BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

10 Wisata Alam Banyumas Yang Super Menakjubkan Wajib Untuk Di Kunjungi

Wisata alam Banyumas

0 146
wisata alam banyumas yang memukau
sumber gambar : @wahidnurf_ (instagram)

Kabupaten Banyumas terletak di Provinsi Jawa Tengah, dengan Ibu Kota Purwokerto. Kabupaten Banyumas populer dengan pesona keindahan alam yang memukau.

Keindahan tersebut membuat para wisatawan selalu ingin mengunjungi Kabupaten Banyumas. Kabupaten Banyumas populer dengan logat bahasa yang ngapak.

Destinasi wisata alam Banyumas sangat cocok untuk anda yang ingin menghabiskan libur panjang yang telah tiba.

Anda bisa mengajak teman, keluarga atau pun pasangan untuk berlibur menikmati indahnya Kabupaten Banyumas.

Apa saja wisata alam Banyumas tersebut? Mari simak ulasan dibawah ini.

1. Wisata Alam Banyumas Curug Bayan

curug bayan wisata alam banyumas
sumber gambar : @curug_bayan (instagram)

Apa yang anda ketahui tentang curug? Curug adalah sebuah wisata alam yang berupa air terjun. Curug Bayan merupakan salah satu destinasi wisata alam Banyumas yang wajib anda kunjungi.

Curug Bayan yang terletak di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Curug Bayan telah menawarkan keindahan alam yang tidak kalah menarik dengan beberapa destinasi wisata lainnya yang ada di Banyumas.

Curug Bayan memiliki ketinggian 7 meter dengan kolam seluas 200 hingga 300 meter persegi. Kedalaman kolam itu sekitar 7 meter.

Saat musim kemarau debit air yang dihasilkan dari air terjun tidak terlalu banyak, namun saat musim penghujan debit aliran air yang dihasilkan lebih banyak.

Aliran air terjun Bayan terlihat sangat jernih, selain itu suara gemercik airnya akan membuat anda semakin merasa nyaman.

Aliran air Curug Bayan berasal dari mata air pegunungan, hal ini membuat air tersebut terasa lebih dingin dan segar.

Anda bisa berenang di kolam air yang jernih tersebut. Terdapat beberapa pepohonan yang rimbun dan terlihat sangat hijau. Pohon tersebut membuat suasana Curug Bayan semakin sejuk dan teduh.

Anda akan merasakan ketenangan dan kenyamanan saat berada di lokasi ini. Anda bisa melakukan hunting foto di sekitar Curug Bayan.

Para wisatawan bisa memanfaatkan berfoto dengan latar belakang aliran air terjun yang terlihat sangat indah. Curug Bayan juga menyediakan jembatan buatan yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto.

Jika para wisatawan merasa lelah, anda bisa mencoba bermalam di sekitar kawasan Curug Bayan. Terdapat penginapan yang bernama Wisma Curug Bayan. Penginapan tersebut berdiri diatas Sungai Banjaran, yang terletak beberapa puluh meter di bawah curug.

Untuk memasuki kawasan wisata Curug Bayan anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.3.000. Harga tersebut sangat terjangkau, anda akan merasakan keindahan alam yang begitu eksotis.

Jika anda merasa lelah, anda dapat beristirahat di warung-warung yang telah disediakan. Warung tersebut menjual berbagai macam makanan dan minuman. Anda bisa bersantai dengan menikmati indahnya aliran air terjun yang membuat hati terasa tenang.

2. Wisata Alam Banyumas Curug Jenggala

curug jenggala kalipagu wisata alam banyumas
sumber gambar : @curugjenggalakalipagu (instagram)

Curug Jenggala yang populer dengan keindahan alamnya membuat daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Curug Jenggala yang terletak di Baturaden, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.

Wisata alam Banyumas Curug Jenggala lebih tepatnya berada bersebelahan dengan Gunung Slamet.

Tempat ini sangat cocok untuk anda menghabiskan segala penat yang ada. Semua beban yang dirasa akan hilang seketika saat menikmati panorama keindahan alam yang memukau.

Curug Jenggala selalu jadi incaran para wisatawan. Tempat ini tidak pernah sepi, saat musim libur Curug Jenggala dipadati oleh para wisatawan.

Curug Jenggala merupakan surga yang tersembunyi di kawasan Baturaden. Sebelumnya Curug Jenggala bernama Curug Tempuan.

Dinamakan Curug Tempuan sebab air terjun Jenggala merupakan pertemuan dari beberapa sungai yang saling bertemu menjadi satu.

Curug Jenggala mempunyai tiga aliran air dengan ketinggian yang sama. Aliran air terjun yang utama terletak di tengah-tengah dengan memiliki debit air paling deras.

Saat ini nama Curug Tempuan berubah menjadi Curug Jenggala. Curug Jenggala sendiri memiliki arti Ksatria Piningit atau Ksatria utama.

Keunikan Curug Jenggala yaitu diapit oleh dua bukit. Wisata alam Banyumas Curug Jenggala merupakan pertemuan antara dua sungai. Sungai tersebut yaitu Sungai Banjaran dan juga Sungai Mertelu yang bersatu.

Wisata alam Banyumas ini memang masih terbilang sangat baru, namun keindahan alamnya sudah banyak menyebar di kalangan pecinta alam. Hal ini membuat Curug Jenggala tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Terdapat spot foto yang cantik di Curug Jenggala ini, adanya desk selfie yang terbuat dari kayu berbentuk hati. Tempat tersebut menjadi incaran para pecinta alam untuk berfoto dan menikmati panorama keindahan alam.

Desk selfie tersebut terletak tepat di depan air terjun. Anda bisa berfoto bersama keluarga tercinta, teman atau pun pasangan. Untuk berada di area desk selfie para wisatawan dilarang untuk menggunakan alas kaki.

Hal itu dikarenakan untuk selalu menjaga kebersihan desk selfie. Para wisatawan sebaiknya selalu menaati peraturan yang sudah tersedia. Curug Jenggala di jaga ketat oleh pengelola untuk selalu mengawasi kegiatan para pengunjung.

Anda akan merasakan kenyamanan saat berada di desk selfie, udara yang sepoi-sepoi membuat anda ingin berlama-berlama berada di tempat ini.

Jika anda ingin menikmati berbagai macam keindahan tersebut anda hanya dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.5.000 per orang. Cukup terjangkau bukan ?

3. Wisata Alam Banyumas Curug Ceheng

curug ceheng wisata alam banyumas
sumber gambar : @mzr_azizi (instagram)

Curug Ceheng yang merupakan salah satu destinasi wisata alam Wonosobo yang memiliki pesona keindahan alam yang tidak kalah menarik dengan wisata alam lainnya.

Wisata alam Banyumas Curug Ceheng yang terletak di Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Letaknya tepat berada di lereng tenggara Gunung Slamet.

Curug Ceheng memiliki ketinggian sekitar 13 meter. Sama seperti wisata alam pada umumnya, Curug Ceheng yang terdapat banyak pepohonan yang sangat rimbun dan juga hijaunya tumbuhan menambah kesan yang sangat sejuk dan teduh.

Adanya Pepohonan membuat Curug Ceheng terlihat sangat asri. Lokasi Curug Ceheng yang sangat tersembunyi membuat tempat ini kurang ekspos dikalangan pecinta alam.

Aliran air Curug Ceheng ini memiliki kejernihan yang membuat para wisatawan ingin bermain air dan juga berenang.

Saat anda berkunjung ke Banyumas jangan lupa untuk mampir ke Curug Ceheng ini, biaya yang anda keluarkan untuk memasuki kawasan wisata alam Banyumas ini sekitar Rp.2.000 per orang.

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan bermoto anda akan dikenakan biaya sekitar Rp.2.000, untuk kendaraan bermobil akan dikenakan biaya sekitar Rp.3.000.

4.  Wisata Alam Banyumas Curug Lawang

curug lawang wisata alam banyumas
sumber gambar : @kangtriezz (instagram)

Curug Lawang berada di Karangsalam, Baturaden, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Wisata alam Banyumas yang satu ini yang terletak persis dibawah kaki Gunung Slamet.

Curug Lawang juga memiliki sebutan lain yang biasa disebut sebagai Sendang Bidadari. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Sendang Bidadari sebab letaknya yang sangat tersembunyi di balik batu-batu cadas. Tempat tersebut seolah menjadi turunnya bidadari dari kayangan untuk mandi.

Curug Lawang berada pada dalam gua yang menjadi daya tarik tersendiri wisata ini. Hal ini membuat anda saat memasuki kawasan wisata harus memasuki seperti pintu atau biasa disebut Lawang.

Itulah awal mula penamaan dari wisata alam Banyumas ini. Curug Lawang memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Aliran air Curug Lawang berasal dari Curug Telu.

Tempat ini selain menyuguhkan keindahan alam ternyata juga banyak menyimpan hal-hal yang mistis. Curug Lawang sering digunakan sebagai tempat meditasi.

Curug Lawang menjadi salah satu rekomendasi wisata alam yang sangat cocok untuk anda coba. Tempat ini memiliki aliran air dengan tingkat kejernihan yang sangat luar biasa.

Saat anda merendamkan kaki, akan terlihat jelas dari atas bentuk kaki anda. Ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan jika berada di Curug Lawang. Anda bisa berfoto di sekitar kawasan aliran air terjun.

Anda bisa memanfaatkan aliran air terjun tersebut sebagai latar belakang foto anda. Lebih asyik jika anda berfoto bersama pasangan, teman atau pun keluarga.

Anda bisa berenang di kolam yang terletak di bawah kucuran aliran air. Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata alam Banyumas ini sudah sangat memadai, jadi para wisatawan tidak perlu khawatir lagi jika ingin berkunjung ke Curug Lawang.

Fasilitas yang disediakan bermanfaat untuk keamanan dan kenyamanan para wisatawan. Fasilitas umum yang sudah disediakan antara lain area parkir yang luas, mushola, banyak tersedia pula penginapan yang ada di sekitar Curug Lawang.

Sebaiknya untuk anda yang ingin berkunjung ke Curug Lawang saat musim kemarau, sebab jika anda berkunjung saat musim hujan kawasan Curug akan berkabut. Tidak hanya itu biasanya aliran air akan tampak terlihat lebih keruh dari biasanya.

5. Wisata Alam Banyumas Curug Cipendok

curug cipendok wisata alam banyumas
sumber gambar : @yofieart (instagram)

Curug Cipendok yang terletak di Karangtengah, Cilongok, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Curug Cipendok merupakan salah satu wisata alam Banyumas yang paling tinggi.

Ketinggian Curug Cipendok mencapai sekitar 92 meter, dengan kedalaman sekitar 20 meter. Nama Curug Cipendok ternyata memiliki arti tersendiri.

Arti dari nama Curug Cipendok yaitu Curug yang berasal dari bahasa sunda berarti air terjun. Sedangkan Cipendok berarti cincin dari bilah keris.

Para wisatawan akan disuguhkan oleh keindahan Curug Cipendok yang begitu eksotis. Anda dapat bermain air dan berfoto dengan latar belakang aliran air yang begitu indah.

Keunikan lain dari wisata alam Banyumas yang satu ini adalah anda akan menemui beberapa hewan seperti elang, harimau jawa dan juga monyet abu-abu yang sangat menarik.

Fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola berbagai macam seperti cottage, jogging track, jungle tracking, outbond dan bumiayu perkemahan. Selain itu terdapat pula fasilitas umum yang disediakan demi keamanan dan juga kenyamanan para wisatawan.

Fasilitas yang disediakan seperti tempat untuk beristirahat, tempat parkir, mushola, wahana bermain anak-anak, dan banyak juga ditemui warung-warung makan di sekitar Curug Cipendok.

Untuk menikmati keindahan air terjun anda hanya akan dikenakan biaya tiket masuk yang sangat terjangkau sekitar Rp.9.000 per orang.

Sedangkan untuk biaya parkir motor dikenakan Rp.3.000, dan untuk kendaraan mobil dikenakan sekitar Rp.5.000. Harga tersebut sangat terjangkau dengan banyak kenikmatan yang bisa anda rasakan.

6. Wisata Alam Banyumas Bukit Watu Meja

bukit batu meja wisata alam banyumas
sumber gambar : @a3nt (instagram)

Bukit Watu Meja yang merupakan salah datu destinasi wisata alam Banyumas yang terbilang baru ini memiliki panorama alam yang begitu menakjubkan.

Bukit Watu Meja yang terletak di Jalan Raya Patikraja – Kebasen, Desa Tumiyang, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Bukit Watu Meja yang dikenal juga sebagai nama Bukit Badar, karena masih baru hal ini menyebabkan kurang populernya kawasan wisata ini.

Namun dengan adanya kecanggihan teknologi, nama Bukit Watu Meja lambat laun menjadi terkenal. Banyak terdapat foto yang tersebar di instagram memperlihatkan keindahan alam yang ada di Bukit Watu Meja.

Asal mula nama Bukit Watu Meja berasal dari dahulu dipercaya oleh warga masyarakat adanya bebatuan yang memiliki bentuk seperti meja. Watu sendiri memiliki arti dalam Bahasa Jawa artinya Batu.

Saat berada diatas Bukit Watu Meja anda akan menikmati keindahan panorama yang disuguhkan oleh hamparan Gunung Slamet yang begitu memukau.

Pemandangan yang terlihat adanya hamparan sawah dan juga perbukitan. Anda akan menikmati berbagai jenis tumbuhan hijau yang menyegarkan mata.

Pepohonan hijau membuat udara yang ada di sekitar bukit menjadi terasa sejuk dan teduh. Anda akan merasakan kenyamanan dan ketenangan.

Saat berada di Bukit Watu Meja anda akan betah berlama-lama dan ingin kembali mengunjungi wisata tersebut. Selain itu dari atas bukit anda akan menikmati keindahan Sungai Serayu yang terlihat jelas dengan berkelok-kelok.

Sungai tersebut terlihat membelah dataran yang terdapat di depan bukit. Sungai Serayu sangat populer karena bentuknya yang mirip seperti sungai Amazon. Pemandangan tersebut sangat cocok untuk anda abadikan dalam bidikan kamera.

Anda akan menghasilkan foto yang eksotis memikat hati. Diatas bukit terdapat sebidang kayu yang diletakkan pada salah satu sudut area bukit.

Sudut tempat tersebut selalu jadi incaran para wisatawan untuk hunting foto. Pecinta alam dan juga penggemar fotografi saat berada di tempat ini akan merasa puas dengan panorama yang disuguhkan.

Waktu yang tepat untuk menikmati panorama keindahan alam sebaiknya anda berkunjung saat menjelang senja atau malam hari.

Saat senja anda akan menikmati indahnya sunset matahari dengan pantulan cahaya yang begitu memukau.

Sedangkan saat malam hari anda akan menikmati kerlap kerlip bintang dan juga pemandangan kota Purwokerto dengan cahaya temaran dari rumah ke rumah penduduk yang terlihat indah dari atas bukit.

Di sekitar Bukit Watu Meja terdapat ayunan, anda bisa memanfaatkan ayunan tersebut untuk bermain. untuk menuju puncak bukit ini anda akan merasa lelah. Namun lelah tersebut akan terbayarkan jika sudah sampai diatas puncak.

Saat berada di kawasan Bukit Watu Meja sebaiknya anda harus lebih berhati-hati, sebab puncak bukit tebing-tebingnya hanya dibatasi dengan pagar bambu.

Anda bisa menikmati panorama pemandangan yang sangat cantik. Anda akan puas hunting foto bersama teman, keluarga tercinta atau pun pasangan.

Saat anda ingin menikmati keindahan alam ini, anda tidak akan dikenakan biaya apapun, bisa dibilang gratis untuk berkunjung ke Bukit Watu Meja.  Anda hanya diminta untuk menulis daftar pengunjung dan sumbangan sukarelawan.

7. Wisata Alam Banyumas Bukit Tranggulasih

bukit tranggulasih wisata alam banyumas
sumber gambar : @dialaras (instagram)

Bukit Tranggulasih yang merupakan salah satu destinasi wisata alam Banyumas yang menjadi tempat favorit bagi para pecinta alam.

Bukit Tranggulasih terletak di Windujaya, Kedungbanten, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Bukit Tranggulasih dahulunya dipercaya oleh warga merupakan suatu kawasan yang sering dijadikan sebagai tempat offroader atau crosser.

Bukit Tranggulasih sebenarnya memiliki 4 macam bukit. Bukit tersebut terdiri dari Bukit Datar, Bukit Cinta Suramenggala, Bukit Tinggi, dan yang terakhir adalah Bukit Tranggulasih.

Dari atas Bukit Tranggulasih anda akan menikmati beberapa keindahan alam yang sangat memukau. Pemandangan yang terlihat dari jauh adanya Gunung Slamet menjadi salah satu spot terindah yang bisa anda lihat.

Selain itu anda juga bisa menikmati indahnya sunrise dan sunset dari atas Bukit Tranggulasih. Anda juga dapat melihat keindahan dari Bukit Cendana dari atas bukit.

Tidak hanya itu anda juga dapat melihat keindahan laut dari kejauhan. Jika anda ingin menikmati bagaimana indahnya Kota Purwokerto, tempat ini sangat cocok untuk anda.

Sekitar kawasan Bukit Tranggulasih terdapat wisata alam lainnya seperti air terjun. Air terjun yang ada disekitar Bukit Tranggulasih antara lain Curug Gede, Curug Jenggala, Curug Bayan, Curug Gomblang dan masih banyak lagi.

Pihak Pengelola Bukit Tranggulasih sudah menyediakan fasilitas yang sangat memadai. Fasilitas umum yang tersedia seperti area parkir, warung makan, tempat ibadah, dan  lain-lain.

Jika anda berminat untuk mengunjungi wisata alam Banyumas Bukit Tranggulasih anda akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp.5.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir sendiri dikenakan biaya sekitar Rp.5.000 untuk kendaraan roda dua.

Untuk biaya parkir kendaraan bermobil dikenakan biaya sekitar Rp.10.000. Harga tersebut cukup terjangkau jika dibandingkan dengan keindahan alam yang bisa anda nikmati. Berada di kawasan ini akan memberikan pengalaman baru untuk anda yang tidak akan terlupakan.

8. Wisata Alam Banyumas Telaga Sunyi

telaga sunyi wisata alam banyumas
sumber gambar : @dityaprasetia (instagram)

Siapa yang penasaran dengan keindahan Telaga Sunyi yang populer dengan kejernihan airnya ? Telaga Sunyi memang memiliki keunikan tersendiri dan menyimpan banyak keindahan yang memikat hati.

Telaga Sunyi yang merupakan salah satu wisata alam Banyumas yang letaknya berada di Limpakuwus, Sumbang.

Telaga ini berada tepat pada lereng Gunung Slamet. Telaga Sunyi merupakan sebuah kawasan yang memiliki udara sangat menyegarkan.

Telaga Sunyi terdapat banyak ditumbuhi pepohonan hijau yang begitu rimbun. Pepohonan tersebut membuat kawasan ini memiliki udara yang sangat sejuk dan teduh. Anda akan merasakan kenyamanan dan ingin berlama-lama berada di kawasan ini.

Telaga Sunyi yang letaknya sangat tersembunyi di tengah hutan ternyata selalu ramai di padati oleh para wisatawan.

Telaga Sunyi yang merupakan perpaduan antara sungai dan juga aliran air terjun ini berjarak sekitar 2,5 km dari kawasan Wanawisata Baturraden.

Nama Telaga Sunyi di ketahui bahwa tempatnya yang jauh dari hiruk pikuk suasana perkotaan. Hal ini menyebabkan telaga tersebut diberi nama Telaga Sunyi.

Aliran air Telaga Sunyi ini berasal dari sumber mata air Gunung Slamet. Keunikan yang diberikan oleh Telaga Sunyi adalah kejernihan aliran air Telaga Sunyi membuat para wisatawan ingin segera berenang atau sekedar ingin bermain air.

Jernih Telaga Sunyi membuat mata anda terasa sangat segar. Anda akan dimanjakan dengan keindahan airnya yang sangat cantik.

Aliran air Telaga Sunyi yang berwarna kebiruan, karena air tersebut sangat jernih hal ini membuat dasar air yang mempunyai kedalaman 5 meter akan terlihat jelas dari permukaan.

Banyak para wisatawan yang berenang atau pun melakukan snorkeling di dalam kolam Telaga Sunyi yang sangat jernig tersebut.

Anda akan merasakan pengalam yang berbeda saat berada di Telaga Sunyi. Banyak berbagai cara yang bisa anda lakukan ketika mengunjungi wisata alam Banyumas.

Anda dapat bersantai menikmati indahnya alam, anda bisa berenang, anda bisa berfoto dengan mencari spot foto. Anda dapat berfoto bersama kawan-kawan, keluarga tercinta atau pun bersama pasangan terkasih.

Berfoto adalah hal yang wajib anda lakukan saat berada di area wisata dimana pun anda kunjungi. saat berada di tempat ini di jamin pasti anda ingin kembali mengunjungi Telaga Sunyi.

Tidak hanya itu ternyata Telaga Sunyi terdapat wisata lain seperti Gua. Sebelah kanan Telaga Sunyi terdapat Gua yang bisa anda lihat. Gua itu memiliki panjang sekitar 6 meter.

Gua itu memiliki dinding dan berlantai batu berlumut.  Anda dapat menyusuri sisi Gua bersama pemandu wisatawan.

Untuk fasilitas sendiri yang tekah disediakan oleh para wisatawan yaitu seperti mushola, area parkir, toilet dan masih banyak lagi.

Area parkir Telaga Sunyi dapat anda manfaatkan sebagai tempat beristirahat maupun berfoto.

Di dekat area parkir tersebut terdapat taman dengan pepohonan dan rumput yang sangat hijau.

9. Wisata Alam Banyumas Bukit Angaran

bukit angaran wisata alam banyumas
sumber gambar : @sahrul4400 (instagram)

Bukit Angaran memberikan keindahan alam yang begitu indah untuk dilihat. Jika anda berkunjung ke tempat ini rasa penat dan stres akan hilang seketika.

Wisata alam Banyumas ini memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat hati para wisatawan saat mengunjunginya.

Bukit Angaran yang terletak di Desa Melung, Kecamatan Kedungbanten, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Bukit Angaran merupakan wisata alam yang sangat populer di kalangan pecinta alam.

Jika anda ingin mengunjungi kawasan wisata alam Banyumas ini sebaiknya mengunjungi saat sore hari. Karena dalam waktu tersebut anda akan menikmati indahnya suasana Kota Purwokerto yang sangat cantik.

Pihak pengelola Bukit Angaran telah menyediakan spot foto yang sangat menarik untuk mendukung anda untuk berburu foto indah.

Selain itu anda tidak perlu khawatir akan fasilitas yang telah disediakan. Fasilitas yang disediakan berfungsi untuk keamanan dan kenyamanan anda.

Fasilitas tersebut antara lain seperti toilet, area parkir yang khusus untuk kendaraan roda dua, tempat ibadah atau mushola, warung makan dan masih banyak lagi.

Selain fasilitas tersebut ternyata Bukit Angaran juga menyediakan fasilitas yang bisa anda manfaatkan untuk berfoto layaknya seperti selebgram.

Jika anda tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata alam Banyumas ini anda tidak perlu khawatir akan biaya yang harus anda keluarkan. Sebab untuk memasuki Bukit Angaran anda akan dikenakan biaya yang sangat terjangkau.

Biaya tiket masuk akan dikenakan sekitar Rp.5.000 per orang. Untuk biaya parkir kendaraan bermotor akan dikenakan sekitar Rp 2.000. Bukit Angaran wajib anda kunjungi saat anda berada di Kabupaten Banyumas.

10. Wisata Alam Banyumas Hutan Pinus Limpakuwus

hutan pinus limpakuwus wisata alam banyumas
sumber gambar : @fahilani__ (instagram)

Jika anda ingin memilih berlibur ke tempat wisata alam saat musim libur tiba. Hutan Pinus Limpakuwus yang sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi. Sebab Hutan Pinus Limpakuwus ini memiliki keindahan alam yang sangat memukau.

Hutan Pinus Limpakuwus adalah salah satu wisata alam Banyumas yang lebih tepatnya terletak di Desa Dusun III, Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Hutan Pinus Limpakuwus ini terletak pada ketinggian 750 meter diatas permukaan laut, tepatnya berada di kawasan lereng Gunung Slamet.

Pemandangan berupa pepohonan pinus yang sangat rimbun membuat suasana udara di sekitar hutan menjadi sejuk dan teduh.

Suasana tersebut akan membuat anda merasa tenang dan nyaman. Hal ini membuat anda ingin berlama-lama berada di kawasan wisata alam Banyumas ini.

Pengalaman baru akan anda dapatkan saat mengunjungi Hutan Pinus Limpakuwus. Tempat ini memberikan liburan yang sangat menyenangkan dan menyehatkan.

Hutan Pinus Limpakuwus memiliki luas sekitar 10 hektare dan dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan atau disingkat sebagai LMDH.

Tempat ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Saat musim libur tiba Hutan Pinus Limpukuwus selalu dipadati oleh para wisatawan.

Biasanya para wisatawan mengajak teman, keluarga dan pasangan tercinta untuk menikmati keindahan pesona alam yang sangat menarik ini.

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola sudah sangat memadai dan juga demi keamanan, kenyamanan anda saat berada di kawasan ini.

Fasilitas tersebut seperti spot foto yang berupa gardu pandang, terdapat beberapa wahana yang bisa anda coba seperti fly fox untuk dewasa dan juga anak-anak. Selain itu terdapat hammock, permainan ATV, area camping.

Tidak hanya itu terdapat pula area parkir yang sangat luas, gazebo yang bisa anda gunakan untuk beristirahat, warung makan, mushola, toilet dan lain sebagainya.

Dengan lengkapnya fasilitas yang telah disediakan untuk memasuki kawasan wisata ini anda akan dikenakan biaya sekitar Rp.13.000 per orang.

Jika anda membawa kendaraan pribadi biaya parkir untuk kendaraan roda dua gratis, sedangkan untuk biaya parkir kendaraan bermobil dikenakan sekitar Rp.5.000. Biaya tersebut belum termasuk pada wahana-wahana yang telah disediakan.

Saat berada di kawasan wisata alam Banyumas anda akan mendapatkan pengalaman yang menarik dan tidak akan terlupakan. Anda akan merasakan ingin kembali mengunjungi kawasan ini.

Itulah 10 wisata alam Banyumas yang sangat direkomendasikan untuk anda yang berminat untuk menghabiskan libur panjang yang telah tiba.

Namun ada hal yang harus anda lakukan saat mengunjungi wisata yang telah kita jelaskan diatas. Anda harus selalu mematuhi peraturan yang sudah tertera.

Selain itu para wisatawan harus selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam agar tetap terjaga ke asriannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×