BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Jawatan Benculuk, Hutan Wisata Wonderland Banyuwangi

Jawatan Benculuk, Hutan wisata wonderland Banyuwangi Yang Sangat Indah

0 196

 

hutan trembesi, jawatan benculuk
Sumber Gambar : saita_yoko (instagram)

Jawatan Benculuk, Hutan Wisata Wonderland Banyuwangi

Masih di kota Banyuwangi disini, terdapat sebuah bangunan tua, yang dahulu tempat ini digunakan untuk pengelolaan transportasi kereta api, dan sekarang sudah beralih fungsi menjadi tempat wisata yang bernama Jawatan Benculuk.

Di tempat objek wisata ini, selain difungsikan sebagai tempat wisata alam, juga di fungsikan sebagai areal resapan air, dan untuk penyimpanan kayu jati yang berkualitas, yang pengelolaan nya diserahkan kepada  Perum Perhutani wilayah Banyuwangi.

Wisata Jawatan Hutan Trembesi

pohon trembesi,jawatan benculuk
Sumber Gambar : delokal.id (instagram)

Objek wisata ini memiliki pesona alam yang sangat mempesona, dan selain menyuguhkan panorama alam.

Tempat ini juga menawarkan bagi para wisatawan yang gemar hunting foto, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat foto yang nantinya bisa di upload ke media social.

Selain untuk hunting foto, jawatan  benculuk juga sangat cocok  untuk wisatawan yang ingin mengabadikan prewedding nya, dengan mengambil tema “nature” tempat ini  sangat cocok dijadikan background.

prewed, jawatan benculuk
Sumber Gambar : oura.pictures (instagram)

Para wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata ini disaran kansebaiknya pada saat sore hari.

Dengan alasan di objek wisata ini semilir angin yang terasa sejuk serta panorama alam dari Jawatan Benculuk ini yang sangat indah.

Selain sinar matahari yang tidak terlalu panas apabila waktu sore  juga karena sinar matahari sore yang menembus masuk melalui celah – celah pepohonan menjadikan tempat ini tampak menakjubkan.

Hal tersebut membuat wisatawan yang datang pada sore hari sangatlah banyak, sehingga tidaklah mengherankan apabila tempat ini dijadikan tujuan para pengunjung untuk sekedar duduk – duduk santai menikmati keindahan sore.

santai di pohon trembesi, jawatan benculuk
Sumber Gambar : agustindwii (instagram)

Selain hal tersebut di objek wisata jawatan benculuk juga menawarkan kegiatan olahraga, bagi mereka yang hobi berolahraga sepeda di tempat ini kalian bisa melakukan hal tersebut.

bersepeda, jawatan benculuk
Sum,ber Gambar : mrftn_evi (instagram)

Wisata jawatan ini selain menawarkan panorama alamnya yang indah, juga menawarkan berbagai tempat permainan yang bisa di gunakan oleh para pengunjung .

Wahana permainan tersesubut meliputi  memancing, bakar ikan, serta aksi menantang arum jeram.

Jadi tidaklah mengherankan, apabila banyak wisatawan yang datang berkunjung ke objek wisata ini dikarenakan semua fasilitas penunjang sudah tersedia disini.

Apabila para wisatawan ingin mencoba Wahana ini, pengunjung akan mengeluarkan biaya tambahan untuk setiap permainan yang berada di jawatan benculuk ini.

Tanaman Yang Dapat Dijumpai Di Jawatan Benculuk

Di tempat wisata jawatan benculuk ini, terdapat berbagai macam varian tanaman, yang hidup di tempat ini, terdapat beberapa jenis tumbuhan yang populasinya sudah mulai berkurang.

Tanaman yang bisa ditemukan di Jawatan Benculuk diantaranya:

Pohon jati, pohon jati yang tumbuh di daerah jawatan benculuk, merupakan sebuah saksi  mati sekaligus bukti dari usia objek wisata ini.

pohon jati, jawatan benculuk
Sumber Gambar : mamaabi2010 (instagram)

Terdapat beberapa varian pohon jati yang memiliki ukuran yang sangat besar, dan bisa dipastikan usia dari pohon pohon jati tersebut mencapai puluhan tahun.

Tumbuhan wesah, wesah merupakan tanaman yang mempunyai buah dengan rasa seperti lengkuas, tanaman tersebut juga mempunyai khasiat dapat menyembuhkan penyakit lambung.

Jamur Kepong, merupakan jamur yang dapat tumbuh di area jawatan benculuk, namun sangat disayangkan, populasi dari tanaman ini sudah mulai jarang ,dikarenakan sudah banyak dicabut oleh beberapa pekerja PT Perhutani.

jmaur kepong, jawatan banculuk
Sumber Gambar : feyzargraphy55 (instagram)

Namun apabila para pengunjung beruntung, jamur kepong  ini masih dapat bisa ditemukan di beberapa tempat, yang berada di objek wisata jawatan benculuk ini.

Tumbuhan santinet, Merupakan jenis tanaman yang tumbuh di hutan – hutan serta banyak ditemukan, tanaman ini mempunyai buah yang berwarna kemerahan.

Salak liar/ salak alas, Salak liar atau salah alas memiliki buah yang tidak sama seperti buah salak yang sering kita jumpai.

salak hutan, jawatan benculuk
Sumber Gambar : lalaromula (instagram)

Melainkan buah yang dihasilkan oleh tanaman ini memiliki rasa sangat masam dan tidak cocok untuk dimakan.

Kelengkeng,Tanaman ini mempunyai kegunaan seperti salah satunya bisa diambil buahnya.

Selain buahnya yang  bisa dimanfaatkan, ternyata  pohon kelengkeng juga sangat bermanfaat yaitu yang berfungsi sebagai penangkal banjir.

Dikarenakan pohon kelengkeng dapat menyerap air dengan volume yang sangat besar.

Selain flora yang terdapat di jawatan benculuk juga terdapat beberapa jenis fauna. Fauna yang paling banyak di jumpai di objek wisata ini adalah kalong atau lowo.

kalong , jawatan benculuk
Sumber Gambar : febraius (instagram)

Binatang ini merupakan sejenis dengan kelelawar dengan makanan pokok berupa biji – bijian dan juga serangga.

Kalau hewan jenis ini lebih menyukai berada di tempat – tempat yang jauh dari jangkauan tangan manusia untuk bertahan hidup.

Tempat tinggalnya biasanya yang utama adalah berada di langit gua – gua, dan tidak sedikit juga bangunan – bangunan yang berada di kawasan jawatan benculuk menjadi sarang dari binatang ini.

Fasilitas Di Wisata Jawatan Benculuk

kafetaria, jawatan benculuk
Sumber Gambar : liaaminarty (instagram)

Di kawasan ini, para wisatawan tidak akan kebingungan, untuk urusan fasilitas umum,  karena pihak pengelola wisata jawatan benculuk sudah membangun berbagai fasilitas umum yang sangat memadai.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memudahkan para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini merasa betah dan nyaman.

Fasilitas – fasilitas yang tersedia di objek wisata di antaranya mushola, toilet, lapangan bola, lapangan tenis, lapangan bola voli, tempat latihan karate.

mushola, jawatan benculuk
Sumber Gambar : efriliasalim (instagram)

Di objek wisata Jawatan Benculuk terdapat juga sejumlah minimarket, warung kopi, serta kantin, serta sungai yang bebas di gunakan oleh  para pengunjung , terutama yang mempunyai  hobi memancing.

Objek wisata Jawatan Benculuk ini juga terdapat wi-fi gratis yang bisa diakses oleh semua pengunjung.

Sejarah Wisata Jawatan Benculuk

Objek wisata ini didirikan pada tahun 1951 sampai tahun 1962. Terdapat data arsip Perhutani pemerintah Banyuwangi sebagai buktinya.

Dahulu  tempat wisata ini memiliki luas pada saat itu sekitar 5,2 hektar, namun sampai saat ini luas lahan tersebut tersisa tinggal 3,8 hektar saja.

Objek wisata Jawatan Benculuk, merupakan satu – satunya tempat yang mempunyai sumber tenaga listrik Mandiri.

Dan hal tersebut menjadi keunikan tersendiri bagi Objek wisata Jawatan Benculuk ini. Sumber tenaga listrik tersebut dapat memenuhi kebutuhan energi listrik tempat wisata ini.

Serta tidak menggantungkan pada daerah lain, selain daripada itu objek wisata Jawatan Benculuk juga menyimpan sebuah kereta tua atau yang biasa disebut sepur kluthuk.

Kereta Tua tersebut juga terdapat  teknisi serta terdapat bengkel untuk memperbaiki kereta tua tersebut.

Pada zaman dahulu, kereta tua ini dioperasikan antar Kecamatan yang berada di sekitar Kabupaten Banyuwangi.

Dimulai dari Kalibaru Kenteng purwoharjo, Alas Purwo, Rogojampi serta terakhir Banyuwangi Kota.

Terdapat bekas rel sepur klutuk ini yang masih bisa dijumpai, namun hanya di beberapa Kecamatan saja.

Kebanyakan dari rel tersebut sudah banyak yang hilang dikarenakan tertimbun tanah, ataupun dikarenakan ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.

Tiket Masuk Wisata Jawatan Benculuk

Untuk para pengunjung yang ingin mengunjungi objek wisata Jawatan Benculuk, tidak dipungut biaya masuk, jadi para wisatawan bisa masuk secara bebas dan gratis.

Lokasi Wisata Jawatan Benculuk

Objek wisata tersebut terletak di desa benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.

Para pengunjung yang ingin berkunjung ke objek wisata Jawatan Benculuk, perjalanan dari kota Banyuwangi tidak terlalu jauh, hanya memakan waktu kurang lebih 30 menit.

Dan untuk rute yang di lalui untuk bisa ke objek wisata jawatan benculuk juga tidak sulit karena tempatnya berada tidak jauh dari jalan raya kira-kira sejauh 50 km saja dari jalan raya.

Jika ada waktu luang kalian bisa mengunjungi objek wisata ini untuk mengurangi stres akibat beban pekerjaan serta hiruk pikuk perkotaan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×