BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

10 Informasi Sekitar Wisata Alam Solo Yang Super Memikat Hati

Wisata alam Solo

0 167
wisata alam solo yang memikat hati
sumber gambar : @wonderfulsoloraya (instagram)

Kota Surakarta atau biasa disebut dengan Solo merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah.

Kota Solo sangat populer dengan kebudayaan dan juga kulinernya. Kota Solo dinobatkan sebagai Kota Batik. Kota Solo ternyata banyak menyimpan keindahan alam yang belum banyak orang ketahui. Keindahan alam tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kota Solo.

Wisata alam Solo tidak kalah menarik dengan kota-kota lain yang ada di Indonesia. Wisata alam Solo ini cocok untuk anda yang ingin menghabiskan libur panjang bersama keluarga ataupun pasangan.

Apa saja wisata alam Solo ? Jika anda penasaran mari simak ulasan di bawah ini.

1. Wisata Alam Solo Bukit Sekipan

bukit sekipan wisata alam solo
sumber gambar : @murtiyah25 (instagram)

Bukit Sekipan menjadi rekomendasi untuk anda menghilangkan rasa penat dan jenuh akan aktifitas sehari-hari.

Bukit Sekipan adalah salah satu destinasi wisata alam Solo yang sangat memukau. Bukit ini terletak di Jalan Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Bukit Sekipan terdapat banyak wahana yang bisa anda gunakan. Bukit Sekipan. Bukit Sekipan sangat populer dengan keindahan alam yang masih begitu asri. Pesona pemandangan alam yang membuat anda merasa tenang berada di tempat wisata tersebut.

Wisata alam Solo Bukit Sekipan terletak tepat di kaki Gunung Lawu. Para wisatawan bisa menikmati keindahan bukit sekaligus melihat panorama pemandangan pegunungan.

Karena letaknya yang berada di kaki gunung, membuat wisata ini memiliki udara yang sangat sejuk dan teduh. Suasana itu membuat para pengunjung ingin berlama-lama berada di Bukit Sekipan.

Bukit Sekipan ternyata pada zaman penjajah Belanda, tempat ini di jadikan sebagai tempat latihan militer para tentara Belanda untuk melawan pejuang Indonesia.

Bukit Sekipan terdapat beberapa wahana yang cukup menarik. Wahana tersebut seperti outbond dan juga permainan air di mini waterboom, serta taman mini, jembatan goyang, fly fox, polo air, gua hantu.

Selain itu terdapat pula rumah hallowen dan juga area play ground yang cocok untuk anak-anak menghabiskan waktu libur panjang.

Bukit Sekipan ada juga berbagai spot foto yang cukup menarik untuk di jadikan sebagai latar belakang foto kenangan.

Bukit Sekipan menyediakan spot foto cantik, terdapat miniatur landmark dunia seperti menara pisa, menara eiffel, hingga ka’bah.

Spot cantik lainnya yaitu di kawasan transportasi kuno yang dapat anda gunakan untuk berfoto sebagai kenangan yang tidak akan terlupakan.

Jika anda berada di kawasan wisata Bukit Sekipan ada beberapa aktifitas yang bisa anda lakukan. Aktifitas seperti paintball, bermain tembak-tembakan, trekking yang akan memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung.

Selain itu terdapat aktifitas terfavorit bagi para wisatawan yang suka bermain kuda. Kuda ini akan membawa para wisatawan berkeliling sekitar kawasan wisata Bukit Sekipan.

Jika anda ingin bermalam di kawasan ini, wisata Bukit Sekipan sudah menyediakan area untuk anda melakukan aktifitas camping.

Para wisatawan bisa melakukan night camp di kawasan Welit Super Camp. Area camping yang didirikan tenda memiliki bentuk seperti rumah suku ala Indian. Rumah Indian memiliki bentuk kerucut dengan ketinggian 120 cm.

Atap rumah Indian terbuat dari bahan rumbia. Namun sayangnya rumah ini hanya bisa di masuki oleh 3 orang saja.

Jika anda berada di Kota Solo wajib mampir ke wisata Bukit Sekipan, wisata tersebut memberikan banyak fasilitas yang membuat anda merasa nyaman berada di tempat itu.

2. Wisata Alam Solo Air Terjun Parang Ijo

air terjun parang ijo wisata alam solo
sumber gambar : @_agussukarno (instagram)

Air Terjun Parang Ijo merupakan salah satu wisata alam Solo yang cukup digemari oleh para wisatawan. Air Terjun Parang Ijo terletak di Dusun Munggur, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

Air terjun ini letaknya tepat di bawah kaki Gunung Lawu. Untuk menuju wisata air terjun ini memiliki medan yang tidak mudah di tempuh.

Namun Air terjun memiliki keindahan alam yang begitu eksotis dan memukau menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Asal Usul dari Air Terjun Parang Ijo memiliki cerita mengenai kisah Baru Klining.

Baru Klining merupakan banjir bandang yang terjadi pada tahun 1942 di desa Girimulyo. Pada saat itu terdapat pohon tua besar yang di keramatkan oleh warga karena pohon itu tidak bisa di tebang dengan menggunakan alat apapun.

Banjir Baru Klining tersebut akhirnya menumbangkan pohon tersebut dengan derasnya aliran banjir. Pohon tersebut pada akhirnya berhenti di sebuah tebing yang sekarang menjadi tempat baru bagi pohon itu.

Hal tersebut mempermudah laju air untuk turun kebawah lembah melalui batang pohon. Air nya mengalir terus menerus tanpa henti.

Hingga pada akhirnya batang pohon berubah menjadi hijau dengan ditumbuhi beberapa pohon-pohon kecil yang sangat rimbun.

Kejadian Baru Klining ini kembali terjadi pada tahun 1982. Pada kejadian ini pohon itu benar-benar tumbang dan membuat aliran air bebas mengalir diantara batang pohon yang airnya terjun kebawah membentuk Air Terjun Parang Ijo.

Nama Parang Ijo sendiri memiliki arti air yang terjun diantara parang atau tebing dan warna hijau yang ada di sekitarnya.

Sesuai dengan namanya hijau, yang berarti kawasan wisata ini terdapat banyak tumbuhan hijau yang akan menyegarkan mata.

Karena banyak di tumbuhi tumbuhan hijau, kawasan ini memiliki udara yang sangat asri dengan banyak kandungan oksigen.

Anda akan merasakan kesejukan dan teduh nyaman berada di tempat ini. Aliran air yang ada disini masih terbilang sangar jernih dan airnya terasa segar.

Terdapat banyak bebatuan, untuk anda yang sedang bermain air sebaiknya berhati-hati karena batu tersebut sangat licin.

Pemandangan yang ada di sekitar air terjun sangat cocok untuk anda menghilangkan rasa penat dengan cara menikmati keindahan alam yang bewarna hijau menyegarkan mata, sebaiknya suasana seperti ini wajib di abadikan dalam bentuk foto.

Pengalaman berada di tempat ini tidak akan pernah terlupakan dengan ke eksotisan panorama yang begitu indah.

Air Terjun Parang Ijo menyediakan spot foto yang cantik yaitu adanya gardu pandang yang begitu mengagumkan.

Terdapat beberapa gazebo yang bisa anda gunakan untuk tempat beristirahat. Berada di gardu pandang akan membuat anda menikmati keindahan alam Kota Karanganyar yang terlihat begitu luas.

Selain itu wisata ini menyediakan kolam renang dan arena bermain yang dapat di manfaatkan oleh para wisatawan.

3. Wisata Alam Solo Grojogan Sewu

air terjun grojogan sewu wisata alam solo
sumber gambar : @rhnugroho (instagram)

Wisata alam Solo Grojogan Sewu termasuk dalam rekomendasi wisata yang sangat populer dengan keindahannya.

Air Terjun Grojogan Sewu terletak di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Letaknya tepat di bawah kaki Gunung Lawu.

Air terjun ini namanya tidak hanya dipakai di satu tempat saja. Namun beberapa daerah juga menggunakan nama ini untuk air terjun yang ada di kawasan itu.

Namun keindahan air terjun di setiap wilayah pasti memiliki keindahan yang berbeda-beda. Ketinggian Air Terjun Grojogan Sewu sekitar 81 meter.

Untuk menuju lokasi wisata ini terdapat dua pintu masuk yaitu pintu pertama berada di dekat Taman Balekambang. Dan pintu masuk kedua berada di dekat River Hill.

Diantara kedua pintu tersebut, hanya pintu pertama yang banyak dikenal oleh masyarakat. Tempatnya berada dekat terminal Tawamangu.

Pintu pertama lebih ramai oleh pengunjung di bandingkan pintu masuk kedua. Pintu masuk pertama terdapat banyak kuda-kuda yang berjajar, hal ini yang membedakan dengan pintu kedua.

Di pintu masuk pertama ini anda akan melewati kurang lebih anak tangga sejumlah 1000. Sedangkan pintu kedua jalurnya sangat bersahabat.

Jalur yang harus anda lewati juga sangat landai. Jika anda melewati pintu masuk yang kedua, anda akan melihat sebuah patung ular dan juga katak yang terlihat seperti sedang bertengkar. Patung tersebut dialiri oleh air dan membentuk sebuah taman yang menarik untuk di nikmati.

Area wisata Air Terjun Grojogan Sewu terdapat banyak kera-kera yang berkeliaran dan bebas bergelantungan. Sebaiknya bagi para wisatawan lebih berhati-hati dengan kera-kera tersebut yang suka merampas makanan secara paksa.

Jika anda berada di tempat wisata alam hal yang wajib di lakukan yaitu berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang begitu indah.

Tempat ini terdapat banyak spot foto cantik yang bisa anda bidik dalam kamera bersama keluarga ataupun pasangan.

Pengalaman saat berada di wisata ini akan anda kenang dan membuat anda ingin berkunjung kembali ke tempat tersebut.

4. Sekitar Wisata Alam Solo Pantai Karangpayung

pantaikarangpayung wisata alam solo
sumber gambar : @suryomulyo6 (instagram)

Pantai Karangpayung merupakan destinasi wisata alam Solo yang banyak di gemari oleh para wisatawan karena keindahan pantai yang begitu memukau.

Wisata ini lebih tepatnya terletak di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Pantai Karangpayung letaknya sangat tersembunyi.

Indonesia memang populer dengan keindahan pegunungannya dan pantai. Pantai yang ada di Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Pantai Karangpayung memiliki ke eksotisan yang membuat para wisatawan ingin berlama-lama di kawasan ini.

Untuk menuju wisata pantai Karangpayung, anda harus berjalan kaki sekitar 15 menit dari Pantai Numpu. Jika anda membawa kendaraan, sebaiknya kendaraan tersebut di parkir di area parkiran Pantai Numpu.

Saat anda berada di pantai ini, anda akan di suguhkan oleh keindahan tebing dan karang yang begitu eksotis.

Pantai Karangpayung ini memiliki pasir yang putih, dengan air laut yang biru menyegarkan mata. Pantai Karangpayung masih sangat alami, dan jarang di jamah oleh manusia karena tempatnya yang tersembunyi.

Para wisatawan bisa mencari spot foto yang mengagumkan dengan latar belakang pantai dan karang yang akan menghasilkan foto anda semakin cantik.

5. Sekitar Wisata Alam Solo Riverboarding Kali Pusur

kali pusur wisata alam solo
sumber gambar : @klatenkita (instagram)

Wisata alam Solo Kali Pusur ini terletak di Desa Kali Pusur, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Wisata ini selalu ramai oleh para pengunjung yang ingin menghabiskan masa libur panjang, sekaligus menghilangkan penat yang ada.

Kali Pusur memiliki keunikan yang membuat para wisatawan terpesona dengan keindahannya. Aliran sungai Pusur ini terdapat banyak bebatuan yang menjadi tantangan bagi penikmatnya.

Sungai ini memiliki air yang sangat jernih dan juga bersih. Anda akan menyusuri sungai dengan menggunakan ban karet dan juga pelindung lainnya yang sudah di sediakan oleh pihak pengelola seperti helm, pelindung kali dan boardnya.

Anda akan di tawarkan dengan dua rute yaitu rute panjang atau pendek. Saat anda memilih rute panjang, rute tersebut akan lebih menantang dengan medan yang cukup berat dan arus yang sangat deras.

Dahulu sungai ini terdapat banyak sampah dan warga sekitar mulai membersihkan sampah-sampah tersebut di setiap hari Jumat dan Sabtu.

Hingga akhirnya warga sekitar membuka wisata tubing Kali Pusur yang awalnya hanya memiliki peminat sedikit.

Awalnya hanya warga sekitar yang datang untuk menikmati Kali Pusur ini. Namun lama-lama wisata ini banyak di minati dan membuat tempat ini semakin ramai dipadati oleh para pengunjung.

Wisata Kalo Pusur sangat cocok untuk anda yang suka dengan wisata yang memiliki andrenalin tinggi. Pemandangan di sekitar sungai tidak kalah menarik dengan berbagai pohon dam tumbuhan yang membuat anda semakin nyaman berada disini.

Hal yang wajib dilakukan oleh para wisatawan yaitu jangan lupa mengabadikan keindahan alam dalam kamera. Anda bisa berfoto dengan keluarga ataupun pasangan dengan latar belakang keindahan alam yang akan menambah kesan cantik foto anda.

6. Sekitar Wisata Alam Solo Bukit Gantole

bukit gantole wisata alam solo
sumber gambar : @ayodolan (instagram)

Bukit Gantole merupakan destinasi wisata yang sangat di rekomendasikan para wisatawan untuk menikmati keindahan alam.

Sekitar Wisata alam Solo ini terletak di Selopukang, Sendang, Wonogiri. Puncak Gantole bisa di sebut juga dengan Puncak Joglo. Bukit Gantole untuk anda yang ingin menikmati keindahan kota dari ketinggian.

Selain itu para wisatawan juga bisa menikmati keindahan dari sunrise ataupun sunset dari ketinggian. Pantulan cahaya matahari yang bisa anda gunakan sebagai latar belakang foto akan tampak terlihat lebih indah.

Puncak Gantole ini menjadi tempat landasan pacu olahraga paralayang. Puncak Gantole sangat cocok untuk menghilangkan beban yang ada, dan menyegarkan mata.

Untuk memasuki wisata ini anda tidak akan di kenakan biaya. Anda hanya akan membayar biaya tiket parkir Rp.2.000.

Para wisatawan bisa melihat serunya bermain paralayang. Puncak Bukit Gantole selalu jadi incaran bagi para pengunjung untuk berburu foto yang sangat instagramable.

Spot foto yanh terdapat di puncak ini antara lain seperti adanya balon udara, rangkaian besi yang berbentuk hati, gardu pandang, dan lain sebagainya.

Foto yang di hasilkan dari puncak Gantole akan membuat semakin eksotis dengan keindahan alam yang memukau.

Tempat ini sangat cocok untuk anda menikmati musim liburan bersama keluarga ataupun pasangan. Puncak Gantole anda bisa menikmati pemandangan dari Waduk Gajah Mungkur dari atas ketinggian.

Suasana yang ada di wisata Bukit Gantole terasa sejuk dan teduh karena terdapat pepohonan hijau, membuat anda semakin nyaman berada disini.

7. Sekitar Wisata Alam Solo Air Umbul Cokro

umbul cokro wisata alam solo
sumber gambar : @ariv_venoid (‘instagram)

Air Umbul Cokro terletak di Cokro, Tulung, Klaten, Jawa Tengah. Umbul Cokro merupakan wisata alam Solo dengan konsep pemandian air yang begitu jernih dan bersih.

Umbul Cokro menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung kenyamanan para pengunjung.

Fasilitas yang disediakan seperti gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat, bersantai dan bisa di gunakan untuk menikmati makanan.

Jika anda tidak membawa makanan, tidak perlu khawatir karena wisata ini sudah menyediakan warung makan. Selain itu terdapat pula fasilitas wahana yang bisa anda lakukan jika berkunjung di kawasan Umbul Cokro.

Umbul Cokro merupakan salah satu objek wisata yang menyediakan banyak wahana terlengkap. Tidak heran jika tempat ini selalu ramai dipadati para pengunjung.

Wahana tersebut antara lain seperti Waterboom Cokro Tulung, Water Slide, Snorkeling, River Tubing, Rafting, Bungy Jumping, ATV atau mini trail, Kolam Mandi Bola, Outbond dan Omac Miracle Garden.

Tempat ini di penuhi dengan pepohonan yang begitu rimbun membuat kesan sejuk dan teduh. Suasana yang ada di wisata ini sangat nyaman membuat lelah yang ada serasa hilang.

Umbul Cokro terdapat banyak spot cantik yang begitu memukau. Bagi para penggemar selfie atau berfoto tempat ini sangat cocok.

Karena terdapat banyak fasilitas yang disediakan hal ini membuat Umbul Cokro juga terdapat banyak spot foto yang cantik.

Keunikan dari wisata Umbul Cokro yaitu saat musim bulan ramadhan telah tiba, tempat ini akan di padati oleh para pengunjung. Karena saat bulan ramadhan Umbul Cokro menjadi tempat untuk melakukan tradisi Padusan.

Tradisi Padusan ini merupakan sebuah ritual membersihkan diri sehari sebelum menjalankan ibadah puasa ramadhan.

Pada saat itu para pengunjung berbondong-bondong merendam diri dalam air yang cukup jernih. Sebelum melakukan pemandian, biasanya terdapat pertunjukan tradisional yang berupa pagelaran tari Tirta Suci dan Wayang.

8. Wisata Alam Solo Air Terjun Jumog

air terjun jumog wisata alam solo
sumber gambar : @pras_djoyobisono (instagram)

Air Terjun Jumog merupakan destinasi wisata alam Solo yang begitu memukau. Air Terjun Jumog ini terletak di Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Saat anda berada di kota Solo jarak yang ditempuh untuk menuju ke wisata ini sekitar 41 km. Jika anda ingin berkunjung ke Air Terjun Jumog anda harus menuruni anak tangga sejumlah 116.

Menuruni anak tangga memang menjadi tantangan tersendiri bagi para wisatawan. Namun rasa lelah tersebut akan terbayarkan dengan pemandangan yang di suguhkan di sepanjang perjalanan.

Jika bercerita tempat wisata alam sudah pasti suasana alamnya akan terasa sejuk teduh dan tentunya masih sangat asri.

Pohon-pohon yang rimbun yang membuat anda tidak akan terlindung dari teriknya sinar matahari saat berjalan.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Debit air terjun selalu besar. Aliran air yang di hasilkan sangat jernih dan bersih, hal ini membuat para pengunjung ingin bermain air dan berendam kaki di aliran air sungai.

Terdapat jembatan yang berada di depan air terjun. Jembatan ini merupakan spot yang selalu di incar para wisata untuk berfoto dengan latar belakang air terjun.

Selain itu terdapat kursi kayu yang bisa di manfaatkan pengunjung untuk melepas lelah. Terdapat pula fasilitas wahana yang tersedia seperti jungkat-jungkit, bola panjat, kolam renang, dan ayunan.

Jika anda terasa lapar dan tidak membawa bekal, tidak perlu khawatir sebab di area sekitar air terjun terdapat banyak warung makan.

9. Wisata Alam Solo Candi Cetho

candi cetho wisata alam solo
sumber gambar : @evvi.vivi03 (instagram)

Candi Cetho merupakan wisata alam Solo yang terletak di Dusun Cetho, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Candi ini memang tidak sepopuler seperti candi lainnya yang ada di Jawa Tengah. Karena letak dari Candi Cetho ini yang sulit di tempuh, selain itu terbatas akses transportasi.

Namun Candi Cetho memiliki keunikan tersendiri, yang menjadi nilai lebih dibanding candi yang lainnya. Karena bentuk , struktur dan ornamen bangunan berbeda.

Lokasi dari Candi Cetho berada tepat dibawah kaki Gunung Lawu. Candi Cetho ini menyuguhkan hamparan pemandangan kebun teh dan persawahan.

Selain itu latar belakang dari candi tersebut yaitu gunung-gunung yang terlihat menjulang tinggi. Sekitar Candi Cetho juga terdapat berbagai objek wisata yang juga menarik untuk di kunjungi seperti Candi Sukuh, Taman Hutan Raya, Air Terjun Jumog, dan memetik teh di perkebunan, dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa di lakukan saat berada di wisata ini. Candi Cetho merupakan jalur para pendaki untuk menuju ke Gunung Lawu.

Biasanya para pendaki beristirahat di tempat ini sebelum melanjutkan perjalanan mendaki. Di balik keindahan Candi Cetho ternyata tersimpan berbagai macam misteri yang hingga kini belum diketahui kebenarannya.

Candi Cetho terdapat beberapa peraturan dan larangan yang harus di patuhi oleh para pengunjung maupun para pendaki.

Peraturan dan larangan tersebut antara lain di wajibkan para pengunjuk untuk mengenakan kain yang bermotif kotak-kotak bewarna hitam dan putih.

Hingga saat ini Candi Cetho masih di pergunakan sebagai tempat beribadah oleh umat Hindu, sehingga berbagai anjuran dan larangan yang berlaku kompleks Candi harus dipatuhi.

Wisata Candi Cetho ini tidak banyak terdapat fasilitas. Karena tempat ini merupakan tempat ibadah yang letaknya juga berada di lereng gunung. Fasilitas yang tersedia hanya seperti toilet , mushola dan warung makan.

10. Sekitar Wisata Alam Solo Umbul Ponggok

umbul ponggok wisata alam solo
sumber gambar : @yan_fau (instagram)

Umbul Ponggok merupakan sebuah objek wisata yang banyak di gemari oleh para wisatawan. Wisata ini memiliki keunikan yang tidak terdapat di tempat wisata lain yang ada di Indonesia.

Umbul Ponggok terletak di Jalan Delanggu-Polanharjo No.Ds, Jeblongan, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Wisata ini merupakan tempat rekreasi pemandian yang berbeda dari kolam pemandian biasanya. Kolam renang tersebut di kelilingi oleh hamparan persawahan dengan pepohonan yang sangat rimbun. Membuat suasana yang ada disini masih asri dan sejuk.

Kolam ini memiliki air yang terlihat sangat jernih dan segar. Karena airnya yang sangat jernih membuat terlihat dasar kolam seperti pasir, bebatuan hingha lumut sangat jelas dari atas permukaan air.

Kolam ini menyediakan ribuan ikan dengan berbagai bentuk, warna dan ukuran yang berbeda-beda. Ukuran kolam renang sekitar 50 x 25 meter persegi.

Kolam tersebut memiliki kedalaman sekitar 1,5 hingga 2,6 meter. Keindahan kolam tersebut membuat para wisatawan akan tergiur dan ingin mencoba menceburkan badan dan berenang menjelajahi luasnya kolam.

Untuk para wisatawan jika ingin mengajak anak-anak untuk berenang tidak perlu khawatir sebab wisata ini telah menyediakan kolam khusus untuk anak-anak serta terdapat berbagai wahana permainan.

Para wisatawan yang tidak ingin berenang di dalam kolam bisa menikmati keindahan dengan menaiki perahu dan berkeliling sekitar kolam alam.

Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin berlibur bersama dengan keluarga ataupun pasangan. Tempat ini menyediakan persewaan peralatan power dive (walker) yang berguna untuk berjalan-jalan di bawah air dan tersedia pula peralatan snorkeling serta tersedia bimbingan gratis dari pemilik tempat penyewaan.

Peralatan tersebut meliputi swim suit, tabung oksigen, kaki katak, dan peralatan snorkel. Aktifitas yang sering di buru oleh para wisatawan yaitu berfoto di bawah permukaan air.

Kamera yang anda butuhkan yaitu kamera underwater, para pengunjung bisa berfoto dengan benda-benda yang ada di dalam kolam, bersama ikan-ikan yang begitu cantik.

Foto-foto yang di hasilkan dari dalam kolam akan sangat menarik. Foto akan selalu menjadi kenangan yang tidak akan terlupakan.

Maka dari itu anda harus mencari spot foto paling indah, supaya pengalaman saat berada di wisata ini akan terkenang.

Jika anda ingin berfoto dengan benda-benda yang ada di dalam kolam, para pengunjung di wajibkan untuk menyewa fotografer yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Karena benda tersebut tidak boleh di jadikan objek foto dengan menggunakan kamera pribadi. Benda yang ada di dalam kolam juga di kenakan biaya sewa, tidak di sewakan secara gratis.

Itulah beberapa sekitar wisata alam Solo yang sangat rekomendasikan bagi anda para wisatawan untuk menghabiskan musim libur yang panjang bersama keluarga dan pasangan.

Jadilah pengunjung yang patuh akan peraturan yang sudah tertera di setiap wisata. Para pengunjung diharapkan tetap menjaga kelestarian alam dan tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar wisata.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×