BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

10 Wisata Alam Salatiga Super Menakjubkan Dengan Panorama Keindahannya

Wisata alam Salatiga

0 243
wisata alam salatiga
sumber gambar : @azisahbar (instagram)

Kabupaten Salatiga yang merupakan salah satu kota yang ada Provinsi Jawa Tengah. Letak dari Kabupaten Salatiga berada pada lereng timur Gunung Merbabu. Kabupaten Salatiga menawarkan banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Jika anda berada di Kabupaten Salatiga anda wajib mengunjungi destinasi wisata alam yang menakjubkan ini. Wisata alam Salatiga akan membuat anda nyaman saat berkunjung di kawasan tersebut.

Wisata alam Salatiga menjadi tempat yang sangat populer dikalangan pecinta alam.

Apa saja wisata alam Salatiga yang menarik ini ? Mari kita simak ulasan yang ada di bawah ini.

1. Wisata Alam Salatiga Pemandian Mata Air Senjoyo

mata air senjoyo wisata alam salatiga
sumber gambar : @jogjaseni (instagram)

Pemandian Mata Air Senjoyo merupakan wisata alam Salatiga yang sangat populer. Wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat hari biasa maupun saat musim libur.

Pemandian Mata Air Senjoyo yang terletak diantara perbatasan Kabupaten Semarang dan Kabupaten Salatiga. Lebih tepatnya terletak di Jalan Senjoyo IV, Kadipurwo, Gendongan, Tingkir, Kabupaten Salatiga, Provinsi Jawa Tengah.

Pemandian ini menyuguhkan berbagai macam pemandangan alam yang sangat menyegarkan. Terdapat pepohonan yang terlihat rimbun dengan hijaunya daun. Hal tersebut membuat wisata ini terlihat sangat asri dan alami.

Karena letaknya yang berada pada lereng Gunung Merbabu, tempat ini memiliki udara yang sangat sejuk dan teduh seperti udara khas pegunungan.

Selain itu anda akan menikmati pemandangan yang begitu menarik terlihat dari jauh pegunungan Ungaran.

Saat berada di wisata alam Salatiga Pemandian Mata Air Senjoyo terdapat berbagai macam kegiatan yang bisa anda lakukan seperti bermain air, berenang, berendam dengan banyaknya ikan, selain itu anda bisa menikmati teduhnya suasana kawasan ini.

Anda dapat hunting foto di sekitar wisata alam Salatiga ini. Anda dapat berfoto saat berendam di dalam air pemandian. Selain itu anda bisa menikmati keindahan sunrise dan juga sunset.

Anda bisa menikmati keindahan matahari tersebut dengan berfoto. Foto yang dihasilkan akan terlihat sangat eksotis.

Berfoto bersama dengan keluarga tercinta, teman ataupun pasangan terkasih. Pemandangan yang disuguhkan membuat anda nyaman saat berada di tempat ini.

Aliran air di tempat pemandian ini terlihat sangat jernih dan juga bersih. Karena aliran air tersebut berasal dari mata air langsung dari pegunungan.

Aliran air tersebut digunakan oleh pemerintah untuk PDAM yang digunakan mata air ini sebagai kebutuhan warga sekitar seperti mandi, minum dan lain lain.

Fasilitas yang disediakan oleh wisata alam Salatiga Pemandian Mata Air Senjoyo sudah sangat memadai. Terdapat banyak fasilitas yang bisa anda gunakan seperti mushola, toilet, banyak ditemui banyak warung di sekitar wisata dan tentunya area parkir yang luas.

Anda tidak perlu khawatir dengan biaya yang harus anda keluarkan saat berada di kawasan ini. Karena saat memasuki wisata alam Salatiga Pemandian Mata Air Senjoyo anda tidak akan dikenakan biaya.

Cukup terjangkau bukan ? Dengan harga tersebut anda sudah dapat menikmati berbagai keindahan alam yang cukup menarik.

2. Wisata Alam Salatiga Tlogo Plantation

tlogo plantation wisata alam salatiga
sumber gambar : @explore_salatiga (instagram)

Tlogo Plantation yang terletak di kawasan wisata alam Salatiga mempunyai daya tarik tersendiri yang bisa anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

Wisata alam Salatiga Tlogo Plantation ini terletak di Jalan Raya Tuntang Beringin Km 2, Ngelerak, Delik, Tuntang, Kabupaten Salatiga, Provinsi Jawa Tengah.

Wisata alam Salatiga Tlogo Plantation dibangun khusus dengan arsitektur bangunan khas Belanda. Saat anda berada di kawasan ini, anda akan merasakan sedang berada di masa lalu saat penjajahan Belanda.

Anda akan banyak menemukan bangunan tua yang berdiri ratusan tahun masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Selain itu karena kawasan wisata ini berada di pegunungan, membuat wisata ini memiliki udara yang sangat sejuk dan teduh.

Anda akan merasa nyaman jika berada di tempat ini, anda akan merasakan ingin berlama-lama berada di kawasan ini.

Wisata alam Salatiga Tlogo Plantation ini merupakan sebuah penginapan yang memiliki keunikan beda dari tempat penginapan pada umumnya.

Penginapan ini terdapat beberapa bangunan yang disewakan untuk acara-acara tertentu. Acara-acara tersebut biasanya diakan untuk pesta ataupun untuk acara pernikahan.

Area wisata ini terdapat berbagai macam perkebunan yang bisa anda lihat. Perkebunan itu antara lain seperti perkebunan coklat, cengkeh, kopi, karet, kayu manis dan juga pala.

Kegiatan lain yang dapat anda lakukan berkeliling kawasan wisata alam Salatiga Tlogo Plantation, anda dapat menyewa seorang staff atau karyawan resort untuk mengarahkan anda mengelilingi wisata.

Anda akan mendapatkan pengalaman baru yang tidak terlupakan. Anda bisa berfoto bersama keluarga, dengan memanfaatkan keindahan alam yang sangat memukau.

Wisata alam Salatiga Tlogo Plantation sangat populer dikalangan wisatawan, tidak heran jika kawasan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sudah disediakan oleh pengelola.

Tlogo Plantation memiliki terdiri dari beberapa kamar, kamar tersebut berjumlah 15 dengan interior 22 conttage. Sepanjang jalan yang tersedia di Wisata alam Salatiga Tlogo Plantation dibangun  dengan menggunakan batu sungai, ada pula yang terbuat sari paving block.

Di setiap conttage terdapat taman yang menambah kesan ke asrian alam. Selain itu Tlogo Plantation terdapat wahana fly fox yang bisa dimanfaatkan bagi para wisatawan untuk mengisi kegiatan berlibur.

3. Sekitar Wisata Alam Salatiga Umbul Songo

umbul songo wisata alam salatiga
sumber gambar : @lukmanbudipurwanto (instagram)

Umbul Songo memang tidak termasuk dalam wilayah Salatiga. Namun wisata ini sangat dekat dengan Salatiga. Umbul Songo sebenarnya terletak di Kopeng, Getasan, Semarang Provinsi Jawa Tengah.

Jika anda memiliki fisik yang kuat dan juga pecinta andrenalin. Air Terjun Umbul Songo sangat cocok untuk anda kunjungi.

Namun rasa lelah anda saat menuju kawasan ini akan terbayarkan dengan pemandangan yang begitu eksotis.

Air Terjun Umbul Songo merupakan wisata alam Salatiga yang hanya ada saat musim hujan. Karena saat musim kemarau aliran air terjun akan mengering.

Wisata alam Salatiga Umbul Songo menyediakan beberapa fasilitas yang bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan penat. Fasilitas tersebut antara lain kolam renang, lahan untuk camping, dan juga taman bermain yang bisa digunakan oleh anak-anak.

Wisata Alam Salatiga Air Terjun Umbul Songo terdapat pada ketinggian 1.450 meter diatas permukaan laut. Karena letaknya berada pada ketinggian hal ini membuat wisata ini memiliki udara yang sangat sejuk dan teduh.

Anda akan merasa nyaman berada di kawasan Umbul Songo, karena merasa tenang menghilangkan kejenuhan dengan kegiatan sehari-hari.

Wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Selalu dipadati pengunjung saat musim libur ataupun saat hari biasa.

Saat anda berada di kawasan Kabupaten Salatiga atau di Semarang. Tempat ini sangat wajib untuk anda kunjungi.

Tempat ini memiliki keindahan yang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan beberapa wisata alam yang ada di Indonesia.

Air Terjun Umbul Songo dikelilingi oleh pepohonan yang sangat rimbun dengan hijaunya tumbuhan yang ada di sekitar wisata ini. Hal ini membuat Air Terjun Umbul Songo semakin terlihat sangat asri dan alami.

Selain itu terdapat pula suara kicauan burung.

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola selain fasilitas umum terdapat pula fasilitas wahana yang menarik untuk anda coba.

Wahana tersebut terdiri dari fly fox, outbond, spider jumper, dan lain sebagainya. Selain itu anda juga bisa mencoba menaiki kuda. Kuda-kuda yang telah disediakan oleh para warga sekitar.

Jika anda ingin mengelilingi Air Terjun Umbul Songo, anda bisa menyewa kuda-kuda tersebut. Tidak hanya itu anda juga bisa menikmati keindahan air terjun dengan berfoto.

Para wisatawan dapat memanfaatkan keindahan dari air terjun sebagai latar belakang foto yang akan diambil.

Apakah anda tertarik untuk mengunjungi wisata ini? Jika tertarik anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.10.000 per orang.

Namun jika anda ingin menaiki wahana yang ada di sekitar wisata ini akan dikenakan biaya tambahan.

4. Sekitar Wisata Alam Salatiga Bukit Cinta Rawa Pening

bukit cinta rawa pening wisata alam salatiga
sumber gambar : @ayurizkyawati (instagram)

Bukit Cinta Rawa Pening tidak termasuk dalam wilayah Salatiga. Namun jarak antara bukit ini dari Salatiga tidak terlalu jauh.

Bukit Cinta Rawa Pening yang terletak di Kebondowo, Banyubiru, Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Jika anda berkunjung ditempat ini anda akan menikmati keindahan alam yang sangat memukau. Anda akan dimanjakan oleh keindahan tersebut.

Bukit cinta yang terdapat banyak ditumbuhi oleh pepohonan hijau, hal ini membuat kawasan ini menjadi sangat sejuk dan teduh seperti berada di pegunungan.

Asal usul dari penamaan bukit ini berasal dari banyaknya para wisatawan yang berkunjung dengan mengajak orang terkasih, tercinta untuk menghabiskan momen bersama. Hingga akhirnya tempat ini diberi nama Bukit Cinta oleh warga sekitar.

Bukit Cinta menjadi tempat yang sangat populer bagi kalangan pecinta alam dan juga pecinta fotografer. Di tempat ini anda akan menemukan banyak spot cantik yang bisa anda manfaatkan untuk latar belakang bidikan kamera.

Banyak anak muda yang mencari spot cantik di Bukit Cinta. Anak muda kebanyakan ingin memamerkan keindahan alam tersebut di media sosial khususnya di Instagram.

Di depan kawasan wisata Bukit Cinta terdapat museum ikan. Museum tersebut menyediakan aquarium dengan berbagai macam jenis ikan tawar dan juga ikan hias.

Selain itu para wisatawan juga bisa membeli ikan-ikan tersebut untuk dibawa pulang. Ikan yang bisa dibawa pulang seperti lele, ikan patin, ikan nila, dan juga tentunya ikan hias lainnya.

Saat memasuki kawasan wisata ini anda akan disambut oleh pepohonan pinus yang sangat rimbun. Wisata Rawa Pening memiliki luas sekitar 2.670 hektare.

Saat anda berada di sekitar Salatiga atau di Semarang tidak lengkap jika tidak berkunjung ke kawasan ini. Karena tempat ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuat anda ingin kembali mengunjunginya.

Bukit Cinta telah menyediakan berbagai tempat duduk yang bisa anda gunakan ketika lelah saat menyusuri kawasan wisata ini. Tempat duduk tersebut terbuat dari semen beton.

Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin mengajak keluarga tercinta, teman atau pun pasangan terkasih. Karena tempat ini banyak tersedia wahana yang bisa digunakan oleh anak-anak. Bukit Cinta sangat populer di berbagai kalangan anak-anak-anak, remaja atau orang tua.

Wahana yang bisa digunakan oleh anak-anak yaitu jungkat-jungkit, ayunan, dan lain sebagainya. Jika anda terasa lapar dan lelah disaat anda tidak membawa bekal.

Tidak perlu khawatir, sebab di sekitar wisata ini terdapat banyak warung yang menjual makanan.

Anda dapat beristirahat di warung tersebut dan juga menyantap makanan dibawah rimbunnya pohon pinus. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin berpiknik.

Banyak para wisatawan yang berpiknik di sekeliling kawasan Bukit Cinta. Anda akan mendapatkan pengalaman baru bersama keluarga yang tidak akan terlupakan.

Jika anda ingin merasakan berkeliling menyusuri rawa, anda dapat menyewa perahu dengan hanya membayar biaya sekitar Rp.60.000 untuk jumlah penumpang 6 waktu yang disediakan sekitar 30 menit.

Saat menaiki perahu tersebut anda akan diminta untuk mengenakan pelampung demi keamanan dan keselamatan para wisatawan.

Rawa Pening terdapat banyak tumbuhan enceng gondok. Namun anda tidak perlu khawatir sebab nahkoda perahu sudah sangat terlatih dan terbiasa dengan situasi tersebut.

Saat anda berada di Bukit Cinta, anda akan menemukan banyak spot cantik yang bisa anda abadikan dalam bidikan kamera.

Untuk memasuki kawasan sekitar kawasan wisata alam Salatiga anda akan dikenakan biaya sekitar Rp.6.000 per orang pada hari biasa, sedangkan saat weekend akan dikenakan biaya sekitar Rp.7.500 per orang.

Harga tersebut sangat terjangkau bukan ? Anda akan merasakan banyak keuntungan saat berada di Bukit Cinta ini.

5. Sekitar Wisata Alam Salatiga Pemandian Muncul Ambarawa

pemandian muncul wisata alam salatiga
sumber gambar : pesona_kabsemarang (instagram)

Sekitar wisata alam Salatiga Pemandian Muncul Ambarawa yang terletak di Jalan Raya Muncul, Rowoboni, Banyu biru, Ambarawa, Jawa Tengah. Keindahan dari Pemandian Muncul Ambarawa ini sudah tidak diragukan lagi.

Wisata ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuat para pengunjung ingin berlama-lama saat berada di Pemandian Muncul Ambarawa.

Keunikan dari Pemandian Muncul Ambarawa populer dengan kejernihan airnya yang sangat menyegarkan mata.

Kejernihan air ini dimanfaatkan para wisatawan untuk berfoto didalam air kolam renang. Anda akan berfoto terlihat jelas berada dalam kolam.

Pemandian ini terdapat beberapa kolam yang berbeda-beda kedalamannya. Anda bisa bebas memilih ingin berenang di kolam dangkal atau kolam yang memiliki kedalaman tinggi.

Pemandian Muncul Ambarawa ini memiliki sedikit kekurangan. Bagi anda yang ingin berenang di kolam ini sebaiknya lebih berhati-hati.

Sebab ubin yang terdapat di dalam kolam sudah banyak yang rusak. Hal ini membuat para wisatawan sering terluka karena terkena ubin tersebut.

Mungkin jika ubin tersebut di perbarui oleh pihak pengelola. Hal ini akan membuat wisata Pemandian Muncul Ambarawa semakin banyak peminatnya.

Untuk menikmati wisata ini sendiri anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.20.000, harga ini sudah termasuk semuanya.

Anda tidak akan mengeluarkan duit lagi untuk membayar lain-lainnya, kecuali biaya untuk konsumsi. Anda harus membayar sendiri untuk biaya konsumsi selama ada di wisata Pemandian Muncul Ambarawa.

Anda akan merasakan berbagai macam aktivitas yang bisa anda lakukan saat berada di sini. Anda akan puas untuk berfoto dan berenang bermain air.

6. Sekitar Wisata Alam Salatiga Candi Klero

candi klero wisata alam salatiga
sumber gambar : @muhammad_richo_rahman (instagram)

Candi Klero yang tidak termasuk wisata Salatiga. Candi Klero termasuk dalam wisata Semarang yang lokasinya berada di Ngentak Lor, Klero, Provinsi Jawa Tengah.

Meski begitu kedua Kabupaten tersebut berjarak tidak terlalu jauh. Candi Klero memang belum populer dikalangan wisatawan. Hal ini membuat wisata ini masih sangat asri dan juga bersih.

Untuk mencapai Candi Klero tidak terlalu sulit. Letak dari Candi Klero ini sebenarnya sangat strategis. Namun saat anda ingin mengunjungi Candi Klero, anda harus lebih masuk ke dalam kampung penduduk.

Bentuk dari Candi Klero sendiri hampir mirip dengan Candi Sambisari yang berada di Sleman, Yogyakarta. Jika anda berkunjung di wisata ini, anda akan banyak mengetahui sejarah tentang bangsa kita.

Menurut sejarawan menyimpulkan bahwa bangunan Candi Klero merupakan peninggalan dari agama Hindu. Hal ini dibuktikan dengan adanya Lingga dan Yoni.

Menurut cerita Candi Klero telah dibangun sejak abad awal kerajaan Hindu berdiri di Indonesia. Candi Klero masih terlihat bersih dan rapi.

Candi Klero dikelola sangat baik oleh warga sekitar. Candi ini sering diberi sesaji dan selalu diberi tirai dan bambu. Pemandangan yang diberikan oleh Candi Klero banyak terdapat beberapa pepohonan yang rimbun.

Pepohonan hijau tersebut yang membuat Candi Klero akan terasa lebih sejuk dan teduh. Wisata ini tidak dikenakan biaya tiket masuk. Namun bagi anda yang mengunjunginya sebaiknya selalu menjaga kebersihan wisata ini.

7. Wisata Alam Salatiga Taman Bunga Celosia Bandungan

taman bunga celosia wisata alam salatiga
sumber gambar : @fnshaagstni_ (instagram)

Taman Bunga Celosia yang sangat populer dikalangan wisatawan baik anak muda maupun orang tua. Taman Bunga Celosia tidak termasuk wisata alam Salatiga.

Taman Bunga Celosia ini terletak di Jl. Wisata Gedongsongo km 05, Beroken, Candi, Bandungan, Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Dahulu sebelum wisata ini berubah menjadi wisata yang sangat populer dengan banyak spot foto yang instagramable, taman ini hanya berupa hamparan taman bunga Celosia.

Taman Bunga Celosia terdapat 3 bagian. Bagian tersebut terdiri dari Taman Bunga Celosia (Celosia 1), Celosia Happy & Fun (Celosia 2), dan Museun Selfie Celosia (Celosia 3). Ketiga bagian tersebut memiliki keindahan tersendiri.

Fasilitas umum yang disediakan antara lain area parkir, mushola, toilet, bangku taman, area bermain anak, dan lain sebagainya.

Fasilitas yang sangat diincar para wisatawan adalah spot foto yang instagramable. Fasilitas tersebut seperti Miniatur Landmark.

Di kawasan Miniatur Lanmark ini anda akan menemukan spot foto yang sangat instagramable. Miniatur tersebut seperti Kicir Angin, Patung Merlion, Menara Eiffel dan masih banyak lagi.

Setelah adanya spot foto yang selanjutnya adalah White Marine Park. Tempat tersebut bisa anda abadikan dalam kamera dengan berfoto diatas sebuah jembatan yang didesain dengan dominasi warna putih.

Ada pula spot foto berupa pyramida. Pyramida ini terletak di Celosia 2. Pyramida yang terlihat bangunan megah sangat cocok untuk yang ingin berfoto dengan ala-ala instagramable.

Ambil lah foto saat sore hari menjelang matahari terbenam, anda akan menghasilkan foto yang begitu eksotis.

Selain itu masih banyak terdapat spot foto yang menarik antara lain seperti Little Amsterdam, Little Korea, Taman Lampion, Rotterdam Zwembad, Jalan Tikungan Asmara, Lorong Tanpa Batas, Little Italy, dan Red Fort.

Anda akan merasa puas saat berada di kawasan ini. Karena dimanjakan oleh keindahan alam yang sangat memukau. Berfoto di tempat ini akan membuat anda mendadak menjadi selebgram.

Selain pemandangan yang disuguhkan, ternyata tempat ini juga banyak pengetahuan yang harus anda ketahui. Di tempat ini anda akan banyak mengetahui berbagai macam jenis bunga.

Bunga yang ada di Taman Bunga Celosia antara lain Hebras, Melati, Diantus, Mawar, Celosia, lili dan masih banyak lagi. Para wisatawan juga dapat membeli bunga tersebut dan membawa pulang.

Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini, anda akan dikenakan biaya tiket sekitar Rp.20.000 per orang di saat hari biasa, sedangkan saat hari libur akan dikenakan biaya sekitar Rp.25.000 per orang.

Untuk biaya parkir kendaraan motor dikenakan sekitar Rp.3.000, sedangkan kendaraan bermobil akan dikenakan sekitar Rp.5.000.

8. Sekitar Wisata Alam Salatiga Goa Rong View

goa rong view wisata alam salatiga
sumber gambar : @j_purnomo96 (instagram)

Goa Rong bukan termasuk dalam wilayah Salatiga. Goa Rong termasuk dalam wilayah Semarang. Goa Rong terletak di Jalan Lerak, Lopait, Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah.

Goa Rong meskipun bukan destinasi wisata alam Salatiga. Namun jarak antara Kabupaten Semarang dan Kabupaten Salatiga saling berdekatan. Wisata ini sangat populer bagi anda para wisatawan yang sekedar ingin melepas penat dan masalah yang ada.

Goa Rong View merupakan saksi bisu sejarah perjuangan warga Indonesia yang melawan Belanda di masa penjajahan.

Dahulu Goa Rong sering dijadikan sebagai tempat persembunyian para pejuang bangsa Indonesia. Asal mula nama Goa Rong berasal dari kata Rong dalam Bahasa Jawa berarti Ngerong atau menggali.

Goa Rong merupakan goa buatan oleh manusia. Hal ini menyebabkan Goa Rong memiliki ruang yang sangat sempit. Goa ini tidak ada hiasan seperti stalagtit dan stalagmit yang dimiliki kebanyakan goa pada umumnya.

Goa Rong terletak pada ketinggian bukit sekitar 703 meter diatas permukaan laut. Lokasi Goa Rong yang sedikit tertutup oleh pepohonan besar yang memiliki akar membelit atap goa.

Selain itu terdapat di bibir goa bongkahan batu besar yang hampir menutup semua akses jalan menuju Goa Rong. Hal ini membuat para wisatawan jika ingin memasukinya harus sedikit merunduk.

Para wisatawan sebelum memasuki kawasan Goa Rong, anda akan melihat sebuah gardu pandang dengan latar belakang pemandangan alam yang sangat memukau.

Dari gardu pandang ini anda akan dimanjakan dengan keindahan alam berupa Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Gunung Ungaran dan tentunya keindahan dari Danau Rawa Pening.

Anda akan melihat keindahan kota Salatiga yang sangat menarik. Pemandangan yang hijau membuat anda semakin nyaman berada di kawasan tersebut.

Goa Rong sangat cocok untuk anda yang ingin berlibur mengajak keluarga tercinta, teman atau pun bersama pasangan terkasih.

Goa Rong memiliki fasilitas wahana yang bisa digunakan oleh anak-anak seperti ayunan, jungkat-jungkit, prosotan dan masih banyak lagi.

Selain itu terdapat beberapa hewan yang terletak di taman, hewan tersebut meliputi kelinci, dan juga burung pakit.

Fasilitas yang disediakan pun beragam seperti warung makan, toilet, parkiran yang sangat luas, gazebo. Jika anda ingin bermalam di wisata ini terdapat pula penginapan dengan harga yang terjangkau.

Untuk memasuki kawasan wisata ini anda hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp.5.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkirnya dikenakan Rp.2.000 untuk kendaraan motor dan kendaraan bermobil dikenakan Rp.4.000.

Waktu yang tepat untuk anda kunjungi saat berada di kawasan ini adalah saat pagi dan sore hari. Saat pagi hari anda akan melihat pemandangan wisata alam Salatiga yang diselimuti oleh kabut tipis.

Tidak hanya itu udara saat pagi hari akan terasa lebih sejuk dan menyegarkan. Anda akan merasa rileks saat berada disini ketika pagi hari.

Sedangkan saat sore hari anda akan menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantulan cahaya matahari yang membuat anda semakin ingin berfoto dengan latar belakang keindahan alam.

9. Sekitar Wisata Alam Salatiga Puncak Gunung Telomoyo

gunung telomoyo wisata alam salatiga
sumber gambar : @tsura975 (instagram)

Gunung Telomoyo yang letaknya berada di Karangbawang, Nogasaren, Ngablak, Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Puncak Telomoyo merupakan wisata yang sangat diincar oleh para pemburu alam.

Gunung Telomoyo selalu ramai dipadati oleh para pendaki yang ingin menikmati panorama keindahan alam yang sangat memukau.

Gunung Telomoyo sendiri tidak memiliki trek yang curam, sehingga sangat aman untuk para pemula pendaki.

Tidak heran lagi keindahan alam di sekitar Gunung Telomoyo yang sangat populer dengan ke asriannya. Gunung Telomoyo memiliki bentuk yang kerucut dengan ketinggian sekitar 1.894 meter diatas permukaan laut.

Gunung Telomoyo terdapat berbagai tumbuhan yang tumbuh diatas puncak Telomoyo. Gunung Telomoyo sangat di jaga kebersihannya oleh pihak pengelolanya.

Panorama keindahan spot sunrise yang sangat populer terdapat di Gunung Telomoyo. Anda dapat menikmatinya dengan berswafoto bersama kawan, keluarga tercinta atau bersama dengan kekasih.

Banyak terdapat spot foto yang menarik wajib anda coba. Salah satu spot yang menjadi incaran para pendaki yaitu landasan paralayang atau gardu pandang.

Gunung Telomoyo juga menyuguhkan area Camping Ground yang sangat memadai. Biaya untuk memasuki kawasan wisata alam ini anda akan dikenakan biaya tiket sekitar Rp.10.000.

Selain itu anda akan dikenakan biaya parkir kendaraan bermotor sekitar Rp.5.000 dan kendaraan bermobil sekitar Rp.10.000.

10. Sekitar Wisata Alam Salatiga Taman Kopeng

taman wisata kopeng wisata alam salatiga
sumber gambar
: @tamanwisatakopeng (instagram)

Wisata Taman Kopeng ini ternyata tidak termasuk dalam wisata alam Salatiga, karena letaknya yang berada di Getasan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Namun jika dibandingkan wisata ini sangat dekat dengan Kabupaten Salatiga dari pada dengan Kabupaten Semarang. Wisata Taman Kopeng terletak tepat di kaki Gunung Merbabu.

Wisata ini termasuk dalam daerah dataran tinggi. Wisata Taman Kopeng terletak di ketinggian sekitar 1.450 meter diatas permukaan laut.

Hal ini yang membuat wisata Taman Kopeng memiliki udara yang sangat sejuk dan teduh.

Untuk biaya tiket masuk dikenakan sekitar Rp.10.000 per orang. Taman Kopeng terdapat beberapa wahana yang bisa anda coba.

Namun jika anda ingin mencoba wahana tersebut, anda akan dikenakan biaya tambahan.

Wahana tersebut terdiri dari waterpark, playground, arena camping, serta terdapat pula area outbond untuk anak-anak dan dewasa.

Tidak hanya itu ternyata Taman Kopeng juga menyediakan wahana untuk keluarga seperti family karaoke  dan resort, biliar, ATV dan masih banyak lagi.

Jika anda penggemar andrenalin yang lebih menantang, anda dapat mencoba wahana fly fox dengan ketinggian sekitar 12 meter, dan juga wahana lain seperti spider jumper dengan ketinggian 20 meter.

Itulah beberapa wisata alam Salatiga yang sangat populer di Jawa Tengah. Anda dapat menikmatinya saat libur panjang telah tiba. Anda bisa membawa semua anggota keluar, teman atau bahkan pasangan.

Namun hal yang harus selalu anda ingat tetap jaga kebersihan lingkungan agar terlihat asri dan alami. Dilarang membuang sampah sembarangan. Semoga artikel ini sangat membantu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×