BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Pantai 3 Warna Wisata Di Kawasan Konservasi

Pantai 3 Warna Wisata Dikawasan Konservasi Yang melik standart kebersihan yang tinggi

0 195

 

pantai 3 warna, pantai 3 warna
Sumber Gambar : victoriatravel8 (instagram)

Pantai 3 Warna Wisata Di Kawasan Konservasi

clungup mangrove conservation, pantai 3 warna
Sumber Gambar : eldyansyah_27 (instagram)

Di pantai ini mempunyai keunikan tersendiri, pantai yang letaknya di kota Malang ini mempunyai warna yang berbeda-beda yaitu mempunyai warna biru, hijau, dan putih.

Perbedaan warna tersebut akibat dari kedalaman air laut, selain itu ombak di Pantai ini sangat tenang dikarenakan ombak besar yang berasal dari Samudra Hindia terhalang oleh Pulau Sempu.

Para pengunjung yang datang ke pantai ini bisa melakukan snorkeling, untuk Menikmati keindahan taman bawah laut, pengunjung juga dapat menikmati indahnya terumbu karang dan berbagai aneka ikan yang berada di sana.

Pantai ini merupakan satu-satunya yang pantai yang mempunyai Spot snorkeling yang berada di kota Malang pantai ini bernama pantai 3 warna.

snorkling laut 3 warna, pantai 3 warna
Sumber Gambar : oktaviayes (instagram)

Pemandangan muka pantai tiga warna didominasi oleh Pulau Sempu serta berdekatan dengan pantai Selendang Biru.

Pantai Tiga Warna adalah kawasan konservasi alam yang dikelola oleh Clungup Mangrove Conservation.

Maka dari itulah kawasan Pantai Tiga Warna Malang ini tetap alami dan benar-benar dijaga kebersihan serta keindahannya.

Ada hal yang membedakan antara wisata pantai 3 warna dengan lokasi wisata pantai lain, adalah standar kebersihannya.

Ketika parawisatan memasuki pintu masuk Pantai 3 warna, wisatawan diharuskan menunjukkan semua barang bawaan yang berkaitan dengan makanan serta minuman.

Inti dari semua tersebut ialah mendata barang yang berpotensi menjadi sampah, dan nanti setelah para wisatawan selesai mengunjungi tempat ini.

Pada saat pulang, barang – barang tersebut kembali di data, pendataan ulang barang bawaan oleh petugas bertujuan agar, pengunjung tidak meninggalkan sampah di kawasan ini, jika itu terjadi, wisatawan dapat dikenakan denda sebesar Rp100.000.

Lokasi Pantai 3 Warna

Lokasi pantai ini berada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang.

Berada dalam area rehabilitasi dan konservasi mangrove terumbu karang serta hutan  lindung, pantai Tiga Warna mempunyai jarak 150 km dari kota Malang.

Rute Menuju Pantai 3 Warna

Para pengunjung yang ingin mengunjungi Pantai Tiga Warna, yang melalui kota Malang bisa dengan mengikuti petunjuk arah melalui Kecamatan Bululawang » Kecamatan Turen » Kecamatan Sumber Manjing Wetan » Pantai Sendang Biru.

Setelah itu akan ada petunjuk arah setelah sampai di pertigaan Pantai Sendang Biru, kemudian ikuti rambu yang menuju ke Clungup Mangrove Conservation.

Rambu tersebut merupakan yang mengarah ke Pantai Clungup Pantai Gatra Serta Pantai 3 Warna.

Dan apabila para pengunjung menggunakan sepeda motor, bisa masuk nggak pintu utama pantai clungup.

Dan untuk kendaraan roda empat, parkir di depan gang serta berjalan kaki sekitar sejauh 1 km. Setelah dari bos tiket masuk perjalanan dilanjutkan melewati jalan Tanah sempit sekitar 2 KM dengan kontur  jalan naik dan turun.

Harap berhati-hati dikarenakan jalan ini cenderung menjadi licin di saat musim penghujan, hutan mangrove menjadi pemandangan indah yang sekaligus sebagai pertanda bahwa pengunjung sudah sampai di pantai clungup.

Untuk menuju pantai Gatra dari Pantai clungup, berjalan ke arah kiri dengan melewati Tegalan dengan jarak Kurang lebih 3 km, setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju bukit yang berada di sebelah kiri, pantai Gatra maka akan bertemu dengan pantai 3 warna.

Pantai ini merupakan perpaduan 3 warna, yang terdiri dari air laut yang berwarna biru yang berada di dalam kemudian hijau yang berada agak ke tepi serta putih pasir pantai.

Perbedaan warna ini lah yang menjadi dasar alasan penamaan pantai ini dengan sebutan tiga warna.

Jam Buka Pantai 3 WarnaTiket Pantai 3 Warna

Objek wisata ini dibuka mulai jam 05.00 pagi sampai jam 14.00 siang untuk kunjungan ke publik.

Biaya masuk yang menikmati Pantai Tiga Warna ini para wisatawan harus membayar sebesar Rp6.000.
Dan mereka yang datangPantai 3 Warna secara berkelompok, atau rombongan dengan beranggotakan sekitar 10 orang, dikenai biaya sekitar Rp 300.000.

Biaya tersebut digunakan untuk membayar guide sebesar Rp 100.000, sewa lahan dan tenda sebesar Rp 150.000 serta Rp 50.000 untuk biaya tiket 10 orang.

Aktivitas Menarik Di Pantai 3 Warna

  1. Pantai Yang Bersih Dan Lestari

pesona 3 warna, pantai 3 warna
Sumber Gambar : @ezsatria22 (instagram)

Seperti yang telah disebutkan di atas, pantai 3 warna ini merupakan bagian dari kawasan Clungup Mangrove conservation.

Sebuah kawasan yang mengutamakan prinsip keseimbangan ekosistem. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keindahan lingkungan sekitar tanpa sepenuhnya melarang kunjungan wisatawan.

Kebersihan di pantai 3 warna ini membuatnya semakin cantik dan menawan, pengelola melakukan usaha dengan keras untuk selalu menjaga kawasan ini tetap bebas dari berbagai macam jenis sampah. Yang di bawa oleh para pengunjung.

cmc 3 warna, pantai 3 warna
Sumber Gambar : tyasintiya (instagram)

Sehingga kawasan CMC tiga warna terbebas dari segala macam sampah.

Pengunjung yang membawa berbagai barang bawaan, sebelum masuk ke kawasan pantai 3 warna akan terlebih dahulu di periksa, terutama barang yang berpotensi menjadi sampah.

Berlaku  juga untuk para pengunjung yang akan meninggalkan tempat wisata pantai 3 warna ini, barang bawaan para pengunjung akan kembali diperiksa di loket keluar.

Setiap pengunjung wajib membawa pulang sampah nya masing-masing, apabila barang bawaan pengunjung kurang dari yang sudah dicatat, maka pengelola akan menjatuhkan sanksi berupa denda yang lumayan besar.

Berbeda dengan tempat wisata pantai yang lainnya Cmc Tiga Warna, akan menutup total kawasan wisata dari kunjungan wisatawan di saat libur panjang di penghujung tahun dan libur keagamaan seperti hari raya Idul Fitri.

Pihak pengelola CMC pantai tiga warna beranggapan bahwa Intervensi atau keberadaan manusia ketika peak season akan membahayakan ekologi kawasan konservasi.

Maka dari itu untuk proses rehabilitasi, pihak pengelola pantai tiga warna memberikan istirahat untuk alam dari kunjungan wisatawan.

Di kawasan ini bukan hanya nilai ekonomis aja yang diutamakan akan tetapi juga keberlanjutan dari suatu objek wisata alam yang juga menjadi perhatian.

  1. Berenang Dan Snorkeling

snorkling, pantai 3 warna
Sumber Gambar : vinaarivin (instagram)

Di objek wisata pantai 3 warna ini para pengunjung bisa menyalurkan hobi, seperti berenang dan snorkeling di lautan.

Para wisatawan bisa menyewa peralatan tersebut di lokasi Pantai, apabila wisatawan tidak membawanya dari rumah, biaya yang dikenakan untuk peralatan snorkeling sebesar Rp 15.000 per set.

Perlengkapan tersebut terdiri atas rompi pelampung, kacamata dan alat bantu nafas.

Di objek wisata ini terdapat satu keunikan, keunikannya tersebut didapat dari warna airnya yang berbeda-beda.

Perbedaan ini didasarkan dari kedalaman laut itu sendiri, selain keunikan dari warna, pantai ini juga mempunyai air laut yang juga bersih serta jernih, para wisatawan dapat menikmati terumbu karang yang mempunyai keindahan dan bisa ditempati sepuasnya.

Di kota Malang hanya Pantai Tiga Warna satu-satunya Spot snorkeling, walaupun keindahan pemandangan bawah laut tak seindah saat snorkeling di Karimunjawa, namun keindahan bawah laut di pantai ini sepertinya layak untuk dicoba.

  1. Berkemah

berkemah, pantai 3 warna
Sumber Gambar : anwarnugroho_ (instagram)

Wisatawan yang datang ke Pantai Tiga Warna selain untuk menikmati keasrian pantai, para wisatawan juga diperbolehkan untuk menginap atau melakukan camping.

Kebanyakan dari pengunjung, melakukan camping di pantai yang letaknya berada di dekat Pantai Tiga Warna ini yaitu di pantai clungup atau di pantai Gatra.

Para pengunjung yang lebih memilih di pantai gatra dan clungup sebagai lokasi camping dikarenakan, di tempat tersebut telah disediakan persewaan tenda beserta lahan.

Para pengunjung harus membayar Rp 25.000 untuk sewa tenda dan Rp 25.000 untuk sewa lahan nya.

Rata-rata yang menginap di pantai ini adalah para wisatawan yang datang dari luar kota, sehingga banyak dari mereka yang mendirikan camp di sekitar pantai.

Selain dapat bermain sepuasnya di Pagi harinya, para wisatawan tersebut juga dapat menikmati suasana ketenangan pantai di saat malam hari.

  1. Tracking

tracking, pantai 3 warna
Sumber Gambar : ddiastara (instagram)

Selain bisa Menikmati keindahan pantai para pengunjung juga bisa melakukan tracking, akan tetapi dalam melakukan tracking tersebut, para pengunjung diwajibkan membayar Rp100.000 untuk biaya guide.

Kegiatan tracking tersebut harus dilakukan secara berkelompok, dan per kelompok dibatasi hanya 10 orang saja.

Apabila dalam kelompok tersebut kurang dari 10 orang, maka akan digabung dengan kelompok lainnya yang jumlahnya sama-sama tidak mencapai 10 orang.

Perlu diperhatikan untuk berkunjung ke Pantai Tiga Warna ini dalam melakukan tracking, pengelola memberlakukan sistem kuota, pada saat kuota sudah terpenuhi para pengunjung harus mengantri.

Pantai Tiga Warna juga mempunyai keistimewaan dan keunikan lainnya, salah satunya ialah mendaftarkan barang bawaan yang dibawa oleh para pengunjung.

Pengunjung serta semua barang bawaan seperti makanan, minuman, perlengkapan mandi, hingga rokok, semua di data dan dicek di pintu masuk pantai.

Hingga pada saat para pengunjung akan mengakhiri kunjungan, semua barang tersebut kembali dicek serta didata.

Apabila pengelola menemukan barang bawaan yang dibawa pengunjung berkurang, maka dapat dipastikan barang tersebut menjadi sampah.

Yang terbuang di lokasi pantai apabila hal tersebut terjadi maka pengunjung yang kedapatan akan mendapat denda dari petugas CMC.

Tips Mengunjungi Pantai 3 Warna

Bagi para pengunjung yang ingin melakukan liburan ke Pantai Tiga Warna, pastikan sebelum berangkat, beberapa hari sebelumnya sudah melakukan reservasi ke pengelola dan petugas Balai Konservasi Mangrove Clungup serta bisa menghubungi nomor 0812 – 3333 – 9889.

Dikarenakan pengelola membatasi setiap rombongan, yang maksimal 10 orang, dengan tarif masuk sekitar Rp 100. 000.

Kunjungan ke pantai 3 waran hanya dibatasi 100 orang per harinya, tujuannya adalah demi menjaga ekosistem alam serta biota laut.

Di Objek wisata Pantai Tiga Warna para pedagang akan jarang di temui, jadi para wisatawan sebelum memasuki ke wilayah Pantai Tiga Warna alangkah baiknya mempersiapkan makanan, untuk berjaga-jaga, apalagi jika ingin melakukan camping.

Apabila para wisatawan ingin camping, pengelol sudah mempersiapkan peralatan tenda.

Pengunjung tinggal menyewa dari pengelola dengan harga sewa yang cukup murah, yaitu sekitar Rp 25.000 per malam untuk tenda dan Rp 25.000 untuk sewa lahan.

Objek Wisata Lain Yang Dekat Pantai 3 Warna

Terdapat beberapa objek wisata lain yang berdekatan dengan Pantai Tiga Warna, yang mempunyai pantai indah bahkan masih satu kawasan pantai 3 warna.

Pantai tersebut ialah pantai clungup, pantai Gatra, pantai Savana, pantai Watu pecah, dan pantai Mini,

Semua pantai yang berdekatan dengan Pantai Tiga Warna tersebut memiliki standar kebersihan yang cukup tinggi, karena dikelola dalam satu kawasan, dan diawasi oleh pengelola yang sama.

Sekarang giliran anda untuk bisa melihat serta Menikmati keindahan Pantai Tiga Warna tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×