BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Pahami Cuaca Dan Biaya Pendakian Di Gunung Prau Sebelum Mendaki

estimasi biaya mendaki menuju gunung Prau

0 197

 

pemandangan gunung prau
sumber gambar: liputan6.com

Negara kita Indonesia terkenal dengan deretan gunung yang tersebar mulai dari Sabang sampai Merauke hingga mendapatkan julukan ring of fire.

Pemandangan pegunungan yang ada di Indonesia begitu mempesona sehingga membuat wisatawan ingin mendaki gunung hanya untuk melihat sunset dan sunrise di puncak gunung.

Gunung yang ingin kita bahas adalah gunung Prau yang terletak di Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah dengan memiliki ketinggian mencapai 2.565 mdpl.

Gunung ini sangat cocok untuk para pendaki pemula dan para penikmat senja dan sunrise.

Cuaca Yang Ada Di Gunung Prau

Gunung Prau yang lokasinya berada di Dieng, wonosobo. Pemandangan di sana sangat Asri dan indah. Suhu yang ada di Gunung Prau memiliki udara yang sangat sejuk cocok untuk para  wisata yang ingin menghabiskan liburan di sana.

Gunung ini merupakan terfavorit bagi pengunjung lokal maupun pengunjung mancanegara.

Jarak tempuh menuju gunung Prau tidak terlalu lama inilah salah satu keunikan dari gunung Prau. Untuk menikmati matahari terbit di kala pagi, tempat ini sangatlah cocok.

Dikarenakan tempat ini memiliki keindahan pesona matahari yang terbit dari sana.
Selain itu pengunjung dapat menyaksikan pemandangan gunung sindoro dan gunung Sumbing dari puncak gunung Prau.

kristal es digunung prau
sumber gambar : pixabay.com

Suhu yang ada di Gunung Prau terbilang cukup sejuk, pada musim kemarau gunung Prau mencapai titik terendah. Hal ini sering dikaitkan dengan terjadinya fenomena aphelion.

Aphelion adalah fenomena di mana letak bumi berada pada titik terjauh dengan matahari. Ketika terjadi fenomena ini jarak bumi dan matahari mencapai 152,1 juta km.

Hal ini menyebabkan suhu yang ada di bumi menjadi turun. Ketika fenomena aphelion terjadi pengunjung bisa menemukan kristal es yang menempel pada tanah atau dedaunan atau bahkan tempat lainnya di pagi hari.
Gunung Prau memiliki suhu yang cukup rendah dan begitu lembab, dikarenakan lokasi Gunung Prau yang ada di dataran tinggi.

Untuk melindungi diri dari suhu dingin yang ada di gunung sebaiknya para pendaki wajib memakai jaket. Jaket adalah perlengkapan penting para pendaki saat mendaki.

Pakailah jaket gunung, karena jaket gunung ini memiliki bahan yang tebal dan juga hangat. Namun meski begitu jaket ini tidak harus selalu digunakan selama pendakian.

Karena biasanya suhu tubuh pendaki akan meningkat ketika mendaki. Sebaliknya ketika pendaki berhenti dan diarea camp, para pendaki wajib mengenakan jaket gunung agar tubuh terasa hangat tidak kedinginan. Dan jaket yang cocok untuk pendakian carilah  yang tahan air, dingin dan angin.

Biaya Estimasi Mendaki Gunung Prau

Gunung ini berada di provinsi Jawa Tengah yang terletak di 5 Kabupaten yaitu Kabupaten Batang, kabupaten Wonosobo, kabupaten Banjar, kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Kendal. Ketinggian dari gunung ini 2.565 mdpl.

gunung prau wonosobo
sumber gambar : nyero.id

Jika Anda berniat mendaki untuk mencapai ketinggian puncak Prau, disini saya akan mengulas tentang estimasi biaya yang bisa menjadikan perkiraan budget yang anda butuhkan. Dari keberangkatan hingga proses pendakian perjalanan pulang kembali.

Dipuncak gunung Prau terdapat padang rumput dengan pemandangan bukit dan sabana yang luas. Menjadikan tempat ini selalu menarik untuk dicoba.

Ada beberapa jalur yang bisa dilewati untuk menuju ke gunung Prau diantaranya meliputi jalur Praten yang ada di Kecamatan Bawang, kabupaten Batang, jalur Kenjuran yang berada di Kecamatan Kendal, dan jalur Patak Banteng yang ada di Kecamatan Wonosobo.

Jalur patak banteng yang berada di Wonosobo menjadi jalur yang paling sering digunakan dan lebih ramai.

perjalanan gunung prau
sumber gambar : krjogja.com

Untuk bisa sampai ke lokasi pendakian, anda bisa menggunakan berbagai transportasi baik umum maupun pribadi.

Jika ingin menghemat biaya anda bisa menggunakan transportasi umum. Perjalanan yang dimulai dari ibukota Jakarta menggunakan bus antar Provinsi dengan tujuan wonosobo. Biaya tarif ekonomi sekitar Rp.80.000.

Anda bisa turun di terminal mendolo, perjalanan menggunakan minibus dengan tujuan patak banteng. Untuk biaya tarif kurang lebih sekitar Rp.20.000 sampai Rp.30.000.

Setelah itu jika anda ingin mencapai gerbang jalur Patak Banteng, cukup dengan menggunakan jasa ojek setempat dengan biaya kurang lebih sekitar Rp.15.000.

Setelah tiba anda bisa melakukan pendaftaran simaksi. Biaya yang diperlukan kurang lebih sekitar Rp.15.000/pendaki.

Para pendaki wajib melakukan pendaftaran ini dikarenakan untuk menjaga keamanan dan keselamatan saat mendaki.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×