BRAMAKHA.COM
Info Gunung dan Wisata

Goa Jomblang, Keindahan Alam Yang Menakjubkan

Goa Jomblang, Keindahan Alam Yang Menakjubkan Membuat wisatawan Terpukau

0 250

 

air terjun, goa jomblang
Sumber Gambar : 3djanto (instagram)

Goa Jomblang, Keindahan Alam Di Perut Bumi

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, kota yang terkenal dengan Wisata budaya yang masih kental serta keramah tamahan yang di tunjukkan oleh warga masyarakatnya.

Kota Yogyakarta mempunyai objek wisata yang tersebar di seluruh wilayah Kabupatennya, salah satunya ialah Kabupaten Gunung Kidul.

Di Kabupaten ini bukan hanya wisata pantainya yang terkenal, tetapi juga memiliki pesona alam lain yang juga sangat terkenal.

Objek wisata tersebut yaitu Goa Jomblang, sering juga disebut sebagai goa vertikal dikarenakan objek wisata ini memiliki mulut gua yang berada di permukaan tanah.

Awal mula terjadinya Goa ini adalah terjadinya proses geologi alami, dikarenakan amblasnya permukaan tanah beserta isinya ke dalam bumi yang terjadi ribuan tahun lalu.

Amblasnya bumi tersebut kemudian membentuk lubang, atau biasa di sebut dengan sinkhole atau dalam bahasa jawa dikenal dengan sebutan Luweng.

Para pengunjung yang ingin memasuki goa ini harus dengan menggunakan teknik khusus yang diperlukan.

Para pengunjung harus mempunyai teknik tali tunggal, atau single rope technique (SRT), sehingga para pengunjung yang ingin melakukan aktivitas di sini harus didampingi oleh pemandu profesional.

teknik simpul tunggal, goa jomblang
Sumber Gambar : 3djanto (instagram)

Jadi siapa pun yang datang ke sini, harus menggunakan peralatan khusus yang sesuai dengan standar keamanan Caving Goa vertical.

Bagi para wisatawan yang masih pemula, jalur yang dipakai untuk mencapai dasar goa akan sangat melelahkan, selain itu akan menjadi pengalaman yang berharga bagi wisatan pemula.

Objek wisata yang memiliki beberapa rute kedalaman yang dimiliki, dimulai dari kedalaman yang paling rendah yaitu sekitar 15 meter dan yang paling dalam  hingga 80 meter.

Para pengunjung yang ingin menyusuri goa dengan kedalaman 15 meter, dapat ditempuh dengan menyusuri dengan cara berjalan kaki.

Bagi pengunjung atau wisatawan pemula yang baru berkunjung  ke goa Jomblang, ini akan diberi penjelasan oleh pemandu, bagaimana melakukan susur goa sendiri.

Gua Jomblang memiliki dasar dengan pemandangan yang sangat mengagumkan, berbeda jauh dengan pemandangan yang berada di atas permukaan goa.

hutan purba, goa jomblang
Sumber Gambar : mohtar.basuki (instagram)

Di atas permukaan goa Jomblang memiliki pemandangan yang sangat gersang, disini yang terlihat hanya terdapat pepohonan jati yang meranggas.

Serta tumbuh di perbukitan kapur, akan tetapi perbedaan yang mencolok terdapat di dalam perut Goa Jomblang, para pengunjung akan menikmati pemandangan hutan yang subur mempunyai vegetasi yang sangat bervariasi.

Dalam gua terdapat lumut, tumbuhan paku, semak-semak, pohon-pohon besar, yang mempunyai usia ratusan tahun.

Di dalam Goa jomblang juga memiliki hutan yang dikenal sebagai hutan purba, hutan yang berada di dalam perut gua terus tumbuh dan berkembang biak.

Goa Jomblang para wisatawan yang berada di dalam goa, akan menemukan sebuah mulut goa lagi, yang merupakan sebuah pintu masuk yang akan menuju lorong, dengan panjang 300 meter, lorong tersebut menghubungkan goa Jomblang dengan luweng Grubung.

Ruangan tersebut memiliki diameter kurang lebih sekitar 5 meter dengan kedalaman hingga 90 meter.

Para pengunjung yang melakukan perjalanan menuju luweng grubug, yang memiliki pemandangan yang mengesankan.

sinar mentari dalam goa, goa jomblang
Sumber Gambar : josiahwg (instagram)

Pengunjung yang memasuki lorong yang memiliki panjang 300 meter, lorong tersebut akan menyaksikan ornamen dinding yang terbentuk dari bebatuan Kristal, stalaktit dan stalakmit.

Para pengunjung yang lorong tersebut semakin dalam cahaya dari mulut Goa Jomblang semakin sedikit.

Akan tetapi, meskipun kekurangan cahaya pemandangan ornamen dinding goa masih benar-benar memukau.

Para pengunjung yang menyusuri lorong akan melihat seberkas cahaya terang, yang berada di tengah-tengah kegelapan, serta terdengar aliran sungai yang merupakan sungai bawah tanah yang berada di dasar luweng grubug.

Di dalam goa jomblang pengunjung dapat melihat serta menikmati mahakarya alam yang sangat mengagumkan.

Begitu para pengunjung, mendekati luweng grubug pemandangan yang eksotis yaitu adanya semburat cahaya.

Cahaya tersebut masuk melalui sebuah lubang dengan tinggi sekitar 90 meter serta menyinari ke dalam Goa Jomblang yang sangat gelap.

Cahaya surga, merupakan julukan yang diberikan oleh masyarakat setempat untuk menyebut cahaya yang masuk ke dalam Goa Jomblang tersebut.

sinarr surya, goa jomblang
Sumber Gambar : inez.maharani (instagram)

Selain cahaya, di Luweng Grubug juga terdapat tetesan air yang berasal dari ketinggian lubang turut menghiasi keindahan panorama, yang memang sudah sangat mengagumkan.

Rute Goa Jomblang

Untuk mencapai objek wisata Goa Jomblang para pengunjung bisa menggunakan mobil pribadi ataupun motor.

Goa yang terletak di Pedukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, yang berjarak 8 KM dari Kota Wonosari kearah timur, atau Kalau dari pusat Kota Yogyakarta berjarak sekitar 50 km Tenggara.

Para pengunjung yang dari kota Jogja, rutenya yaitu melalui jalan arah Wonosari – Gunungkidul diteruskan menuju jalan menuju kearah Semanu.

Setelah itu para pengunjung tinggal mengikuti arah yang di tunjukkan oleh rambu petunjuk yang bertuliskan wisata “Goa Kalisuci” pengunjung tinggal mengikuti papan petunjuk dengan tulisan Goa Jomblang hingga menemui Resort Gua Jomblang.

Apabila para wisatawan masih bingung mencari objek wisata goa jomblang, bisa menggunakan aplikasi google maps.

Apabila pengunjung menggunakan transportasi umum. Di awali dari terminal bus Giwangan, para pengunjung bisa menggunakan bus jurusan Jogja – Wonosari, kemudian dilanjutkan ke Simpang Lima Wonosari.

Dari simpang lima Wonosari, pengunjung berganti angkutan umum dengan jurusan wonosari-semanu.

Setelah sampai Desa Semanu, pengunjung disarankan untuk menuju rumah kepala Dukuh Jetis Wetan. Rumah tersebut merupakan tempat persinggahan buat para wisatawan yang datang mengunjungi objek wisata Goa Jomblang.

Dari rumah kepala Dukuh Jetis Wetan, perjalanan dilanjutkan kembali dengan jarak tempuh sekitar 2 km untuk sampai di bibir Goa Jomblang.

Biaya Masuk Goa Jomblang

Para pengunjung yang ingin memasuki Goa Jomblang dikenai masuk sekitar Rp 450.000 sampai dengan Rp 1.000.000 biaya yang termasuk mahal.

Biaya tersebut akan digunakan untuk sewa  alat khusus panjat tebing, serta pemandu yang menemani pengunjung  untuk menuruni goa tersebut.

Dan harga tersebut berlaku hanya untuk 1 orang. Untuk biaya parkir dikenakan tarif sekitar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Misteri Goa Jomblang

Goa Jomblang bukan saja menawarkan panorama indah alamnya, akan tetapi di goa ini juga menyimpan kisah yang memilukan.

Kisah tersebut terjadi di rentang waktu tahun 1970 sampai 1980 an. Karena di goa ini dipakai sebagai tempat pembunuhan massal simpatisan PKI.

Terdapat ratusan Simpatisan PKI yang menemui ajal di Goa Jomblang tersebut. Diceritakan oleh masyarakat sekitar, simpatisan tersebut dijajarkan di bibir mulut goa, dengan posisi tangan terikat satu dengan yang lain.

Setelah itu salah satu dari anggota simpatisan PKI tersebut ditembak, hingga jatuh ke dalam gua, sehingga anggota yang lain akan ikut terjatuh dikarenakan tangan mereka yang saling terikat.

Hingga mayat yang sudah terjatuh ke dalam dasar goa, dibiarkan hanyut terbawa arus sungai yang berada di bawahnya.

Dengan kisah tersebut membuat takut warga yang tinggal di sekitar tempat tersebut. Sehingga pada tahun 1990-an warga sekitar goa Jomblang menggelar doa bersama.

Semenjak dilakukan doa bersama, tidak ada lagi cerita atau kejadian yang aneh-aneh  Goa Jomblang ini.

Sekitar tahun 2011, objek wiasata ini, dijadikan tempat pengambilan gambar Amazing Race amerika Serikat.

Fasilitas Goa Jomblang

Untuk fasilitas yang tersedia di goa Jomblang masih minim, apabila para pengunjung yang ingin mengunjungi objek wisata ini, harap membawa perbekalan makan dan minum dari rumah atau bisa membeli di luar objek wisata ini.

Apakah para traveller penasaran akan sensasi yang dimiliki oleh Goa Jomblang ini, silakan datang dan nikmati pemandangan alam yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

×