BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Misteri Gunung Bukit Raya

Misteri Gunung Bukit Raya yang perlu diketahui

0 286

 

patung bukit kakam gunung bukit raya
Sumber Gambar : bumiiadv (instagram)

Gunung Bukit Raya merupakan salah satu Gunung 7 Summit Indonesia meskipun ketinggiannya paling rendah diantara Gunung 7 Summit Indonesia lainnya, namun bukan berarti Gunung Bukit Raya ini mudah di takluk kan oleh para pendaki.

Dikarenakan jalur yang terdapat di Gunung Bukit Raya ini masih alami serta jarang dikunjungi oleh para pendaki, dikarenakan selain tempatnya yang terpencil juga biaya yang dibutuhkan sangat besar.

Dan bukan memiliki panorama yang indah saja yang dimiliki Gunung Bukit Raya namun juga terdapat kisah misteri yang ada di dalamnya.

Kisah Misterinya Adalah Seperti Berikut :

Penghuni Gunung Bukit Raya

gadis dayak gunung bukit raya
Sumber Gambar : catherinemahardika (instagram)

Gunung Bukit Raya yang masuk ke dalam Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya bisa dikatakan gunung yang masih perawan, dikatakan  masih perawan karena masih banyak hutan lebat di sepanjang jalur pendakian.

Hal tersebut lah yang membuat Gunung Bukit Raya ini mempunyai kisah  misteri yang menarik untuk dibahas, bahkan masyarakat yang berada disekitar Gunung Bukit Raya mempercayai bahwa Gunung ini selalu dijaga oleh makhluk halus dari dulu hingga sampai saat ini.

Ada sebuah mitos yang diceritakan secara turun menurun oleh masyarakat sekitar Gunung Bukit Raya bahwa gunung Bukit Raya ini masih dihuni oleh seekor Harimau.

si loreng gunung bukit raya
Sumber Gambar : vian_cantiiik (instagram)

Para penunggu dari Gunung Bukit Raya sendiri dikenal sangat tidak ramah kepada setiap pendatang atau pendaki, terlalu banyak pantangan yang harus dijalani oleh para pendaki atau pengunjung jika ingin selamat selama melakukan kegiatan di Gunung Bukit Raya seperti berpariwisata maupun melakukan aktivitas pendakian.

Selain hal itu, cerita dari masyarakat sekitar Bukit Raya ini, selain dihuni oleh seekor harimau juga terdapat orang ghaib, biasa orang atau masyarakat sekitar menyebutnya.

Masyarakat sekitar percaya bahwa orang ghaib ini bisa bersembunyi dengan hanya berlindung di balik sehelai daun.

Pantangan Dan Syarat Pendakian

ritual Gunung Bukit Raya
Sumber Gambar : agnesiwa (instagram)

Ada beberapa syarat saat mengunjungi Gunung Bukit Raya ini, hal ini berlaku bukan saja untuk para pendatang maupun para pendaki, melainkan juga untuk warga sekitar Gunung Bukit Raya.

Para pendaki harus benar – benar bertanggung jawab atas Keselamatan nya sendiri, bahkan mereka juga harus dituntut untuk menghormati adat istiadat dan keyakinan warga sekitar Gunung Bukit Raya.

Hal tersebut mengingatkan kita akan pepatah “dimana bumi dipijak  disitu langit dijunjung ” yang berarti bahwa para pendaki atau pengunjung yang datang ke Gunung Bukit Raya ini harus menghormati dan berlaku sopan terhadap adat istiadat serta kepercayaan warga sekitar Gunung Bukit Raya.

Terdapat dua syarat utama untuk para pendaki yang ingin mendaki Gunung Bukit Raya. Salah satunya yaitu rombongan pendaki berjumlah 7 orang, para pendaki diwajibkan untuk mengorbankan seekor ayam.

Apabila para pendaki jumlahnya lebih dari 7 orang, maka hewan kurban nya bisa berubah yaitu dengan mengorbankan babi atau bahkan sapi.

Selain daripada itu para pendaki juga wajib menyediakan berbagai kebutuhan ritual yang kemudian kepala suku adat atau juru kunci setempat akan melakukan komunikasi secara gaib dengan penghuni penunggu Bukit Raya, dengan harapan mendapatkan Restu atau lampu hijau dari penunggu Gunung Bukit Raya tersebut.

Tujuan diadakan ritual ini untuk meminta izin atau memberitahukan kepada penunggu Gunung Bukit Raya bahwa ada tamu yang berkunjung ke Gunung Bukit Raya tersebut, serta agar para penghuni gunung tidak mengganggu atau bahkan menjamin keselamatan para pendaki mulai dari awal pendakian sampai kembali lagi dari pendakian.

ritual adat gunung bukit raya
Sumber Gambar : cornelkunyuk (instagram)

Peraturan yang tidak boleh di langgar lainnya  ialah selama dalam melakukan pendakian para pendaki dilarang untuk membakar ikan sejenis ikan Saluang, menggoreng ikan kering atau sejenis dendeng ikan lainnya.

Apabila syarat tersebut dilanggar maka akan terdengar suara seperti auman harimau, suara auman tersebut bahkan bisa membuat tanah Gunung Bukit Raya bergetar, yang menandakan bahwa penghuni  Gunung tersebut sedang marah.

Selain suara auman harimau Gunung, terdapat juga cerita yang diturunkan secara turun temurun oleh warga sekitar, yaitu tentang adanya suku misterius yang berada di kaki Gunung Bukit Raya.

Seperti yang diceritakan sebelumnya bahwa Gunung Bukit Raya ini merupakan gunung yang masih bisa dibilang perawan, sehingga banyak sekali hal yang misterius yang masih beredar di masyarakat.

hutan raya gunung bukit raya
Sumber Gambar : red.onfilm (instagram)

Cerita tersebut yang masih dipercaya adalah adanya suku misterius yang menghuni atau mendiami Gunung Bukit Raya, dan dipercaya suku ini telah menghuni Gunung Bukit Raya ini sejak ratusan tahun yang lalu.

Sebagian masyarakat sudah beranggapan bahwa suku misterius yang berada di Gunung Bukit Raya ini bukanlah manusia biasa, namun makhluk kasat mata atau makhluk halus.

Maka dari itu setiap para pendaki atau pengunjung yang akan melakukan kegiatan di Gunung Bukit Raya ini wajib melakukan ritual untuk meminta berkat yang dipimpin oleh ketua adat setempat.

Banyak dari pendatang yang mengunjungi serta para pendaki yang datang dari luar daerah yang tidak mempercayai hal tersebut, namun banyak sekali bukti – bukti yang bisa dijadikan bukti bahwa misteri ini memang ada di Gunung Bukit Raya.

Salah satu buktinya adalah berupa potongan kayu yang besarnya sebesar kelingking manusia yang sengaja  direkatkan di sebuah  batang pohon.

Masih berkaitan dengan hal tersebut, selama melakukan ritual yang dilakukan oleh para pendaki selalu ada angin kencang yang seolah menandakan hadirnya suku ghaib tersebut.

Bahkan yang sering terjadi adalah ampenan atau tembakau Jawa yang dibawa oleh para pendaki hilang secara tiba-tiba padahal tembakau tersebut telah diletakkan di dalam tas yang terkunci dengan aman.

Keindahan panorama Gunung Bukit Raya, menjadikan Gunung Bukit Raya ini yang layak untuk dikunjungi, selain panorama alam yang indah, Gunung Bukit Raya ini mempunyai jalur pendakian yang menantang untuk bisa ditakluk kan oleh para pendaki.

bukit raya gunung bukit raya
Sumber Gambar : rifkymaulanaaaa (instagram)

Sisi lain dari jalur pendakian di Gunung Bukit Raya ini adalah rumah bagi hewan penghisap darah yang bisa dibilang kerajaan nya hewan ini, sebab di sepanjang jalur pendakian Gunung Bukit Raya terdapat banyak sekali ditemui hewan tersebut, dan hal ini menjadikan salah satu tantangan untuk para pendaki yang ingin menaklukan Gunung Bukit Raya ini.

puncak kakam gunung bukit raya
Sumber Gambar : abay.udjur (instagram)

Dan untuk para pendaki pemula atau bahkan yang datang dari luar daerah untuk selalu menghormati adat istiadat serta kepercayaan warga lokal, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Percaya atau tidak percaya hal tersebut seringkali terjadi kepada mereka yang berlaku sombong atau tidak mempercayai adat istiadat atau meremehkan kepercayaan masyarakat sekitar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×