BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

10 Wisata Alam Sukabumi Super Hits Membuat Anda Penasaran

Wisata Alam Sukabumi

0 463
wisata alam sukabumi yang memukau
sumber gambar : @aditia.putra.21 (instagram)

Kota Sukabumi merupakan kota yang luas wilayah terkecil yang ada di Jawa Barat. Meskipun begitu Kota Sukabumi juga terdapat beberapa destinasi wisata yang dapat anda kunjungi.

Wisata alam Sukabumi tidak kalah menarik dengan wisata-wisata alam yang ada di kota lainnya. Jika anda memulai perjalanan dari pusat Ibukota Jakarta jarak tempuhnya tidak terlalu jauh, hanya membutuh kan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Karena lokasinya yang dekat dengan Ibukota Jakarta, banyak wisatawan yang datang berasal dari Jakarta. Kota Sukabumi di bagian utara terletak adanya pegunungan sedangkan di bagian selatan terdapat pantai.

Hal ini menyebabkan sektor pariwisata yang ada di Kota Sukabumi semakin berkembang. Apa saja wisata alam Sukabumi ? jika anda penasaran, mari simak ulasan yang akan kita bahas di bawah ini mengenai beberapa wisata alam Sukabumi.

1. Wisata Alam Sukabumi Pantai Pelabuhan Ratu

pantai pelabuhan ratu wisata alam sukabumi
sumber gambar : @hitspelabuhanratu (instagram)

Pantai ini terletak di Kecamatan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Wisata alam Sukabumi memiliki keindahan yang memukau.

Pantai ini memiliki ombak yang curam dan juga ombak landai. Selaim itu pantai ini terdapat juga karang yang terjal berada di beberapa bagian pantai. Pantai ini memiliki keunikan dengan pasir yang sangat luas, udara yang ada di tempat ini serasa sejuk.

Tempat ini selalu ramai di kunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan pantainya membuat para wisatawan menjadikan nya sebagai latar belakang foto.

Terdapat beberapa tempat yang bisa anda gunakan sebagai spot foto cantik yang akan menjadi kenangan. Pantai Pelabuhan Ratu membuat anda nyaman dan ingin berlama-lama menikmatinya.

Pesona nya yang terpancar membuat para wisatawan tidak ingin pulang terlalu cepat. Wisata alam Sukabumi yang satu ini anda bisa menikmatinya kapan pun, entah pagi ataupun malam hari.

Jadi tidak perlu khawatir jika anda tidak mau terkena terik matahari, anda bisa menikmatinya pada malam hari. Anda bisa menikmati pantai ini dengan bersantai bermain pasir yang ada di sekitar pantai.

Selain itu anda bisa melakukan surfing di pantai ini. Jika anda ingin memancing, lakukan aktivitas tersebut di atas batu karang yang menjorok ke laut. Di atas batu karang anda juga bisa melihat perahu nelayan yang sedang mencari ikan.

Saat malam hari anda bisa menikmati  udara laut yang dingin, dengan di temani lampu-lampu yang terdapat di perahu nelayan dari kejauhan maupun lampu yang ada di warung-warung sekitar pantai.

Selain itu anda akan bisa melihat lampu mercusuar membuat keindahan di malam hari semakin eksotis.

2. Wisata Alam Sukabumi Curug Cikaso

curug cikaso wisata alam sukabumi
sumber gambar : @max_bowen88 (instagram)

Wisata alam Sukabumi Curug Cikaso terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade. Curug ini memiliki ketinggian 80 meter.

Curug Cikaso populer dengan pesona keindahannya. Curug Cikaso airnya mengalir bermuara menuju Tegal Buleud.

Curug Cikaso kondisi alamnya masih terbilang asri dengan pepohonan yang rimbun yang begitu memukau. Aliran air yang ada di Curug Cikaso ini bewarna biru kehijauan.

Curug Cikaso memiliki 3 titik curahan. Curahan yang pertama bernama Curug Aseupan, dan curug yang kedua bernama Curug Menong dan yang terakhir bernama Curug Aki.

Saat musim hujan tiba debit air yang ada di curug ini akan jauh lebih deras gemuruhnya semakin terdengar jelas.

Percikan aliran air curug ini membuat kesan yang menyegarkan dan menyejukkan perasaan hati. Membuat para wisatawan semakin nyaman berada di tempat ini dengan pesona keindahan warna dari aliran air tersebut.

Kedalaman air Curug Cikaso mencapai sekitar 15 meter, sebaiknya bagi para wisatawan untuk berhati-hati saat berenang di tempat ini.

Selain itu di bawah kolam curug terdapat pusaran air yang sangat deras dan kuat. Untuk menikmati keindahan dari wisata alam Sukabumi Curug Cikasl ini anda hanya perlu membayar biaya tiket yang cukup terjangkau.

Jika anda menuju wisata ini dengan berjalan kaki hanya perlu membayar sekitar Rp. 5.000 per orang. Sedangkan jika anda membawa mobil, biaya yang dikenakan sekitar Rp. 33.000, harga ini sudah termasuk dengan biaya parkir mobil. Harga yang di kenakan cukup terjangkau anda sudah bisa menikmati keindahan curug ini.

3. Wisata Alam Sukabumi Curug Cimarinjung

curug cimarinjung wisata alam sukabumi
sumber gambar : @curugcimarinjung (instagram)

Wisata alam Sukabumi Curug Cimarinjung terletak di kawasan wisata Geopark Ciletuh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas.

Jika anda berada di pusat Kota Sukabumi hanya membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam perjalanan. Curug Cimarinjung di kelilingi oleh batuan yang tua dengan di tumbuhi pohon kecil menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Wisata alam Sukabumi ini menjadi destinasi wisata yang cocok bagi para pengunjung untuk menghabiskan waktu liburan.

Keindahan Curug Cimarinjung memiliki berbagai keindahan, keindahan tersebut terlihat dari indahnya aliran curug yang sangat deras dan suasana yang ada di sekitar curug masih terbilang sangat asri.

Kecantikan dari air terjun membuat para wisatawan merasa berada di dunia Jurassic World. Udara yang teduh dan sejuk membuat hati terasa nyaman dengan suara gemercik aliran air.

Hal ini membuat para wisatawan ingin berkunjung kembali ke tempat ini. Selain itu anda bisa ber foto dengan latar belakang air terjun ini.

Terdapat berbagai spot cantik dengan pemandangan bukit yang hijau di tambah dengan kilaunya sinar matahari yang bisa anda abadikan di dalam lensa kamera untuk di jadikan kenangan yang tidak akan terlupakan.

Batu besar yang ada di sekitar air terjun menjadi spot andalan bagi para pengunjung untuk hasil foto yang lebih berkesan.

Jika anda ingin menikmati keindahan ini hanya perlu membayar biaya tiket masuk sekitar Rp. 3.000, untuk biaya parkir kendaraan bermotor di kenakan sekitar Rp. 3.000, sedangkan untuk biaya parkir mobil di kenakan sekitar Rp. 5.000.

Sebaiknya anda berkunjung ke tempat wisata ini saat musim kemarau, karena jika musim hujan jalur untuk menuju air terjun tersebut sangat licin dan sulit.

4. Wisata Alam Sukabumi Curug Awang

curug awang wisata alam sukabumi
sumber gambar : @verbrimanueln70 (instagram)

Wisata alam Sukabumi Curug Awang ini terletak di kawasan Geopark Ciletuh, Ciemas. Curug Awang merupakan curug yang aliran airnya berasa dari sungai Ciletuh.

Curug Awang memiliki ketinggian 40 meter dengan lebar curug sekitar 60 meter, dengan keindahan dinding bewarna coklat kemerahan.

Tebing tersebut berada di balik air terjun yang begitu mempesona. Saat musim kemarau aliran air terjun akan semakin deras. Warga sekitar menyebut air terjun ini sebagai air terjun Niagara Mini yang berada di Amerika.

Penamaan Curug Awang berasal dari bahasa Sunda, Awang berarti Angkasa. Hal ini di karenakan air terjun ini air tinggi yang berada jauh di atas langit.

Menurut informasi Direktori Wisata Indonesia, Curug Awang merupakan air terjun pertama yang aliran airnya berasal dari sungai Ciletuh dengan urutan tertinggi.

Tidak lengkap jika anda berkunjung di tempat wisata tanpa mengabadikannya dalam kamera. Terdapat banyak spot foto terbaik yang ada di sekitar air terjun.

Jika anda ingin berfoto dengan memperlihatkan ketinggian air terjun, anda bisa berfoto di atas tebing aliran curug maka akan terlihat jelas air terjun tersebut berada pada ketinggian.

Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang aliran air Curug Awang yang terlihat mengalir deras dari atas tebing hingga jatuh ke bawah kolam, dan masih banyak lagi tempat yang cantik untuk berfoto.

Untuk menikmati keindahan Curug Awan para wisatawan hanya di kenakan biaya tiket masuk sekitar Rp. 3.000 dan biaya parkir kendaraan bermotor sekitar Rp. 3.000, sedangkan kendaraan mobil dikenakan sekitar Rp. 5.000.

Biaya tersebut sangat terjangkau untuk para wisatan dengan menikmati indahnya air terjun sepuasnya.

5. Wisata Alam Sukabumi Goa Buniayu

goa buniayu wisata alam sukabumi
sumber gambar : @ludyakusuma (instagram)

Wisata alam Sukabumi Goa Buniayu ini terletak di Desa Cipicung, Kerta Angsana. Goa Buniayu berbeda dengan goa-goa lain yang ada di Indonesia yang nampak menyeramkan. Goa ini justru menjadi destinasi terfavorite yang ada di Sukabumi.

Jika anda mempunya nyali yang cukip berani, anda bisa mengunjungi wisata ini yang penuh rintangan. Penamaan Goa Buniayu memiliki arti Buni yang berarti tersembunyi dan ayu berarti cantik.

Jika di gabung nama tersebut berarti Goa tersembunyi yang cantik. Asal usul nama tersebut pasti dinilai dari kondisi keadaan sekitar goa yang memang terlihat cantik memukau.

Selain itu terdapat nama lain dari goa tersebut yaitu Goa Cipicung, karena lokasinya yang berada di Desa Cipicung.

Wisata ini semakin terkenal setelag lokasi goa di gunakan aktivitas syuting film yang berjudul Si Buta Dari Goa Hantu.

Wisata alam Sukabumi Goa Buniayu di kelola oleh Perum Perhutani. Goa Buniayu memiliki luas sekitar 10 hektare.

Goa Buniayu memiliki keunikan dari goa ini menurut para ahli yaitu terdapat adanya Stalaktit, Garundam, Stalakmit dan juga beberap ornamen lainnya.

Untuk menelusuri dalam goa terdapat dua cara yang bisa di tempuh oleh para wisatawan. Cara pertama disebut dengan penelusuran horizontal.

Penelusuran horizontal sangat di minati oleh lara wisatawan, karena jika anda melakukan penelusuran ini tidak terlalu sulit di tempuh, medannya juga tidak terlalu berat di lewati.

Setelah tiba di dalam goa yang anda telusuri dengan cara pertama, maka mata anda akan di manjakan dengan pemandangan Stalaktit dan Stalamit.

Sedangkan cara penelusuran yang kedua memiliki nama Goaminat. Goaminat memiliki rute vertikal dan horizontal. Penelusuran ini sangat cocok untuk anda yang menyukai tantangan.

Penelusuran ini anda bisa merasakan mulai dari menuruni goa dan melakukan perjalanan selama 4 jam. Sepanjang perjalanan menelusuri goa anda akan menemukan batu-batuan, lumpur serta sungai.

Karena jalurnya begitu licin sebaiknya bagi para pengunjung harus memerhatikan kenyamanan dan keselamatan diri dengan memakai peralatan keamanan yang lengkap.

6. Wisata Alam Sukabumi Kawah Ratu

kawah ratu wisata alam sukabumi
sumber gambar : @gunungtangkubanperahu (instagram)

Kawah Ratu berada pada Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, yang letaknya berada pada ketinggian 1.437 meter di atas permukaan laut, lebih tepatnya berada di Perut Gunung Salak. Untuk menuju wisata ini anda harus menuju jalur pendakian Gunung Salak.

Kawah Ratu merupakan kawah yang masih aktif dan salah satu tempat bagi para pendaki untuk beristirahat entah para pendaki saat naik ataupun turun.

Pesona dari Kawah Ratu sungguh mempesona memikat hati. Kawah Ratu terbentuk karena terdahulu terdapat erupsi Gunung Salak yang dahsyat.

Keunikan dari Kawah Ratu terdapat aliran sungai Cikuluwung yang melintas kurang lebih sekitar 1 km. Sungai ini yang membedakan Kawah Ratu dengan kawah-kawah lainnya yang ada di Indonesia. Air yang ada di sungai tersebut jika di lihat dari jauh memiliki warna biru tosca.

Namun jika anda mendekati sungai warna air nya berubah menjadi warna kuning terlihat dari dasar sungai.

Jika anda berkunjung di kawasan Kawah Ratu sebaiknya menggunakan masker karena bau belerang sangat menyengat.

Sepanjang perjalanan untuk menuju kawah anda akan di manjakan dengan pemandangan yang begitu mempesona dengan keindahan alamnya yang nampak hijau dengan pepohonan yang rimbun, membuat suasana menjadi sejuk dan teduh.

Terdapat banyak spot foto, anda bisa mengambil foto saat perjalanan menuju Kawah Ratu ataupun berfoto di kawasan kawah.

Berbagai latar belakang seperti Gunung Salak, Kawah Ratu ataupun pepohonan yang rimbun. Kawah Ratu menjadi spot tercantik yang bisa anda gunakan sebagai latar belakang saat berfoto.

Pengalaman saat berada di kawasan Kawah Ratu menjadi hal yang tidak akan terlupakan, tempat ini membuat para wisatawan ingin kembali lagi mengunjunginya dengan panorama keindahan alam yang begitu memukau.

7. Wisata Alam Sukabumi Danau Batu Bacan

danau batu bacan wisata alam sukabumi
sumber gambar : @de_bagustian (instagram)

Danau Batu Bacan merupakan destinasi wisata alam Sukabumi yang terletak di Desa Langensari, Kecamatan Sukaraja.

Pada zaman dulu lokasi ini di jadikan sebagai tempat penambangan. Danau ini terbentuk akibat dari penggalian tambang tersebut. Danau Batu Bacan wisata yang tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Danau ini selalu ramai karena keindahan alamnya yang begitu mempesona. Warna air yang ada di danau ini bewarna hijau yang tampak sangat cantik jika anda berfoto di lokasi sekitar danau.

Warna air danau tersebut hampi mirip dengan batu bacan, karena itu lah asal mulanya penamaan danau ini.

Air yang ada di danau ini tidak pernah mengalami kekeringan tidak pernah surut walaupun musim kemarau panjang.

Debit air Danau Batu Bacan akan tetap sama, danau ini di gunakan oleh warga untuk keperluan sehari-hari. Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Kawah Ratu ini sudah cukup memadai.

Terdapat banyak lokasi untuk beristirahat, tempat makan, area parkir dan tentunya terdapat mushola serta toilet.

8. Wisata Alam Sukabumi Curug Cigangsa

curug cigangsa wisata alam sukabumi
sumber gambar : @oendiik (instagram)

Curug Cigangsa termasuk dalam wisata alam Sukabumi yang terletak di Kelurahan Pasiripis, Kecamatan Surade.

Curug Cigangsa pada masa penjajahan Belanda tempat ini sering di jadikan tempat persembunyian oleh para pejuang.

Curug Cigangsa juga sering di sebut sebagai nama Curug Luhur. Curug Cigangsa terdiri dari tiga tingkataan yang terjadi akibat gempa yang sangat kuat sehingga mengakibatkan longsor dan membentuk tiga tingkatan tersebut. Pemandangan yang ada di kawasan air terjun ini seperti pepohonan yang sangat hijau dan asri.

Udara yang ada di wisata ini sangat sejuk dan teduh membuat perasaan hati menjadi tenang dan nyaman. Di sekitar wisata ini terdapat batu yang bentuknya sangat unik, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Batu tersebut menyerupai bentuk masjid.

Hal ini membuat warga sekitar menyebut batu tersebut sebagai Batu Masjid atau Masigit. Selain itu fasilitas yang ada di kawasan ini sudah cukup memadai.

Kebersihan dari fasilitas sudah sangat terjaga. Jika anda ingin menikmati keindahan air terjun tersebut, sebaik para wisatawan datang saat musim hujan.

Karena saat musim hujan debit airnya akan banyak dibandingkan saat musim kemarau debit air nya akan sangat kecil.

9. Wisata Alam Sukabumi Pantai Pangumbahan

pantai pangumbahan wisata alam sukabumi
sumber gambar : @one_transport_travel_bandung (instagram)

Pantai Pangumbahan merupakan destinasi wisata alam Sukabumi yang terletak di Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap.

Ketika anda berada di Kota Sukabumi tidak lengkap rasanya jika anda tidak mampir ke wisata Pantai Pangumbahan.

Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini dengan memulai perjalanan dari pusat Kota Sukabumi, anda hanya perlu menempuh waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Pantai ini populer dengan ombak yang sangat tinggi mencapai 3 meter. Hal ini menjadikan wisata alam Sukabumi Pantai Pangumbahan tempat terfavorite bagi para penggemar olahraga surfing wisata lokal maupun mancanegara.

Wisata ini memiliki keindahan pemandangan laut yang sudah tidak di ragukan lagi. wisata ini masih terbilang sepi oleh pengunjung  dan belum banyak di ketahui orang.

Pantai Pangumbahan menjadi tempat penangkaran penyu. Aktivitas yang sering di lakukan di sekitar pantai adalah pelepasan anak penyu bewarna hijau ke laut.

Penangkaran penyu ini memelihara dan menyediakan tempat bertelur sebelum di lepaskan ke laut. Untuk menikmati wisata ini anda hanya akan di kenakan biaya tiket masuk sekitar Rp. 5.000 per orang.

Dengan harga terjangkau, anda sudah bisa menikmati keindahan dari Pantai Pangumbahan yang memiliki pesona begitu cantik.

Anda bisa melakukan aktivitas berfoto dengan latar belakang laut lepas. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin melepas penat dan beban pikiran yang ada, selain itu menghilangkan rasa lelah hanya dengan melihat pemandangan pantai yang begitu eksotis.

10. Wisata Alam Sukabumi Pantai Cimaja

pantai cimaja wisata alam sukabumi
sumber gambar : @visitsukabumi (instagram)

Wisata alam Sukabumi salah satunya adalah Pantai Cimanja yang terletak di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak.

Pantai ini memiliki ombak yang sangat besar sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para peselancar profesional baik lokal maupun mancanegara.

Selain nama Pantai Cimanja, pantai ini sering disebut dengan nama Pantai Maja. Terdapat  gugusan batu karang dan pasir yang lembut serta angin yang tertiup sejuk, hal ini membuat para wisatawan yang berada di kawawan pantai ingin berlama-lama dan tidak ingin segera pulang.

Panorama yang diberikan dengan hamparan laut lepas yang begitu mengagumkan membuat para wisatawan nyaman dan tenang melihat keindahan tersebut. Fasilitas yang tersedia di wisata Pantai Cimanja ini sudah memadai.

Fasilitas umum tersebut seperti parkiran yang luas, mushola, toilet dan terdapat beberapa warung makan yang ada di sekitar wisata.

Pantai Cimanja menyediakan obyek aktivitas yang bisa anda coba. Apa saja kah aktivitas tersebut ? mari kita ulas aktivitas tersebut yaitu :

Spot Sunrise dan Sunset

Pantai selalu menjadi incaran bagi para wisatawan yang ingin memburu menikmati indahnya matahari terbit maupun matahari tenggelam.

Saat terjadinya matahari terbit atau tenggelam itu lah spot paling tercantik untuk di abadikan dalam bentuk foto. Keindahan pantulan sinar matahari menjadikan foto semakin eksotis dan cantik.

Olahraga Surfing

Pantai Cimanja merupakan salah satu wilayah dari pantai selatan hal ini menyebabkan ombak yang ada di sekitar pantai sangat besar dan tinggi.

Selain itu Pantai Cimanja menjadi salah satu dari sembilan spot Surfing terbaik di Jawa Barat. Pantai ini selalu ramai di padati oleh para peselancar lokal maupun mancanegara.

Landscape Selfie

Pantai Cimanja karena ombaknya yang populer besar, hal ini membuat pantai ini menjadi spot tercantik saat sunrise dan sunset terjadi.

Tempat ini selalu menjadi incaran para ahli fotografer untuk mendapatkan hasil foto terbaik yang instagramable.

Itulah beberapa destinasi wisata yang wajib anda kunjungi saat berada di kawasan Kota Sukabumi. Wisata alam Sukabumi memang membuat para wisatawan ingin selalu kembali mengunjunginya.

Namun perlu diingat bagi anda yang berlibur ke tempat wisata alam Sukabumi, harus tetap menjaga dan melestarikan lingkungan supaya terjaga ke asriannya. Bagi para wisatawan dilarang merusak lingkungan alam.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×