BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Pesona Gunung Rinjani Yang Memukau

Indahnya Gunung Rinjani

0 182

gunung rinjani diatas awan
sumber gambar : pixabay.com

Jika anda penikmat gunung dan pencinta alam belum lengkap ketika anda belum merasakan rasanya mendaki di gunung yang terkenal ini yang mempunyai pesona alamnya sangat indah dan asri.

Gunung Rinjani mempunyai ketinggian 1726 mdpl yang terletak di utara Pulau Lombok, dan gunung ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia.

Gunung ini termasuk dalam kawasan nasional Gunung Rinjani dan dikelilingi oleh hutan dan semak belukar seluas 76000 hektar.

panorama yang ada digunung rinjani
sumber gambar: pixabay.com

Gunung Rinjani mempunyai panorama yang begitu eksotis dengan begitu banyaknya garis kontur yang ada di Gunung tersebut mulai dari semak belukar, hutan lebat hingga Padang Savana yang cukup luas.

Pengunjung yang ada di tempat ini mulai dari pendaki lokal maupun mancanegara menjadikan tempat ini sebagai target utama dan impian dalam pendakian mereka.

Bukan hanya dari sisi keindahannya saja namun tantangan yang harus dihadapi dalam 10 jam perjalanan pendakian menuju puncak dan berbagai kondisi lintasan di gunung terindah di Lombok Nusa Tenggara Barat ini. Saat mendaki Gunung Rinjani tentu akan menjadi kenangan dan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Ada beberapa keindahan yang bisa kita temui di jalur pendakian Gunung Rinjani. Contohnya seperti bunga edelweis, keindahan Samudra Diatas Awan, keindahan dari pasir dan tebing berbisik, dan masih banyak lagi yang akan kita temui di perjalanan menuju puncak membuat perjalanan yang lelah terbayarkan. Bahkan keindahan Gunung ini menginspirasi produksi film sebagai latar belakang.

Perjalanan menuju Pulau Lombok tempuh melalui jalur darat menggunakan bus jurusan Jakarta sampai Mataram, dan dilanjutkan dengan menyebrang menggunakan kapal feri sebanyak dua kali (selat Bali dan Selat Lombok). Dan bisa juga dengan ditempuh menggunakan pesawat terbang.

Cerita tentang Taman Nasional Gunung Rinjani.

 

Taman Nasional Gunung Rinjani
sumber gambar : pixabay.com

Gunung Rinjani merupakan gunung yang masih aktif terbesar kedua di Indonesia. Ketinggian dari Gunung ini membuat pemandangan Pulau Lombok khususnya di bagian utara terlihat dengan jelas.
Diceritakan oleh sejarah kawasan ini tercatat terjadinya dua kejadian penting yaitu:

– pada tanggal 17 Maret 1941 menurut surat keputusan SK nomor 15 staatblad nomor 77. Saat itu pemerintahan Belanda menyatakan bahwa status kawasan ini sebagai daerah Suaka Margasatwa Rinjani Wilayan Sunda Kecil.

– pada tanggal 24 Maret 1990 keputusan menteri kehutanan nomor 448/Kpts-II/ 1990 pada acara pekan Konservasi Alam Nasional III di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Dinyatakan bahwa status kawasan yang sebelumnya Suaka Margasatwa berubah menjadi Taman Nasional Gunung Rinjani, yang memiliki luas 40000 hektar menurut site resmi Balai TNGR.

Di Taman Nasional Gunung Rinjani ekosistemnya adalah ekosistem hutan primer 40%, savana 40%, daerah tandus 10% hingga semak belukar, hutan tanaman dan hutan sekunder mencapai 10%.

Jika ingin mendaki di Gunung ini sebaiknya datang pada bulan Juli sampai Agustus. Dikarenakan pada bulan ini udaranya terasa sangat sejuk.

Kondisi yang ada pada bulan ini tumbuhan yang ada diGunung Rinjani tampak lebih hijau dan tampak lebih eksotis.

Gunung Rinjani terdapat dua kawah yang besar dengan diameter kurang lebih 10km. Kawah ini dipenuhi dengan air sehingga membentuk sebuah danau yang biasa disebut dengan segara anak.
Dikawah segara anak ini terdapat gunung kecil yang begitu indah.

Jernih airnya dan hangat dengan banyak ikan didalamnya. Kedalaman segara anak diperkirakan kurang lebih sekitar 200 meter .

Tips Sebelum Mendaki.

tips sebelum mendaki
sumber gambar : pixabay.com

Untuk mencapai Gunung Rinjani dibutuhkan waktu kurang lebih 4 sampai 5 hari untuk mendaki itu sebabnya perlu kesiapan fisik dan mental.

Sebaiknya tidak mendaki ketika malam hari dikarenakan medan yang ada digunung ini sangat sulit dilalui. Udara yang ada di Gunung Rinjani mencapai 5 derajat Celcius.

Disarankan untuk menyewa atau Porter untuk memandu perjalanan jika tidak mengetahui jalan sehingga waktu yang ditempuh lebih efisien.

Dipastikan anda sudah terdaftar pada pos informasi sebelum memulai perjalanan mendaki sehingga keamanan bisa dijaga dengan maksimal.

Gunung Rinjani jarak tempuh yang panjang dan jalanan yang terjal maka harus dipastikan para pendaki dalam keadaan benar-benar fit.

Jika Anda menyukai memancing jangan lupa membawa alat pancing dikarenakan Segara Anak terdapat banyak ikan mujair yang bisa dipancing, pemandangan yang ada di  alam Rinjani sangat indah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×