BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

10 Wisata Malang Panorama Alam Yang Menarik Untuk Di Kunjungi

Wisata Malang

0 203

Malang merupakan sebuah nama kota yang terletak di Jawa Timur, kota ini adalah kota ke dua terbesar di Jawa Timur setelah Surabayap.

Kota Malang terkenal sebagai kota pendidikan. Selain itu Kota Malang juga populer dengan kota pariwisata alamnya yang indah dan dikelilingi oleh pegunungan.

Hal lain yang populer dari kota ini yaitu merupakan kota seni. Udara yang ada di kota ini sejuk dan teduh. Terdapat banyak tempat Wisata Malang yang sangat cocok di kunjungi saat musim libur telah tiba, mulai dari pantai pasir putih, telaga berair jernih, hamparan kebun teh, hingga perbukitan dan pegunungan yang bisa anda temui di kota ini.

Penasaran dengan Wisata Malang yang memukau ? Mari simak ulasan yang ada di bawah ini.

1. Wisata Malang Pantai Banyu Anjlok

pantaibanyuanjlok wisata malang
sumber gambar : @yoiki_malang (instagram)

Wisata Malang yang satu ini memiliki nama yang hampir sama dengan pantai yang ada di Pacitan dan Gunung Kidul.

Lokasi dari Pantai Banyu Anjlok ini berada di Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kawasan ini terletak di Malang bagian selatan.

Wisata Malang ini menjadi salah satu destinasi yang wajib di kunjungi saat musim libur telah tiba. Pantai Banyu Anjlok merupakan kawasan yang anti mainstream. Karena untuk menuju pantai ini harus melakukan tracking terlebih dahulu.

Pantai Banyu Anjlok merupakan salah satu kawasan yang termasuk dalam serangkaian pantai lenggoksono dan pantai bolu-bolu.

Hal yang menarik dari pantai ini yaitu terdapat air terjun yang cukup unik. Air terjun ini berasal dari sebuah cekungan yang berada diatasnya.

Jika cekungan air di atas surut maka air terjun tidak akan mengalir. Air terjun biasanya aliran airnya jatuh kebawah dan debitnya tertuju pada satu titik.

Sedangkan air terjun yang ada di Pantai Banyu Anjlok ini berbeda dengan air terjun lainnya, karena air alirannya menyebar. Air tersebut mengalir mengikuti lebar batu karang yang cukup besar.

Tempat ini terdapat pula sebuah goa, goa tersebut memiliki akses berupa lubang kecil yang hanya bisa di lalui oleh satu tubuh manusia.

Untuk menuju lubang itu harus menerobos air terjun. Pantai ini sudah menjadi kawasan ekowisata dari kementrian perikanan dan kelautan Republik Indonesia.

Sehingga para wisatawan bisa melakukan mancing ikan di tempat ini. Untuk memasuki pantai ini para wisatawan hanya perlu membayar harga tiket sebesar Rp.10.000. Parkir untuk kendaraan bermotor hanya perlu membayar Rp.5.000, sedangkan untuk kendaraan bermobil membayar biaya parkir sekitar Rp.10.000.

2. Wisata Malang Air Terjun Coban Sewu

cobansewu wisata malang
sumber gambar : @cobansewu (instagram)

Wisata Malang ini terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Lebih terpatnya berada di Desa Tamanayu, Pronojiwo, serta Desa Bendosari, Pujon.

Air terjun ini memiliki panorama yang indah hampir mirip dengan air terjun terindah di dunia yaitu air terjun Niagara yang terletak di Kanada.

Air Terjun Coban Sewu terdapat keindahan tebing tinggi yang membentuk setengah lingkaran dan di aliri oleh beberapa air terjun.

Namun air terjun ini belum dapat peresmian dari pihak pemerintah daerah sehingga fasilitas yang ada belum maksimal. Ketinggian dari air terjun ini mencapai 180 meter.

Jika ingin mencapai lokasi para wisatawan harus berhati-hati karena jalannya cukup berbahaya, para wisatawan harus menuruni beberapa anak tangga yang terbuat dari bambu di tebing curam.

Terdapat terbentang jurang yang menakutkan. Anak tangga memang terlihat landai, namun terdapat sebagian dinding yang terlihat tegak.

Selain itu anak tangga yang di lalui hanya cukup untuk satu orang saja. Setelah sampai di dasar tebing para wisatawan harus menyusuri sungai serta melawan arus sungai.

Sungai itu memiliki debit air yang cukup deras dan berbahaya, meskipun terdapat batuan yang tidak terlalu licin. Sebaiknya bagi para pengunjung untuk lebih berhati-hati.

Pemandangan yang ada di Air Terjun Coban Sewu ini memiliki pemandangan yang begitu menakjubkan. Nama dari Coban Sewu sendiri yang memiliki arti kata Coban berarti sumber air sedangkan Sewu yang memiliki arti seribu.

Nama ini diberikan karena terdapat banyaknya sumber air terjun. Air yang ada disini tampak terlihat jernih begitu cantik.

Untuk memasuki kawasan Wisata Malang ini di kenakan biaya tiket sebesar Rp.10.000 perorang. Sedangkan untuk biaya parkir motor berkisar Rp.2.000 dan biaya parkir mobil sekitar Rp.5.000.

3. Wisata Malang Air Terjun Supit Urang

coban supit urang wisata malang
sumber gambar : @risdekin_900 (instagram)

Wisata Malang yang satu ini terletak di kawasan Taman Hutan Raya R Soeryo, Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Air Terjun Supit Urang merupakan salah satu aur terjun yang sangat populer dan menjadi destinasi wisata yang wajib di Kunjungi saat musim libur.

Air terjun ini sebenarnya sudah lama di ketahui keberadaannya oleh warga sekitar, namun oleh Dinas Perhutani setempat belum di izinkan untuk di buka oleh umum sebab terdapat beberapa alasan seperti belum adanya akses jalan dan belum adanya ijin dari Dinas Pariwisata dan juga Pemerintah. Namun saat ini kawasan air terjun sudah dibuka untuk umum, bisa di kunjungi oleh lara wisatawan.

Air Terjun Supit Urang ini memiliki panorama yang sangat luar biasa dengan guyuran derasnya air yang begitu segar.

Tempat ini memiliki hamparan tebing yang tinggi dan luas membentengi air terjun tersebut. Sekitar lokasi kawasan ini banyak ditumbuhi semak-semak belukar yang hijau terlihat cantik.

Untuk tiket masuk wisata belum adanya biaya retribusi, para wisatawan hanya akan di kenakan biaya parkir sekitar Rp.2000 saja.

4. Wisata Malang Coban Jahe

coban jahe wisata malang
sumber gambar : @asli_wongmalang (instagram)

Wisata Malang Coban Jahe ini terletak di Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung.

Untuk menuju wisata ini hanya memerlukan jarak tempuh sekitar 23 km dari Kota Malang ke arah timur, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit perjalanan.

Lokasi Coban Jahe ini satu arah dengan Gunung Semeru dan Gunung Bromo.

Hal ini menjadikan Coban Jahe menjadi destinasi persinggahan sebelum meneruskan perjalanan menuju ke dua gunung tersebut.

Wisata ini tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Nama dari Coban Jahe miliki arti dari bahasa Jawa “Pejahe” dengan arti meninggal dunia, dan hingga akhirnya kata tersebut lama-lama disingkat sebagai nama jahe oleh penduduk sekitar.

Coban Jahe juga dikenal sebagai nama Air Terjun Begawan. Karena air terjun ini terletak di Desa Begawan. Wisata ini masih terbilang baru sehingga fasilitas yang ada belum seutuhnya memadai, fasilitas yang tersedia hanya ada di area parkir seperti mushola, warung, kamar mandi, dan toilet.

Terdapat fasilitas lainnya seperti permainan flying fox dan peralatan river tubing. Trek yang ada di jalur menuju wisata air terjun berupa jalan setapak yang rusak, becek, dan licin pada musim hujan.

Wisata Coban Jahe ini terdapat bebatuan tebing. Dengan hijaunya pepohonan yang rimbun. Panorama dari Coban Jahe ini sendiri tampak begitu indah dengan udara yang menyejukkan.

Cekungan yang ada di bawah aliran air ini sangat dalam, hal ini membuat pengelola memasang papan larangan untuk para pengunjung supaya tidak mandi di tempat tersebut.

Air yang ada di tempat ini cukup dingin, hal ini di karenakan lokasi Coban Jahe berada di atas ketinggian bukit.

5. Wisata Malang Coban Ciblungan

coban ciblungan wisata malang
sumber gambar : @yoiki_malang (instagram)

Wisata Malang Coban Ciblungan terletak di Desa Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Untuk menuju Air Terjun Coban Ciblungan memiliki akses yang mudah ditempuh.
Wisata ini merupakan salah satu destinasi yang ada di Malang dengan pesona keindahan yang memukau menjadi pilihan bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Coban Ciblungan memiliki pesona keindahan dengan kombinasi yang sangat eksotis. Wisata ini memang belum banyak di kenal banyak orang.

Namun lama-lama karena keunikan dan keindahan air terjun ini menjadikan wisata ini semakin populer di kalangan masyarakat.

Aliran air yang ada di Coban Ciblungan ini tidak hanya satu, alirannya mengalir sangat deras dari sungai yang berada di atas tebing.

Kondisi dari wisata ini masih alami dan belum begitu banyak perubahan, dengan udara yang sangat sejuk menjadi kenyamanan tersendiri bagi para wisatan. Terdapat pula aliran air yang berada dibawah tanah.

Karena tempat ini belum banyak di kenal oleh masyarakat, fasilitas yang ada belum memadai. Fasilitas yang tersedia seperti Toilet, Gazebo, Warung.

Parkiran hanya terdapat di pemukiman warga. Untuk memasuki wisata ini para pengunjung hanya membayar biaya tiket sebesar Rp.3.000.

Sedangkan untuk biaya parkir hanya di kenakan sebesar Rp.5.000. Cukup murah bukan dengan biaya tersebut? Dengan tarif tersebut anda bisa menikmati banyak keindahan dan berfoto untuk di jadikan kenangan.

6. Wisata Malang Air Terjun Sumber Pitu

air terjun sumber pitu wisata malang
sumber gambar : @irvan_herz (instagram)

Wisata Malang Air Terjun Sumber Pitu ini terletak di bagian Barat kota Malang, lebih tepatnya berada di Desa Pujon Kulon.

Sesuai namanya “Pitu” yang berarti berjumlah tujuh, maksud dari nama tersebut karena wisata ini memang terdapat 7 titik air terjun dalam satu tebing.

Wisata air terjun Sumber Pitu ini memiliki debit air yang cukup deras dengan di ikuti hijaunya pemandangan yang akan menghilangkan rasa lelah dan beban masalah yang ada.

Nama dari Air Terjun Sumber Pitu ini di kenal juga sebagai nama Grojokan Pitu. Air terjun ini merupakan air terjun terbesar dan paling menakjubkan berada di Jawa Timur.

Untuk menuju wisata ini para pengunjung harus melintasi hutan dengan jalur yang sangat licin dan cukup menantang. Sepanjang perjalanan anda akan menemukan Air Terjun Tunggal.

Di tempat ini anda bisa Fberistirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan menuju Air Terjun Sumber Pitu.

Setelah tiba pada tujuan anda akan merasakan nikmatnya berenang di tempat ini. Selain itu anda bisa melakukan foto karena terdapat banyak spot foto yang ada disekitar tempat ini.

7. Wisata Malang Goa Lo Bangi

goa lo bangi wisata malang
sumber gambar : @chibirentalmotor (instagram)

Wisata Malang Goa Lo Bangi terletak di Dusun Ngliyep, Kedungsalam, Donomulyo, Malang. Lokasi goa ini tak jauh dari lokasi pantai Ngliyep yang cukup populer di kalangan wisatawan.

Goa Lo Bangi merupakan gabungan nama kedua goa yang jaraknya tidak berjauhan. Goa Lo terdapat di ladang desa warga, Sedangkan Goa Bangi terletak di ladang warga yang bernama Pak Bangi.

Karena goa tersebut terletak di ladang Pak Bangi, hingga akhirnya nama tersebut menjadi sehingga kedua goa tersebut di beri nama Goa Lo Bangi.

Goa Lo Bangi terdapat lekukan yang sangat indah, lekukan ini di hasilkan dari lembah karst. Kedua goa ini saling terhubung.

Untuk memasuki goa ini para wisatawan dapat menuruni dinding tanah dengan kedalaman sekitar 3 meter.

Setelah itu menyusuri lorong horizontal aliran yang terdapat di sungai bawah tanah sepanjang 10 km. Goa Lo Bangi ini terdiri dari omamen stalakmit, gourdam, reruntuhan bebatuan, dan kolom yang terbentuk secara alami.

Terdapat lorong saat memasuki goa dengan atap yang pendek, sempit dan juga terdapat aliran sungai. Fasilitas yang ada di wisata ini seperti penyewaan alat saat menyusuri goa seperti senter, helm, tali, tabung oksigen, alat climbing, dan alat keamanan lainnya.

Bagi anda para wisatawan yang tidak membawa alat” tersebut tidak perlu khawatir. Karena di tempat ini sudah tersedia lengkap penyewaan alat.

Fasilitas lainnya pun sudah memadai seperti fasilitas umum yaitu area parkir, toilet, warung makan, tempat untuk beristirahat.

Bagi para wisatawan sebaiknya tidak mengunjungi wisata ini saat musim hujan karena mengingat lokasi goa ini yang berada di bawah tanah.

8. Wisata Malang Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari

Wisata Malang kedua wisata ini terdapat di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur. Untuk menuju lokasi tujuan belum mempunyai akses jalan yang baik untuk kendaraan bermotor.

Untuk menuju lokasi tersebut para wisatawan harus berjalan dari Pantai Sagu. Untuk memasuki kedua wisata ini para wisatawan dapat membayar biaya tiket sebesar Rp.10.000.

Teluk Bidadari

telukbidadari wisata malang
sumber gambar : @_ahmdftn (instagram)

Teluk Bidadari terdapat dua cekungan besar dengan karang-karang yang eksotis. Teluk Bidadari memiliki air yang jernih, bisa untuk di gunakan berenang.

Cekungan yang ada disini cukup dalam cocok untuk para wisatawan yang ingin belajar snorkeling bisa juga untuk diving.

Wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghilangkan rasa penat, dan sangat rekomendasi untuk menghabiskan musim libur.

Tidak hanya itu para wisatawan juga dapat melihat semburan air dari balik ppbadan karang. Semburan tersebut berasal dari ombak-ombak yang ada di pantai Mbehi yang begitu deras.

Di tempat ini terdapat banyak spot foto yang begitu indah. Dengan keindahan panorama ini membuat hati terasa nyaman dan ingin berlama-lama di tempat ini.

Pantai Mbehi

pantai mbehi wisata malang
sumber gambar : @malang_mbois (instagram)

Jika anda sudah berkunjung ke Teluk Bidadari kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Pantai Mbehi. Lokasi kedua wisata ini berdekatan.

Pasir yang ada di pantai ini bewarna kuning kecoklatan air nya pun juga cukup jernih. Tempat ini juga terkenal dengan nama Rante Wulung.

Lokasinya berada di balik hutan lindung membuat kawasan ini nampak seperti berada di padang gurun. Wisata ini terdapat pula fenomena alam yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya, terdapat sebuah lubang besar. Saat di terjang ombak, lubang tersebut akan menyemburkan air dan terdengar bunyi seperti seekor naga.

9. Wisata Malang Pantai Bajul Mati

pantai bajul mati wisata malang
sumber gambar : @yoiki_malang (instagram)

Wisata Malang Pantai Bajul Mati terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang Selatan Jawa Timur.

Bajul Mati memiliki buaya mati. Hal ini dipercaya oleh warga sekitar bahwa terdapat seekor buaya mati di sekitar pantai.

Selain itu warga juga memperkirakan penamaan itu berasal dari adanya batu karang panjang yang berbentuk menyerupai seekor buaya.

Pada saat malam hari batu karang tersebut tampak terlihat seperti seekor buaya hidup. Wisata ini terdapat pula jembatan yang bernama sama dengan pantainya yaitu jembatan Bajul Mati, panjang dari jembatan ini sekitar 90 meter. Jembatan ini melintasi sungai yang lebar.

Pantai Bajul Mati ini menjadi destinasi favorit di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Terdapat banyak spot foto yang memukau di sekitar pantai ini.

Anda bisa mengabadikan momen indah di tempat ini bersama keluarga maupun pasangan. Pantai ini memiliki pasir yang bewarna putih dan bersih.

Pantai Bajul Mati ini terdapat wisata lain yang juga tidak kalah menarik, wisata tersebut bernama Goa Wil. Goa Wil berada pada satu komplek dengan pantai ini, lebih tepatnya berada di sebelah timur.

Goa Wil terkenal cukup angker oleh masyarakat sekitar. Goa ini berada tepat di bawah bukit karang yang di kelilingi oleh banyaknya pohon kelapa dan ketela pohon.

10. Wisata Malang Pantai Tiga Warna

pantai tiga warna wisata malang
sumber gambar : @pantaitigawarna (instagram)

Wisata Malang ini terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan. Pantai ini berjarak sekitar 150  km dari pusat kota Malang.

Sesuai dengan namanya Tiga Warna. Pantai ini memiliki warna air berbeda-beda, warna tersebut yaitu biru, hijau dan putih.

Hal ini disebabkan oleh kedalaman air laut. Pantai ini aman dan nyaman untuk melakukan aktivitas seperti berenang, ataupun mengeksplore wisata bawah laut dengan snorkel.

Selain itu Pantai Tiga Warna terletak bersebalahan dengan pantai Sendang Biru yang dikelola oleh Clungup Mangrove Consevation (CMC).

Hal ini menyebabkan Pantai Tiga Warna tetap alami dan terjaga kebersihannya. Pantai ini berbeda dari pantai lainnya karena pantai ini mengutamakan kebersihan lingkungan dan tidak akan ditemui sampah.

Saat memasuki kawasan pantai para pengunjung akan di periksa terlebih dahulu. Begitupula saat pulang akan di periksa juga.
Pemeriksaan ini berupa mendaftarkan barang bawaan, barang tersebut akan di periksa mulai dari makanan, minuman, perlengkapan mandi rokok dan lain sebagainya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×