BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Gua Jatijajar, Pesona Alam Perut Bumi Kebumen

Gua Jatijajar, Pesona Alam Perut Bumi Kebumen Yang Sangat Indah

0 185

 

panorama dalam goa, goa jatijajar
Sumber Gambar : alextony03 (instagram)

Goa Jatijajar, Pesona Alam Yang  Berada Di Perut Bumi

Kota Kebumen, selain mempunyai pesona wisata pantai yang sudah tidak asing lagi, di kota ini juga terdapat objek wisata Gua yang cukup terkenal.

stalagtit, goa jatijajar
Sumber Gambar : lampah2 (instagram)

Gua ini tercipta dari proses alamiah, mempunyai panjang keseluruhan sekitar 250 meter dari pintu masuk sampai keluar, dengan lebar 15 meter dan tinggi 12 meter gua ini terbentuk  dari batuan  kapur. Gua ini bernama Gua Jatijajar.

Para pengunjung yang ingin ke objek wisata alam ini lebih asyik apabila bersama keluarga, karena bisa menikmati keindahan alam yang masih asri.

Para pengunjung juga bisa berkunjung ke objek wisata Gua Jatijajar hari ini karena memiliki keindahan wisata alam yang masih alami sehingga Anda akan terpesona.

Para pengunjung yang berkunjung ke obyek wisata Goa Jatijajar, tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bisa Menikmati keindahan gua ini.

Objek wisata ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk bisa melepas kepenatan setelah seharian melakukan aktivitas.

Meski Gua ini di temukan sekitar tahun 1802 namun, pembangunan gua sebagai tempat wisata baru di cetuskan pada tahun 1975 di bawah kepemimpinan Gubernur Suparjo Rustam yang memimpin Jawa Tengah saat itu.

Dikarenakan melihat potensi keindahan alamnya yang memukau sehingga gubernur mulai menginsturksikan untuk membangun kawasan ini sebagai objek wisata.

Daya Tarik Gua Jatijajar

Gua Jatijajar menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah serta suasana yang sejuk, para pengunjung bisa melihat keindahan gua Jatijajar.

Namun para pengunjung, perlu berjalan kaki menyusuri tangga di dalam gua, pengunjung tidak akan merasa lelah dikarenakan pemandangan yang disuguhkan.

Keindahan gua sangat mempesona sehingga para pengunjung akan melupakan Kelelahan yang ia rasakan.

Goa jatijajar mempunyai daya tarik yang sangat memukau para pengunjung diantaranya :

Para pengunjung yang mengunjungi objek wisata ini bisa menikmati beberapa daya tarik yang disuguhkan oleh Goa Jatijajar.

Gua Terbentuk Secara Alami

batu gua, gua batujajar
Sumber Gambar : m.chrestella (instagram)

Objek wisata ini merupakan situs geologi yang terbentuk dari proses alami, menurut sejarah pertama kali gua ditemukan oleh seorang petani.

petani tersebut yang bernama Jayamenawi dan ditemukan pada tahun 1802, yang berada 21 km arah barat daya kota Gombong.

Jayamenawi merupakan pemilik tanah yang berada di atas Gua jatijajar, pada suatu hari petani ini sedang melakukan kegiatan berladang yaitu mencabuti rumput yang berada di ladangnya.

Kemudian dengan tidak sengaja kakinya terperosok kedalam lubang, dan ternyata lubang tersebut merupakan sebuah ventilasi langit-langit atas gua.

Lebar lubang gua tersebut kira-kira 4meter dan tingginya sekitar 21 meter dari permukaan tanah.

Terdapat beberapa versi yang menceritakan asal – usul jatijajar, versi pertama pada waktu terdapat kunjungan dari pemerintah setempat, kepala daerah melihat banyak pohon jati yang tumbuh berjajar di sisi kanan dan kiri jalan.

Sehingga gua tersebut di namakan gua jatijajar yang merujuk dari banyaknya pohon jati yang tumbuh sejajar dengan mulut gua.

Versi yang lain menceritakan bahwa pada jaman dahulu Raden Kamandaka di kejar-kejar oleh para prajurit Kadipaten Pasir Luhur, sehingga masuk kedalam sebuah gua.

Di dalam gua tersebut Raden Kamandaka menyebut Jati dirinya sebagai  putra raja Pajajaran, sehingga memnuculkan sebuah nama Sejatine dan Pajajaran sehingga disebut sebagai jati jajar.

Patung Dinosaurus

patung dino, gua jatijajar
Sumber Gambar : ar8go (instagram)

Para pengunjung yang mengunjungi objek wisata Gua jatijajar ini akan melihat sebuah patung dinosaurus, dari mulut patung dinosaurus tersebut terbuka dan mengeluarkan air.

Adanya patung dinosaurus tersebut untuk menunjukkan bahwa, gua ini sudah berada sejak zaman dahulu, meski bentuk patung mini dinosaurus akan tetapi jika para pengunjung membawa anak tidak perlu khawatir jika si kecil merasa takut.

Patung ini menjadi sebuah ikon apa & menjadi Spot foto yang bagus untuk diabadikan.

Mulut patung dinosaurus yang mengeluarkan air, berfungsi sebagai tempat bermain, serta untuk mengairi sawah yang dimiliki oleh penduduk yang terdapat di sekitar gua.

Stalaktit Dan Stalakmit

lubang dalam gua, gua jatijajar
Sumber Gambar : ganny_ashlih (instagram)

Objek wisata Gua pasti terdapat stalaktit dan stalakmit dan itu menjadi salah satu daya tarik tersendiri, di objek wisata gua Jatijajar, juga terdapat stalaktit dan stalgmit disepanjang gua yang menghiasi dengan indah.

Stalaktit dan stalakmit terbentuk dari air yang menetes di dalam gua, dan mengendap serta bereaksi dengan batu kapur.

Terdapat perbedaan di antara stalaktit dan stalakmit, stalagtit adalah batuan yang menggantung di atas langit-langit gua,  sementara stalagmit adalah batuan yang terbentuk dari bawah gua.

Diorama Di Dalam Goa

diorama dalam goa, gua jatijajar
Sumber Gambar : amalia.novi (instagram)

Konon menurut cerita yang diturunkan secara turun temurun, gua ini merupakan tempat semedi Raden Kamandaka.

Yang kemudian kisah Raden Kamandaka lebih dikenal oleh masyarakat sebagai kisah Lutung Kasarung, dari kisah inilah di dalam gua diciptakan diorama yang mengisahkan mengenai lebih indah dari Lutung Kasarung.

Patung yang terdapat di dalam gua tersebar dari pintu masuk hingga pintu keluar, dengan jumlah 8 diorama yang mewujudkan oleh 32 patung.

Para pengunjung tidak perlu merasa khawatir takut gelap di dalam gua, karena di dalam gua sudah terdapat jalan yang sudah dipasang, lampu yang digunakan untuk kebutuhan penerangan.

Serta tangga, walaupun telah terdapat jalan yang di beton maupun lampu, tetap saja gua ini tidak kehilangan nuansa alami.

Terdapat beberapa ornamen yang telah ditata dengan rapi, yang berada di dalam gua sehingga terlihat sangat menarik untuk dilihat oleh para pengunjung.

Sungai Bawah Tanah

sendang mawar, gua jatijajar
Sumber Gambar : sumedirs (instagram)

Para pengunjung selain bisa melihat stalaktit dan stalakmit ke dalam Goa, goa Jatijajar juga terdapat hal yang menarik untuk bisa di lihat para pengunjung.

Hal tersebut ialah terdapat 4 sungai bawah tanah, yang airnya mengalir, selain sungai juga terdapat Sendang sendang atau danau yang berukuran kecil yang terdapat di dalam gua jatijajar.

sendang kantil, gua jatijajar
Sumber Gambar : mmaruto (instagram)

Sendang  yang paling terkenal di Gua Jatijajar ini  adalah Sendang Kantil serta Sendang mawar. Dari air ini kemudian keluar melalui mulut patung dinosaurus yang terdapat di depan mulut gua.

Fasilitas Goa Jatijajar

Pengelola objek wisata Goa Jatijajar sudah membangun beberapa Fasilitas yang dapat digunakan oleh para pengunjung fasilitas-fasilitas tersebut ialah :

Taman

Di objek wisata Goa Jatijajar juga dibangun Sebuah taman untuk menambah daya tarik wisatawan, yang berkunjung ke obyek wisata ini, disini terdapat taman yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat sambil Menikmati keindahan alam Kebumen.

Fasilitas Umum

pengelola objek wisata Gua Jatijajar membangun  fasilitas umum yang bisa dipakai oleh para pengunjung, diantaranya memiliki toilet yang bersih serta masjid untuk keperluan ibadah.

Serta memiliki lahan parkir yang cukup luas untuk bisa menampung kendaraan dari para pengunjung yang datang mengunjungi tempat wisata ini.

Jam Buka Dan Harga Tiket Goa Jatijajar

Para pengunjung yang ingin mengunjungi objek wisata Goa Jatijajar dapat mengunjungi objek wisata ini setiap hari dimulai dari pukul 05.00 pagi hingga pukul 22.00 malam.

Untuk biaya masuk juga terbilang sangat murah, untuk orang dewasa dikenakan biaya sekitar Rp 13.500 dan untuk anak-anak dibebankan biaya sebesar Rp 6.500.

Lokasi Dan Rute Gua Jatijajar

Objek wisata Goa Jatijajar berada di Jalan Jatijajar, Palamarta, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Para pengunjung yang ingin mengunjungi lokasi tersebut tidak perlu bingung, objek wisata ini bisa di tempuh dengan kendaraan pribadi menuju Kecamatan Ayah.

Para pengunjung bisa mengikuti jalur dari Kecamatan menuju ke Pantai Ayah setelah itu pengunjung akan melihat rambu muntuk menuju ke Goa Jatijajar.

Apabila masih bingung para wisatawan bisa menggunakan aplikasi Google Map untuk bisa mengunjungi Gua Jatijajar ini.

Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat indah, dan terletak di Provinsi Jawa Tengah, memiliki berbagai macam daya tarik yang berada di sana. Dengan harapan dapat membuat para pengunjung yang datang merasa betah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×