Menuju Puncak Gunung Kawi Ketinggian 2.551 mdpl Dengan Jalur Via Keraton

gunung kawi is the best
sumber gambar : @adelpict (instagram)

Gunung Kawi sangat populer dengan spiritualnya mitos pesugihan dan juga menjadi tempat religi bagi semua kalangan, sisi lain gunung ini juga menjadi tempat favorite para pendaki gunung.

Gunung Kawi memiliki ketinggian mencapai 2551 meter diatas permukaan laut, yang terletak di Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari , Malang , Jawa Timur.

Gunung Kawi letaknya bersebalahan dengan Gunung Butak yang berada disisi kanan. Jarak antara kota Malang dengan gunung ini berkisar 40 km.

Hal ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan melewati kota Kepanjen, Kabupaten Malang.

Di Keraton Gunung Kawi terdapat banyak tempat beribadah bermacam-macam agama seperti umat islam , budha , hindu , dan kristen.

Tempat ini masih termasuk jalur pendakian Gunung Kawi yang kental akan budata lokal dan juga tapak sejarah. Letak dari tempat ini berada di dusun Gendogo, Desa Bali Sari, Kecamatan Ngajum , Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Terdapat 3 jalur pendakian Gunung Kawi yaitu :

– Jalur via Gunung Butak
– Jalur via Batu Licin
– Jalur via Keraton

Sebenernya jalur via Keraton jarang dilalui para pendaki. Para pendaki biasanya melewati jalur via Batu Licin. Jalur via Batu Licin dan jalur via Keraton akan bertemu di puncak Batu Tulis. Beda hal nya dengan jalur via Gunung Butak, jalur menuju puncak Kawi bisa ditemukan di area savana.

Menuju Basecamp Gunung Kawi dengan jalur via Keraton

keraton gunung kawi
sumber gambar : @awangfirdauss (instagram)

Jalur ini bisa diakses dengan menggunakan roda 2 maupun roda 4. Dimulai dari kota Malang bisa melewati Jalibar Kepanjen, setelah pertigaan, ikutilah arahan menuju Gunung Kawi.

Di tempat Gunung Kawi ini terdapat dua tempat yaitu Pesarean Eyang Djoego dan Keraton Gunung Kawi. Dengan jarak tempuh kedua tempat itu sekitar 3 km.

Lokasi Keraton Gunung Kawi tidak pernah sepi dari para pengunjung. Disini para pendaki bisa beristirahat dan menyiapkan bekal logistik sebelum mendaki gunung.

Mendaki Gunung Kawi

Pos Perizinan menuju Pesarean

pos perizinan gunung kawi
sumber gambar : @batutulis_gunungkawi (instagram)

Mulailah perjalanan mendaki menuju Gunung Kawi melewati jalur sebelah kiri Keraton ke arah hutan cemara. Jalur yang ada disini masih belom menanjak hingga sampai di Pesarean.

Di maksud nama Pesarean karena tempat ini merupakan area datar yang terdapat sebuah bangunan kayu biasanya dipergunakan untuk melakukan hal spiritual.

Tidak jauh dari bangunan terdebut terdapat tempat yang di sucikan seperti altar.

Pesarean menuju Puncak Pintrang

puncak pintrang gunung kawi
sumber gambar : @adiputra986 (instagram)

Lanjutkan perjalanan dengan menyusuri jalan yang setapak menanjak. Trek yang ada dijalur ini berupa tanah padat dan terdapat banyak akar pepohonan yang besar.

Jika ingin beristirahat dan mendirikan tenda ada tempat area datar disebelah makam yang terletak disisi kanan pendakian.

Makam ini merupakan makam dari Joko Kelono yang dipercaya warga sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda.

Setelah beristirahat lanjutkan perjalanan dengan menyusuri jalan setapak namun rapat dan rimbun. Area yang mulai terbuka, jalan setapak pun tidak tampak jelas karena tertutup semak-semak.

Lanjutkan perjalanan menyusuri punggungan bukit. Dan tidak jauh diatas akan tertutup lagi oleh semak-semak jalan setapak menunu puncak Pitrang.

Puncak Pitrang merupakan salah satu puncak dari Gunung Kawi dengan ketinggian 2573 meter diatas permukaan laut. Puncak ini terdapat banyak area datar sehingga cocok untuk beristirahat.

Puncak Pitrang menuju Puncak Batu Tulis

batu tulis gunung kawi
sumber gambar : @batutulis_gunungkawi (instagram)

Setelah mencapai puncak Pitrang lanjutkan perjalanan menuruni puncak ini, untuk melanjutkan menuju puncak Batu Tulis.

Naik turun bukit akan lebih banyak lagi untuk sampai dipuncak – puncak Gunung Kawi. Paling ujung dari pendakian setelah puncak Pitrang yaitu Puncak Candi.

Jika ingin mengetahui apakah sudah dekat Puncak Candi ? puncak ini ditandai dengan adanya bebatuan yang tersusun diarea terbuka.

Dari puncak Candi terlihat jelas Gunung Arjuno – Gunung Welirang dan Gunung Pasang yang berada didepan jalur pendakian.

Puncak Candi terdapat 2 jalur yaitu jalur menurun lurus dan jalur ke arah kanan. Jika ingin menuju puncak Batu Tulis ambilah arah ke kanan. Apabila jalur lurus menurun itu adalah jalur lama pendakian Gunung Kawi.

Trek menuju Batu Tulis turun dan menaiki kembali bukit. Tetapi turun nya trek ini tidak securam jalur sebelumnya. Pemandangan dari atas gunung tampak Gunung Semeru dibagian sebelah kanan.

Puncak Batu Tulis berada pada ketinggian 2603 meter diatas permukaan laut. Puncak itu merupakan gundukan tanah yang disusun oleh bebatuan besar yang hampir mirip dengan Gunung Butak.

Panorama yang ada dipuncak ini pun sangat istimewa saat sunset maupun sunrise. Puncak ini dikeramatkan dengan mitosnya jika berdoa kusyu di puncak Batu Tulis keinginan dapat terkabulkan.

Puncak Batu Tulis menuju Savana 1

savana gunung kawi
sumber gambar : @erzarian (instagram)

Untuk mencapai Savana ini anda harus melewati jalur yang ada disebelah kanan puncak Batu Tulis menyusuri telaga dengan jalur pendakian yang lebih ringan.

Dari Puncak Candi melanjutkan perjalanan mengikuti turunan dan kembali menanjak melewati Gunung Pasang dengan tumbuhan yang rapat.

Tempat ini jarang dilewati oleh manusia, karena tempat ini sudah tertutup semak – semak tinggi dan hanya terdapat tanda dipepohonan yang akan membimbing hingga savana 1.

Savana 1 terletak pada ketinggian 2564 meter diatas permukaan laut.

Savana 1 menuju Savana 2

Setelah dari savana 1 pendakian dilanjutkan berjalan ke arah kanan yang melipir ke lereng bukit di depan, hingga sampai ke Savana 2 jalan yanh dilalui tetaplah semak – semak yang tinggi. Lokasi dari savana 2 ini terletak pada ketinggian 2480 meter diatas permukaan laut.

Savana 2 menuju Altar Sembahyang

Untuk menuju Altar Sembahyang perlu berjalan lagi menyusuri dua bukit lagi. Trek yang dilalui pun masih terbuka dan masih tertutup oleh semak – semak lebat yang jarang dilalui banyak orang.

Setelah itu memasuki hutan cemara, dan nampak jelas kembali jalur pendakian Gunung Kawi dengan trek yang menanjak.

Setelah melewati dua bukit akan sampai di tujuan yaitu Altar Sembahyang yang ditandai dengan batuan besar dibawahnya terdapat petilasan seperti makam.

Bentuk dari Altar Sembahyang ini persegi dengan disusun oleh batuan. Depannya di bentuk seperti pintu kecil yang berukuran tinggi sekitar  1 meter, sehingga ketika ingin masuk harus merunduk terlebih dahulu. Tempat ini sangat dikeramatkan sering dilakukan aktivitas spiritual dengan sesajen dan dupa.

Gunung Kawi memiliki banyak puncak dan tempat yang keramat untuk aktivitas spiritual disepanjang jalur pendakian tersebut.