BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Pantai Wohkudu, Panorama Alam Yang Tersembunyi

Pantai wohkudu, Panorama Alam Yang Tersembunyi Di Himpit Tebing Karang

0 305
pemandangan langit, pantai wohkudu
Sumber Gambar : jiwapelaut08 (instagram)

Pantai Wohkudu, Pesona Alam Yang Tersembunyi

Kabupaten Gunungkidul mempunyai banyak pesona wisata alam yang sangat mengagumkan, bukan hanya Parangtritis saja yang mempunyai alam yang indah.

Objek wisata yang terletak di Gunungkidul ini mempunyai panorama yang tidak kalah dengan pantai-pantai lain yang masih berada dalam saku wilayah.

tebing, pantai wohkudu
Sumber Gambar : vidorenaldo (instagram)

Mempunyai letak yang tersembunyi, memberi kesan tersendiri dengan suasana hening serta damai, merupakan kata yang pertama kali akan terbesit di pikiran kita, pantai ini berada diantara dua tebing yang kokoh, pantai ini bernama pantai wohkudu.

Pantai ini tidak memiliki hamparan pasir pantai yang luas seperti pantai-pantai lain pada umumnya, di pantai ini hanya memiliki luas pantai sekitar 20 sampai 25 meter saja.

Di pantai ini terletak di antara dua bukit karang yang menghimpit. Meskipun tidak memiliki hamparan pantai pasir yang luas, akan tetapi hal tersebut bukanlah menjadikan kendala bagi keindahan pantai ini.

Bahkan pantai ini memberikan kesan eksklusif dengan lokasinya yang tersembunyi, serta mempunyai suasana yang hening.

Menjadikan destinasi yang cocok untuk sekedar melarikan diri, untuk mencari ketenangan dari kepenatan serta ingar-bingar riuhnya kota.

Pantai ini mempunyai panorama yang masih sangat alami, belum banyak tersentuh oleh tangan-tangan manusia yang memang jarang menuju ke kawasan ini.

Bukan karena letaknya yang berada wilayah Gunung Kidul sisi bagian  barat, atau wilayah yang tidak terlalu populer untuk dijadikan destinasi wisata utama, sehingga keberadaan pantai ini jarang tersorot oleh masyarakat luas.

air pantai, pantai wohkudu
Sumber Gambar : garziaandi (instagram)

Untuk bisa mencapai lokasi Pantai wohkudu rute yang terdekat dari pantai ini ialah jalur Imogiri panggang.

Dari pusat Kota Jogja rute ini merupakan rute yang sepi, dikarenakan bukan merupakan jalur utama untuk mencapai kabupaten Gunungkidul.

Namun apabila para pengunjung melewati jalur ini, akan menjadi salah satu hal yang baru, dikarenakan jalur ini berupa tanjakan dan kelokan yang sangat memanjakan mata.

Bagi siapapun yang melewatinya, dikarenakan kamu akan melihat perbukitan dengan pepohonan yang hijau yang berada di sisi kanan maupun kirinya.

Pantai Wohkudu meskipun mempunyai panorama yang indah, namun masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan.

Dikarenakan bukan hanya karena berada di wilayah yang kurang populer sebagai destinasi wisata, karena juga letak dari pantai ini yang tersembunyi.

Para pengunjung yang ingin berwisata di pantai ini harus melakukan perjalanan dengan cara tracking menuruni sebuah bukit.

Tetapi hal tersebut bukan suatu alasan untuk tidak mengunjungi tempat ini, dikarenakan tempat ini mempunyai pemandangan yang indah di sepanjang rute yang dilalui oleh para wisatawan.

Sebelum sampai ke tujuan, para pengunjung akan disambut oleh sekelompok kera liar yang memperlihatkan aksi lucunya.

Selain itu para pengunjung juga bisa melihat burung warna-warni yang kadang menampakan diri di hadapan para pengunjung, atau sekedar hinggap di atas pohon sehingga menambah keindahan wilayah ini.

Terdapat pula beberapa anjing yang berlalu-lalang yang berada di rute menuju pantai, selain binatang liar para pengunjung juga akan menemui beberapa hewan ternak yang dipunyai oleh masyarakat sekitar.

Setelah mendengar deburan ombak, penampakan tebing yang mengapit pantai, maka itu sebuah tanda bahwa para pengunjung sudah sampai di lokasi objek wisata pantai wohkudu.

Sehingga tidak beberapa lama para pengunjung bisa menyaksikan birunya Laut Selatan, dan sebidang tanah yang seolah menjadi halaman dari pantai wohkudu.

lautan biru, pantai wohkudu
Sumber Gambar : very200295 (instagram)

Para pengunjung setelah melewati hamparan tanah yang lapang, sampailah para pengunjung di hamparan pasir putih yang berhiaskan batu karang, serta rumput liar yang menyambut kedatangan para pengunjung.

Butuh kesabaran untuk menemukan dan sampai ke objek wisata pantai ini, karena memang tidak terlalu mudah untuk mencapainya.

Tetapi hal tersebut bukanlah menjadi satu hambatan untuk mendapatkan sesuatu yang berkesan, seperti halnya yang para pengunjung rasakan disaat sampai di Pantai wohkudu.

Mengingat perjalanan yang tidak mudah, sehingga terasa tidak akan sia-sia serta terbayar lunas oleh pesona pantai wohkudu.

Para pengunjung akan menemukan suasana yang rileks, semilir angin yang berhembus mulai menerpa, diiringi dengan deburan ombak yang membentur karang-karang yang berdiri kokoh.

ombak datang, pantai wohkudu
Sumber Gambar : aleithisnayny (instagram)

Rebahkan dirimu hamparan pasir dan tenangkan pikiran, biarkan dia beristirahat sejenak dari hiruk pikuknya kegiatan yang menguras energy.

Kamu juga bisa melihat sekelompok kupu-kupu yang terbang serta hinggap di sekitar tebing yang berada di sisi pantai.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Wohkudu

Objek wisata pantai wohkudu memang memiliki garis pantai yang tidak luas, akan tetapi bukan suatu hambatan untuk bisa beraktivitas, layaknya di pantai-pantai pada umumnya.

Di sini para pengunjung bisa melakukan aktivitas seperti :

Camping

Objek wisata ini merupakan tempat yang tenang jauh dari keramaian, mempunyai tempat yang nyaman, serta lokasinya yang sepi, memiliki hamparan tanah yang lapang, membuat tempat ini menjadi salah satu alternatif untuk camping di waktu akhir pekan.

camping, pantai wohkudu
Sumber Gambar : ikhsan_18 (instagram)

Dikarenakan tempatnya yang belum terekspos, maka belum banyak pengunjung yang datang melakukan aktivitas di pantai ini.

Sehingga di saat melakukan kegiatan tersebut di sini, akan membuat pengunjung merasa bebas, selain bebas dari gangguan wisatawan lain yang hanya sibuk foto selfie, juga bebas mengekpresikan semua hal yang kamu inginkan.

Memiliki suasana yang tenang, berpadu dengan tempatnya yang tersembunyi, sehingga membuat aktivitas pengunjungakan semakin seru, sehingga  membuat pantai ini seperti milik sendiri.

Pengunjung bisa melepas penat dengan caranya sendiri di tempat ini. Untuk bisa menambah suasana seru di tempat ini bisa menyalakan api unggun, juga bisa melakukan aktivitas membakar ikan hasil dari pancingan sebelumnya.

Di pantai ini sudah menyediakan segalanya tergantung bagaimana cara kita menikmati dengan bijak, akan tetapi yang perlu diperhatikan ialah, apabila sesudah melakukan camping di area wisata ini, pastikan tidak ada sampah yang tertinggal.

Memancing

Sudah bukan rahasia umum lagi apabila pantai banyak yang dijadikan sebagai tempat untuk menyalurkan hobi dari beberapa pengunjung yang datang.

Begitu juga di pantai wohkudu ini, banyak warga setempat yang biasa menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk memancing.

Maka tak mengherankan apabila di pantai ini terdapat bangunan kecil yang dibangun untuk dijadikan tempat memancing oleh warga sekitar.

Di bangunan ini biasanya tertinggal peralatan memancing yang mereka gunakan untuk aktivitas ini, bagi para pengunjung yang hobi memancing tidak ada salahnya apabila sebelum berkunjung ke pantai ini sudah menyiapkan peralatan pancing nya terlebih dahulu.

Apabila berhasil mendapatkan ikan dari hasil memancin, maka bisa dijadikan lauk saat makan malam di tempat ini.

Aktivitas memancing yang hasilnya dibakar diatas api unggun yang berada di tepi pantai, akan menjadi pengalaman yang sangat mengasyikkan.

Lokasi Dan Akses Menuju Pantai Wohkudu

objek wisata wohkudu ini di Wiloso, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul.

Para pengunjung bisa menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Jogja, dengan melalui rute Jogja― Imogiri ―Panggang. Bisa ditempuh dengan menggunakan mobil pribadi ataupun motor.

Apabila para pengunjung menggunakan transportasi umum, seperti bus dari terminal Giwangan, jalan terus menuju arah selatan menyusuri Jalan Imogiri Timur, Imogiri, Selopamioro, Panggang.

Dari Jalan Selopamioro sampai Panggang, merupakan tanjakan dengan pemandangan indah yang berada di sisi kanan maupun kiri.

Sehingga sebelum berangkat, para pengunjung wajib mengecek kendaraannya serta pastikan dalam kondisi Prima untuk melewati rute ini.

Sampai di Panggang, para pengunjung tinggal mengikuti jalan hingga menjumpai sebuah pertigaan, yang mempunyai cirri-ciri terdapat sebuah pohon beringin besar.

Para pengunjung hanya tinggal memperhatikan pohon tersebut, dikarenakan terdapat rambu petunjuk arah yang menunjukkan arah Pantai Gesing.

Para pengunjung hanya mengikuti petunjuk arah tersebut, hingga bertemu sebuah perempatan dengan pohon yang berada di tengah-tengah.

Setelah itu, belok kan kendaraan ke arah kanan dan ikuti jalan hingga menemukan sebuah gang dengan papan petunjuk yang mengarah ke pantai kesirat.

Para pengunjung tinggal mengikuti jalan tersebut sampai menemukan petunjuk yang menandakan lokasi pantai wohkudu.

Di sini terdapat tempat parkir serta warung sederhana yang berada tepat di sebelahnya.Tempat ini merupakan batas akhir dari perjalanan para pengunjung.

Dikarenakan selanjutnya untuk bisa sampai ke objek wisata pantai wohkudu, para pengunjung harus menempuhnya dengan berjalan kaki menuruni bukit.

Tiket Pantai Wohkudu

Para pengunjung yang berkunjung ke pantai wohkudu belum dikenai biaya retribusi masuk pantai, dikarenakan belum adanya pengelola untuk mengelola  pantai wohkudu untuk tujuan wisata,.

Sehingga objek wisata ini masih menggratiskan biaya masuk ke tempat ini. Hanya saja para pengunjung perlu membayar portal yang berada di desa terakhir sebelum pengunjung masuk ke wilayah pantai kesirat dan pantai wohkudu.

Para pengunjung harus membayar Rp 3.000 untuk sepeda motor, serta Rp 5.000 untuk mobil, dan biaya tersebut masih di luar dari biaya parkir.

Tempat Wisata Lain Yang Berada Di Sekitar Pantai Wohkudu

Di kawasan ini selain pantai Wohkudu juga terdapat tempat lainnya yang tak kalah indahnya dan para pengunjung bisa menikmati panorama indahnya, tempat-tempat tersebut antara lain :

Pantai Kesirat

Objek wisata ini merupakan tempat yang paling dekat dengan pantai wohkudu, dikarenakan masih berada dalam satu area.

pantai kesirat, pantai wohkudu
Sumber Gambar : roh_kyt (instagram)

Dari tempat parkir yang berada di pantai wohkudu pengunjung harus berjalan hingga menemukan tanda pantai kesirat yang mempunyai tempat parkir yang lebih luas.

objek wisata ini mempunyai type tebing karang, sehingga pengunjung yang mengunjungi tempat ini tidak akan menemui pantai pada umumnya yang landai dan berpasir.

para pengunjung tidak akan melihat ombak yang menepi, akan tetapi terdapat pesona lain yaitu deburan ombaknya yang menghantam tebing karang yang kokoh, menjadikan pemandangan lain yang bisa di lihat di kawasan ini.

Di pantai kesirat terdapat 1 pohon yang tumbuh dan menjadi ikon dari pantai kesirat. Di pantai ini cocok digunakan untuk camping atau melihat panorama matahari terbenam, objek  wisata ini juga sangat cocok bagi pengunjung yang hobi rockfishing.

Pantai Celeng Tibo

Tempat ini berada di sebelah barat dari pantai kesirat, para pengunjung yang ingin mengunjungi tempat ini harus berjalan kaki menyusuri Jalan Setapak sekitar 10 sampai 15 menit.

Pantai ini mempunyai cirri-ciri adanya celah di antara dua pertemuan tebing. Terdapat bangunan bambu yang dibangun oleh nelayan setempat yang menjadi patokan lokasi ini.

Tempat tersebut dijadikan untuk para nelayan memancing. Pantai Celeng Tibo biasanya dijadikan tempat para pemancing untuk melakukan aksinya, selain pemancingan di pantai kesirat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×