BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Pendakian Gunung Semeru Dengan Keindahannya Yang Memukau

Pendakian Gunung Semeru

0 195

Gunung tertinggi di Pulau Jawa adalah gunung Semeru. Gunung ini mempunyai ketinggian 3676 meter diatas permukaan laut (mdpl) .

Oleh karena itu Gunung ini disebut sebagai gunung tertinggi ketiga di Indonesia dan sangat populer dikalangan pendaki dikarenakan mempunyai “ Puncak Abadi para dewa”.

Gunung Semeru mempunyai Keindahan Danau yang bernama Ranu Kumbolo yang sangat indah dan memikat mata para pendaki gunung ataupun penikmat alam.

Gunung Semeru masih satu kawasan dengan Gunung Bromo yang letaknya berada diantara kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur.

Syarat wajib pendakian Gunung adalah menyertakan KTP dan surat kesehatan dari dokter. Gunung Semeru mempunyai dua jalur diantaranya yaitu:

gunung semeru begitu indah
sumber gambar : @manueldietrichphotography (instagram)

– jalur pendakian umum atau bisa disebut juga jalur pendakian via Ranu Pane.

– jalur yang tidak dibuka untuk umum dikarenakan kawasannya masih banyak terlihat hewan liar yang dilindungi jalur ini bisa disebut juga dengan jalur pendakian Via ayek ayek.

Pendaki gunung tertinggi di Jawa ini diberi batasan 500 pendaki di setiap harinya dengan menggunakan sistem booking online.

Transportasi untuk menuju ke basecamp ranu pane.

Cara alternatif menuju ke basecamp Ranu Pane:

– dari Jakarta: Pilihlah transportasi kereta api bertujuan ke Malang. Turun di stasiun Malang Kota Baru. Setelah itu naik angkot atau naik ojek menuju terminal Arjosari.

Kalau naik angkot bisa oper angkot warna putih bertujuan ke pasar tumpang. Setelah sampai di pasar tumpang bisa melanjutkan perjalanan dengan naik Jeep atau ojek motor ke desa Ranu Pane.

– dari Surabaya: Naik kereta turun di stasiun Malang Kota Baru atau naik bus bertujuan Malang turun di terminal Arjosari, setelah sampai Arjosari lanjut ke rute seperti yang ada di atas.

Tips dan info sebagai berikut:

-Apabila turun dari bandara Abdurrahman Saleh, keluar ke patung pesawat yang ada di pinggir jalan Abdurahman Saleh, setelah itu naik angkot yang bertujuan ke tumpang Arjosari, turun di pasar tumpang.

– hari Biasanya angkot TA sulit didapat di atas pukul 17.00 WIB. Ketika libur panjang atau mungkin musim pendakian angkot tersedia hingga larut malam.

– terdapat penyewaan Jeep di kios paguyupan mobil Jeep dengan tarif sekitar Rp650.000 berkapasitas 12 orang, dengan menempuh jarak sekitar 1,5 jam.

– bisa juga menggunakan ojek motor dari pasar tumpang hingga Desa Ranu Pane dengan tarif sekitar Rp100.000- Rp150.000, tergantung kondisi jalan yang naik  dan turun.

– alternatif lainnya bisa ikutan nebeng truk atau pick-up yang terdapat di belakang Terminal Pasar tumpang untuk Mengantar ke Ranu Pani. Tarif bisa dikondisikan.

Pos Ranu Pani mempunyai dua Danau yaitu Ranu regulo dan Ranu Pane yang terletak di ketinggian
2.200 mdpl.

Gunung Semeru pendakian

gunung semeru cakep banget
source image : pixabay.com

Jalur yang paling populer untuk mencapai puncak Semeru ada beberapa pos tahapan diantaranya adalah:

Basecamp menuju pos 1

Di pos ini terdapat gerbang “ selamat datang”. Disinilah pendakian Gunung Semeru dimulai dengan jalur landai, di samping perkebunan penduduk jalan mulai menanjak.

Berjalan mengikuti jalur pendakian ke kiri yang akan melewati Jalan Setapak sampai di warung pertama, tempat beristirahat untuk mempersiapkan menelusuri lereng bukit.

Jalan berlanjut melipir bukit yang ada di jalur setapak. Di lokasi pos 1 jalur ini masih bisa dilalui oleh motor yang bertujuan darurat seperti evakuasi.

Di Pos 1 ini ada warung yang menyediakan makanan ringan dan minuman. Tempat ini sangat cocok untuk beristirahat dan mengisi energi sebelum melanjutkan pendakian.

Pos 1 menuju Pos 2

Landasan yang ada di post ini masih sama yaitu melipir Bukit dengan cenderung landai. Di lokasi ini terdapat area datar dan lebar yang cocok untuk beristirahat, dinamakan dengan Watu rejeng.

Disebut dengan Watu rejeng karena di sini terdapat batuan yang menyerupai tebing yang sangat indah. Di tempat ini jauh berbeda dengan pos 1 yang terdapat warung menyediakan makanan ringan dan minuman.

Pos 3 menuju pos 4

Di post ini tanjakan sudah menanti di depan mata. Tanjakan ini cukup menguras tenaga sebelum melipir ke jalur perbukitan.

Dan dilanjutkan dengan jalur yang cenderung landai dan naik turun. Ranukumbolo mulai terlihat dan area terbuka berupa perbukitan mulai nampak.

Post ini tepat di lereng bukit di atas Ranu Kumbolo. Tempat ini sangat cocok untuk beristirahat karena pemandangannya yang sangat indah yaitu surga Gunung Semeru yang Terhempas luas.

Di ketinggian 2400 mdpl dengan luas 14 ha danau Ranu Kumbolo berada. Suhu yang ada di Danau Ranu Kumbolo bisa mencapai di bawah 0 derajat, sehingga terbentuklah kabut menjadi kristal es. Disarankan untuk melanjutkan perjalanan sebelum terlalu siang dikarenakan jika terlalu Siang Kabut lebih dulu tiba.

 

Ranu Kumbolo menuju Cemoro Kandang

Danau Ranukumbolo bagus kan
sumber gambar : pixabay.com

Setelah melalui Danau Ranu Kumbolo para pendaki akan mendaki bukit terjal yang fenomenal dengan nama “ tanjakan cinta” .

Di lokasi ini terdapat dua jalur yang bisa dilalui yaitu turun langsung dengan medan yang curam atau melipir Bukit dengan turunan yang tidak begitu curam.

Setelah itu akan tiba di Cemoro Kandang. Area Teduh yang luas karena berupa dataran di kaki Bukit disebut dengan Cemoro Kandang. Tempat ini bisa untuk beristirahat sebelum melanjutkan pendakian ke pos terakhir.

Cemorokandang menuju Kalimati

Pendakian ini kembali menanjak setelah Cemoro Kandang. Di sepanjang jalan menelusuri hutan Cemara rimbun di Jalan Setapak, di jalanan ini cukup menguras tenaga.

Setelah itu tibalah Di Jambangan, jambangan adalah area terbuka, teduh dan datar yang cocok untuk beristirahat, tentunya di tempat ini juga ada penjual makanan ringan seperti beberapa pos sebelumnya. Di lokasi ini pemandangan gunung Semeru tampak jelas dan gagah menjulang.

Ada berapa pendaki yang menyebutkan bahwa Sebelum mendaki ke Semeru mendakilah ke gunung Penanggungan. Dikarenakan bentuk kedua Gunung ini sangatlah mirip.

Gunung Penanggungan biasa disebut-sebut sebagai miniatur Gunung Semeru. Biasanya pendaki bermalam di sini sebelum summit, pendakian terakhir hanya sampai di Kalimati.

Jika ingin melanjutkan menuju puncak pihak TNBTS ( Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) apabila terjadi sesuatu tidak bertanggung jawab.

Kalimati Menuju Puncak Mahameru

puncak-mahameru
source image : static.republika.co.id

Di lokasi ini masih Menyusuri hutan Cemara jalur pendakian ke puncak gunung Semeru sangat menanjak dan curam.

Disinilah dimulainya pendakian ke puncak gunung tertinggi di Jawa, bersiaplah dengan jalur pasir kasar yang jika diinjak akan merosot yang akan dirasakan ketika summit ke Mahameru.

Untuk menandai puncak gunung Semeru disitu terdapat watugede. Jika watugede sudah mulai terlihat, maka sudah dekat dan setelah melewati watugede Welcome to the highest peak of Java.

Di puncak gunung Semeru tak jauh dari situ tampak bibir kawah jonggring Saloka yang setiap beberapa menit bergemuruh mengumpulkan asap belerang.

Informasi Gunung Semeru:
– wilayah: Kabupaten Malang Kabupaten Lumajang.
– letusan terakhir: 2015
– mempunyai Puncak bernama: Mahameru
– Nama kawah: jogring Saloka
– sumber mata air: Ranukumbolo, Kalimati
– tinggi: 3676 mdpl

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×