BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

4 Wisata Yang Ada Di Sekitar Gunung Anjasmoro

Wisata Gunung Anjasmoro

0 169
gunung anjasmoro yang begitu indah
sumber gambar : @mendung.mesra (instagram)

Gunung Anjasmoro terletak dalam kawasan 3 kabupaten yaitu Kabupaten Mojokerto , Kabupaten Jombang dan juga Kota Batu Jawa Timur. Gunung Anjasmoro memiliki ketinggian mencapai 2.277 mdpl.

Gunung Anjasmoro memiliki keindahan membuat yang melihat terpesona. Gunung Anjasmoro berdampingan dengan Gunung Welirang , Gunung Arjuno , Gunung Argo Wayang.

Udara yang ada disekitar Gunung Anjasmoro begitu segar yang masih asri belum tercampur oleh polusi. Suasananya pun membuat hati menjadi tenang.

Wisata yang ada si sekitar Gunung Anjasmoro

Terdapat banyak tempat wisata yang berada disekitar Gunung Anjasmoro yang tidak kalah menariknya jika dibandingkan dengan mendaki Gunung Anjasmoro.

Inilah beberapa tempat wisata yang bisa ditemukan di Gunung Anjasmoro sebagai berikut :

1. Pemandian Selecta yang ada di Kota Batu

selecta batu malang gunung anjasmoro
sumber gambar : @kokotrisilo (instagram)

Selecta merupakan tempat wisata yang terdapat kolam renang dengan air alam yang dingin khas alam pegunungan Kota Wisata Batu.

Di tempat ini pemandangannya di dominasi oleh bunga-bunga yang bewarna. Letak Selecta sendiri berada pada sebuah lembah yang dikelilingi puluhan resort yang indah.

Selecta menyediakan tempat untuk bermain outbond, olahrga renang, taman bunga yang bisa dijadikan untuk petak umpet dan ada pula tempat playground.

Bagi wisatawan yang beragama Islam tidak usah khawatir jika ingin beribadah, karena di tempat ini sudah tersedia mushola.

Selecta juga menyediakan wahana sepeda air dan sepeda angin. Jika ingin bersepeda angin, pengunjung akan menikmati keindahan taman bunga dari ketinggian dengan ditemani oleh hembusan angin yang menyejukkan.

Jika ingin memberi oleh-oleb untuk keluarga yang dirumah, sepanjang jalan selecta terdapat banyak pedagang-pedagang yang menjual sayur-sayuran, buah-buahan, makanan ringan khas Malang, tanaman hias. Pengunjung juga bisa menikmati jagung bakar yang sangat cocok dimakan ketika berada ditempat ini.

2. Pemandian Air Panas Pacet

pemandian air panas pacet gunung anjasmoro
sumber gambar : @rori_hendra (instagram)

Pacet terletak di daerah Mojokerto yang terkenal dengan keindahan alamnya dan juga terkenal dengan pariwisata alam karena terdapat pemandian air panas yang dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Air panas ini merupakan sumber mata air langsung dari pegunungan. Selain pemandian air panas, tempat ini juga memiliki kolam renang dengan air dingin yang begitu luas.

Wisatawan yang datang dominasi ingin menikmati pemandian air panas. Untuk tarif biaya tiket masuk dikenakan Rp. 10.000 per orang.

Tempat ini pernah terjadi bencana banjir dan tanah longsor hingga pada akhirnya harus ditutup sementara selama beberapa bulan. Namun setelah itu dibuka kembali hingga saat ini.

Pemandian air panas ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Ditempat ini terdapat banyak spot wisata seperti menunggang kuda , mendirikan kemah, di camping area dan outbond, menjelajahi hutan pinus, mengunjungi air terjun Grojogan Sewu maupun menyalurkan hobi fotografi karna tempat ini sangat cocok dijadikan spot untuk berfoto.

Sepanjang jalan kawasan pacet banyak terdapat warung lesehan yang menyediakan berbagai macam makanan. Jika anda lelah anda bisa beristirahat di penginapan yang berada di sepanjang jalan.

3. Wisata Sumber Boto

sumber boto gunung anjasmoro
sumber gambar : @eventjombang (instagram)

Sumber Boto adalah tempat wisata yang menggabungkan kesegaran kolam renang, monumen perjuangan rakyat, dan bumi perkemahan dalam satu tempat.

Letak dari wisata Sumber Boto ini di Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Jalur yang dilalui jika dari Surabaya menuju Nganjuk setelah ada pertigaan Mojoagung beloklah ke arah kiri.

Tak sampai 10 menit pun akhirnya tiba di lokasi Sumber Boto. Sumber Boto merupakan kawasan wisata pelestarian alam dan juga tempat liburan keluarga.

Sumber Boto ini didukung oleh program penghijauan dan juga perbaikan sarana pendukung wisata. Tempat ini seringkali jadi tempat perkemahan acara sekolah oleh pelajar Jombang.

Wisata Sumber Boto terdapat monumen perjuangan rakyat yang menggambarkan semangat warga Jombang mengisi kemerdekaan Republik Indonesia, dan menjadi ikon wisata kota Jombang karena berbagai kegiatan Pramuka dilakukan di tempat ini.

4. Festival Durian yang ada di Wonosalam Kabupaten Jombang

festival durian gunung anjasmoro
sumber gambar : urbanasia.com

Wonosalam terkenal dengan durian yang memiliki rasa enak dan berdaging tebal. Durian Wonosalam cukup populer hingga mengalahkan durian monthong yang berasal dari Thailand.

Pemerintah Kabupaten Jombang memanfaatkan perkebunan durian sebagai daya tarik pengunjung wisatawan berupa Festival Durian Wonosalam.

Festival Durian Wonosalam ini sangat populer sebagai ajang promosi pariwisata Jombang. Festival ini diadakan setiap tahun dengan membelah durian dan makan buah durian secara massal di Wonosalam.

Kalender wisata ini pernah tercatat dalam Museum Rekor Indonesia ( MURI ) sebagai kegiatan makan buah durian paling banyak.

Festival ini diadakan setiap masa panen raya durian yang berada di Lapangan Kecmatan Wonosalam. Bagi para petani durian menyumbang buah durian sebagai partisipasi dalam acara tersebut setiap tahunnya.

Inilah beberapa tempat wisata yang ada di sekitar Gunung Anjasmoro, sebenernya masih begitu banyak tempat wisata yang ada di Gunung Anjasmoro.

Nikmatilah liburan bersama dengan keluarga sodara dan juga teman di tempat wisata yang anda inginkan. Tempat wisata diatas sangat cocok untuk para wisatawan yang bosan akan suasana di kota yang begitu padat penduduk dan tentunya polusi udara, oleh sebab itu ditempat tersebut bisa bersantai dan juga menikmati nuansa pemandangan pegunungan yang indah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×