaya retribusi masuk ke Pantai Bandengan terbilang cukup murah, para pengunjung hanya dikenai biaya sebesar Rp 5.000 untuk bisa menikmati pemandangan indah pantai pada hari biasa, dan Rp 7.000 pada akhir pekan atau pada hari libur.

Fasilitas Pantai Bandengan Jepara

Objek wisata Pantai Bandengan yang dikelola oleh pemkab Jepara, sudah membangun Fasilitas yang memdai dan dapat dinikmati oleh para pengunjung yang berwisata ke Pantai Bandengan.

Untuk fasilitas di sini sudah memadai untuk menunjang kegiatan para pengunjung, yang menikmati objek wisata Pantai Bandengan ini.

Fasilitas-fasilitas yang sudah di sediakan oleh pengelola diantaranya, penginapan, tempat parkir yang cukup luas, rumah makan, toko souvenir, mushola, toilet, serta tempat untuk membilas, dan di objek wisata ini juga terdapat loker untuk menyimpan barang pribadi pengunjung.

Daya Tarik Pantai Bandengan

Objek wisata Pantai Bandengan, mempunyai beberapa daya tarik untuk bisa dinikmati oleh para pengunjung, yang menikmati keindahan Pantai Bandengan diantaranya ialah :

Gazebo Pantai

Gazebo pantai, pantai bandengan
Sumber Gambar : adisasongko (instagram)

Gazebo ini terdapat di sekitar pantai, yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk bersantai dan beristirahat sambil menikmati pemandangan pantai.

Di objek wisata ini juga terdapat penyewaan tikar yang dilakukan oleh warga sekitar,  apabila para pengunjung tidak kebagian gazebo, dengan harga sekitar Rp 10.000 dann dapat digunakan selama pengunjung berada di tempat wisata ini.

Tempat istirahat  ini dibangun agak menjorok ke arah laut, dan dibuat terpisah atau berjarak satu dengan yang lainnya, sehingga para pengunjung tidak akan mengganggu pengunjung yang lainnya.

Terdapatnya Gazebo ini menambah keindahan panorama pantai yang sebenarnya sudah indah, banyak diantara para wisatawan yang mengambil background Gazebo ini untuk berfoto ria.

Watersport

bermain kano, pantai bandengan
Sumber Gambar : elbowcomel (instagram)

Objek wisata ini menawarkan fasilitas watersport untuk bisa digunakan oleh wisatawan untuk beraktivitas, watersport yang paling sederhana yaitu penyewaan alat berenang berupa Ban.

Jadi para pengunjung tidak perlu repot, apabila tidak bisa berenang karena tetap bisa melakukan aktivitas di dalam air yaitu menggunakan ban tersebut untuk bisa beraktivitas di atas air.

Selain itu terdapat juga wahana yang lebih menantang, para pengunjung bisa menyewa permainan bananaboat, dengan permainan ini, andrenalin para pengunjung akan terpacu.

Satu hal yang paling ditunggu ialah saat banana boat memecah ombak dengan kecepatan yang sangat tinggi.

banana boat, pantai bandengan
Sumber Gambar : aff_afifah (instagram)

Objek wisata ini juga terdapat olahraga jetski, untuk para pengunjung yang belum terbiasa dengan olahraga ini, tidak perlu khawatir, apabila ingin mencoba menggunakan Jetski karena terdapat trainer yang sudah berpengalaman dan professional.

bermain jetski, pantai bandengan
Sumber Gambar : muhammadnurhardian (instagram)

Selain olahraga di atas juga terdapat penyewaan perahu Kano serta ATV yang bisa digunakan oleh para pengunjung yang sedang berwisata ke objek wisata Pantai ini.

Kuliner Dan Oleh-Oleh

bandeng bakar, pantai bandengan
Sumber Gambar : hilmi_bat (instagram)

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini harus mencicipi kuliner yang berada di kawasan ini, terdapat  berbagai menu makanan laut yang dijamin masih fresh.

Pengunjung bisa mencoba menu yang menjadi sajian khas yaitu ikan bandeng, terdapat dua pilihan olahan ikan bandeng, yaitu ikan bandeng goreng, ikan bandeng bakar yang sudah barang tentu sama-sama enak.

Untuk para pengunjung yang ingin menikmati sajian ini tidak perlu khawatir dengan harganya, dikarenakan harga yang ditawarkan sangat terjangkau.

Namun tidak ada salahnya apabila para pengunjung yang ingin menikmati sajian kuliner di sini, bertanya lebih dahulu tentang harga yang ditawarkan.

Di tempat ini selain menawarkan kuliner yang lezat, juga terdapat beberapa toko oleh-oleh yang bisa dibeli untuk bisa dibawa pulang.

Festival

jeparfa int' triatlon, pantai bandengan
Sumber Gambar : billy.sutanto (instagram)

Pengelola pantai ini pada waktu tertentu menyelenggarakan beberapa festival yang mengasyikkan, dan sudah tentu akan menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik minat para pengunjung datang ke objek wisata ini.

Beberapa hal tersebut di antaranya ialah Festival layang-layang, Festival boat, serta festival motocross.

Sehingga dengan adanya festival tersebut, maka akan membuat objek wisata Pantai Bandengan akan semakin terkenal, sehingga semakin hari akan semakin banyak wisatawan yang datang mengunjungi objek wisata ini.

Festival yang pernah di laksanakan di objek wisata ini di tahun 2019 diantaranya:

Lomba burung perkutut yang diadakan pada tanggal 17 Maret 2019, terdapat juga lomba burung tingkat nasional yang diadakan pada tanggal 28 April 2019, dan berakhir pada tanggal 21 September 2019 terdapat olahraga tingkat dunia yaitu Jepara International triathlon.

Tips Mengunjungi Pantai Bandengan

Para wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Bandengan sebaiknya memperhatikan beberapa hal agar acara wisata anda lebih dapat dimaksimalkan. Beberapa tips ini iyalah :

Para pengunjung yang ingin mengunjungi pantai ini, bisa datang pada hari biasa atau agak sore, dikarenakan apa bila datang agak sorean, para wisatawan akan mendapat kesempatan melihat Sunset tanpa banyak gangguan dari ramainya pengunjung lainnya.

sunset pantai, pantai bandengan
Sumber Gambar : nurul.khoiriyah18 (instagram)

Selanjutnya ialah, para pengunjung yang berkunjung ke obyek wisata ini harus menggunakan alas kaki yang nyaman, untuk kegiatan outdoor, terutama apabila para pengunjung ingin bermain di Pasir Pantai.

Dan ini yang paling penting  apabila saat para pengunjung ingin membeli makanan, pastikan para wisatawan bertanya dahulu tentang harga makanan yang ingin kita makan.

Dikarenakan sudah terdapat contoh kasus tentang pengunjung akan dikenai tagihan yang “lebih”, sehingga untuk minimalisasi kejadian tersebut terulang, alangkah lebih bijaknya apabila kita menanyakan terlebih dahulu harga makanan yang akan kita pesan.

Selanjutnya ialah para pengunjung diharapkan tidak membuang sampah sembarangan, serta menjaga kelestarian alam di manapun wisatawan berada.

Objek Wisata Dekat Pantai Bandengan

Di Kabupaten Jepara terdapat banyak objek wisata alam yang memukau, selain objek wisata Pantai Bandengan, di sekitar wilayah ini juga terdapat beberapa objek wisata lain di antaranya, Pantai Kartini dan Jepara ourland Park.

pantai kartini, pantai bandengan
Sumber Gambar : buya14 (instagram)

Dengan jarak kurang dari 4 km dari Pantai Bandengan, terdapat Pantai Kartini yang merupakan sebuah kawasan pantai yang namanya sudah terkenal di seluruh kota Jepara.

Bahkan menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh para pengunjung di saat hari libur, biasanya yang datang mengunjungi objek wisata Pantai Kartini ialah para keluarga.

Jepara ourland Park berada sekitar 1,5 km dari pantai Bandengan, Taman ini merupakan taman wisata terpadu yang menjadi satu-satunya di Jawa Tengah.

Dan berdiri di atas lahan seluas 11 hektar yang bertempat di pinggir pantai Mororejo, yang mempunyai konsep Timur Tengah – Eropa – India, para wisatawan yang berkunjung, mempunyai pengalaman yang ditawarkan seperti spor,t education, entertainment, relaxation, serta game.

Sehingga para pengunjung yang mengunjungi Jepara tidak akan kehabisan tempat bersantai, jadi tunggu apalagi segera datang ke Kota Jepara untuk Menikmati keindahan alam yang ditawarkan kota ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×