BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

2 Jalur Pendakian Gunung Kelud

Pendakian Gunung Kelud

0 164
kawah gunung kelud
sumber gambar : @gunungkelud.id (instagram)

Gunung Kelud terletak pada perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan juga Kabupaten Malang. Gunung ini dibawah pengaturan Pembkab Kediri.

Tinggi dari Gunung Kelud mencapai 1731 meter diatas permukaan laut. Tempat ini menjadi terfavorite bagi kalangan para pendaki. Gunung ini masih merupakan salah satu gunung api yang aktif.

Gunung ini memiliki kawah yang bewarna coklat keemasan, setelah sebelumnya bewarna hijau. Jika ingin menuju Gunung Kelud terdapat dua jalur yakni jalur via Wates Kabupaten Kediri dan jalur via Tulungrejo , Kabupaten Blitar.

Jalur untuk para pendaki yaitu via Desa Tulungrejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Apabila ingin melalui jalur yang lebih santai  disarankan jalur via Desa Wates Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, karena jalur ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan.

Artikel ini akan membahas kedua jalur tersebut, simak ulasan dibawah ini.

Jalur Via Wates, Kabupaten Kediri

gunung kelud pokoke jan apik tenan
sumber gambar : @merryindria (instagram)

Mulailah perjalanan dari kota kediri menuju Desa Wates Kecamatan Wates yang memakan waktu sekitar 30 menit saat berkendara.

Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar yang merupakan lokasi pintu gerbang Gunung Kelud, dengan jarak tempuh membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Saat memasuki pintu gerbang akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 per orang. Lanjutkan perjalanan menuju lokasi parkir kendaraan dengan trek yang semakin sempit, menanjak tentunya berkelok.

Jika anda berkendara mobil lanjutkan perjalanan menuju lokasi parkir pertama jaram tempuhnya sekitar 5 km. Ditempat ini terdapat pintu pagar besi pertama.

Pengendara mobil wajib memakirkan  kendaraannya disini dan lanjutkan perjalanan dengan naik ojek dengan tarif biaya sekitar Rp. 15.000 PP per orang menuju lokasi parkir ke 2 dengan jarak tempuh kurang lebih 2 km.

Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju pintu pagar besi kedua dengan jarak tempuh 500 m.

Lanjutkan perjalanan dengan naik ojek tarif biaya sekitar Rp. 25.000 PP per orang untuk langsung menuju kawah Gunung Kelud dengan jarak tempuh 2 km.

Jalur via Tulungrejo, Kabupaten Blitar

perjalanan gunung kelud
sumber gambar : @gunungkelud.id (instagram)

Dari kota Blitar ambil arah menuju Desa Wlingi Kecamatan Wlingi, setelah itu lanjutkan perjalanan menuju Pasar semen.

Jika sudah tiba dipertigaan pasar semen belok lah ke arah kiri. Jalur ini memiliki trek yang cukup menanjak dan merupakan jalur menuju basecamp pendakian yang berada di lokasi Desa Tulungrejo Kecamatan Gandusari dengan memakan jarak tempuh waktu sekitar 1 jam.

Dari kota Blitar ingin menuju ke basecamp para pendaki bisa menyewa motor maupun mobil.

Basecamp menuju ke pos 1 perjalanan ditempuh membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan melewati jalur yang beraspal dikelilingi hutan pinus.

Trek yang dilalui cukup landai. Jika tidak mau berjalan kaki terlalu lama para pendaki bisa menggunakan jasa ojek dengan dikenakan biaya tarif sekitar Rp. 20.000 per orang atau bisa juga menggunakan mobil pickup dengan biaya tarif bernegosiasi  Pos 1 ditandai dengan adanya shelter yang bisa untuk beristirahat.

Setelah pos pertama lanjutkan perjalanan menuju pos 2, trek yang ada dijalur ini tanjakan ekstrem, jalan makin sempit menjadi jalan setapak.

Terdapat semak belukar, pemandangan tertutup oleh pepohonan yang besar hingga tiba dipos 2. Sepanjang perjalanan para pendaki bisa menikmati panorama pemandangan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang dari jarak jauh.

Pos 2 menuju pos 3 treknya tidak jauh berbeda dengan jalur sebelumnya. Saat mendekati pos 3 jalur tanjakan ekstrem pun tampak jelas terlihat. Jika sudah sampai pos 3 terdapar tempat yang terbuka dan luas.

Bagian utara puncak Gunung Kelud berpadu dengan Gunung Butak yang terletak di sebelah timur. Tempat ini sangat cocok untuk mendirikan tenda dan beristirahat. Waktu yang dibutuhkan dari perjalanan pos 1 hingga menuju pos 3 kurang lebih 3 jam perjalanan.

Pos 3 menuju puncak Gunung Kelud membutuhkan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Trek yang dilalui menuruni dan juga menaiki perbukitan sebanyak 3 kali hingga tiba di medan terbuka yang dominasi pasir, kerikil dan bebatuan khas gunung berapi.

kawah gunung kelud
sumber gambar : @deni_wahyu_wibowo (instagram)

Untuk menuju puncak Gunung Kelud diperlukan usaha yang cukup ekstra dengan merayap dan menaiki perbukitan pasir yang curam.

Akhirnya tibalah di puncak Gunung Kelud, panoraman pemandangan yang ada dipuncak akan terlihat jelas letak kawah Kelud. Dari puncak menuju kawah tersebut memerlukan waktu sekitar 40 menit.

Tips Mendaki Gunung Kelud :

– Bawalah peralatan dan perlengkapan mendaki gunung secara lengkap untuk kenyamanan dan keamanan.

– Membawa logistik makanan maupun minum. Mempersiapkan air minum yang cukup karena disepanjang jalur pendakian tidak ditemukan adanya sumber mata air.

– Sepanjang jalur pos 1 menuju pos 3 merupakan tempat yang cukup lembab. Disarankan untuk para pendaki mengenakan kaos kaki dan celana panjang atau menggunakan gaiters untuk menghindari serangan hewan lintah/pacet yang cukup banyak.

– Di pos 3 sering muncul tikus hutan sebaiknya para pendaki lebih waspada dengan gangguan tersebut.

– Bawalah topi untuk melindungi kepala dari teriknya sinar matahari, karena disepanjang jalur tidak ditemukan tempat teduh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×