BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

10 Wisata Alam Wonosobo Yang Super Menakjubkan

Wisata alam Wonosobo

0 160
wisata alam wonosobo yang memukau
sumber gambar : @agathalarasati_ (instagram)

Kabupaten Wonosobo yang merupakan salah satu tempat yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Wonosobo yang sangat populer dengan dataran tinggi Dieng ternyata memiliki banyak destinasi wisata yang bisa anda kunjungi.

Wisata alam Wonosobo terdapat banyak daya tarik yang bisa anda nikmati bersama keluarga tercinta, teman atau pun pasangan. Kabupaten Wonosobo yang sebagian tempatnya berupa pegunungan yang cukup memukau.

Jika anda berada di Kabupaten Wonosobo anda akan menemukan beberapa pegunungan antara lain Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Hal ini yang membuat Kabupaten dijuluki sebagai negeri diatas awan.

Wisata alam Wonosobo yang wajib anda kunjungi antara lain, mari kita simak ulasan dibawah ini.

1. Wisata Alan Wonosobo Air Terjun Sikarim

air terjun sikarim wisata alam wonosobo
sumber gambar : @santona.ta (instagram)

Air Terjun Sikarim letaknya berada pada area bukit Sikunir. Alamat lengkap Air Terjun Sikunir adalah Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.

Air Terjun Sikarim merupakan salah satu destinasi wisata alam Wonosobo yang sangat di rekomendasikan untuk anda menghabiskan libur panjang yang telah tiba.

Area Bukit Sikunir banyak terdapat tumbuhan hijau yang membuat suasana semakin sejuk dan teduh. Pemandangan tersebut akan memanjakan anda.

Keindahan dari wisata alam Wonosobo Air Terjun Sikarim ini menambah daya tarik tersendiri bagi Bukit Sikunir yang tentunya akan lebih banyak dikunjungi para wisatawan.

Aliran air terjun yang begitu jernih dan suara gemercik air yang akan membuat anda semakin nyaman dan tidak ingin pulang. Anda akan dimanjakan dengan panorama keindahan yang sungguh cantik.

Lokasi dari air terjun ini sangat tersembunyi sehingga sangat cocok untuk anda yang menyukai banyak petualangan yang menantang.

Jika anda ingin menuju kawasan air terjun, medan yang akan anda lalui begitu rumit. Meskipun medan yang dilalui sangat rumit, sepanjang jalan anda akan menemukan keindahan alam membuat rasa lelah anda hilang begitu saja.

Pemandangan yang akan anda lalui seperti gunung, bukit dan lembah yang saling berpadu, selain itu terdapat ladang-ladang pertanian warga yang begitu indah.

Udara sekitar akan membuat anda terasa tenang nyaman dan menyegarkan. Karena air terjun ini terletak pada ketinggian area bukit, terkadang kabut tebal sering muncul.

Wisata alam Wonosobo Air Terjun Sikarim memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Keunikan dari air terjun ini aliran airnya terbelah menjadi. Pemandangan yang begitu menakjubkan wajib anda abadikan dalam kamera.

Air Terjun Sikarim terlihat seperti dua helai selendang panjang yang sedang melambai-lambai. Aliran air memiliki debit air yang kecil namun aliran tersebut mengaliri perbukitan.

Terdapat tebing batu yang terletak tepat di depan air terjun yang bisa anda gunakan untuk menikmati keindahan alam Air Terjun Sikarim yang begitu eksotis.

Di tempat tersebut anda bisa berfoto dengan latar belakang wisata alam WonosoboAir Terjun Sikarim yang akan menghasilkan foto cantik. Anda akan menemukan pengalaman baru saat berada disini. Pengalaman tersebut tidak akan pernah terlupakan

Tempat ini menyuguhkan berbagai macam keindahan yang membuat anda ingin kembali mengunjunginya. Jika anda berlibur ke tempat ini dijamin penat yang ada akan hilang seketika.

Tempat ini yang letaknya tersembunyi menyebabkan jarang sekali para wisatawan mengunjunginya. Fasilitas yang tersedia pun sangat minim.

Sedangkan untuk biaya tiket masuk anda akan dikenakan biaya sekitar Rp.6.000 per orang. Harga tersebut sangat terjangkau jika dibandingkan dengan keindahan alamnya yang memukau, anda akan mendapatkan banyak kenikmatan saat berada di sini.

2. Wisata Alam Wonosobo Telaga Menjer

telaga menjer wisata alam wonosobo
sumber gambar : @agoes_bimaa (instagram)

Jika anda berkunjung ke Kabupaten Wonosobo jangan lupa untuk berkunjung ke Telaga Menjer. Wisata alam Wonosobo ini yang letaknya berada di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo memiliki keindahan alam yang sangat indah.

Wisata alam Wonosobo ini merupakan wisata air berbentuk danau. Menurut cerita rakyat sekitar dulunya tempat ini merupakan mata air kecil, namun saat terjadi letusan vulkanis di kaki Gunung Pakuwaja hingga akhirnya lama-lama mata air tersebut berubah menjadi danau yang sangat eksotis.

Wisata alam Wonosobo Danau Menjer menjadi danau terluas yang ada di dataran tinggi Dieng. Luas dari Danau Menjer mencapai 70 hektar dengan kedalaman air sekitar 45 meter.

Danau Menjer terletak pada ketinggian 1.300 meter diatas permukaan laut. Hal ini membuat udara di sekitar danau sejuk dengan ciri khas pegunungan.

Wisata alam Wonosobo Telaga Menjer menjadi satu-satunya sumber irigasi yang dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk lahan pertanian. Keberadaan Telaga Menjer sangat berharga bagi masyarakat Garung.

Telaga Menjer menjadi pemasok energi utama untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA), sejak tahun 1982. Bagi masyarakat Telaga Menjer memiliki banyak keuntungan.

Jika anda ingin menyusuri telaga tersebut, anda dapat menyewa perahu yang telah disediakan di sekitar pinggiran telaga.

Menikmati keindahan Telaga Menjer anda bisa melakukan banyak aktivitas. Aktivitas yang dapat anda lakukan seperti bersantai, mengelilingi danau dengan perahu, hunting foto, memancing ikan dan lain sebagainya.

Anda bersama dengan keluarga tercinta dapat menikmati keindahan alam yang terdapat sebuah kebun teh yang terlihat dari kejauhan.

Wisata alam Wonosobo Telaga Menjer terdapat budidaya ikan yang bisa anda manfaatkan untuk mengisi waktu luang dengan memancing. Tempat tersebut merupakan tempat perkumpulan para pecinta memancing.

Jika anda tidak membawa peralatan memancing, tidak perlu khawatir sebab terdapat tempat persewaan peralatan memancing di sekitar Telaga.

Selain itu anda yang gemar berfoto, anda bisa hunting foto dengan keindahan alam yang begitu eksotis. Anda bisa memanfaatkan keindahan wisata alam Wonosobo Telaga Menjer sebagai latar belakang foto yang begitu cantik.

Untuk memasuki wisata alam Wonosobo ini anda akan dikenakan biaya sekitar Rp.3.000. Sedangkan untuk biaya parkir anda akan dikenakan sekitar Rp.2.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp.5.000 untuk kendaraan bermobil.

3. Wisata Alam Wonosobo Curug Winong

curug winong wisata alam wonosobo
sumber gambar : @roysguruh (instagram)

Saat berada di Kabupaten Wonosobo tidak lengkap jika anda tidak mengunjungi Curug Winong. Curug Winong ini terletak di Winongsari, Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Curug Winong berada pada tengah hutan.

Lokasi curug ini sangat tersembunyi membuat jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Meski begitu Curug Winong memiliki keindahan alam yang begitu memukau, yang wajib anda kunjungi.

Curug Winong keindahan alamnya masih asri dan terjaga alamnya. Curug Winong memiliki arti yaitu Curug yang merupakan air terjun, sedangkan Winong berasal dari kata nama desa itu sendiri Winongsari.

Saat anda ingin mengunjungi Curug Winong anda akan melewati jalur dengan medan yang sudah beraspal dan berkelok. Selain itu anda akan melihat pemandangan yang tersedia di kiri kanan hutan pinus dan juga pemandangan pegunungan yang sangat eksotis.

Terdapat 3 buah batu besar yang ada di Curug Winong ini. Bentuk batuan tersebut memanjang membentuk menyerupai seperti kelir yang sering ada di pagelaran wayang kulit. Itu lah sebabnya para warga menyebut batu tersebut sebagai watu kelir.

Sekitar area air terjun banyak ditumbuhi pepohonan yang begitu rimbun, membuat suasana wisata ini menjadi sangat sejuk dan teduh.

Anda akan merasa nyaman dan ingin berlama-lama berada di kawasan ini. Curug Winong memiliki debit aliran air yang cukup deras, sebaiknya bagi para wisatawan tidak berenang di area tersebut untuk keamanan anda.

Air terjun ini memiliki keunikan, aliran airnya tidak langsung jatuh ke bawah. Namun aliran air tersebut mengalir mengikuti lekukan-lekukan batu sepanjang tebing. Selain itu warga sekitar memanfaatkan air terjun ini untuk pengairan sawah.

Untuk anda yang berminat berkunjung ke tempat ini anda akan dikenakan biaya tiket masuk yang cukup murah. Anda hanya akan membayar sekitar Rp.1.000 per orang saat hari biasa, sedangkan di hari libur akan dikenakan sekitar Rp.2.000.

Selain itu anda akan dikenakan biaya parkir untuk kendaraan bermotor sekitar Rp. 2.000. Dengan harga tersebut anda akan merasakan fasilitas yang sudah disediakan secara lengkap.

Fasilitas tersebut meliputi mushola, warung makan, dan juga toilet. Selain itu terdapat pula area parkir yang cukup luas.

4. Wisata Alam Wonosobo Kebun Teh Tambi

kebun teh tambi wisata alam wonosobo
sumber gambar : @riskiputrirahayuu (instgram)

Kebun Teh Tambi ini merupakan salah satu objek wisata yang harus anda kunjungi untuk menghilangkan penat yang ada.

Kebun Teh Tambi berada di Sedayu, Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Letaknya yang tepat berada pada kaki Gunung Sindoro.

Kebun Teh Tambi area perkebunan yang dapat anda manfaatkan untuk menikmati keindahan alam sekitar yang sangat menakjubkan.

Para wisatawan bisa melakukan kegiatan outbond disekitar kebun. Kebun Teh Tambi ini dahulu adalah bekas peninggalan jaman Belanda, yang saat ini telah diambil alih oleh pemerintah Indonesia.

Kebun Teh Tambi yang terletak pada ketinggian antara 800 hingga 2.000 meter diatas permukaan, yang membuat kawasan ini memiliki udara yang sejuk dan dingin.

Waktu yang tepat untuk anda kunjungi saat pagi hari. Saat pagi hari anda akan menemukan beberapa warga yang sedang berkegiatan memetik daun teh tersebut.

Hamparan tumbuhan hijau yang sangat menarik membuat anda semakin ingin berlama-lama berada di kawasan ini. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang begitu cantik.

Tempat wisata yang begitu cantik keindahan alam sangat cocok untuk anda yang gemar fotografi. Anda bisa  menikmatinya dengan berfoto bersama keluarga, teman, teman atau pun pasangan.

Perkebunan Teh Tambi memiliki fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola yang cukup memadai. Fasilitas umum seperti area parkir yang cukup luas, toilet dan juga tempat ibadah.

Untuk memasuki kebun teh ini anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun, namun saat anda memasuki kawasan Dataran Tinggi Dieng anda hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp.2.000 per orang.

5. Wisata Alam Wonosobo Telaga Pengilon

telaga pengilon wisata alam wonosobo
sumber gambar : @muchson_ali (instagram)

Telaga Pengilon yang merupakan salah satu objek wisata alam Wonosobo menjadi destinasi terfavorit bagi semua kalangan pecinta alam.

Telaga Pengilon yang terletak di kawasan Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.

Wisata alam Wonosobo Telaga Pengilon masih dalam satu area dengan Telaga Warna. Kedua telaga tersebut terletak saling berdampingan.

Danau Pengilon dikelilingi oleh beberapa perbukitan hijau yang membuat anda merasa dimanjakan alam.

Telaga Pengilon memiliki air yang begitu bening dan jernih. Karena kejernihan air tersebut, para wisatawan bisa bercermin ke aliran air tersebut.

Bahkan jernihnya air Telaga Pengilon dikaitkan dengan mitos yang beredar dimasyarakat sekitar. Jika anda bercermin dan wajah anda terlihat cantik atau tampan, hal ini menandakan bahwa anda adalah seorang yang baik hati.

Namun sebaliknya jika anda berhati jahat anda akan bercermin yang terlihat jelek. Hingga saat ini mitos tersebut masih dipercaya oleh warga sekitar. Meskipun belum diketahui kebenaran mitos tersebut.

Luas dari Telaga Pengilon ini lebih kecil jika dibandingkan dengan telaga yang ada di sebelahnya yaitu Telaga Warna. Namun kedua telaga ini memiliki keunikan tersendiri.

Jika di Telaga Warna banyak terdapat belerang dan tidak bisa dihidupi ikan, maka sebaliknya Telaga Pengilon yang memiliki kejernihan air memungkinkan adanya ikan yang hidup ditempat tersebut.

Hal ini dibuktikan dengan adanya penduduk sekitar yang sering memancing di Telaga Pengilon. Selain itu para warga juga memanfaatkan air tersebut untuk mengairi sawah mereka.

Udara yang ada di sekitar Telaga menyejukkan dan membuat anda nyaman berada di kawasan tersebut. Tempat ini akan membuat penat yang ada akan terasa hilang begitu saja.

Telaga Pengilon memberikan pemandangan yang begitu eksotis. Anda dapat memanfaatkan keindahan alam tersebut untuk diabadikan ke dalam bidikan kamera.

Pepohonan hijau yang membuat kawasan wisata alam Wonosobo ini terlihat sangat asri. Hal ini sangat cocok untuk anda manfaatkan sebagai latar belakang foto yang memukau.

Jika anda berkunjung kesini anda akan menikmati fasilitas yang sudah sangat memadai. Fasilitas tersebut disediakan untuk keamanan dan kenyamanan anda. Fasilitas yang tersedia meliputi warung-warung kecil, tempat area camping, toilet bahkan mushola dan masih banyak lagi

Untuk memasuki kawasan ini anda dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.10.000 per orang. Harga tersebut sangat terjangkau. Anda dapat menikmati berbagai macam keindahan alam yang telah tersedia.

6. Wisata Alam Wonosobo Telaga Warna

telaga warna wisata alam wonosobo
sumber gambar : @jamels_bond (instagram)

Telaga Warna yang letaknya bersebelahan dengan Telaga Pengilon. Lebih tepatnya berada di Kalilembu, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.

Telaga Warna yang merupakan salah satu objek wisata alam terfavorit bagi kalangan pecinta alam. Saat anda berada di Kabupaten Wonosobo, cobalah untuk mengunjungi wisata ini. Anda akan mendapatkan pengalaman baru saat berada disini.

Telaga Warna memiliki keindahan tersendiri dan juga terdapat misteri yang hingga saat ini belum diketahui kebenarannya. Namun dibalik misteri tersebut ternyata telaga ini menyimpan keunikan.

Keunikan dari Telaga Warna adalah air danaunya yang bisa berubah-rubah. Air danau tersebut terlihat berwarna hijau, kuning, dan terkadang memiliki warna warni seperti pelangi.

Perubahan warna air danau tersebut disebabkan karena adanya kandungan sulfur dan juga belerang yang terdapat pada dasarnya.

Saat sinar matahari mengenai air danau itu akan menghasilkan pantulan cahaya dari dasarnya yang menyebabkan permukaan menjadi lebih berwarna.

Teori tersebut memang terbukti, Telaga Warna akan berubah warna saat sinar matahari dapat menembus dasarnya. Namun saat mendung, air danau tidak akan berubah warna dan akan terlihat biasa saja seperti warna air pada umumnya.

Jika anda ingin menikmati ketenangan, tempat ini sangat cocok untuk anda. Anda akan merasa nyaman karena suasa yang sejuk dan teduh, membuat anda ingin berlama-lama berada di sini.

Pepohonan yang sangat rimbun membuat Telaga Warna terlihat sangat asri. Anda bisa menikmati indahnya pemandangan dengan berfoto.

Hamparan danau yang bisa anda manfaatkan sebagai latar belakang foto dan masih banyak lagi spot yang bisa anda coba.

Untuk mengunjungi wisata ini waktu yang tepat saat pagi atau siang. Karena waktu tersebut cuaca dan cahaya matahari bisa menyorot ke air dengan sempurna. Anda akan bisa menikmati perubahan warna danau.

Jika anda berkunjung saat sore hari Telaga Warna akan tertutupi oleh kabut tebal yang akan menghalangi pandangan anda.

Untuk mengunjungi kawasan ini seperti biasa anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.7.000 per orang.

Sedangkan untuk biaya parkir jika anda membawa motor akan dikenakan sekitar Rp.2.000. Untuk biaya parkir mobil dikenakan sekitar Rp.5.000.

Biaya yang anda keluarkan cukup terjangkau bukan jika mengunjungi Telaga Warna? Biaya tersebut anda sudah menikmati betapa indahnya wisata alam Wonosobo Telaga Warna.

7. Wisata Alam Wonosobo Waduk Wadaslintang

waduk wadaslintang wisata alam wonosobo
sumber gambar : @yunita.stw (instagram)

Waduk Wadaslintang yang terletak di Desa Sumberrejo, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.

Wisata alam Wonosobo ini yang memiliki luas sekitar 2.626 hektare, ternyata menyimpan keunikan yang menjadi saya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Keunikan tersebut terjadi saat musim kemarau. Saat musim kemarau tiba Waduk Wadaslintang akan mengalami kekeringan yang menyebabkan terbentuknya suatu daratan dengan dipenuhi oleh batu putih yang berlubang. Untuk membangun Waduk Wadaslintang ini membutuhkan waktu selama 7 tahun.

Wisata alam Wonosobo Waduk Wadaslintang memiliki sumber utama pengairan yang berasal dari sungai-sungai yang berada di sekitar waduk tersebut. Salah satu sumber utama waduk ini yaitu sungai Bedegolan.

Para wisatawan atau pun para warga sekitar dapat melakukan aktivitas memancing di kawasan Waduk Wadaslintang.

Biasanya tempat terfavorit bagi masyarakat untuk berburu ikan di jembatan penghubung Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Kebumen.

Ikan yang didapat berbagai macam jenis antara lain seperti ikan patin, ikan nila dan masih banyak lagi. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang memiliki kegemaran untuk memancing.

Wadaslintang memberikan keindahan alam yang begitu indah. Udara sekitar wisata terasa sangat sejuk dan teduh. Karena terdapat banyak pepohonan yang begitu rimbun.

Hijaunya pepohonan memberikan kesan yang begitu asri. Anda akan merasa nyaman jika mengunjungi tempat ini.

Anda bisa menikmatinya dengan berfoto bersama keluarga, teman atau pasangan. Anda bisa memanfaatkan latar belakang Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro untuk mendapatkan foto yang memukau.

Biaya tiket yang dipatok untuk memasuki kawasan wisata Waduk Wadaslintang ini dikenakan sekitar Rp.4.000 per orang untuk kategori dewasa. Sedangkan untuk anak-anak akan dikenakan biaya sekitar Rp.3.000 per orang.

Dengan biaya tersebut anda sudah dapat menikmati betapa indahnya alam atas kuasa Tuhan. Pemandangan yang begitu asri akan menghilangkan semua penat yang dirasa. Fasilitas yang tersedia sudah terbilang mencukupi.

Fasilitas umum yang disediakan seperti mushola, toilet dan juga berbagai macam warung makan. Selain itu terdapat pula perahu mesin dan juga perahu dayung yang bisa anda sewa.

Anda bisa memanfaatkan perahu itu untuk mengelilingi Waduk Wadaslintang.

8. Wisata Alam Wonosobo Lubang Sewu

lubang sewu wisata alam wonosobo
sumber gambar : @hanakrisna (instagram)

Lubang Sewu namanya masih terdengar asing. Lubang Sewu ini merupakan salah satu wisata alam Wonosobo yang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan wisata lain.

Wisata alam Wonosobo Lubang Sewu terletak di Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Lebih tepatnya Lubang Sewu terdapat di tepian Waduk Wadaslintang.

Seperti yang sudah kita bahas diatas mengenai wisata alam Wonosobo Waduk Wadaslintang. Waduk ini memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat sekitar.

Waduk Wadaslintang terdapat deretan batuan kapur. Batuan kapur tersebut berjejer hingga membentuk pola. Batuan Kapur tersebut memiliki lubang yang begitu unik.

Lubang itu hingga akhirnya disebut sebagai wisata Lubang Sewu Erorejo. Keindahan batu kapur tersebut sekilas akan menyerupai wisata Grand Canyon.

Batuan kapur berwarna putih yang begitu memukau menjadi daya tarik tersendiri wisata ini. Jika anda berkunjung ke Wonosobo sebaiknya mampir untuk mengunjungi wisata ini untuk menikmati keunikannya.

Saat berkunjung ke Lubang Sewu sebaiknya untuk mengabadikan dalam kamera. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang sedang memburu foto instagramable.

Anda akan mendapatkan pengalaman baru jika berada di kawasan ini yang membuat anda ingin kembali berkunjung ke Lubang Sewu.

9. Wisata Alam Wonosobo Telaga Merdada

telaga merdada wisata alam wonosobo
sumber gambar : @tunisiyah_ahmad (instagram)

Telaga Merdada adalah sebuah danau yang berada di kawasan wisata alam Wonosobo. Telaga Merdada terletak di Pauan, Karangtengah, Batur, Banjanegara, Provinsi Jawa Tengah.

Telaga Merdada merupakan telaga terluas yang berada di Dieng, jika dibandingkan dengan telaga lainnya. Telaga ini sangat populer dikalangan pecinta alam.

Telaga Merdada selalu ramai dikunjungi oleh lara wisatawan. Tempatnya yang begitu indah akan memikat hati para wisatawan. Telaga Merdada memiliki keunikan tersendiri.

Luas dari wisata alam Wonosobo Telaga Merdada sekitar 25 hektare. Telaga ini dikelilingi oleh perbukitan. Perbukitan tersebut adalah Bukit Pangonan dan juga Bukit Semurup.

Penamaan Telaga Merdada sendiri berasal dari kata dada yang berarti luas dan lapang. Telaga Merdada meskipun terbilang telaga paling luas di Dieng, namun sayangnya telaga ini tidak memiliki sumber mata air sendiri.

Sumber mata air Telaga Merdada hanya mengandalkan tampungan air hujan. Masyarakat sekitar juga memanfaatkan air tersebut sebagai kebutuhan hidup.

Telaga Merdada terbentuk akibat letusan Gunung Dieng yang telah terjadi sejak raibuan tahun lalu. Letusan yang sangat dahsyat tersebut mengakibatkan terbentuknya kawah besar hingga akhirnya membentuk cerukan luas.

Karena Telaga Merdada dikelilingi oleh perbukitan, hal ini membuat lokasi ini banyak ditumbuhi pepohonan hijau yang begitu rimbun.

Rimbunnya pohon membuat suasana sejuk terasa jika berada di kawasan ini. Anda akan merasakan menghirup udar yang begitu segar yang akan menyehatkan paru-paru. Suasana yang terlihat begitu asri dan juga sangat indah.

Terdapat banyak aktivitas yang bisa anda lakukan saat berada di kawasan ini. Anda bisa melakukan camping, hunting foto, menikmati panorama pemandangan dengan bersantai.

Untuk anda yang memiliki hobi berfoto, Telaga Merdada sangat cocok menjadi pilihan. Sebab terdapat banyak spot foto yang bisa anda manfaatkan.

Anda bisa berfoto dengan latar belakang keindahan telaga. Berfoto bersama keluarga, teman atau pasangan saat berlibur memang suatu hal yang wajib anda lakukan.

Pengalaman saat berada di kawasan ini akan membuat anda ingin kembali untuk mengunjunginya. Waktu yang tepat untuk anda saat mengunjungi kawasan ini adalah saat musim hujan.

Saat musim hujan debit airnya akan terlihat banyak. Namun saat anda mengunjunginya saat musim kemarau, anda tidak akan melihat Telaga Merdada yang penuh dengan air. Karena saat musim kemarau air tersebut mengering.

Telaga Merdada yang sangat populer ini menyediakan fasilitas yang sudah sangat memadai. Fasilitas tersebut disediakan demi keamanan dan juga kenyamanan para wisatawan.

Fasilitas umum yang disediakan oleh pengelola antara lain seperti tempat istirahat, area camping, warung makan, dan tentunya area parkir yang sangat luas.

Untuk mengunjungi wisata alam Wonosobo anda hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp.5.000 per orang. Sangat terjangkau, harga tersebut anda akan mendapatkan banyak keuntungan dengan menikmati keindahan alam yang begitu memukau.

10. Wisata Alam Wonosobo Telaga Cebong

telaga cebong wisata alam wonosobo
sumber gambar : @barli8js (instagram)

Telaga Cebong yang terletak di Desa Sambungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Telaga Cebong ini berada pada tertinggi yang ada di Pulau Jawa.

Wisata alam Wonosobo ini memiliki udara yang sangat sejuk dan segar seperti berada di area gunung. Telaga Cebong yang banyak terdapat pepohonan rimbun membuat suasana terlihat lebih asri.

Pemandangan yang disuguhkan oleh Telaga Cebong ini memanjakan mata anda. Anda akan melihat ke eksotisan panorama hamparan danau yang cukup menarik.

Telaga ini memiliki fungsi yang sama dengan wisata telaga lainnya yang telah kita bahas diatas. Telaga Cebong juga merupakan menjadi sumber pengairan sawah warga sekitar.

Karena letaknya yang berada pada ketinggian, hal ini membuat udara Telaga Cebong sangat dingin. Sering kali Telaga Cebong tertutupi oleh kabut yang akan menghalangi pandangan anda.

Saat musim dingin tiba, suhu yang ada di sekitar Telaga Cebong bisa mencapai 0 derajat celcius bahkan bisa minus.

Telaga ini jika dilihat dari atas akan terlihat seperti berudu atau kecebong. Dari bentuk tersebut hingga akhirnya para warga sekitar menamainya sebagai Telaga Kecebong.

Telaga Kecebong memberikan pemandangan dari jauh terlihat indahnya Gunung Sikunir. Anda bisa memanfaatkannya untuk hunting foto.

Destinasi wisata ini sangat cocok untuk anda jika ingin menghilangkan penat dan pikiran tentang masalah-masalah yang ada.

Anda akan merasakan kenyamanan dan ketenangan. Fasilitas yang disediakan oleh pengelola sudah sangat memadai. Fasilitas tersebut tentunya dibangun demi keamanan dan kenyamanan para wisatawan saat berkunjung.

Fasilitas umum yang bisa anda gunakan sama seperti fasilitas yang ada pada tempat wisata lainnya. Fasilitas itu antara lain seperti area patkir yang luas, mushola, tempat untuk beristirahat, warung makan dan  lain sebagainya.

Jika anda berniat untuk berkunjung ke Telaga Cebong anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.10.000. Biaya tersebut terbilang sangat murah. Anda akan merasakan berbagai macam kenikmatan yang telah disediakan oleh alam.

Inilah 10 wisata alam Wonosobo yang sangat cocok untuk anda kunjungi. Beberapa hal yang harus diingat oleh para wisatawan, sebaiknya selalu menjaga dan merawat kelestarian alam. Patuhi aturan yang telah tersedia dan jangan membuang sampah sembarangan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×