BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Pahami 6 Pos Pendakian Gunung Cikuray

Jalur pendakian Gunung Cikuray

0 172

gunung cikuray
sumber gambar:
detik.com

Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi 4 yang ada di Jawa Barat setelah Gunung Gede. Lokasi Gunung Cikuray berada di kabupaten Garut Jawa Barat.

Letaknya berada di perbatasan Kecamatan Bayongbong Cikajang dan Dayeuh Manggung Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2821 mdpl.

Gunung Cikuray menjadi destinasi pendaki khususnya yang ada di Jawa Barat dan Jakarta., karena Gunung Cikuray lokasinya tidak terlalu jauh dari kota-kota besar.

Bentuk dari Gunung Cikuray menyerupai kerucut raksasa. Gunung Cikuray termasuk sebagai Gunung yang sudah tidak aktif. Terdapat banyak sumber mata air di sepanjang perjalanan menuju puncak Gunung Cikuray.

Jalur yang ada di Gunung Cikuray begitu menantang, treknya terjal dan sulit. Jarak tempuh untuk mencapai puncak Gunung Cikuray waktu kurang lebih 7 sampai 8 jam pendakian.

Jika ingin menempuh puncak Gunung Cikuray pendaki bisa memulai perjalanannya dari Desa Dayeuh Manggung, kecamatan Cilawu, Garut.

Sebenarnya ada jalur lain yaitu jalur Bayongbong atau Cikajang, tetapi jalur desa Dayeuh Manggung ini lebih mudah untuk didaki menuju puncak.

Jika anda menaiki bus pastikan bus itu bertujuan menuju Garut, dan Berhentilah di terminal bus Garut.

Lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot bernomor 06 yang memiliki tujuan Garut sampai Cilawu. Turunlah di patrol dan kemudian melanjutkan menuju perkebunan teh Dayeuh Manggung.

Dan dari patrol anda bisa sewa ojek, sampailah anda di pos pemancar. Di pos pemancar diwajibkan untuk registrasi ulang pendaftaran.

Pos ini dinamakan dengan nama pos pemancar dikarenakan terdapat beberapa Stasiun relay televisi seperti MNCTV, RCTI, SCTV, tempat ini bisa dijadikan sebagai basecamp sebelum melakukan pendakian.

Jika ingin melanjutkan perjalanan disarankan untuk para pendaki menyiapkan beberapa perbekalannya Salah satunya yaitu minum.

Karena setelah pos pemancar jarang ditemukan sumber mata air. Dimulainya perjalanan yaitu dari perkebunan teh yang menyegarkan.

Biasanya juga terlihat bentuk punggungan yang akan didaki hingga menuju puncak Gunung Cikuray jika cuaca cerah tanpa kabut.

Melewati kebun teh hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan keadaan jalur yang berdebu. Setelah melewati kebun teh akan memasuki hutan yang teduh.

Jarak yang ada di Pos 1 dari stasiun pemancar TV dapat ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit.

Setelah itu dari pos 1 menuju Pos 2 ditempuh waktu sekitar 50 menit. Di jalur ini pendakian sudah mulai ditutup oleh pepohonan yang tinggi yang menyebabkan cahaya matahari tertutup dan hanya sedikit yang menembus rimbunnya pepohonan.

Pendakian Dari Pos 1 Sampai Pos 2

jalur pendakian gunung cikuray
sumber gambar : dongengtravel.com

Perjalanan yang ada di pos ini sudah lumayan terjal dengan kondisi jalur yang bertangga dan banyak akar pepohonan. Keadaan jalur tersebut dilalui sepanjang perjalanan hingga menuju puncak.

Pendakian Dari Pos 2 Menuju Ke Pos 3

jalur pendakian menuju puncak
sumber gambar : garutadventure.com

Perjalanan dari Pos 2 menuju Pos 3 membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dari pos 1 ke pos 2 karena medan yang ada di jalur ini semakin curam dengan kontur yang rapat.

Dari mulai pos 1, pos 2, pos 3 hanya bisa menampung 1 atau 2 tenda.

Pos 3 menuju ke pos 4

jalur yang menanjak
sumber gambar : cdn.tripadvisor.com

Di tempat ini bagian masih berupa tanjakan yang dipenuhi dengan akar-akar pohon sebagai rintangannya. Di pos 4 ini terdapat tempat yang lebih luas yang dapat menampung Kurang lebih 3 tenda.

Pos 4 menuju ke pos 5

Jarak antara pos 4 dengan pos 5 tidak terlalu jauh. Di jalur ini hanya memerlukan waktu yang singkat yang dilalui masih sama berupa tanjakan yang dipenuhi akar-akar pohon.

Pos 5 menuju ke pos 6

jalur dengan pohon rindang
sumber gambar : cadventura.com

Banyak pepohonan yang ada di pos 6 ini yang sudah tidak terlalu rapat masih bisa menghalangi dari hantaman angin langsung dan sudah sangat dekat dengan puncak Gunung Cikuray.

Jika ingin menikmati momen matahari terbit atau tenggelam pos 6 inilah yang tempatnya yang sangat cocok untuk melihatnya. Jarak antara pos 6 dengan puncak hanya memerlukan waktu beberapa menit saja.

Puncak Gunung Cikuray

puncak gunung cikuray
sumber gambar : catwalkus.wordpress.com

Ketika anda sudah mencapai puncak Anda bisa menikmati keindahan alam di Garut dan sekitarnya dari sudut yang berbeda. Di puncak Gunung Cikuray terdapat bangunan yang berupa pos seluas 2,5 m x 2,5 m. Kesimpulannya di pos ini hanya bisa menampung 1 tenda.

Saran untuk para pendaki jika ingin menikmati keindahan yang ada di puncak Gunung Cikuray waktu yang tepat adalah saat musim kemarau.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×